Strategi Menarik Kandidat Regenerasi Karyawan  

strategi menarik kandidat

Dalam melakukan regenerasi perusahaan harus bisa membuat sebuah strategi menarik kandidat. Karena didalam regenerasi ini memang akan sedikit membosankan untuk beberapa karyawan. Jika tidak dikonsep dengan matang dan melalui perhitungan maka intinya  tidak akan  tersampaikan dengan baik. 

Melakukan bedah proses rekruitmen juga merupakan salah satu tindakan yang tidak kalah penting. Dengan memperhatikan proses rekruitmen yang telah dilakukan selama ini perusahaan bisa mendapatkan informasi  penting. Beberapa kesalahan-kesalahan yang dibuatpun bisa diketahui ketika memperhatikan proses rekruitmen selama ini. 

strategi menarik kandidat

Semakin efektif strategi menarik kandidat yang dilakukan sebuah perusahaan. Maka setiap karyawan yang akan berkerja  didalamnya pasti memiliki tingkat kinerja yang baik. Tentu saja dengan tingkat kinerja yang baik maka progress perusahaan akan lebih cepat mengalami pertumbuhan. 

Mulai Keluar Dari Garis Nyaman 

Dengan susunan dan metode yang telah digunakan sangat lama didalam perusahaan. Terkadang membuat rekruitmen yang dilaksanakan tidak berhasil mendapatkan para karyawan mahir. Mulailah untuk mengembangkan sesuatu konsep rekruitmen yang baru dan juga memiliki banyak keuntungan. 

Konsep dalam strategi menarik kandidat  sebenarnya cukup mudah. Pertama HR  harus melakukan analisis berdasarkan konsep rekruitmen yang selama ini telah ia gunakan. Dari hasil analysis itu bisa didapatkan berbagai informasi penting terkait pelaksanaan rekruitmen selanjutnya. 

Memang akan sedikit merepotkan untuk membuat kembali sebuah konsep rekruitmen yang baru. Tapi pengorbanan pikiran dengan membuat konsep baru ini akan sangat sebanding. Karena hasil dari konsep yang baru ini akan lebih menjaring para karyawan yang berkompeten. 

Bawa Branding Kedalam Rekruitment 

Semakin cerdasnya pelamar pekerjaan pada zaman menuntut perusahaan harus semakin cerdas dalam melakukan pengiklanan rekruitmennya. Membawa brandi juga termasuk kedalam strategi menarik kandidat. Contoh dari strategi ini adalah dengan mengiklankan secara spesifik. 

Didalam iklan lowongan perusahaan harus menyertakan jumlah cabang dan juga berbagai benefit yang akan didapatkan oleh calon karyawan. Dengan begini para pelamar akan berpikir bahwa memang perusahaan ini sedang dalam tahap berkembang dan memang worth it untuk melamar kesana. 

Metode seperti ini sangat diperlukan bagi perusahaan baru yang masih dalam tahap perkembangan. Jika brandnya sudah sangat dikenal maka tidak perlu mencantumkan detail cabang dan lain sebagainya. Pasti para pelamar akan berdatangan jika brand dari perusahaan sudah sangat terkenal. 

Screening CV Harus Cepat 

Seringkali screening cv ini menjadi masalah utama dalam strategi menarik kandidat. Karena lambatnya HR dalam hal menyeleksi cv banyak kandidat karyawan yang berkompeten memilih untuk mencari pekerjaan di perusahaan lain. Tentu saja ini akan merugikan perusahaan dari segi sumber daya manusia. 

Untuk itu HR harus mampu melaksanakan screening dengan cepat. Memahami inti dari setiap cv dan memperhatikan skill yang cocok untuk divisi didalam perusahaan. Ataupun HR bisa menggunakan berbagai perangkat lunak dan website yang menyediakan jasa screening cv ini. 

Dengan waktu screening cv yang semakin cepat. HR bisa mendapatkan lebih banyak kandidat karyawan yang berkompeten. Selanjutnya menentukan strategi menarik kandidat akan lebih mudah untuk dilakukan oleh HR kedepannya. 

Penentuan syarat didalam cv juga akan berperan penting pada waktu screening. Semakin banyak persyaratan yang diminta oleh perusahaan maka akan lebih lama pelaksanaan screeningnya. Berikan persyaratan yang memang benar-benar diperlukan saja jangan terlalu bertele-tele agar nantinya tidak akan memakan waktu saat HR melaksanakan screening cv. 

strategi menarik kandidatMemahami First Impression 

Seringkali first impression adalah kunci strategi menarik kandidat. Kesan pertama HR akan menentukan ketetapan hati setiap calon karyawan. Jika ternyata kesan pertama yang diberikan oleh HR acuh maka ini akan membuat calon karyawan malas untuk melanjutkan tahap rekruitmen. 

Memang sebagai HR harus mempertahankan imagenya tapi tidak ada salahnya untuk terbuka. Ini juga bisa menjadi cara ampuh mengetahui lebih dalam profile setiap calon karyawan. Jadi selama wawancara bukan hanya kesan pertama dari calon karyawan saja yang berpengaruh. 

Tapi kesan yang diberikan oleh HR juga akan berperan penting. Jika ingin melakukan strategi menarik kandidat maka HR harus sering berlatih agar memberikan kesan pertama yang profesional. Sekaligus bisa dengan mudah menggali lebih dalam profile dari calon karyawan. 

Pada tahapan ini memang membutuhkan pelatihan yang terus-menerus. Kesan pertama sendiri menjadi tolak ukur awal apakah seorang karyawan memang layak berkerja didalam perusahaan ini atau tidak. Semakin tajam penilaian HR mengenai kesan pertama maka waktu yang dibutuhkan untuk interviewpun tidak akan lama. 

Perkuat Skill Dalam Memberikan Pertanyaan 

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa wawancara akan berisi berbagai pertanyaan tentang pelamar. Jika ingin mendapatkan strategi menarik kandidat maka setiap pertanyaan yang diajukan kepada calon pegawai harus memiliki bobot. 

Tidak perlu pertanyaan yang menyudutkan. Justru dalam wawancara HR harus mampu membuat komposisi pertanyaan yang bisa mengungkap jati diri didalam calon karyawan. Karena apa yang didalam cv belum tentu berdasarkan dari faktanya. 

Keahlian sejenis ini memang akan sedikit sulit jika metode yang digunakan bukanlah strategi menarik kandidat. Secara garis besar pertanyaan yang akan diajukan akan lebih banyak kepada latar belakang dan track record pelamar selama berkerja. Ini akan menjadi modal yang baik untuk HR menilai seorang calon pegawai. 

Manfaatkan Sarana Yang Ada Dengan Baik 

Biasanya setelah interview HR akan melaksanakan psikotestDisinilah keahlian dan juga kepribadian pelamar akan tergambar dengan jelas. Untuk strategi menarik kandidat HR harus mampu memberikan sejumlah psikotest yang dapat menggali lebih dalam talenta pelamar. 

Tapi tugas HR setelah melakukan rekruitmen ini masih belum beres. Karena kedepannya mereka harus memperhatikan absensi dari setiap pegawai. Tentu jika tidak menggunakan alat bantu ini akan sangat menyusahkan. Beberapa perusahaan mungkin masih menggunakan cara lama untuk keperluan absensi karyawan ini. 

Tapi perkembangan zaman telah menuntun mereka untuk mulai beralih menggunakan perangkat lunak. Perangkat lunak seperti jojotimes akan sangat memberikan bantuan yang besar bagi divisi HR. Karena dengan adanya software ini metode strategi menarik kandidat bisa diterapkan lebih mudah. 

Kehebatan JojoTimes 

Keunggulan pertama dari perangkat lunak JojoTimes ini adalah dengan memberikan absensi secara elektronik melalui aplikasi. Karyawan tidak perlu lagi melakukan antrean untuk melakukan absensi.. Waktu dalam perusahaan akan bisa dimanfaatkan lebih maksimal jika manajemen menggunakan perangkat lunak ini. 

Kedua dengan hadirnya gps didalam perangkat lunak JojoTimes ini mampu membuat perusahaan dengan mudah mengetahui progress pekerjaan dari karyawan. Setiap pekerjaan yang dilakukan karyawan akan mudah dimonitor melalui perangkat lunak. 

Terakhir adalah dengan pembuatan laporan absensi secara otomatis dari perangkat lunak ini. Tidak ada lagi waktu yang terbuang untuk membuat laporan absensi yang sangat memakan tenaga. Sekarang cukup masukan saja perintah kepada software dan JojoTimes otomatis akan memberikannya. 

Pakai sekarang juga versi demo dari JojoTimes untuk berbagai kemudahan kinerja didalam perusahaan. Dapatkan versi gratis ini dengan mendownloadnya melalui Jojonomic..