Sertifikasi HR, Pengertian sampai dengan Manfaatnya

Mengingat pentingnya peran HR (Human Resource) di dalam lingkup perusahaan, dan semakin kompleksnya permasalahan yang bisa ditimbulkan akibat perkembangan zaman, maka selain merancang pelatihan bagi level karyawan, sertifikasi khusus bagi HR pun juga sama pentingnya lho!

Sertifikasi ini sebagai jaminan bahwa karyawan tersebut telah mendapatkan standar kompetensi HR dalam perusahaan, dengan kredibilitas yang terbaik.

Karena itu, kalau kamu memiliki perusahaan atau mau bekerja sebagai seorang HR, supaya lebih berpengalaman dengan jenjang karir yang lebih baik, kamu wajib memiliki HR certification ini dalam bekerja.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mau tahu apa saja pengertian, manfaat, dan jenis-jenis dari sertifikasi ini? Yuk, kita simak bersama-sama penjelasannya berikut ini!

Pengertian 

HR certification ini merupakan sertifikat yang diperoleh oleh seseorang melalui pembelajaran, pelatihan, maupun pengalaman kerja di bidang Human Resource, dan biasanya diberikan oleh organisasi atau asosiasi profesi yang mengetahui dengan pasti suatu kompetensi profesional dalam bidang sumber daya manusia ini.

Di Indonesia ada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang mengawasi konsistensi dan kredibiltas Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memberikan sertifikat atas suatu profesi atau kompetensi tertentu. BNSP akan memberikan lisensi kepada LSP yang dianggap kredibel untuk memberikan sertifikasi.

Nah, kalau seseorang sudah memiliki HR certification, maka dia bisa bekerja di dalam dan luar negeri dengan mudah, tanpa halangan.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia, Nomor M/5/HK.04.00/VII/2019 Tentang Pemberlakukan Wajib Sertifikasi Kompetensi Terhadap Jabatan Bidang Manajemen Sumber Daya Manusi.

Pemberlakuan Pasar bebas ASEAN sudah diterapkan, dan konsekuensinya adalah SDM dari Negara-negara ASEAN bebas meniti karir di antara negara-negara yang telah menandatanganinya.

Pemberian seritifikasi bagi seorang HRD Indonesia dirasa penting sebagai bukti kompetensi yang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesai (SKKNI).

sertifikasi hr

Lembaga Sertifikasi SDM yang ditugaskan di perusahaan riset independen untuk melakukan studi (2010) yang merinci nilai sertifikasi profesi dalam sumber daya manusia. Studi tersebut mengungkapkan bahwa:

  • Sertifikasi profesional adalah kredensial kedua yang paling dihargai setelah gelar sarjana
  • Persepsi sertifikasi profesi jauh lebih positif daripada persepsi program sertifikat manajemen
  • Sertifikasi profesi dipandang sebagai peluang terbaik bagi para profesional yang ingin melanjutkan pendidikan mereka
  • Adanya sertifikasi profesional dianggap sebagai kredensial yang sangat dihargai dan berbasis kualitas oleh para profesional HR
  • Sertifikasi profesional dipandang oleh pemberi kerja sebagai peluang untuk memajukan positioning dan pertumbuhan organisasi
  • Sertifikasi profesional adalah satu-satunya jenis kredensial yang pengusaha menunjukkan “kemauan tinggi” untuk membayar.

Memahami Nilai Sertifikasi Profesi dalam Sumber Daya Manusia

Sertifikasi profesional umumnya diidentifikasi sebagai kredensial berbasis ujian yang membutuhkan pengalaman kerja dan kelayakan pendidikan. Badan sertifikasi umumnya memberi siswa materi persiapan ujian yang dibuat menggunakan basis pengetahuan yang dikembangkan dan divalidasi secara profesional.

Sertifikasi ulang membutuhkan penyelesaian kursus pengembangan profesional dan pengalaman di lapangan. Sertifikasi ulang dipandang sebagai hal yang berharga di kalangan profesional sumber daya manusia dan pengusaha, karena:

  • Terus memperbarui pengetahuan profesional HR
  • Melanjutkan pendidikan
  • Mempertajam keterampilan
  • Menjaga sertifikasi tetap relevan dan valid

Survei Lembaga Sertifikasi SDM menemukan bahwa sebagian besar profesional SDM (96 persen) percaya bahwa sertifikasi profesional itu penting.

Survei juga menemukan bahwa untuk pemberi kerja sumber daya manusia AS, sertifikasi profesional di bidang SDM:

  • Menunjukkan komitmen karyawan terhadap profesi HR
  • Menambahkan validitas dan kredibilitas ke departemen HR
  • Memastikan bahwa karyawan tersebut memiliki pengetahuan terkini dan terkini
  • Memberikan peluang untuk pengembangan

Karyawan AS, menurut survei tersebut, mengutip keuntungan dari sertifikasi profesional berikut:

  • Dilihat lebih berharga bagi perusahaan
  • Memiliki keuntungan saat melamar pekerjaan baru
  • Mampu menunjukkan komitmen dan pemahamannya terhadap profesi HR
  • Mampu menunjukkan dedikasinya untuk melanjutkan pendidikan

Karyawan menyebut hal berikut sebagai keuntungan pribadi untuk sertifikasi profesional:

  • Untuk menambah pengetahuan saya: 55 persen
  • Memperkuat resume saya: 58 persen
  • Untuk memastikan bahwa pengetahuan HR saya up to date: 57 persen
  • Untuk menunjukkan komitmen saya terhadap SDM: 51 persen
  • Meningkatkan kepercayaan diri saya pada kemampuan saya untuk melakukan pekerjaan saya: 36 persen
  • Untuk menunjukkan komitmen saya pada pembelajaran / pengembangan seumur hidup: 39 persen

Pemberi kerja menyebutkan berikut ini sebagai manfaat sertifikasi profesional untuk organisasi:

  • Meningkatkan pengetahuan karyawan: 77 persen
  • Memastikan pengetahuan SDM karyawan adalah yang terbaru: 72 persen
  • Ini menunjukkan komitmen karyawan terhadap SDM: 68 persen
  • Menunjukkan komitmen karyawan untuk belajar: 61 persen
  • Itu bagus untuk reputasi organisasi: 55 persen

Mengapa Sertifikasi SDM Mungkin Dibutuhkan

Maju dengan karier Anda, Anda akan bersaing di pasar kerja dengan orang-orang yang telah mendapatkan sertifikasi serupa. Perusahaan yang mencari keterampilan pengembangan yang lebih strategis, keuangan, dan organisasi dalam staf SDM mereka tidak mengiklankan kredensial ini sebagai hal yang penting bagi pelamar. Faktanya, banyak yang memposting sertifikasi ini sebagai opsional atau memutuskan untuk tidak memerlukannya sama sekali, meskipun itu dapat menjadi pendorong yang substansial untuk kesuksesan karier.

Memperoleh salah satu sertifikasi yang tersedia melibatkan investasi uang untuk kursus dan buku persiapan. Ada juga investasi waktu yang membutuhkan jam dan jam belajar, sering kali menghadiri sesi kelas di dalam ruangan.

Bicaralah dengan orang HR saat ini di mana Anda tinggal dan ingin bekerja untuk mencari tahu jawaban dari orang yang diinformasikan tentang apakah Anda memerlukan HR certification. Orang yang melaporkan kondisi lokal aktual mungkin berbeda dari apa yang Anda dengar dari publikasi industri atau kantor karier sekolah Anda.

Berbagai Jenis Sertifikasi

Tidak diperlukan sertifikasi untuk bekerja di bidang sumber daya manusia . Sertifikasi bersifat opsional dalam banyak situasi. Namun, semakin banyak profesional sumber daya manusia yang mencari  sertifikasi  sebagai Profesional dalam Sumber Daya Manusia (PHR) atau Profesional Senior dalam Sumber Daya Manusia (SPHR) melalui Lembaga Sertifikasi SDM (HRCI). Baru-baru ini, HRCI menambahkan Associate Professional of HR (APHR) untuk mahasiswa.

The Society for Manajemen Sumber Daya Manusia (SHRM) telah mengembangkan dan menawarkan program sertifikasi bersaing  yang telah tersedia sejak 2014. SHRM telah membentuk dua sertifikasi berbasis kompetensi, yang SHRM Certified Professional (SHRM-CP) untuk awal-dan pertengahan karir profesional dan SHRM Senior Certified Professional (SHRM-SCP) untuk praktisi tingkat senior.

Sertifikasi tambahan tersedia melalui asosiasi profesional di bidang-bidang seperti kompensasi dan manajemen tunjangan. Association for Talent Development (ATD) menawarkan sertifikasi sebagai Certified Professional in Learning & Performance (CPLP).

Perbedaan Kompensasi

Menurut penelitian oleh Payscale.com , profesional HR bersertifikat menghasilkan jauh lebih banyak uang daripada rekan mereka yang tidak bersertifikat. Karyawan dengan sertifikasi SPHR menghasilkan 93 persen lebih banyak uang secara keseluruhan daripada mereka yang tidak memiliki sertifikasi. Mereka yang memiliki SPHR juga membuat 49 persen lebih banyak daripada mereka yang berhenti dengan PHR. Untuk semua karyawan HR, gaji rata-rata dengan PHR adalah $ 59.100, dengan SPHR adalah $ 87.900, dan $ 45.600 tanpa sertifikasi.

Promosi SDM untuk Karyawan dengan Sertifikasi

Profesional HR yang telah mendapatkan sertifikasi SPHR atau PHR juga menerima lebih banyak promosi dan mencapai kesuksesan karier lebih cepat daripada rekan mereka yang tidak bersertifikat. Misalnya, persentase karyawan HR yang menerima promosi meningkat secara substansial dengan sertifikasi. Untuk profesional di tingkat asosiasi SDM, 63 persen profesional dengan sertifikasi dipromosikan menjadi administrator SDM sementara hanya 34 persen karyawan yang tidak bersertifikat dipromosikan.

Promosi dari administrator SDM menjadi generalis SDM mencapai 57 persen untuk karyawan bersertifikat dan 27 persen untuk karyawan yang tidak bersertifikat. Seiring kemajuan orang dalam karier SDM mereka, semakin banyak personel yang memiliki sertifikasi industri. Di tingkat wakil presiden, 42 persen orang yang memegang posisi ini bersertifikat. Tiga puluh sembilan persen karyawan bergelar direktur SDM dan 30 persen manajer SDM memegang sertifikasi.

Mendapatkan Sertifikasi adanya HRCI Membedakan Anda

  • Memberi Anda kredensial yang terakreditasi penuh – Tujuh dari delapan produk inti kami diakreditasi dan memenuhi standar ketat National Commission for Certifying Agencies (NCCA).
  • Memvalidasi keahlian Anda memberi Anda kredensial yang relevan secara profesional dan berbasis kompetensi yang sangat dihargai dalam komunitas SDM dan bisnis.
  • Menghubungkan Anda ke jaringan eksklusif profesional HR yang termotivasi di seluruh dunia – Hampir 145.000 pemimpin pemikiran HR bersertifikat bekerja di lebih dari 100 negara dan wilayah.
  • Memberikan hampir 45 tahun sejarah – Didirikan pada tahun 1976, HRCI adalah organisasi sertifikasi SDM terbesar di dunia.
  • Mendapatkan pengakuan dari organisasi dan rekan kerja Anda – Para pemimpin bisnis menganggap profesional bersertifikat HR lebih memiliki motivasi diri.
  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Manfaat 

Ada beberapa manfaat dari HR certification, dari berbagai kebutuhannya, yaitu :

Bagi Calon Tenaga Kerja

  • Membantu tenaga kerja meyakinkan kepada organisasi dan kliennya bahwa dirinya kompeten dalam bekerja atau menghasilkan produk atau jasa.
  • Membantu memastikan dan memelihara kompetensi untuk meningkatkan percaya diri Tenaga kerja.
  • Adanya membantu tenaga kerja dalam merencanakan karirnya.
  • Membatu tenaga kerja dalam mengukur tingkat pencapaian kompetensi dalam proses belajar di lembaga formal maupun secara mandiri.
  • Membantu tenaga kerja dalam memenuhi persyaratan regulasi.
  • Suatu membantu pengakuan kompetensi lintas sektor dan lintas negara.

Bagi Institusi Pendidikan

  • Membantu memastikan link and match antara kompetensi lulusan dengan tuntutan kompetensi organisasi pelayanan publik.
  • Adanua membantu memastikan tercapainya efisiensi dalam pengembangan program diklat.
  • Membantu memastikan pencapain hasil diklat yang tinggi.
  • Membantu Lemdiklat dalam sistem asesmen baik formatif, sumatif maupun holistik yang dapat memastikan dan memelihara kompetensi peserta didik selama proses diklat

Bagi Industri

  • Membantu Industri meyakinkan kepada klienya bahwa produk/jasanya telah dibuat oleh tenaga-tenaga yang kompeten.
  • Membantu Industri dalam rekruitmen dan mengembangkan tenaga berbasis kompetensi, meningkatkan efisensi HRD, dan akhirnya terjadi efisiensi nasional.
  • Memastikan Industri dalam mendapatkan tenaga yang kompeten.
  • Membantu Industri dalam sistem pengembangan karir dan renumerasi tenaga berbasis kompetensi.

sertifikasi hrJenis-jenis 

Paling tidak terdapat tiga jenis sertifikasi yang dikenal dalam dunia HR dengan kekhususannya masing-masing. Apa saja ketiga jenis sertifikasi ini?

Certified Professional in Human Resources Management (CPHRM)

Sertifikat ini terdiri dari beberapa hal, yaitu :

  • Strategic Human Resources Management (Menyusun Strategi dan perencanaan pengelolaan SDM)
  • HR Planning, Recruitment & Selection (Merencanakan, mencari, memilih SDM berkualitas)
  • Organization Development, CBHRM & Organization Culture (Membangun organisasi yang efektif dan efisien)
  • Learning & Development (Mengelola proses pembelajaran dan pengembangan SDM)
  • Talent Management (Mengelola talenta dalam upaya meningkatkan pertumbuhan organisasi)
  • Career Management (Mengelola karir agar memberikan kontribusi secara optimal)
  • Performance Management (Mengelola kinerja pekerja selaras dengan tujuan organisasi)
  • Total Rewards (Mengelola sistem penghargaan yang menarik, kompetitif, dan adil)
  • Industrial Relations (Mengembangkan hubungan industrial yang harmonis)
  • HR Services & HR Technology (Mengembangkan layanan administrasi dan sistem informasi manajemen SDM sesuai dengan kebutuhan organisasi)

Human Resources Business Professional (HRBP)

HRBP terbagi dalam beberapa hal, yaitu :

  • HR Administration
  • Recruitment & Selection
  • Employee Relations & Communication
  • Compensation & Benefits
  • Training & Development
  • Health, Safety & Security

Human Resources Management Professional (HRMP)

Ada beberapa hal yang termasuk dalam HRMP, yaitu :

  • HR as a Business Leader
  • People Development & Talent Management
  • HR Service Delivery
  • Measurement

Selain itu, di luar 3 jenis sertifikasi yang sudah disebutkan di atas, masih ada sertifikasi lainnya yang berlaku di luar negeri yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

Professional in Human Resources (PHR)

Sertifikasi ini ditujukan bagi para HR manajemen dan implementasi program yang sejalan dengan hukum dan aturan yang berlaku di wilayah Amerika dan selama tiga tahun sejak didapat.

Ujian yang memakan waktu selama tiga jam ini meliputi perencanaan penerimaan tenaga kerja, hubungan antara pekerja dan buruh, kompensasi dan benefit, pengembangan HR, bisnis manajemen dan strategi, dan manajemen resiko. Kamu paling tidak harus sudah berpengalaman satu tahun dibidang ketenagakerjaan.

Senior Professional in Human Resources (SPHR)

Serupa dengan PHR, hanya saja sertifikasi ini lebih fokus kepada strategi dan pembuatan kebijakan. Tapi, persyaratan yang dibutuhkan juga cukup ketat. Kandidat harus memiliki pengalaman profesional minimal 4 tahun dan  gelar magister.

SHRM Certified Professional (SHRM-CP)

The Society for Human Resource Management, atau SHRM, menawarkan dua sertifikasi berdasarkan kompetensi yaitu the SHRM-CP and the SHRM-SCP (akan dijelaskan di poin berikutnya). SHRM-CP harus memahami impelemtasi kebijakan, stategi, dan service delivery.

Senior SHRM Certified Professional (SHRM-SCP)

SHRM-SCP bisa mengenali profesional dengan pengetahuan strategi HR yang tinggi. Khususnya bagaimana strategi bisa menyatu dengan cita-cita organisasi. SHRM-SCP bertindak sebagai leader dan berpengalaman dalam metrik performance karyawan dan kaitannya dengan Key Performance Indicator (KPI).

Contoh 

Berikut ini contoh sertifikasi yang akan kamu dapatkan setelah mengikuti pelatihan dan pembelajaran dalam bidang Human Resource :

(sumber: welinkusuma.blogspot.com)

Dengan mengikuti program pelatihan dan mendapat sertifikat ini, kamu bisa menjadi generalis di bidang sumber daya manusia (SDM) yang menjamin pengelolaan sumber daya manusia berjalan secara efektif dan memberikan dukungan penuh untuk mencapai tujuan organisasi, menjamin perbaikan berkelanjutan tetap terjaga dalam HRD (Human Resource Department).

Kamu tertarik untuk menjadi seorang HR? Jangan ragu dan takut untuk mengelola karyawan atau sumber daya manusia dalam perusahaan, karena dengan mengikuti program pelatihan dan mendapat HR certification, kamu bisa menjadi seorang HR yang handal dan kompeten.

Jadi, kamu akan lebih siap dan berpengalaman dalam mengurus semua data, informasi, dan rekrutmen karyawan dengan maksimal.

JojoTimesTapi, kamu sudah tahu belum kalau ada aplikasi keren yang bisa membantu kamu dalam mengurus dan mengelola data karyawan? yaitu JojoTimes dari Jojonomic ini!

Semua data karyawan, absensi, ijin cuti, dan keperluan HR lainnya bisa kamu pantau dan dengan aplikasi ini! Kamu juga bisa lebih produktif lho karena meringkas laporan kehadiran setiap bulannya! Yuk, tunggu apa lagi? Coba aplikasi ini sekarang dan rasakan manfaatnya!