SPAM : Bagaimana Dampak Adanya SPAM dalam Kegiatan Bisnismu?

Apakah kamu sering mendapat pesan singkat (SMS) atau e-mail dengan pengirim dan bahkan konten yang sama secara berulang-ulang? Berarti, kamu sedang terkena SPAM yang pastinya sangat mengganggu.

Anda mungkin sering mendengar istilah spam, apalagi jika berbicara tentang aktivitas di dunia maya dan berbagai aplikasi. Sekilas, Anda mungkin sudah memahami arti spam. Tetapi Anda benar-benar memahami arti spam dan mengapa itu ada.

Ketika teknologi digital menjadi semakin masif, istilah spam menjadi populer. Biasanya berhubungan dengan sistem komunikasi, dari email hingga aplikasi chat. Tentunya dari media sosial hingga mengunjungi website, Anda sering mendengar istilah spam saat online.

Istilah spam sering disebut dalam review aplikasi, seperti aplikasi pesan instan atau aplikasi belanja. Aplikasi atau situs web dengan terlalu banyak spam sering dikritik karena mengganggu. Namun, masih banyak orang yang belum begitu paham dengan pengertian spam dan berbagai jenisnya.

Kegiatan ini sering dilakukan di dunia maya, karena adanya anggapan bahwa pesan berulang adalah cara yang mudah dan murah untuk memasarkan sesuatu ataupun kepentingan lainnya di internet.

Tapi, bagi yang menerima pesan berulang ini sangat tidak nyaman, kan? Terutama kalau kamu sedang menunggu pesan penting untuk kepentingan bisnismu.

Karena itu, yuk kenali bersama-sama pengertian, tujuan, dampak, dan contoh spam ini supaya kinerja atau performa bisnis kamu tetap lancar dan maksimal berikut ini!

Apa itu spam?

Hasil gambar untuk unsplash social media

Bentuk s-pam atau s-pam adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik untuk mengirimkan berita iklan dan keperluan lain secara massal. Biasanya s-pam akan terus menerus menampilkan berita tanpa diminta, dan biasanya bukan itu yang diinginkan penerima. Pada akhirnya, spam dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna situs web. Orang yang membuat spam elektronik disebut spammer.

Masalah spam dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu spam yang masuk ke inbox pengguna, dan yang lainnya adalah akun pengguna yang disalahgunakan oleh spammer untuk mengirimkan spam.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Kenali SPAM dan aktivitasnya

S-pam adalah aktivitas mengirimkan pesan kepada orang lain dengan menggunakan perangkat elektronik secara terus-menerus dan dengan jumlah yang masif tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Aktivitas ini disebut dengan spamming, dan pelakunya disebut dengan spammer.

Pada dasarnya, pesan yang dikirim oleh spammer berisi iklan atau informasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh si penerima.

Tapi, pengirim spam tetap melakukannya karena memiliki tujuan tertentu yang ingin didapatkan dari si penerima pesan ini.

Biasanya, spammer melakukan spam untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka tawarkan, supaya lebih menarik perhatian penerimanya.

Tentunya, bagi yang menerima pesan berulang ini sangat terganggu karena bisa menyita waktu, dan menguras sumber daya perangkat elektronik, kan?

Pengiriman pesan s-pam biasanya melebihi kapasitas penerima s-pam. Banyaknya s-pam yang masuk terkadang bisa membuat penerima s-pam gelisah dan jengkel karena harus bekerja lebih lama untuk menghapus semua s-pam yang masuk. Email s-pam biasanya dikirim melalui berbagai media komunikasi.

Biasanya, pesan ini dikirim melalui email, aplikasi obrolan, atau bahkan SMS. Spam memang sangat erat kaitannya dengan masalah privasi data di dunia digital, bisa dikatakan menjadi topik perbincangan tentang spam karena dinilai mengganggu.

Kebijakan Penyedia Layanan

Menyadari hal ini, biasanya penyedia layanan perpesanan juga mengambil banyak tindakan untuk menghilangkan s-pam. Misalnya, jika email masuk termasuk dalam menu “Spam”, Gmail akan mengklasifikasikannya secara otomatis. Namun, ini tidak selalu efektif dalam mencegah pengguna email diganggu oleh spam.

Biasanya, s-pam terutama dikirim melalui email. Banyak situs web telah menerapkan fungsi mengirim spam atau memasukkan data situs web ke semua anggota email terdaftar. Sudahkah Anda masuk ke situs web dan memasukkan alamat email Anda?

Jika Anda sudah dan memasukkan alamat email Anda, ini adalah sumber spam yang Anda terima. Pengiriman s-pam dilakukan secara otomatis, sehingga semua email yang terdaftar di website bisa terus menerus mendapatkan spam. Spam bisa dikatakan berita yang sangat mengganggu.

Sebagian besar aktivitas s-pam dilakukan di Internet, karena orang mengira bahwa s-pam adalah cara yang mudah dan murah untuk mempromosikan sesuatu atau minat lain di Internet. S-pam adalah produk botnet yang telah diretas dan karenanya dapat digunakan untuk membuat pesan yang mengganggu ini.

Dari sudut pandang penerima surat, s-pam tentunya merupakan momok yang sangat mengganggu, karena memakan waktu dan menyia-nyiakan sumber daya peralatan elektronik.

spamTujuan dilakukan SPAM di Internet

Mengapa masih banyak aktivitas s-pam di Internet? Meskipun pelaku s-pam dapat membahayakan orang lain, ada beberapa alasan mengapa s-pam terus ada. Alasannya jelas, yaitu untuk mempromosikan produk melalui email komersial.

Tapi ini tidak semua. Ada banyak alasan lain mengapa s-pam terus dikirim. Alasannya tidak lepas dari pengertian s-pam dan berbagai jenisnya. Mengacu pada definisi s-pam yang dijelaskan sebelumnya, beberapa tujuan s-pam adalah sebagai berikut:

Nah, kenapa ya masih banyak yang melakukan kegiatan spamming di internet? Ada beberapa alasan mengapa para spammer tetap melakukan hal ini meskipun bisa merugikan orang lain. Kira-kira apa saja ya tujuannya?

Spam untuk Tujuan Penipuan

S-pam untuk tujuan penipuan juga sangat sering ditemukan, baik melalui e-mail, SMS, dan media lainnya. Modus penipuannya juga sangat beragam lho.

Misalnya, mengambil alih akun online (phising), pencurian data, meminta uang, dan lain sebagainya. Bahaya sekali, kan?

Perlu kamu ketahui, salah satu modus penipuan yang sangat sering terjadi saat ini yaitu pencurian akun online (phising).

Biasanya, pelaku mengirimkan e-mail berulang secara random di mana isi pesan menyebutkan bahwa kamu telah memenangkan hadiah undian.

Nah, di dalam email tersebut disisipkan link ke situs tertentu dimana kamu sebagai penerima harus login menggunakan akun e-mail.

Ketika kamu mengetikkan e-mail dan password, setiap ketukan keyboard telah direkam sehingga si penipu mengetahui alamat e-mail dan password kamu.

Karena itu, jangan sembarangan untuk memberikan e-mail terlebih password kamu secara online ya, karena akan mudah sekali untuk dilacak oleh para spammer yang ingin menipu ini.

Spam untuk Tujuan Promosi

Banyak sekali pihak yang mau memasarkan bisnisnya  di internet dengan cara-cara yang tidak etis. Salah satunya yaitu dengan mengirimkan s-pam kepada orang lain.

Isi pesan yang terdapat dalam pesan spam biasanya penawaran barang atau jasa dari pengirim tersebut.

Spammer bisa dari mana saja, baik itu perorangan maupun perusahaan. Bahkan, ada juga perusahaan yang mengirimkan pesan s-pam melalui e-mail dan SMS sebagai pemasarannya.

Sebagai penerima spam, tentu kamu akan merasa terganggu kan setiap kali menerima spam yang berisi pesan komersil ini?

Tapi, pada umumnya spam promosi tidak menghasilkan penjualan lho. Kalaupun terjadi penjualan, itu hanya kebetulan dan sangat jarang terjadi. Jadi, lebih baik mengirimkan pesan yang biasa dan tidak berulang, kan?

Spam Hanya Sekedar Iseng

Salah satu yang paling mengesalkan yaitu spam untuk iseng atau jahil. Kegiatan dengan tujuan iseng ini merupakan bentuk s-pam yang sangat mengganggu pengguna internet, terutama saat sibuk.

Walaupun tidak bermaksud melakukan tindakan penipuan atau tindakan kejahatan lainnya, tapi penerima pesan berulang ini mendapat kerugian dan spammer akan mendapat keuntungan kalau korban merespon.

Salah satu contoh keisengan dalam kegiatan ini yaitu menyebarkan link website tertentu di bagian komentar blog orang lain.

Contohnya, membagikan gambar tak senonoh atau link situs porno di bagian komentar status media sosial orang lain. Sangat tidak sopan juga, kan?

Kartu ucapan

Beberapa tahun terakhir, s-pam kartu hadiah ini telah menjadi tren. Untuk meyakinkan para korban, biasanya penipuan semacam ini merepresentasikan banyak brand terkenal Zara, seperti McDonalds, KFC, 7-11.

Namun sebelum menerima bonus, korban akan diminta mengisi kuesioner terlebih dahulu. Mengingat ini adalah penipuan, penyelidikan jelas tidak benar dan hanya digunakan untuk mendapatkan data pribadi korban.

Sayangnya, banyak orang yang selalu tertarik dengan godaan kartu hadiah atau kado. Apalagi jika banyak merek besar yang terlibat, daya tariknya akan terus meningkat. Pastikan Anda bukan korban atau korban yang salah dari jenis s-pam ini.

Penawaran investasi

Model ini adalah salah satu cara baru bagi scammer untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak semestinya mereka gunakan. Penipu akan mengirimkan pesan berisi penawaran investasi melalui perusahaan tertentu.

Dengan cara ini, tujuan penipu adalah mencari nafkah dari investasi penipuan ini. Namun perlu diingat, mengingat platformnya masih terus berkembang, pola penipuan yang diterapkan melalui WhatsApp dipastikan akan terus berkembang di masa mendatang.

spamDampak Buruk dari SPAM

Spam ini tidak memberikan manfaat kepada penerimanya dan bisa memberikan dampak buruk bagi kelancaran atau aktivitas bisnis. Apa saja dampak buruk dari pesan berulang ini?

Menghabiskan Waktu dan Tenaga

Waktu untuk menghapus dan membersihkan s-pam dari perangkat elektronik.

Habiskan Sumber Daya Perangkat atau Baterai

Sumber daya perangkat elektronik sehingga tidak dapat digunakan dengan baik.

Oops! We could not locate your form.

Mengurangi Bandwidth

Menghabiskan bandwidth karena penggunaan internet untuk menghapus spam menjadi lebih banyak.

Lambat Membuka Website

Dapat mengakibatkan sebuah website atau blog menjadi lambat karena memproses banyak komentar s-pam.

Rentan Terhadap Malware

Perangkat elektronik menjadi rentan terhadap kemungkinan terjangkit malware yang menyusup di dalam pesan berulang.

spamContoh-contoh SPAM

Ada beberapa contoh spam yang sering terjadi sehari-hari dan harus kita mengerti, yaitu:

Spam SMS

S-pam SMS atau pesan singkat juga cukup sering terjadi saat ini. Tujuan dari hal ini juga cukup beragam, tapi kebanyakan bertujuan untuk promosi barang atau jasa, dan penipuan.

Pesan SMS ini dilakukan dengan menggunakan software SMS blast yang bisa mengiriman pesan instan secara banyak atau massal ke berbagai nomor ponsel dalam waktu yang bersamaan.

Spam E-mail

S-pam yang sering dan mudah terjadi saat ini yaitu melalui e-mail, dan paling sering dialami kebanyakan orang. Bentuk s-pam e-mail ini biasanya dengan mengirimkan surat elektronik komersial secara massal yang tidak diminta oleh si penerima e-mail.

Pengiriman s-pam e- mail ini bisa dilakukan melalui “jaringan zombie” atau yang sering disebut dengan jaringan virus yang telah menginfeksi komputer pribadi maupun kantor di seluruh dunia.

Tapi, s-pam ini  juga banyak terjadi karena pengguna internet mendaftarkan e-mail mereka pada website tertentu.

Jadi, pastikan kalau kamu mau memasukkan informasi pribadi kamu di internet, ke dalam website yang terpercaya dan aman privacy nya.

Spam Mesin Pencari (Search Engine)

S-pam mesin pencari disebut juga dengan spamdexing, singkatan dari spamming dan indexing. Tujuan spamdexing ini adalah untuk menempatkan halaman-halaman situs s-pam di mesin pencari dengan pencarian yang relevan sehingga mendapatkan trafik dari mesin pencari.

Untuk mengatasi hal ini, mesin pencari modern seperti Google selalu melakukan update pada alogritmanya sehingga situs-situs yang menerapkan spamdexing akan dihapus dari indeks pencarian Google.

Spam Komentar di Blog

Kamu suka menulis blog dan mendapat berbagai komentar berulang di kolom komentar?

Spam melalui komentar di blog juga merupakan salah satu hal yang cukup mengganggu para blogger atau pemilik website.

Karena, saat ini komentar berulang di blog dilakukan dengan menggunakan software khusus sehingga komentar berulang di sebuah blog jumlahnya sangat banyak dan mengganggu.

Jadi, pastikan kamu tidak melakukan pesan berulang ini di internet untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan kamu ya.

Kesimpulan

Ini adalah artikel tentang pengertian spam, contoh spam, dan istilah umum yang berkaitan dengan spam. Anda dapat mempelajari banyak contoh spam. Untuk melindungi data Anda dari spam, Anda harus membedakan antara akun profesional atau akun permintaan kerja dan akun iklan umum.

Ini dapat membantu mengurangi munculnya spam. Data pribadi adalah informasi yang sangat penting yang tidak dibagikan. Biarkan kami menyimpan data pribadi dengan aman.

Kalau kamu menemukan s-pam yang mengganggu, kamu juga bisa melaporkan pesan berulang tersebut dengan fitur laporkan pesan atau report, sehingga tidak akan terlihat lagi di e-mail, SMS, blog, atau website kamu.

JojoExpense

Nah, kamu mau kan aktivitas bisnis kamu berjalan dengan lancar? Pastinya juga harus disertai dengan laporan keuangan yang lengkap dan akurat. Supaya laporan keuangan kamu bisa terjamin dan terhindar dari s-pam, kamu bisa menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic ini! Dijamin aman, lengkap, dan teratur dengan sistem otomatisnya.  Jadi semakin lebih produktif dan efisien, kan? Tertarik mencoba aplikasi ini?