Servant Leadership Model Buat Perusahaan Lebih Baik

servant leadership model

Berbagai model kepemimpinan perusahaan sudah sering diterapkan oleh para pengusaha. Servant leadership model adalah salah satunya. Keunikan dari jenis metode kepemimpinan ini adalah tehnik melayani untuk mendapatkan dukungan dari anggota.

Konsep seperti ini sangat populer untuk digunakan diberbagai jenis perusahaan. Perusahaan yang menggunakan metode kepemimpinan jenis ini telah tercatat mendapatkan dukungan lebih dari pihak karyawan. Karena metode ini lebih menonjolkan bersahaja dimana hampir tidak ada batasan antara pemimpin dan anggotanya. Anggota juga bisa dengan bebas mengutaran idenya.

servant leadership modelKetika perusahaan menggunkan servant leadership model. Berbicara tentang jenis kepemimpinan yang ada didalam perusahaan akan sangat banyak. Tapi yang paling menonjol adalah metode pemimpin yang melayani anggotanya seperti ini sehingga bisa terjalin hubungan baik.

Sejarah Panjang Servant Leadership Model

Cara kepemimpinan jenis ini sudah berkembang sejak lama teorinya sendiri dicetuskan oleh Robert K. Greenleaf. Teori dari servant leadership model dikemukakan padatahun 1970. Model kepempinan seperti ini ia kemukakan pada bukunya yang berjudul The servant as leader.

Lahirnya jenis kepemimpinan atas dasar pelayanan memberikan banyak benefit bagi perusahaan. Pencetus metode ini juga yakin bahwa untuk menjadi seorang pemimpin yang dilayani. Maka ia terlebih dahulu harus melayani agar memahami apa saja yang diperlukan dalam pelayanan maksimal. Dari metode ini mulai dikembangkan berbagai cara pelayanan prima.

Kualitas servant leadership model memang sudah diakui oleh banyak perusahaan. Selain pekerjaan pemimpin lebih mudah untuk dilakukan. Loyalitas dari pekerja juga bisa meningkat dengan hadirnya jenis pelayanan seperti ini sebab karyawan akan merasakan tekanan kerja yang sedikit.

Pemahaman tentang metode ini menurut Sendjaya dan Sarros. Menurut mereka servant leadership model adalah sebuah cara kepemimpinan. Dimana pemimpin tersebut lebih mengutamakan kebutuhan orang lain dan juga aspirasinya daripada miliknya sendiri.

Bisa diambil garis besar bahwa menurut mereka jenis kepemimpinan ini lebih cenderung. Untuk pemimpin melakukan segala hal atas dasar kepentingan bawahannya. Secara simple bisa dipahami bahwa kepempinan pelayanan adalah mendahulukan kepentingan orang lain dibandingkan pribadi.

Sedangkan menurut pendapat Spears kepemimpinan pelayanan. Adalah pemimpin yang memiliki keinginan melayani yang sangat tinggi. Dengan pencapaiannya dalam pelayanan yang baik ini membawa pemimpin tersebut untuk melakukan sebuah leadership.

Dari pendapat kedua ini bisa dipahami bahwa servant leadership model. Bisa membawa seorang pemimpin untuk membangkitkan kemampuan leadershipnya. Dengan terlebih dahulu melakukan pelayanan pada banyak orang seperti karyawannya.

Terakhir adalah pendapat dari Trompenaars dan Voersman. Mereka berdua yakin hubungan kepemimpinan dan pelayanan harus dimiliki seorang leader. Dengan harmoni kedua hal tersebut maka lahirlah servant leadership model.

Keterkaitan pemimpinan dan pelayanan dapat memberikan dampak positif yang sangat signifikan terhadap perkembangan perusahaan. Penggabungan kedua hal tersebut dapat menarik energi positif kedalam perusahaan dan merubah bisnis menjadi sesuatu yang lebih baik.

Ciri Dari Kepemimpinan Jenis Ini

Berdasarkan beberapa literatur servant leadership model memiliki beberapa ciri yang bisa diidentifikasi. Ciri ini bisa mulai diterapkan jika perusahaan anda ingin mengaplikasikan kepemimpinan dengan jenis ini agar mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Memiliki Empati Yang Tinggi

Seorang pemimpin yang memberlakukan metode servant leadership model selalu memiliki rasa empati tinggi. Empati sendiri tanda bahwa manusia memiliki hati yang baik. Kerasnya perjalanan kehidupan membuat kebanyakan orang melupakan empati dalam karirnya.

Mereka  hanya berfokus kepada achievement tanpa memperdulikan prosesnya. Untuk memiliki empati maka pemimpin harus menyadari lingkungan pekerjaan dan sosialnya. Dengan empati maka karyawan maupun orang-orang disekitarnya akan mulai terbuka.

Menjalin Hubungan Positif

Seringkali hubungan pemimpinan dan bawahannya tidak begitu dekat. Ini disebabkan  oleh rasa takut bawahan kepada pemimpinnya. Hal buruk seperti ini bisa menyebabkan miskomunikasi sering terjadi. Maka servant leadership model harus memiliki hubungan yang erat terhadap setiap karyawannya.

Setiap kali terjadi sebuah pertentangan mereka bisa kembali menyembuhkan hubungan yang telah terjamin. Pemimpin dengan konsep pelayanan akan memiliki hati yang rendah. Karena ia akan berpikir bahwa jabatannya hanyalah sebuah kepercayaan yang diberikan oleh bawahannya.

Melakukan Tindakan Persuasif

Tindakan persuasif adalah nilai utama dari servant leadership model. Pemimpin akan selalu membujuk bawahannya agar mengikuti arahannya. Bukan dengan memanfaatkan ketakutan atau jabatannya dan memaksa keputusannya. Ini berhubungan sekali dengan mental dan juga psikologi dari pemimpin. Beberapa ciri lainnya memang mudah tapi yang satu ini sangat berbeda.

Kemampuan persuasif seseorang memang berbeda-beda. Tergantung dari kemampuan berkomunikasi dan juga wataknya. Beberapa perusahaan yang mencoba untuk menerapkan servant leadership model sering kali terhambat karena kurangnya kemampuan dalam membujuk.

servant leadership modelTerbuka Dan Lebih Ramah

Keterbukaan secara emosional maupun profesional sering menjadi kunci kesuksesan dalam menjalankan perusahaan. Mungkin tidak semua hal boleh diketahui oleh karyawan tapi sikap penerimaan melalui keterbukaan akan selalu menghadirkan hal positif dalam perusahaan.

Keterbukaan bisa dimulai dari selalu mendengarkan setiap aspirasi dan juga memperhatikan. Dengan semakin terbukanya karyawan dalam perusahaan maka pemimpin bisa mudah untuk menyelsaikan masalah. Serta mendapatkan tujuan menuju kesuksesan bisa lebih terlihat jelas.

Pelayanan Penuh Tanggung Jawab

Karena konsep servant leadership model selalu mendahulukan pelayanan. Maka pemimpin harus menjalankan tanggung jawabnya penuh konsekuen. Pemimpin harus membuat sebuah komitmen ketika menjalankan tanggung jawabnya didalam perusahaan.

Hal ini mempermudah karyawan untuk mempercayai pemimpinnya dan membuat mereka bergerak lebih teratur. Pemimpin yang memiliki rasa tanggung jawab tinggi cenderung lebih disukai oleh bawahannya. Selain itu ini akan memberikan contoh yang baik bagi karyawan.

Tingkat Kesadaran Terhadap Lingkungan Kerja

Kesadaran terhadap lingkungan kerja menjadi tolak ukut keberhasilan metode ini. servant leadership model menuntut untuk pemimpin memperhatikan sekelilingnya. Setiap isu ataupun hal yang mungkin mengganggu perusahaan harus segera disadari dan mendapatkan penyelsaian segera.

Hal seperti ini membangun hubungan yang lebih baik didalam perusahaan. Kesadaran dari pemimpin bisa memberikan dampak lingkungan kerja yang lebih baik. Karena segala keputusan perusahaan sebagian besar berada di tangan pemimpin.

Software Yang Mempermudah Metode Ini

Karena beban kerja yang diterima oleh pemimpin ketika mengaplikasikan metode ini. Maka perlunya sebuah alat untuk mempermudahnya yaitu dengan JojoExpense. Software ini sangat berguna untuk mengontrol keuangan anda dimana saja cukup terhubung dengan internet.

Kecerdasan buatan didalam perangkat lunak ini sudah berhasil berkali-kali untuk mencegah penipuan keuangan. Ringankan beban kerja ketika menggunakan metode servant leadership model. JojoExpense sangat cocok untuk digunakan berbagai jenis perusahaan.

Proses pengajuan cash akan lebih mudah ketika menggunakan JojoExpense. Semua perhitungan dan pertimbangan bisa dilakukan oleh perangkat lunak ini. Hal ini memungkinkan untuk anda melakukan tindakan lain selagi menunggu proses dari JojoExpense.

Tingkatkan manajemen kepemimpinan perusahaan yang lebih baik dengan servant leadership model dan memanfaatkan perangkat lunak demo dari JojoExpense dari Jojonomic.