Strategi Merger dan Akuisisi serta Kelebihan dan Kekurangannya

surat permohonan

Apakah sebelumnya kalian sudah pernah mendengar tentang Strategi Merger dan Akuisisi? Mari kita bahas lebih lanjut mengenai apa itu merger, akuisi, bagaimana startegi untuk melakukannya dan apa tujuan melakukannya. Pertama, apa itu merger?

Strategi Merger

Apa itu merger?

Untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar dan mampu bersaing diperlukan strategi ekspansi baik dalam ekspansi internal maupun ekspansi eksternal. Ekspansi internal dapat dilakukan jika divisi-divisi yang berada dalam suatu perusahaan dapat bekerjasama jika digabung dan bisa terus berkembang secara normal. Sedangkan ekspansi eksternal adalah penggabungan usaha beberapa perusahaan dengan tujuan membentuk perusahaan baru yang lebih besar. Dalam dunia akutansi terdapat 3 jenis penggabungan usaha, yaitu merger, akuisi dan konsolidasi.

Merger adalah hubungan mutualisme antara dia atau lebih entitas untuk membentuk perusahaan baru dengan nama baru. Dalam proses merger, perusahaan yang sepakat untuk bersatu setuju untuk mengintegrasikan dan menggabungkan aktivitas operasional mereka kedalam satu entitas. Dalam satu entitas itu nantinya terdapat kepemilikian, kontrol, dan keuntungan yang dibagi kepada semua entitas yang bergabung.

POIN PENTING

  • Merger adalah cara bagi perusahaan untuk memperluas jangkauannya, berekspansi ke segmen baru, atau mendapatkan pangsa pasar.
  • Merger adalah peleburan sukarela dari dua perusahaan dengan persyaratan yang sama luas menjadi satu badan hukum baru.
  • Lima jenis merger utama adalah konglomerat, kongenerik, perluasan pasar, horizontal, dan vertikal.

Mengapa perusahaan bergabung?

Merger adalah cara terbaik bagi dua perusahaan dengan pengalaman dan keahlian unik untuk bersatu dan membentuk satu bisnis yang lebih menguntungkan daripada dua entitas itu sendiri.

Ada beberapa alasan mengapa dua perusahaan mungkin ingin bergabung. Kadang-kadang, itu karena kenyamanan, dan di lain waktu, itu karena kebutuhan. Terlepas dari spesifiknya, tujuan merger adalah untuk memanfaatkan peluang di pasar yang menguntungkan kedua bisnis.

“Perusahaan mungkin mencari keuntungan dari sinergi keuangan, peluang untuk efisiensi, dinamika pasar baru atau peluang dalam diversifikasi produk, untuk menyebutkan beberapa hal,” James Cassel, ketua dan salah satu pendiri  Cassel Salpeter & Co , mengatakan Berita Bisnis Harian. “Perusahaan dapat melihat peluang dengan menggabungkan lini produk atau dengan memotong redundansi, seperti memiliki dua CFO ketika satu CFO sudah cukup bagi kedua perusahaan jika mereka bersatu.”

Mergers, Acquisitions Activity Drops Sharply in Africa in H1 2018—Report |  Business Post Nigeria

Bagaimana cara kerja merger perusahaan?

Penggabungan perusahaan terjadi ketika dua bisnis dengan sinergi serupa memutuskan bahwa menjadi satu perusahaan bersama-sama akan menghasilkan lebih banyak keuntungan daripada menjadi dua entitas yang terpisah. Selama merger, perusahaan-perusahaan yang terlibat kemungkinan besar akan mengalami sedikit restrukturisasi dalam hal kepemimpinan dan operasional perusahaan.

Ketika merger perusahaan terjadi, dua perusahaan yang setara dapat mengubah saham mereka sebelumnya menjadi satu saham perusahaan gabungan baru. Pertama, mereka harus memutuskan berapa nilai setiap perusahaan, dan kemudian mereka membagi kepemilikan perusahaan baru tersebut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

“Misalnya, dapat ditentukan bahwa perusahaan A bernilai $ 100 juta dan perusahaan B bernilai $ 200 juta, sehingga nilai gabungan dari perusahaan baru tersebut bernilai $ 300 juta,” kata Terry Monroe, pendiri dan presiden American Business Brokers & Advisors . Oleh karena itu, saham dari masing-masing perusahaan akan diserahkan, dan saham baru akan diterbitkan atas nama perusahaan baru berdasarkan valuasi $ 300 juta. Pemilik saham dari perusahaan A akan mendapatkan satu saham di perusahaan baru tersebut. perusahaan, dan pemilik saham dari perusahaan B akan mendapatkan dua saham di perusahaan baru. “

Meskipun penciptaan saham baru dengan entitas baru ideal secara teori, hal itu tidak selalu terjadi. Bahkan, seringkali, ketika dua perusahaan bergabung, satu perusahaan memilih untuk membeli saham biasa perusahaan lain dari pemegang sahamnya dengan imbalan sahamnya sendiri.

Deals of the day-Mergers and acquisitions by reuters – The Leading Solar  Magazine In India

Lebih banyak contoh merger besar

Kami telah membahas beberapa contoh merger, tetapi mereka hanya menceritakan sebagian dari cerita. Beberapa merger perusahaan terbesar dalam sejarah dapat menyoroti ruang lingkup kesepakatan ini dan manfaat apa yang diperoleh perusahaan dari melalui proses tersebut. Ketika merger mencapai skala ini, pemerintah terlibat, karena efek merger dapat mengguncang seluruh perekonomian.

America Online dan Time Warner

Penggabungan ini terjadi pada tahun 2000 dan memulai konsolidasi besar-besaran penyedia layanan internet. Pada saat itu, America Online adalah ISP terbesar dalam bisnis ini, tetapi penyedia kabel mulai menyadari bahwa layanan internet adalah masa depan. Time Warner bernilai $ 164 miliar dan salah satu perusahaan kabel terbesar di Amerika Serikat.

Penggabungan ini menyatukan dua pembangkit tenaga listrik, dan perusahaan baru membuat peta jalan untuk memanfaatkan infrastruktur kabel guna meningkatkan akses dan kinerja internet secara cepat dan dramatis.

Exxon dan Mobil

Merger ini terjadi setahun lebih awal dari merger beberapa raksasa lainnya – pada tahun 1999. Mereka telah menjadi dua perusahaan penyulingan dan distribusi minyak terbesar di dunia. Penggabungan mereka mengkonsolidasikan sumber daya tersebut, dan dampaknya sangat besar sehingga mengubah harga minyak mentah selamanya. Itulah sebenarnya motivasi merger, karena merger lebih dari 2.000 SPBU di seluruh AS. Anda mungkin mengenali perusahaan yang dihasilkan, ExxonMobil , sebagai hasil merger ini.

Disney dan Fox

Merger Disney dan Fox diumumkan pada 2019 dengan nilai $ 52,4 miliar. The harga akhirnya naik menjadi $ 71300000000 sebelum kesepakatan itu diselesaikan, membuatnya menjadi salah satu merger terbesar dalam sejarah. Itu juga mewakili salah satu konsolidasi industri terbesar yang pernah tercatat. Disney dan Fox sudah menjadi dua dari tiga pemilik konten media terbesar di dunia. Dengan merger ini, mereka menjadi negara adidaya, dengan kepemilikan lebih banyak film dan IP TV daripada organisasi lain dalam sejarah sejauh ini.

For Some Colleges, the Best Move Is to Merge — Execute - Steve Sammons Blog

Memahami Kondisi Pembelian Strategi Merger

Keadaan pembelian juga bisa sangat penting. Investor harus mengetahui sifat merger, informasi penting mengenai perusahaan lain yang terlibat, jenis manfaat yang diterima pemegang saham, perusahaan mana yang mengendalikan kesepakatan, dan pertimbangan keuangan dan non-keuangan lain yang relevan.

Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, memiliki perusahaan yang dibeli dapat menjadi keuntungan besar bagi investor. Itu karena jika perusahaan yang dibeli telah menunjukkan kinerja yang terhormat dan memiliki prospek yang baik untuk masa depan, sejumlah itikad baik mungkin terlibat.

Ketika berinvestasi di seputar merger, penting untuk dicatat bahwa ketika merger diumumkan, harga penutupan sebenarnya seringkali berbeda dari harga merger yang diumumkan. Hal ini disebabkan fakta bahwa merger biasanya tidak diselesaikan berdasarkan ketentuan yang diusulkan semula.

Dan jangan lupa bahwa karena aset tidak berwujud tidak selalu mudah dinilai, Anda dapat memperkirakan bahwa persentase bayangan tertentu dari sebagian besar perusahaan yang memiliki niat baik di neraca mereka mungkin dinilai terlalu tinggi . Meskipun itu tidak menguntungkan bagi individu yang memiliki beberapa saham di perusahaan pembeli, jika Anda memiliki perusahaan yang dibeli, ini bisa menjadi kemenangan lain untuk Anda.

Jika perusahaan tempat Anda berinvestasi tidak berjalan dengan baik, merger masih bisa menjadi kabar baik. Dalam kasus ini, merger seringkali dapat memberikan hasil yang baik bagi seseorang yang terikat dengan saham yang berkinerja buruk. Mengetahui manfaat yang kurang jelas bagi pemegang saham dapat memungkinkan Anda membuat keputusan investasi yang lebih baik terkait merger.

Mergers and Acquisitions | Bumame & Associate

Analisis Laporan Keuangan Strategi Merger

Meskipun tidak banyak orang yang senang membaca laporan keuangan , namun memeriksa informasi kunci untuk setiap perusahaan yang terlibat dalam merger adalah ide yang bagus. Lihatlah dan analisis perusahaan jika Anda tidak mengenalnya, dan tentukan sendiri apakah itu keputusan investasi yang baik. Jika ternyata tidak, kemungkinan besar perusahaan yang baru dibentuk juga tidak akan terlalu bagus.

Saat menganalisis laporan keuangan, pastikan untuk melihat laporan keuangan dan laporan tahunan terbaru dari kedua perusahaan. Banyak hal dapat terjadi sejak terakhir kali Anda melihat keuangan perusahaan Anda, dan informasi baru dapat menjadi kunci untuk menentukan apa yang memengaruhi kepentingan perusahaan lain dalam merger.

Merger juga dapat diartikan sebagai suatu proses penggabungan atau difusi dari 2 perseroan dengan salah salah satu dari perseroan yang bergabung tetap berdiri dengan nama perseroannya, dan perseroan yang bergabung lenyap dan semua sistem didalamnya ikut bergabung. Beberapa jenis merger, yaitu:

Macam-Macam Strategi Merger

  1. Merger horizontal, merger ini gabungan antara dua perusahaan yang sama jenis usahanya. Contohnya merger perusahaan sepatu A merger dengan perusahaan sepatu B.
  2. Merger vertikal, merger ini terjadi antara perusahaan-perusahaan yang saling berhubungan. Contoh merger vertikal adalah, perusahaan hardware dengan perusahaan komputer.
  3. Merger konglomerat, adalah kerja sama antara beberapa perusahaan dengan bidang atau produk yang berbeda. Tujuan dari merger ini untuk mencapai pertumbuhan badan usaha secara cepat dan dengan harapan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan cara bertukar saham antara perusahaan yang bersatu.
  4. Merger kon generik, merger ini adalah kerjasama antara 2 atau lebih perusahaan yang saling berhubungan tapi bukan memiliki kesamaan jenis produk. Sebagai contohnya bank dengan perusahaan leasing.
Healthcare HR's Role in Mergers and Acquisitions | PreCheck

Alasan Melakukan Strategi Merger

  1. Pertumbuhan atau Disversifikasi, dengan melakukan merger perusahaan dapat menguragi perusahaan pesaing. Selain itu dapat membuat perusahaan berkembang dari sisi ukuran dan saham secara lebih cepat.
  2. Meningkatkan Dana, dengan melakukan ekspansi eksternal perusahaan akan mendapat dana karena dapat meningkatkan daya pinjam perusahaan. Hal tersebut dapat memungkinkan meningkatnya dana dengan biaya yang rendah.
  3. Sinergi, ketika merger menghasilkan suatu tingkat skala ekonomi maka bisa dikatakan bahwa sinergi yang dihasilkan dari merger tercapai. Sinergi akan terlihat jelas pada saat perusahaan yang melakukan merger bisa mengurangi fungsi dan tenaga kerja yang berlebihan.
  4. Pertimbangan pajak, perusahaan dapat menaikkan kombinasi pendapat sesudah pajak dengan mengurangi pendapatan sebelum pajak dari perusahaan yang telah diakuisi. Selain itu tujuan merger juga akan mekanisme kesejahteraan pemiliknya meningkat.
  5. Melindungi dari pengambilalihan, pelaku merger harus melakukan akuisi pada perusahaan lain dan membiayai pengambilalihannya dengan hutang. Maka kewajiban perusahaan penerima merger jadi tinggi karena beban hutang yang ditanggung.

Kelebihan dan Kekurangan Strategi Merger

Kelebihan

Keuntungan merger adalah pengambil alihan melalui merger lebih sederhana dan tidak memakan banyak biaya. Jika dibandingkan dengan pengambilalihan dengan cara lain

Kekurangan Merger

Kekurangan merger adalah keputusan harus disetujui oleh para pemegang saham dari tiap-tiap perusahaan, sedangkan untuk memperoleh peretujuan tersebut dibutuhkan waktu yang lama.

Tips Melakukan Merger

Agar perusahaan tidak terkena masalah, berikut kami berikan tips agar proses merger dapat sukses:

Memenuhi persyaratan penggabungan

Agar proses penggabungan dua perusahaan dapat berjalan lancar dan tidak terkendala oleh masalah hukum, maka ada beberapa persyaratan yang sebaiknya harus diperhatikan. Persyaratan ini tertuang dalam Undang No. 40 tahun 2007 pasal 126 tentang perseroan terbatas. Selanjutnya ada juga undang-undang pasal 4 ayat (1) PP No. 27 tahun 1998 tentang penggabungan, peleburan dan pengambilalihan perseoran terbatas. Dimana dalam undang-undang tersebut berbunyi bahwa perbuatan hukum seperti penggabungan, peleburan, pengambil alihan atau pemisahan maka wajib memperhatikan kepentingan perseroan, pemegang saham minoritas dan karyawan perseroan.

Membuat rancangan merger

Agar proses penggabungan lebih cepat dan tidak bermasalah maka selanjutnya adalah membuat susunan atau rancangan agar lebih rinci. Adapun yang menyusun rancangan penggabungan tersebut adalah direksi perseroan yang hendak digabungkan dengan pihak yang menerima gabungan tersebut. Namun hal yang perlu diperhatikan lainnya saat rancangan penggabungan adalah nama, tempat kedudukan, alasan, tata cara penilaian dan konversi, rancangan perubahan, laporan keuangan 3 tahun terakhir, neraca proorma, penyelesaian status, hak dan kewajiban dan lain sebagainya. Intinya dari rancangan tersebut kemudian perlu diminta persetujuan dewan komisaris dari masing-masing perseroan yang menggabungkan diri.

Penggabungan disetujui oleh RUPS

Dalam proses pengajuan penggabungan dua perusahaan atau merger maka harus ada persetujuan dari masing-masing dewan komisaris yang hendak menggabungkan diri. Kemudian rancangan tersebut harus diajukan di RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) dari masing-masing perseorang agar mendapatkan persetujuan. Agar merger berhasil maka rancangan tersebut harus disepakati oleh pemegang saham yang hadir dalam RUPS. Perlu Anda ingat bahwa rancangan dapat dikatakan sah jika paling sedikit 3/4 bagian dari keseluruhan jumlah suara yang dikeluarkan. Untuk itu, buatlah rancangan yang detail dan jelas.

Pembuatan akta penggabungan

Pembuatan akta penggabungan dilakukan setelah masing-masing RUPS berhasil disetujui. Setelah akta dibuat maka harus membuat salinan untuk disampaikan kepada Menteri Hukum dan HAM. Perlu diketahui bahwa pengajuan persetujuan kepada menteri sangatlah penting, terlebih jika ada perubahan anggaran dasar. Untuk itu, pihak-pihak yang terkait perlu dan wajib mengajukan permohonan untuk mendapat persetujuan dari menteri terkait dengan adanya perubahan anggaran dasar.

Pengumuman hasil penggabungan

Di akhir proses penggabungan akan ada pengumuman yang dinamakan hasil akhir. Pengumuman ini dilakukan setidaknya 1 surat kabar atau lebih. Hal ini bertujuan agar masyarakat luas dapat mengetahui bahwa kedua perseroan telah bergabung menjadi satu perusahaan. Kemudian tidak hanya itu saja, pengumuman tersebut harus dikeluarkan paling lambat 30 hari terhitung diberlakukannya penggabungan. Dengan demikian masyarakat dan Pihak ketiga yang berkepentingan akan lebih mudah mengetahui bahwa kedua perusahaan tersebut sudah dilakukan penggabungan, peleburan dan pengambil alihan.

Akuisisi

HR bisnis kecil vs HR bisnis besarApa itu akuisi?

Akuisisi adalah pembelian atau pengambilalihan suatu perusahaan oleh perusahaan lainnya. Hal ini dapat dilakukan dengan membeli aset perusahaan tersebut atau memperoleh kepemilikan saham lebih dari 51%. Contohnya, PT. Bintang memberi 52% saham PT. Angkasa. Ini berarti PT. Bintang memiliki kendali atas aktivitas bisnis PT. Angkasa. Tetapi PT. Angkasa tetap mempunyai hak untuk mengendalikan dan menjalankan aktivitas bisnisnya.

Perusahaan yang mengakuisisi perusahaan lain dikenal sebagai perusahaan pengakuisi. Perusahaan yang diakuisisi dikenal sebagai perusahaan target. Pengakuisisi cenderung lebih memilki kekuatan dalam mengendalikan kegiatan operasional bisnis perusahaan yang diakuisisi.

Mirip dengan strategi merger, perusahaan melakukan strategi akuisisi untuk meningkatkan pertumbuhan secara cepat, daya saing menjadi kuat, dan melakukan ekspansi bisnis. Diharapkan perusahaan yang diakuisisi tau mengakuisi bisa meningkatkan profitbilitas.

Selain itu akuisisi  juga dapat meningkatkan market power. Mengatasi halangan dari luar untuk masuk keperusahaan. Biaya pengembangan produk baru bisa dikurangi atau dibagi. Meningkatkan kecepatan penjualan ke pasar. Resiko lebih rendah dibandingkan dengan mengembangkan produk baru. Meningkatkan diversifikasi dan yang terakhir dapat mengurangi persaingan yang berlebihan di pasar.

Namun diantara banyak kelebihan yang didapat jika melakukan akuisisi, ada pula masalah yang sering terjadi saat melakukan akuisisi. Masalah-masalah yang sering muncul antara lain adalah sulitnya proses penggabungan perusahaan. Kurangnya riset pengujian terhadap target perusahaan yang ingin diajak bergabung. Utang yang berpeluang bertambah besar. Ketidakmampuan dalam mencapai sinergi. Yang terakhir fokus petinggi perusahaan tertuju pada akuisisi.

Sifat Akuisisi yang Efektif

  • Akuisisi yang bersahabat, kesepakatan harus didasari oleh hubungan yang baik antara 2 perusahaan atau lebih yang ingin melakukan akuisisi. Sebab komunikasi yang baik adalah dasar akuisi dapat berjalan dengan lancar.
  • Evaluasi dan negosiasi yang disepakati oleh semua pihak dapat mempermudah dalam penggabungan perusahaan.
  • Membeli perusahaan lain dengan aset yang memenuhi kebutuhan perusahaan.
  • Menyediakan tambahan sumber keuangan yang cukup sehingga perusahaan tidak melewatkan proyek yang menguntungkan.
  • Perusahaan yang dimerger mempertahakan fleksibilitas keuangan.
  • Memiliki pengalaman dalam mengelola perubahaan dengan fleksibel dan mudah menyesuaikan diri.
  • Terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk terus berinovasi.

Kelebihan Dan Kekurangan Strategi Akuisisi

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari strategi merger, selanjutnya mari kita ketahui tentang kelebihan dan kekurangan dari strategi akuisisi. Berikut diantaranya:

Kelebihan

Kelebihan dan keuntungan dari strategi akuisisi yaitu:

  • Tidak memerlukan rapat pemegang saham dan suara dari pemegang saham sehingga jika ada pemegang saham yang tidak menyukai tawaran atas bidding firm maka mereka dapat menahan sahamnya dan tidak menjualnya kepada pihak bidding firm.
  • Perusahaan yang membeli dapat berurusan langsung dengan pemegang saham dari perusahaan yang dibeli dengan melakukan tender offer sehingga tidak perlu lagi adanya persetujuan dari manajemen perusahaan.
  • Karena tidak memerlukan persetujuan dari manajemen dan komisaris perusahaan, maka strategi akuisisi saham ini dapat digunakan untuk pengambil alihan perusahaan yang tidak bersahabat atau hostile takeover.
  • Strategi akuisisi aset membutuhkan suara pemegang saham, tetapi tidak membutuhkan mayoritas suara pemegang saham seperti pada akuisisi saham sehingga tidak ada halangan lagi bagi pemegang saham minoritas jika mereka memang tidak menyetujui akuisisi.

Kekurangan

Dibalik kelebihan yang dimiliki strategi akuisisi, strategi ini juga memiliki kekurangan yang dapat merugikan. Adapun kekurangan dari strategi akuisisi yaitu:

  • Jika pemegang saham minoritas tidak cukup banyak dan tidak menyetujui pengambil alihan tersebut maka akuisis dinyatakan batal. Hal ini dikarenakan pada umumnya anggaran dasarperusahaan menentukan palin setdikit dua per tiga atau 67% suara setuju pada akuisisi agar akuisisi tersebut tidak terjadi.
  • Apabila suatu perusahaan mengambil alih seluruh saham yang mereka beli, maka hal ini dapat terjadinya merger.
  • Pada dasarnya, pembelian aset dalam akuisisi harus secara hukum dibalik nama sehingga hal ini dapat menimbulkan biaya legal yang tinggi.

Perbedaan Merger dan Akuisisi

Merger

  • Jumlah perusahaan yang melakukan merger adalah tiga.
  • Kedua perusahaan membubarkan perusahaannya dan membentuk perusahaan baru.
  • Dua perusahaan bergabung untuk membentuk perusahaan baru.
  • Cenderung dilakukan oleh dua perusahaan dengan jenis dan ukuran yang sama.
  • Lebih banyak persyaratan dan formalitas hukum yang harus diselesaikan

Akuisisi

  • Satu perusahaan membeli perusahaan lain dan mendapat kendali atasnya.
  • Kedua perusahaan tidak kehilangan eksistensinya.
  • Jumlah minimum perusahaan yang terlibat dalam strategi pengakuisisian adalah dua.
  • Sedikit persyaratan dan formalitas hukum yang harus diselesaikan.
  • Ada kecenderungan perusahaan besar mengendalikan perusahaan yang lebih kecil.

Contoh Merger dan Akuisisi

Berikut merupakan contoh merger dan akuisis yang sering terjadi:

Contoh merger

Lippo Bank pada tahun 2008 merger dengan Bank CIMB Niaga. Dalam proses merger ini, Lippo Bank tidak beroperasi lagi dan melebur menjadi satu dengan nama Bank CIMB Niaga.

Contoh akuisisi

Sebagai contoh PT. XL Axiata mengakuisisi PT. Axis Telekom Indonesia pada tahun 2004. Keduanya tetap beroperasi namun kepemilikan mayoritas PT. Axiz Telekom Indonesia adalah T. XL Axiata. Selain itu ada contoh lain dimana perusahaan AQUA diakuisisi oleh Danone, sedangkan Pizza Hut diakuisisi oleh Cola-cola.

Strategi Merger/Akuisisi? Mana Yang Lebih Cocok Untuk Ekspansi Bisnis?

Saat ini perusahaan yang menjalankan strategi merger sangatlah sedikit. Berbanding terbalik dengan strategi akuisisi yang saat ini semakin populer dijalankan perusahaan. Hal ini dikarenakan persaingan bisnis yang terbilang ekstrem membuat banyak perusahaan beralih ke strategi akuisisi.

Namun, alasan lain perusahaan memilih strategi akuisisi adalah strategi ini cenderung lebih mudah dijalankan karena tidak perlu melalui berbagai persyaratan dan formalitas hukum seperti pada strategi merger.

Akan tetapi, kedua strategi tersebut memiliki tujuan yang dinilai sama yaitu untuk mendapat keuntungan dari hal-hal yang berkaitan dengan sinergi, pajak, manfaat finansial, peningkatan daya saing dan lain sebagainya.

Namun, setiap strategi tersebut memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut seperti adanya peningkatan pergantian karyawan, konflik dalam perbedaan budaya dan entitas dan berbagai hal lainnya. Meski ini jarang sekali terjadi, namun rata-rata perusahaan yang menjalankan strategi merger dan akuisisi adalah perusahaan yang sudah Go-Public.

Jadi, perusahaan Go-Public wajib memiliki laporan keuangan yang andal dan komprehensif. Hal ini diperlukan dengan tujuan dapat mengkomunikasikan aktivitas operasional perusahaan kepada para pemegang saham.

Kesimpulan

Setelah kita mengetahui apa yang dimaksud dengan merger dan akuisisi, perlu diketahui bahwa setelah merger dan akuisisi berhasil tercapai antara perusahaan, maka skala perusahaan akan bertambah besar. Besarnya perusahaan juga akan berbanding lurus dengan bertambahnya karyawan. Jumlah karyawan yang semakin banyak artinya semakin rumit untuk mengatur sistem administrasinya, terutama untuk sistem gaji.

Pada umumnya perusahaan yang berskala besar kesulitan untuk menyimpan database karyawan agar tidak tersebar dan dokumentasi slip gaji karyawan yang tersimpan offline sehingga sistemnya tidak efektif.

Jojonomic menawarkan solusi untuk masalah perusahaan anda dengan menghadirkan Jojopayroll. Jojopayroll adalah aplikasi yang memudahkan anda untuk mengatur sistem gaji karyawan hanya melalui smartphone dan tentunya keamanan datanya terjaga.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Jojopayroll adalah:

  • Perhitungan otomatis untuk pajak PPh21, nett, gross, gross up, BPJS, tunjangan harian, tunjangan bulanan dan perhitungan detail reimbursement.
  • Kemudahan dokumen slip gaji, karyawan dapat melihat rincian gajinya berserta benefit, potongan dan detail pendapatan lainnya di fitur Dashboard, karyawan bisa melakukan dokumentasi secara otomatis untuk kebutuhan tertentu.
  • Kalkulasi sistem penggajian prorate, perhitungan pro-rate penggajian sampai ke detail hitungan alokasi sesuai kontrak, set up data karyawan sesuai dengan jangka kntrak beserta dengan detail komponen penggajian.
  • Penghitungan kehadiran secara otomatis sampai pada komponen cuti, lembur dan time sheet
  • Database pribadi karyawan tersimpan secara lengkap hanya untuk perusahaan, dan data dapat di import dan export secara mudah.

Dari semua fitur-fitur Jojopayroll diatas, semuanya dapat tertus dipantau oleh perusahaan, sehingga menghindari fraud atau kecurangan administrasi yang dilakukan oleh karyawan, dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan. Bagaimana apakah anda tertarik untuk menggunakan Jojopayroll?