Bagaimana Dampak Adanya SPAM dalam Kegiatan Bisnismu?

Apakah kamu sering mendapat pesan singkat (SMS) atau e-mail dengan pengirim dan bahkan konten yang sama secara berulang-ulang? Berarti, kamu sedang terkena SPAM yang pastinya sangat mengganggu.

Kegiatan ini sering dilakukan di dunia maya, karena adanya anggapan bahwa pesan berulang adalah cara yang mudah dan murah untuk memasarkan sesuatu ataupun kepentingan lainnya di internet.

Tapi, bagi yang menerima pesan berulang ini sangat tidak nyaman, kan? Terutama kalau kamu sedang menunggu pesan penting untuk kepentingan bisnismu.

Karena itu, yuk kenali bersama-sama pengertian, tujuan, dampak, dan contoh spam ini supaya kinerja atau performa bisnis kamu tetap lancar dan maksimal berikut ini!

Pengertian SPAM

Spam adalah aktivitas mengirimkan pesan kepada orang lain dengan menggunakan perangkat elektronik secara terus-menerus dan dengan jumlah yang masif tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Aktivitas ini disebut dengan spamming, dan pelakunya disebut dengan spammer.

Pada dasarnya, pesan yang dikirim oleh spammer berisi iklan atau informasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh si penerima.

Tapi, pengirim spam tetap melakukannya karena memiliki tujuan tertentu yang ingin didapatkan dari si penerima pesan ini.

Biasanya, spammer melakukan spam untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka tawarkan, supaya lebih menarik perhatian penerimanya.

Tentunya, bagi yang menerima pesan berulang ini sangat terganggu karena bisa menyita waktu, dan menguras sumber daya perangkat elektronik, kan?

spamTujuan dilakukan SPAM di Internet

Nah, kenapa ya masih banyak yang melakukan kegiatan spamming di internet? Ada beberapa alasan mengapa para spammer tetap melakukan hal ini meskipun bisa merugikan orang lain. Kira-kira apa saja ya tujuannya?

Spam untuk Tujuan Penipuan

Spam untuk tujuan penipuan juga sangat sering ditemukan, baik melalui e-mail, SMS, dan media lainnya. Modus penipuannya juga sangat beragam lho.

Misalnya, mengambil alih akun online (phising), pencurian data, meminta uang, dan lain sebagainya. Bahaya sekali, kan?

Perlu kamu ketahui, salah satu modus penipuan yang sangat sering terjadi saat ini yaitu pencurian akun online (phising).

Biasanya, pelaku mengirimkan e-mail berulang secara random di mana isi pesan menyebutkan bahwa kamu telah memenangkan hadiah undian.

Nah, di dalam email tersebut disisipkan link ke situs tertentu dimana kamu sebagai penerima harus login menggunakan akun e-mail.

Ketika kamu mengetikkan e-mail dan password, setiap ketukan keyboard telah direkam sehingga si penipu mengetahui alamat e-mail dan password kamu.

Karena itu, jangan sembarangan untuk memberikan e-mail terlebih password kamu secara online ya, karena akan mudah sekali untuk dilacak oleh para spammer yang ingin menipu ini.

Spam untuk Tujuan Promosi

Banyak sekali pihak yang mau memasarkan bisnisnya  di internet dengan cara-cara yang tidak etis. Salah satunya yaitu dengan mengirimkan spam kepada orang lain.

Isi pesan yang terdapat dalam pesan spam biasanya penawaran barang atau jasa dari pengirim tersebut.

Spammer bisa dari mana saja, baik itu perorangan maupun perusahaan. Bahkan, ada juga perusahaan yang mengirimkan pesan spam melalui e-mail dan SMS sebagai pemasarannya.

Sebagai penerima spam, tentu kamu akan merasa terganggu kan setiap kali menerima spam yang berisi pesan komersil ini?

Tapi, pada umumnya spam promosi tidak menghasilkan penjualan lho. Kalaupun terjadi penjualan, itu hanya kebetulan dan sangat jarang terjadi. Jadi, lebih baik mengirimkan pesan yang biasa dan tidak berulang, kan?

Spam Hanya Sekedar Iseng

Salah satu yang paling mengesalkan yaitu spam untuk iseng atau jahil. Kegiatan dengan tujuan iseng ini merupakan bentuk spam yang sangat mengganggu pengguna internet, terutama saat sibuk.

Walaupun tidak bermaksud melakukan tindakan penipuan atau tindakan kejahatan lainnya, tapi penerima pesan berulang ini mendapat kerugian dan spammer akan mendapat keuntungan kalau korban merespon.

Salah satu contoh keisengan dalam kegiatan ini yaitu menyebarkan link website tertentu di bagian komentar blog orang lain.

Contohnya, membagikan gambar tak senonoh atau link situs porno di bagian komentar status media sosial orang lain. Sangat tidak sopan juga, kan?

spamDampak Buruk dari SPAM

Spam ini tidak memberikan manfaat kepada penerimanya dan bisa memberikan dampak buruk bagi kelancaran atau aktivitas bisnis. Apa saja dampak buruk dari pesan berulang ini?

Menghabiskan Waktu dan Tenaga

Menghabiskan waktu untuk menghapus dan membersihkan spam dari perangkat elektronik.

Menghabiskan Sumber Daya Perangkat atau Baterai

Menghabiskan sumber daya perangkat elektronik sehingga tidak dapat digunakan dengan baik.

Mengurangi Bandwidth

Menghabiskan bandwidth karena penggunaan internet untuk menghapus spam menjadi lebih banyak.

Lambat Membuka Website

Dapat mengakibatkan sebuah website atau blog menjadi lambat karena memproses banyak komentar spam.

Rentan Terhadap Malware

Perangkat elektronik menjadi rentan terhadap kemungkinan terjangkit malware yang menyusup di dalam pesan berulang.

spamContoh-contoh SPAM

Ada beberapa contoh spam yang sering terjadi sehari-hari dan harus kita mengerti, yaitu:

Spam SMS

Spam SMS atau pesan singkat juga cukup sering terjadi saat ini. Tujuan dari hal ini juga cukup beragam, tapi kebanyakan bertujuan untuk promosi barang atau jasa, dan penipuan.

Pesan SMS ini dilakukan dengan menggunakan software SMS blast yang bisa mengiriman pesan instan secara banyak atau massal ke berbagai nomor ponsel dalam waktu yang bersamaan.

Spam E-mail

Spam yang sering dan mudah terjadi saat ini yaitu melalui e-mail, dan paling sering dialami kebanyakan orang. Bentuk spam e-mail ini biasanya dengan mengirimkan surat elektronik komersial secara massal yang tidak diminta oleh si penerima e-mail.

Pengiriman spam e- mail ini bisa dilakukan melalui “jaringan zombie” atau yang sering disebut dengan jaringan virus yang telah menginfeksi komputer pribadi maupun kantor di seluruh dunia.

Tapi, spam ini  juga banyak terjadi karena pengguna internet mendaftarkan e-mail mereka pada website tertentu.

Jadi, pastikan kalau kamu mau memasukkan informasi pribadi kamu di internet, ke dalam website yang terpercaya dan aman privacy nya.

Spam Mesin Pencari (Search Engine)

Spam mesin pencari disebut juga dengan spamdexing, singkatan dari spamming dan indexing. Tujuan spamdexing ini adalah untuk menempatkan halaman-halaman situs spam di mesin pencari dengan pencarian yang relevan sehingga mendapatkan trafik dari mesin pencari.

Untuk mengatasi hal ini, mesin pencari modern seperti Google selalu melakukan update pada alogritmanya sehingga situs-situs yang menerapkan spamdexing akan dihapus dari indeks pencarian Google.

Spam Komentar di Blog

Kamu suka menulis blog dan mendapat berbagai komentar berulang di kolom komentar?

Spam melalui komentar di blog juga merupakan salah satu hal yang cukup mengganggu para blogger atau pemilik website.

Karena, saat ini komentar berulang di blog dilakukan dengan menggunakan software khusus sehingga komentar berulang di sebuah blog jumlahnya sangat banyak dan mengganggu.

Jadi, pastikan kamu tidak melakukan pesan berulang ini di internet untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan kamu ya.

Kalau kamu menemukan spam yang mengganggu, kamu juga bisa melaporkan pesan berulang tersebut dengan fitur laporkan pesan atau report, sehingga tidak akan terlihat lagi di e-mail, SMS, blog, atau website kamu.

JojoExpenseNah, kamu mau kan aktivitas bisnis kamu berjalan dengan lancar? Pastinya juga harus disertai dengan laporan keuangan yang lengkap dan akurat. Supaya laporan keuangan kamu bisa terjamin dan terhindar dari spam, kamu bisa menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic ini! Dijamin aman, lengkap, dan teratur dengan sistem otomatisnya.  Jadi semakin lebih produktif dan efisien, kan? Tertarik mencoba aplikasi ini?