How to be Kind to Yourself at the Workplace

Kalau bicara soal kasih sayang, seringkali yang terbayang di benak kita adalah soal orang lain. Bagaimana caranya kita menunjukkan rasa kasih sayang kita kepada orang lain? Misalnya, dengan memberi hadiah, meringankan beban mereka, menghabiskan quality time bersama ataupun tidak lupa menggunakan kata-kata yang memabukkan. Yang sering tidak terpikirkan, anehnya, justru diri kita sendiri. Kapan kita terakhir memikirkan bagaimana lebih menyayangi diri sendiri? Padahal self-love atau rasa kasih sayang kepada diri sendiri bisa memiliki dampak positif yang luar biasa untuk kehidupan kita sehari-hari lho. Caranya pun ngga harus susah kok, bisa dengan beberapa hal mudah—contohnya beberapa hal yang bisa diaplikasikan di kantor seperti berikut ini.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Makan di Luar

‘Luar’ yang dimaksud di sini bukan berarti di rumah makan atau restoran—yang penting bukan di meja kerja. Istirahat makan siang adalah kesempatan untuk dapat meregangkan otot dan menyegarkan pikiran. Kalau kalian menghabiskan waktu ini di meja kerja, pikiran kalian akan tetap suntuk dan dapat menumpuk stres. Baik itu makanan yang kamu bawa sendiri atau catering yang disediakan kantor, pastikan untuk menyantap hidangan di tempat yang terpisah dari meja kerja. Selain memiliki manfaat fisik dan mental, meja kerja juga tidak terancam noda makanan.

Kurangi Lembur

Lembur mungkin terasa sebagai sesuatu yang berada di luar kendali kita, namun sebetulnya ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar bisa lebih sering pulang tepat waktu. Hal tersebut adalah dengan cara mengatur waktu yang lebih bijaksana—dan pastikan tugas-tugas kita selesai jauh sebelum waktu deadline. Dengan mengurangi waktu lembur, waktu luang kita pun makin bertambah untuk bebas melakukan apa saja yang kita mau—tidur, bertemu teman-teman, menonton film, apa saja. Kalau kita bekerja freelance, kita juga bisa menolak pekerjaan dadakan dari klien untuk menghindari lembur.

Istirahat Sore

Dalam kurang lebih 8 jam bekerja, rasanya agak sulit jika kita hanya memiliki kesempatan untuk beristirahat di jam makan siang saja. Justru pada jam-jam setelah makan siang dan sebelum pulang itulah kita menjadi mudah jenuh dan kehilangan konsentrasi. Di saat seperti ini, tidak ada salahnya memberikan kesempatan bagi diri sendiri untuk beristirahat sebentar lagi—misalnya dengan membuat minuman hangat dan bersosialisasi dengan kolega di dapur. Selain dapat meregangkan otot, kebiasaan ini juga dapat menyegarkan pikiran dan mungkin memberi inspirasi baru dalam bekerja.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Beri Batasan

Selain hal-hal yang dapat dilakukan secara langsung di kantor, hal-hal yang kita lakukan di luar kantor juga sangatlah penting. Gangguan dari atasan atau klien di luar jam kerja dapat meningkatkan stress level kita lho. Pastikan untuk membatasi kontak dengan hal-hal yang sehubungan dengan kerja di waktu istirahat kita. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mematikan notifikasi dari kantor, maupun dengan cara membuat auto-reply email ketika sedang liburan. Fokuskan pikiran dan perhatian kita kepada keluarga dan teman-teman kita di luar jam kerja—dan, tentu saja, kepada diri sendiri juga.

Bekerja di Luar Kantor

Tentu saja, bekerja di kantor yang itu-itu saja terkadang dapat membuat kita jenuh juga. Di saat seperti ini, ada baiknya kita mencoba bekerja secara remote—misalnya di rumah, di kafé atau di co-working space. Bekerja secara remote dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja lho. Sekarang, dengan adanya teknologi terbaru seperti JojoTimes, baik karyawan maupun atasan dapat memonitor produktivitas sesama. Kami juga sudah pernah mengulas beberapa kafé yang bisa dijadikan pilihan untuk bekerja remote, serta beberapa tips untuk lebih produktif dengan bekerja dari rumah. Dicoba deh!

Yuk, kita belajar untuk lebih menyayangi diri sendiri, bukan hanya orang lain terus saja. Ingat, untuk bisa menyayangi orang lain, kita perlu terlebih dahulu menyayangi diri sendiri. Bagaimana kita mau menunjukkan rasa sayang kita kepada orang lain kalau diri kita tumbang secara, ya ‘kan? Bekerjalah dengan bijak dan cerdas, bukan dengan keras hingga memaksakan fisik maupun mental kita. Kalau kalian, apa yang kalian lakukan hari ini untuk lebih menyayangi diri sendiri?

Salam hangat,

Jojo

#remoteworking #worksmarter
#thefutureofwork