Slip Gaji Karyawan: Penjelasan dan Contoh (.doc)

pajak THR

Ketika kita bekerja, pasti dong kita mau dibayar oleh siapa pun yang mempekerjakan kita—baik itu atasan, klien maupun pelanggan. Pembayaran tersebut merupakan hak kita sebagai karyawan berbentuk selembar kertas yang dinamakan slip gaji.

Kita pasti ingin dong diberikan imbalan yang setimpal untuk hasil jerih payah yang dilakukan untuk perusahaan? Bagi perusahaan, untuk bisa mengelola upah ini dengan baik, tentu saja perlu ada sistem dong.

Dalam sistem itu, pada dasarnya diperlukan adanya slip gaji. Yuk, kita simak lebih lanjut tentang hal ini!

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sebelum mengenal slip gaji, mungkin kita perlu mengenal terlebih dahulu tentang gaji itu sendiri. Gaji itu adalah imbalan yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada semua karyawan atas kontribusinya. Dengan kontribusi karyawan, harapannya perusahaan dapat mencapai visi dan misinya dengan baik.

Sistem gaji ini bisa berbeda-beda tergantung perusahaan, baik secara bulanan, mingguan maupun dua mingguan. Perusahaan pada umumnya menggunakan sistem bulanan.

Apa Itu Slip Gaji?

Untuk bisa melacak pendistribusian gaji dengan baik dan benar, perusahaan membutuhkan slip gaji. Apa itu slip gaji? Slip gaji adalah catatan ringkas yang berisi rincian hak-hak yang semestinya diperoleh oleh karyawan dalam periode tertentu, sekaligus pengurangan yang terkait.

Fungsi dari slip gaji adalah untuk transparansi keuangan agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang seharusnya tidak terjadi. Bagi karyawan, slip gaji juga memiliki fungsi sebagai salah satu faktor analisis untuk pengajuan KPR, Kartu Kredit dan listing kendaraan.

Memahami slip gaji

Slip gaji atau slip gaji adalah dokumen yang diterbitkan setiap bulan oleh pemberi kerja kepada karyawannya. Slip gaji berisi rincian gaji karyawan dan pemotongan untuk periode tertentu. Dokumen ini dapat dicetak dalam bentuk cetak atau dikirimkan ke karyawan. Pegawai dapat mendownload slip gaji dalam format pdf. Selain itu, perusahaan secara hukum terikat untuk mengeluarkan slip gaji secara berkala sebagai bukti pembayaran gaji kepada karyawannya dan pemotongan yang dilakukan.

Pentingnya slip gaji

4 Manfaat Software Slip Gaji Bagi HR dan Perusahaan - Talenta

Slip gaji atau slip gaji adalah bukti penghasilan yang sah bagi seorang karyawan. Ini membantu seseorang memahami gaji dan komponennya. Juga, slip gaji berfungsi sebagai bukti pekerjaan. Ini juga membantu dalam mengajukan pengembalian pajak pendapatan dan mengajukan pinjaman dan hipotek dan menegosiasikan kenaikan gaji saat melamar pekerjaan baru. Pemahaman tentang slip gaji dan komponen gaji penting dilakukan karena:

  • Pilih dengan cerdas: Slip gaji membantu dalam memilih pekerjaan dengan cerdas dari perusahaan yang berbeda saat berpindah pekerjaan. Itu juga bertindak sebagai agen negosiasi untuk kenaikan gaji sambil berganti pekerjaan baru.
  • Perencanaan pajak : Komponen slip gaji memiliki perlakuan pajak yang berbeda. Memiliki pengetahuan tentang slip gaji dan komponennya dapat membantu seorang karyawan memanfaatkan potongan pajak yang tersedia. Oleh karena itu, memungkinkan mereka untuk merencanakan pajak secara efisien.
  • Pemahaman yang lebih baik : Slip gaji memiliki komponen yang merupakan tabungan paksa. Seperti EPF dan ESI. Karyawan memiliki pilihan untuk tidak ikut serta dari beberapa tabungan paksa ini. Mereka malah dapat menginvestasikan hal yang sama dalam investasi dengan hasil tinggi.

Sehingga dengan mengetahui slip gaji dan komponen-komponennya dapat membantu karyawan dalam memanfaatkan situasi di sekitarnya.

Perbedaan antara Cost to Company (CTC) dan gaji di tangan / kotor

Camper pagato con assegno "cabriolet", 4 denunce - GenovaQuotidiana

Biaya bagi Perusahaan CTC adalah jumlah total yang dihabiskan oleh pemberi kerja untuk seorang karyawan. Biaya untuk perusahaan terdiri dari komponen-komponen seperti tunjangan sewa rumah, tunjangan transportasi, gratifikasi, biaya pengobatan, dana hemat karyawan, tunjangan lain, dll. Sedangkan gaji kotor adalah jumlah yang diterima karyawan sebelum ada pemotongan. Dengan kata lain, ini adalah jumlah yang dibayarkan oleh pemberi kerja kepada karyawan setiap bulan. Gaji Kotor tidak termasuk PF dan persen. Gaji bersih adalah gaji yang diterima karyawan setelah pemotongan.

Biaya bagi perusahaan adalah jumlah yang dihabiskan pemberi kerja untuk mempekerjakan dan mempertahankan layanan karyawan. Ini dianggap sebagai gaji variabel. CTC bervariasi berdasarkan berbagai faktor dan dengan demikian berdampak pada gaji bersih yang diterima karyawan. Seseorang dapat memperbaikinya hanya dengan mencocokkan CTC dengan jumlah sebenarnya yang mereka terima.

Mari kita pahami perbedaan antara biaya bagi perusahaan dan gaji kotor dengan contoh slip gaji atau slip gaji. CTC Mr. Charan adalah INR 5,50,000. Di bawah ini adalah selisih biaya untuk perusahaan:

Gaji Dasar: INR 2.75.000 (50% dari gaji)

DA: INR 82.500 (30% dari dasar)

HRA: INR 1,43,000 (40% dari dasar + DA)

CA: INR 19.200 (INR 1600 per bulan)

Tunjangan Khusus: INR 8.700 (berdasarkan kinerja)

Kontribusi EPF: INR 21.600

Gaji Kotor adalah jumlah sebelum dipotong pajak dan lain-lain. Namun, sudah termasuk bonus, lembur, dll. Sedangkan gaji kotor Charan adalah INR 5,50,000 – 21,600

Gaji Kotor = INR 5,28.400. Pembayaran bersih dihitung dari jumlah ini.

Mengapa Slip Gaji Penting?

Veneto: Assegno per il Lavoro – La Discussione

Mempertahankan slip gaji sama pentingnya dengan sertifikat pekerjaan. Slip gaji membantu karyawan dalam mencari pinjaman, pekerjaan di masa depan, perencanaan pajak pendapatan, memanfaatkan subsidi pemerintah, dan bertindak sebagai dokumen resmi ketenagakerjaan.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang komponen slip gaji, mari kita kaji terlebih dahulu kepentingannya.

Bukti pekerjaan

Slip gaji berfungsi sebagai bukti hukum pekerjaan. Saat mengajukan visa perjalanan atau universitas dan perguruan tinggi, pelamar harus menyerahkan salinan slip gaji sebagai bukti resmi dari gaji dan penunjukan terakhir. Selain itu, slip gaji adalah salah satu dokumen terpenting untuk pemeriksaan latar belakang. Dokumen tersebut berlaku sebagai bukti hukum terhadap klaim gaji. Slip gaji juga memiliki sebutan saat ini. Semua slip masa lalu dapat digunakan untuk menunjukkan lintasan karir karyawan di perusahaan.

Perencanaan Pajak Penghasilan

Slip gaji berisi pembagian pendapatan dan pemotongan bulanan. Ini juga mencakup komponen yang dapat mengurangi pajak. Pembagian pendapatan, yaitu gaji pokok, HRA, tunjangan kesehatan, tunjangan perjalanan. Serta pengurangan yaitu pajak profesi, EPF, dan TDS. TDS membantu seorang karyawan merencanakan kewajiban pajaknya sebelumnya. Gaji takehome karenanya lebih tinggi karena pemotongan ini. Pajak tersebut kemudian dihitung atas gaji takehome berdasarkan lembaran pajak penghasilan.

Perencanaan pajak pendapatan yang tepat membantu dalam mengelola arus keluar pajak. Perencanaan pajak merupakan bagian integral dari pengelolaan keuangan. Dengan demikian, ini membantu dalam memanfaatkan manfaat maksimum dari pengurangan pajak, rabat, tunjangan, dan konsesi dalam batas-batas yang diterima di bawah Undang-Undang Pajak Penghasilan tahun 1961.

Slip gaji tidak hanya membantu dalam menilai arus keluar pajak, tetapi juga membantu dalam menghitung pengembalian pajak dan pengembalian pajak pendapatan. Oleh karena itu, penting untuk melacak pemecahan gaji untuk menyesuaikan dengan Pajak Penghasilan.

Mencari pekerjaan masa depan

Slip gaji adalah bukti sah dari pekerjaan saat ini dan skala gaji di mana karyawan saat ini bekerja. Dokumen ini membantu dalam bernegosiasi dengan calon pemberi kerja pada tingkat agregat yaitu, total biaya untuk CTC perusahaan dan setiap tingkat komponen, yaitu gaji pokok, tunjangan. Hampir semua perusahaan meminta slip gaji masa lalu sebagai bukti pekerjaan dan penghasilan.

Selain itu, karyawan dapat membandingkan penawaran yang diberikan oleh pemberi kerja baru berdasarkan slip gaji sebelumnya. Ini memainkan peran penting dalam mengevaluasi pengalaman. Oleh karena itu, slip gaji berperan penting dalam pencarian kerja. Ini juga membantu dalam memutuskan pendakian yang harus dilakukan. Selain itu, slip gaji merupakan pemecah kesepakatan dalam negosiasi gaji dengan majikan baru. Selain itu, slip gaji sebelumnya dapat digunakan untuk membuktikan lintasan karir.

Dapatkan pinjaman dan kartu kredit

Slip gaji berisi semua detail gaji dan penunjukan. Ini berfungsi sebagai bukti hukum kemampuan membayar kredit seorang karyawan. Selanjutnya, pinjaman yang tersedia, kartu kredit, hipotek, dan pinjaman lain didasarkan pada slip gaji. Oleh karena itu, dokumen ini diperlukan saat mengajukan pinjaman, kartu kredit, hipotek, dll. Lembaga pemberi pinjaman dan bank memastikan mereka mengambil salinan slip gaji. Kelayakan kredit peminjam dianalisis berdasarkan laporan gaji.

Slip gaji membantu dalam menetapkan batas kredit. Juga, ini bertindak sebagai kriteria kelayakan untuk memanfaatkan pinjaman atau kartu kredit. Dengan ini, slip gaji juga menentukan pajak Anda di tahun buku.

Manfaatkan subsidi pemerintah

Slip gaji dapat digunakan untuk mendapatkan layanan gratis tertentu. Bahkan, mereka juga bisa memanfaatkan layanan yang bersubsidi besar. Layanan tersebut mencakup perawatan medis, biji-bijian makanan, dll.

 Seseorang dapat menggunakan kalkulator pajak pendapatan Scripbox  untuk menentukan pendapatan kena pajak yang akan membantu dalam mengajukan pengembalian pajak pendapatan. Kalkulator juga merekomendasikan investasi reksa dana ( ELSS ) untuk penghematan pajak. Gunakan kalkulator dan hemat pajak.

5 Hal Wajib Tercantum di Slip Gaji

Truffa dell'assegno su Whatsapp - InvestireOggi.it

Pada dasarnya, slip gaji tidak memiliki aturan yang baku, sehingga setiap perusahaan memiliki formatnya masing-masing. Meskipun begitu, tentu saja ada beberapa hal yang wajib tertera di slip gaji.

Pasti tidak mungkin kan, kalau slip gaji hanya berisi nominal yang dibayarkan kepada karyawan saja? Nanti bisa-bisa dikira bukti pembayaran biasa, atau bahkan catatan yang tidak penting. Untuk itu, cara membuatnya perlu mencantumkan hal berikut ini:

Nama dan Logo Perusahaan

Sudah pasti ini adalah elemen yang penting, agar terlihat identitas pembuat slip gaji tersebut. Dengan begitu, siapa pun yang melihatnya akan segera tahu siapa pemberi gaji karyawan yang bersangkutan.

Selain itu, dengan adanya nama dan logo perusahaan, slip gaji tidak akan tertukar dengan bukti pembayaran di toko.

Data Karyawan

Di perusahaan sudah pasti masing-masing karyawan memiliki besaran gaji yang berbeda-beda. Hal ini biasa dipengaruhi faktor-faktor, seperti lamanya waktu bekerja, jenjang pendidikan, maupun jabatan.

Oleh karena itu, penting hukumnya untuk mencantumkan data karyawan di slip gaji. Data karyawan tersebut antara lain:

  • Nama penerima gaji
  • Jabatan
  • Nomor pegawai (jika ada)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Tanggal Pembayaran

Tanggal pembayaran ini penting fungsinya. Selain sebagai tanggal yang paling dinanti karyawan, tanggal ini juga bisa menjadi bukti pertanggungjawaban jika terjadi hal di luar dugaan.

Sebaiknya tanggal yang dicantumkan lengkap hingga ke tahun-tahunnya. Keberadaan tanggal ini di slip gaji juga memudahkan pihak keuangan untuk membentuk laporan tahunan nantinya.

gaji

Rincian Lengkap Pembayaran

Berdasarkan UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, besaran gaji pokok yang diterima oleh karyawan harus setidaknya 75% dari jumlah gaji pokok dan tunjangan tetap.

Agar perusahaan dapat mempertanggungjawabkan ini, perlu memasukkan rincian lengkap pembayaran di slip gaji. Berikut adalah beberapa rincian yang perlu diikutsertakan:

Gaji Pokok

Gaji pokok adalah gaji yang telah ditetapkan perusahaan berdasarkan pada jabatan karyawan di dalam perusahaan. Untuk menentukan hal ini, perusahaan akan melihat jenjang karier dan kompetensi karyawan dalam menjalankan tugas.

Tunjangan

Bayaran yang diberikan oleh perusahaan sebagai pelengkap gaji pokok disebut juga tunjangan. Ada berbagai macam jenis tunjangan yang umum diberikan oleh kantor kepada karyawan.

Diantaranya adalah tunjangan jenjang karier (jabatan), tunjangan transportasi dan tunjangan makan.

Tunjangan biasanya bersifat sosial atau intensif. Tunjangan juga dibagi menjadi dua, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

Potongan

Ini adalah dana yang biasa diambil dari gaji karyawan dikarenakan faktor-faktor tertentu. Beberapa faktor tersebut adalah potongan pinjaman, potongan pajak penghasilan, potongan resmi kesehatan BPJS, iuran keanggotaan BPJS dan asuransi hari tua.

Upah Lembur

Peraturan Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi No. 102 tahun 2004 (Menakertrans No. 102/MEN/VI/2004) menyatakan bahwa jam kerja yang melebihi 7 jam sehari dan 40 jam seminggu terhitung dalam waktu lembur kerja. Oleh karena itu, perusahaan biasanya membayarkan upah lembur ketika karyawan bekerja melebihi jam kerja biasanya.

Komisi

Komisi dapat berupa uang atau barang yang diberikan kepada karyawan sebagai bonus. Kalau perusahaan memiliki suatu target tertentu, biasanya komisi diberikan kepada karyawan ketika berhasil mencapai target.

Di samping itu, karyawan juga bisa mendapatkan bonus di hari-hari besar atau saat performa kerja bagus.

Informasi Pajak

Sudah kewajiban perusahaan untuk menerapkan (dan memproses) pembayaran pajak karyawan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Biasanya, seluruh karyawan akan dikenakan potongan pajak yang serupa.

Untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman, perusahaan wajib mencantumkan informasi pajak ini pada slip gaji. Dengan begitu, karyawan dapat melihat sendiri berapa gaji pokok mereka, berapa banyak yang diberikan kepada pajak dan berapa banyak yang akhirnya dapat mereka kantongi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.
Ecco come un assegno protestato può affossare la tua azienda

Keterangan “Dokumen Rahasia”

Tentu saja, sebagai informasi finansial seseorang, slip gaji merupakan bagian dari privasi mereka. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencantumkan tulisan yang menyatakan kerahasiaan dari slip gaji tersebut.

Tujuannya adalah untuk memberitahu bahwa data yang tercantum di dalamnya hanya diketahui oleh perusahaan dan karyawan yang bersangkutan, bukan untuk konsumsi publik.

Format dan Contoh Slip Gaji — Berdasarkan Perusahaan

Memang slip gaji tiap perusahaan berbeda-beda, sehingga kamu bebas mengkreasikan milikmu sendiri. Tapi, kalau kamu masih bingung, mungkin ada baiknya kamu melihat beberapa contoh slip gaji yang ada.

Berdasarkan jenis perusahaan dan industri yang digeluti olehnya, slip gaji yang mereka buat bisa berbeda-beda. Mungkin contoh-contoh slip gaji berikut bisa membantumu untuk memutuskan slip gaji seperti apa yang ingin kamu buat.

Contoh Slip Gaji Karyawan Toko

Slip Gaji Karyawan Hotel

Contoh Slip Gaji Sederhana

Slip Gaji Perusahaan

Contoh Slip Gaji Guru

Slip Gaji Perusahaan BUMN

Contoh Slip Gaji Karyawan Toko

Slip Gaji Karyawan Swasta dalam Perusahaan

Contoh Slip Gaji Perusahaan

Slip Gaji Sederhana

Contoh Slip Gaji Honorer

Slip Gaji Karyawan Swasta

Kamu bisa mengunduh contohnya melalui link ini

Sesederhana apa pun slip gaji yang kamu buat, kalau kamu harus melakukannya secara manual setiap bulannya, pasti kamu akan lelah, kan? Zaman sekarang membuat slip gaji secara manual dan analog tentu sudah ngga zaman.

jojonomic

Agar kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan pembuatan slip gaji, serahkan saja sistem penggajian perusahaanmu kepada JojoPayroll. Selain menghemat waktu untuk pekerjaan yang lebih mendesak, proses otomatis JojoPayroll juga bisa menghemat biaya yang biasa dikeluarkan untuk kertas atau keperluan manual lainnya. Kalau sudah ada yang mudah, buat apa tetap pilih yang susah?