SPT Dengan Aneka Macam Fungsinya

SPT

SPT yang merupakan singkatan dari Surat Pemberitahuan Tahunan yang tampaknya masih belum begitu dikenal oleh masyarakat secara luas. Sebab sebenarnya tidak semua orang bisa diberikan surat tersebut. Pada dasarnya SPT ini hanya didapatkan oleh beberapa orang yang memang telah memenuhi syarat. Namun belum tentu berbagai hal yang berkaitan dengan SPT ini telah diketahui dan dipahami oleh oleh masyarakat termasuk orang yang menerima surat tersebut. Kebanyakan orang mungkin mengabaikannya karena berbagai macam faktor.

Surat Pemberitahuan Tahunan ini sendiri sebenarnya merupakan surat yang akan digunakan oleh Anda untuk melaporkan penghitungan dan pembayaran pajak. Anda yang menerima surat pemberitahuan mengenai kewajiban Anda untuk melakukan pelaporan mengenai pajak disebut sebagai wajib pajak. Seorang wajib pajak sudah tentu harus melaksanakan kewajibannya yaitu membayar pajak sebab hal ini telah diatur di dalam peraturan perundang-undangan. Kewajiban Anda untuk melaporkan dan melakukan pembayaran pajak memang sudah dicantumkan di dalam peraturan perundang-undangan sehingga pembayaran pajak ini merupakan kewajiban dari setiap warga negara.

Hal perpajakan pada dasarnya bukanlah merupakan hal baru dan hal asing bagi warga negara. Setiap orang yang telah bekerja dan berpenghasilan sudah seharusnya tahu mengenai kewajibannya akan membayar pajak. Kalaupun tidak membayar pajak biasanya pajak Anda telah dibayarkan oleh pihak perusahaan yang mempekerjakan Anda. Namun tidak semua pekerja bisa dikenakan pajak. Dalam hal ini pajak yang dimaksud adalah pajak penghasilan yang tentunya akan dikenakan pada setiap pekerja dengan penghasilan tertentu.

Umumnya jika seseorang bekerja dan mendapatkan gaji di atas UMR maka besar kemungkinan bagi dirinya untuk dikenakan pajak penghasilan. Tentu saja pajak ini harus dibayarkan sehingga bisa berguna untuk negara dan masyarakat luas. Namun rupanya masih banyak warga negara yang telah berpenghasilan besar namun mengabaikan kewajibannya dalam membayar pajak. Hal ini seharusnya tidak sampai terjadi sebab bagaimanapun juga pajak yang anda bayarkan bisa berguna untuk pembangunan masyarakat di negara ini. Oleh karena itu sebuah Surat Pemberitahuan Tahunan pada dasarnya sangatlah penting. Setidaknya Anda sebagai wajib pajak perlu untuk mengenal dan memahaminya agar kewajiban membayar pajak bisa selalu dilakukan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Seorang wajib pajak juga sudah seharusnya bertanggung jawab mengenai informasi pada SPT sehingga informasi yang tertera pada surat pemberitahuan pajak tersebut sesuai.

Fungsi SPT

Adapun SPT ini pada dasarnya memiliki beberapa fungsi yang penting. Diantaranya yaitu fungsi-fungsi berikut di bawah ini.

1. Sebagai sarana untuk melaporkan.

Pada dasarnya adanya Surat Pemberitahuan Tahunan ini digunakan oleh kantor pajak untuk memberikan informasi kepada Anda mengenai beban pajak Anda. Oleh karena itu segala informasi yang ada pada surat ini sebaiknya dicek langsung agar tidak sampai tidak sesuai. Jika memang Anda telah memiliki penghasilan yang melebihi UMR dan Anda telah memnuhi syarat sebagai wajib pajak maka sebaiknya Anda segerla melaporkan penghitungan jumlah pajak Anda sekaligus melakukan pembayaran pajak. Namun jika badan atau perusahaan tempa Anda bekerja sudah membayar pajak atas nama Anda maka Anda tak perlu melakukannya lagi. Mungkin Anda boleh melakukan pelaporan kepada kantor pajak.

2. Sebagai sarana untuk mempertanggungjawabkan perhitungan jumlah pajak.

Dengan adanya Surat Pemberitahuan Pajak yang diberikan kepada Anda maka Anda bisa melakukan pelaporan penghitungan kepada kantor pajak. Tentu adanya surat yang diberikan kepada Anda ini sebenarnya dapat semakin mempermudah Anda. Terutama mempermudah Anda dalam melakukan penghitungan pajak sehingga Anda bisa membayar pajak dengan penghitungan yang tepat. Dalam hal ini tentu tidak diharapkan terjadi kesalahan. Oleh karena itu sudah seharusnya Anda selalu melakukan cek segala informasi yang tertera pada surat mengenai pajak tersebut.

3. Sebagai laporan tentang pemenuhan pembayaran pajak.

Adanya SPT yang Anda terima bisa saja difungsikan sebagai suatu laporan. Dalam hal ini surat yang Anda terima tersebut bisa dijadikan sebagai laporan mengenai pemenuhan pembayaran pajak yang telah Anda lakukan. Tentunya pemenuhan pembayaran pajak yang Anda lakukan ini telah dilaksanakan dalam satu tahun pajak atau bagian tahun pajak tertentu. Jadi adanya surat yang berisi informasi mengenai pemberitahuan pajak ini setidaknya menandakan pembayaran pajak oleh Anda.

4. Sebagai laporan penghasilan.

Telah kita ketahui bersama bahwa pembayaran pajak penghasilan umumnya hanya dilakukan oleh Anda yang telah berpenghasilan dengan jumlah penghasilan paling sedikit sebesar UMR di daerah Anda. Oleh karena itu Anda harus melaporkan penghasilan Anda agar besar pajak penghasilan yang harus dibayarkan melalui kantor pajak tersebut dapat dihitung dengan benar. Jadi jumlah pajak yang dibayarkan tidak sampai salah. Artinya jumlah pajak yang dibayarkan tidak sampai berlebihan namun juga tidak kurang. Namun sebelumnya Anda juga harus tahu apakah beban pembayaran pajak penghasilan ditanggung oleh Anda pribadi ataukah telah ditanggung oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

5. Sebagai laporan harta dan kewajiban.

Harta yang Anda miliki tentu berasal dari penghasilan yang Anda sebagai upah dari hasil pekerjaan Anda. Penghasilan yang diterima di tiap bulannya ini akan dikenakan beban PPh atau pajak penghasilan yang biasanya penghitungannya dilakukan selama sekali dalam setahun. Jadi harta yang merupakan kumpulan dari penghasilan Anda selama berbulan-bulan dalam periode satu tahun akan diakumulasi. Penghitungan pajak biasanya dilakukan di akhir tahun tentunya untuk mempermudah Anda dalam menghitung beban pajak yang harus dibayarkan. Selain berfungsi untuk mempermudah Anda dalam melaporkan harta taampaknya SPT juga berfungsi untuk mempermudah Anda mengetahui kewajiban Anda secara lebih rinci.

Melalui SPT ada banyak fungsi yang bisa diperoleh, terutama dalam hal pelaporan pajak yang lebih tersentral, efektif, efisien dan optimal. Sama halnya pengaturan keuangan perusahaan yang sebaiknya juga dibuat efektif dan lebih efisien. Misalnya melalui penggunaan produk yang tepat seperti misalnya produk JojoExpense. Dengan menggunakan produk yang demikian maka perusahaan akan lebih mudah untuk memantau keluar masuknya keuangan secara detail. Termasuk melakukan pencatatan keuangan yang sesuai dengan bukti maupun kuitansi yang tertulis. Dari sini maka nantinya resiko terjadi penipuan dan fraud dalam keuangan perusahaan bisa dihindari semaksimal mungkin.

Adapun manfaat yang menarik ini memang berkat beberapa fitur andalan yang ada pada JojoExpense. Fitur tersebut di antaranya yaitu fitur Digital Reimbursement, OCR (Auto Read Receipt) on mobile, Multiple Receipts Attachment, Approval Policies by Amount, Multi-stage Approval & Disbursement Flow, Approval Status Tracking Monitor, serta beberapa fitur menarik lainnya. Oleh karena itu hendaknya jangan ragu untuk segera berpaling pada produk yang satu ini. Segera saja percayakan pada JojoExpense dan dapatkan coba gratis pada perusahaan Anda secepatnya. Jangan biarkan sistem keuangan perusahaan makin tidak menentu dan tidak terkendali. Hanya gunakan produk yang tepat bersama JojoExpense.