5 Strategi Marketing Saat Social Distancing Pasti Berhasil

strategi marketing saat social distancing

Di masa yang berat ini, dimana persebaran virus meningkat pesat, banyak usaha memikirkan bagaimana strategi marketing saat social distancing dapat berjalan secara maksimal. Bukan rahasia lagi jika saat ini ada banyak perusahaan yang mengalami penurunan akibat gerakan social distancing hingga adanya penutupan tempat usaha tertentu. Sehingga pengusaha dan pebisnis di masa yang sulit ini wajib memutar otak untuk mendapatkan solusinya.

Tentu saja sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pebisnis agar usahanya tetap maksimal di era seperti ini. Yang pasti dibutuhkan tekad dan kemauan serta kerja keras untuk bisa mewujudkannya. Sehingga lebih efektif dalam menemukan ide dan strategi baru pada bisnis yang mudah untuk diterapkan.

Social distancing sendiri berbicara tentang pengaturan sejumlah jarak tertentu yang dilakukan untuk menhindari resiko penularan virus. Sehingga mekanisme ini memaksa sebagian besar orang harus berhenti saling bertemu, atau tidak dapat berada di satu lokasi yang berdekatan. Minimal setiap orang menjaga jarak 1-2 meter untuk menghindari resiko penularan virus berbahaya. Dimana dalam prakteknya sejumlah usaha akhirnya harus menerapkan perilaku ini pada para konsumennya. Supaya penerapan bisa berhasil secara maksimal, berikut ini beberapa strategi marketing saat social distancing yang perlu dilakukan perusahaan untuk tetap meraih pemasukan optimal.

Strategi Marketing Online

Saat ini yang paling banyak berhasil digunakan oleh banyak jenis usaha yaitu melalui strategi marketing secara online. Dengan cara ini maka tidak perlu untuk bertemu pelanggan secara langsung, semua dapat dilakukan baik melalui aplikasi maupun dunia maya. Ada banyak cara untuk menerapkan pemasaran dengan cara online, misalnya melalui pembuatan situs online yang bisa diakses oleh banyak orang. Sehingga ada baiknya menyediakan sedikit dana untuk membangun situs online.

Mulai saja dengan situs online yang tidak berbayar, sehingga tidak membutuhkan dana yang cukup besar. Apabila lambat laun strategi ini ternyata cukup berhasil, maka mempertimbangkan situs berbayar bisa menjadi pilihan selanjutnya. Yang pasti dalam hal ini terus dibutuhkan penilaian dan evaluasi apakah situs yang telah dirancang menarik minat banyak orang atau tidak. Supaya nantinya bisnis yang dijalankan tetap optimal dan memberikan hasil yang seperti keinginan.

Strategi Marketing SEO

Salah satu teknik yang banyak dicoba akhir-akhir ini oleh para pengusaha yaitu menggunakan sistem SEO. Dimana hal ini bisa membantu untuk meningkatkan rangking situs di barisan pertama halaman Google. Tentu saja semua pengguna internet sudah cukup familiar dengan situs pencari yang terkenal ini. Oleh sebab itu ada banyak yang memanfaatkan keberadaannya untuk kepentingan pemasaran bisnis berbagai jenis. Jika memang memiliki cukup dana, maka tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan hal yang satu ini. Terutama bagi perusahaan besar yang memang memiliki sejumlah dana pemasaran khusus untuk mendongkrak penjualan atau pemasaran produknya supaya lebih signifikan.

Penggunaan Media Sosial

Saat seperti ini tentu lebih banyak masyarakat akan menggunakan sosial media untuk keperluan sehari-harinya. Apalagi social distancing memaksa sebagian besar orang untuk tidak banyak melakukan aktivitas dan akhirnya beralih pada sosial media. Oleh sebab itu ada baiknya jika mencoba untuk menggunakan sosial media sebagai salah satu partner dalam memasang iklan dengan biaya minim atau bahkan gratis. Sehingga dengan demikian akan lebih banyak lagi calon konsumen yang bisa diperoleh melalui hal tersebut.

Saat ini sudah banyak sosial media yang terkenal sebagai penyambung pemasaran banyak produk. Pilih saja yang paling banyak memiliki peminat dan tentukan konten marketing yang cukup menarik. Semakin menarik konten yang dibuat tentu semakin banyak pelanggan yang tertarik pada produk yang dipasarkan. Sehingga kesempatan untuk meraih pendapatan yang lebih besar juga terbuka lebar.

Layanan Pesan Antar Dalam Sehari

Strategi marketing saat social distancing berikutnya yaitu dengan memberikan layanan pesan antar yang sedia di hari itu juga. Banyak orang saat ini kebingungan saat membutuhkan barang, sehingga bila barang dibutuhkan dengan cepat maka otomatis butuh jasa kurir yang cepat tanggap. Untuk menangkap potensi ini, maka sebaiknya informasikan ke pelanggan bahwa saat ini bisnis Anda menerima layanan pesan antar untuk jarak yang memungkinkan. Sehingga pelanggan tetap Anda masih bisa menikmati produk yang ditawarkan tanpa halangan jarak dan waktu.

Hal ini terutama cukup penting bagi pengusaha yang bergerak di bidang makanan dan olahan. Di masa seperti ini lebih banyak orang mencari aneka usaha makanan jadi dan beku untuk dijadikan alternative sehari-harinya. Jika didukung oleh sistem pelayanan dan pengantaran yang cepat serta terpadu, tentu saja hal ini membantu meningkatkan pemasaran secara perlahan. Jadi tidak ada salahnya mencoba untuk menerapkan sistem yang satu ini.

Promo Diskon Menarik

Langkah strategi marketing saat social distancing yang tidak kalah menarik yaitu dengan memberikan berbagai macam promo atau diskon. Tentu saja di masa social distancing ini ada beban operasional yang menurun karena aktivitas kerja yang lebih minim. Oleh sebab itu dana tersebut dapat dialihkan menjadi bagian dari marketing dengan memberikan promo dan diskon menarik bagi pelanggan lama maupun baru. Contohnya dengan memberikan potongan harga pada penjualan nilai tertentu, atau berikan bonus produk yang bisa membuat pelanggan merasa senang.

Meskipun kadang produk yang diberikan gratis tidak terlalu penting, atau misalnya diskon yang diberikan tidak besar, tetapi umumnya hal ini menarik minat sebagian orang yang menjadi pelanggan tetap di masa lalu. Pemotongan harga akan memancing orang untuk berbelanja lebih banyak karena takut harga nanti akan kembali seperti semula. Sama halnya dengan produk bonus atau hadiah, beberapa orang menyukai hal semacam itu dan akhirnya melakukan transaksi sejumlah yang disyaratkan.

Penerapan strategi marketing saat social distancing yang tepat dapat membantu tetap lancarnya bisnis dan usaha yang dijalankan di masa-masa sekarang ini. Sama halnya saat menggunakan produk yang tepat untuk sistem payroll perusahaan. Salah satunya dengan memilih menggunakan JojoPayroll. Melalui produk yang satu ini maka perusahaan tentu akan memperoleh manfaat berikut ini:

  • Pembayaran payroll yang lebih efektif dan efisien sehingga tidak perlu dilakukan dengan memakan waktu secara konvensional.
  • Penyesuaian payroll karyawan dari berbagai macam segi secara otomatis, baik potongan pajak, iuran BPJS, dan sebagainya.
  • Pencetakan slip gaji secara otomatis yang dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan mudah.

Tentunya aneka manfaat di atas tercipta berkat fitur-fitur menarik yang disematkan di dalam JojoPayroll. Beberapa fitur andalannya termasuk sebagai berikut:

  • One-Click Generate Payroll Data
  • Progressive Tax Calculation
  • Adjustable Payday & Working Period
  • Adjustable Tax Configuration
  • Automatic Prorate for New Joiners

Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih pada JojoPayroll. Bahkan sebaiknya segera dapatkan coba gratis produk ini di perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran menarik dari JojoPayroll.