Strategi Promosi Perusahaan

strategi promosi

Strategi promosi merupakan bagian dari kegiatan pemasaran suatu produk. Strategi promosi sangatlah diperlukan agar kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh tim marketer di suatu perusahaan dapat berlangsung dengan baik. Promosi sendiri sebenarnya merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi konsumen agar berminat untuk membeli produk yang sedang ditawarkan oleh marketer. Kegiatan promosi bahkan menjadi hal utama yang perlu dilakukan agar produk bisa semakin laris di pasaran. Tentu saja semakin laris suatu produk maka semakin meningkat pula omset penjualan serta profit perusahaan.

Dalam menjalankan suatu strategi promosi diperlukan perhitungan yang tepat agar langkah promosi yang dilakukan bisa tepat sasaran. Baik mempromosikan barang atau jasa tentunya diperlukan suatu strategi yang tepat pada saat melakukan promosi. Memang barang dan jasa memiliki sifat yang berbeda. Namun bagaimanapun juga baik barang maupun jasa sama-sama perlu untuk dipromosikan agar bisa laris di pasaran. Teknik atau strategi dalam melakukan promosi juga perlu dilakukan dengan langkah yang tepat sehingga kegiatan pemasaran bisa efektif dan optimal. Dengan adanya strategi yang baik maka kegiatan promosi yang dilakukan oleh tim marketer akan semakin menarik minat konsumen. Tindakan persuasif terhadap konsumen yang dilakukan melalui kegiatan promosi akan menarik minat para konsumen untuk melakukan pembelian terhadap barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan.

Tujuan Strategi Promosi

Pada dasarnya kegiatan promosi dilakukan dengan tujuan seperti beberapa poin berikut ini:

  • Untuk memasarkan barang atau jasa dan tepat sasaran. Namun diperlukan suatu strategi dalam melakukan kegiatan promosi yang menjadi bagian dari pemasaran ini. Dalam melakukan penjualan barang atau jasa tentunya dilakukan beberapa strategi agar penjualan produk bisa mencapai target.
  • Suatu strategi juga perlu untuk dilakukan dengan tujuan tertentu. Salah satu tujuan dari strategi promosi adalah untuk meningkatkan permintaan oleh para konsumen. Permintaan tentu akan meningkat bila keinginan konsumen terus meningkat. Keinginan konsumen untuk melakukan pembelian barang atau jasa tentu akan meningkat bila konsumen memiliki minat untuk melakukan pembelian. Daya tarik terhadap produk barang dan jasa bisa saja meningkat bila promosi yang dilakukan oleh tim marketer berhasil membujuk konsumen.
  • Dengan adanya strategi promosi maka para konsumen akan menjadi semakin terstimulus untuk melakukan pembelian barang dan jasa yang ditawarkan. Tidak hanya itu saja tetapi strategi promosi juga dilakukan degan tujuan untuk menjaga loyalitas konsumen kepada suatu perusahaan. Dengan adanya loyalitas inilah maka konsumen akan terus setia untuk membeli barang atau jasa di perusahaan yang sama. Tentu saja hal ini pada akhirnya akan membuat omset penjualan perusahaan semakin meningkat. Tidak hanya itu saja tetapi perusahaan juga bisa saja mendapatkan keuntungan lainnya. Misalnya saja nama perusahaan atau brand yang dikeluarkannya menjadi semakin dikenal oleh masyarakat luas dan selalu dipercaya.

Unsur-Unsur Strategi Promosi

Suatu strategi promosi memiliki beberapa unsur di dalamnya seperti misalnya komunikasi. Dalam melakukan kegiatan promosi tentunya tim marketer akan melakukan tindakan komunikasi dengan para konsumen. Dalam hal ini para marketer akan melakukan komunikasi degan cara memberikan informasi kepada konsumen mengenai barang atau jasa yang ditawarkannya. Komunikasi yang baik akan membuat konsumen semakin tertarik. Terutama bila penyampaian informasi mengenai barang atau jasa yang dilakukan oleh tim promosi atau tim marketer dilakukan dengan jelas dan sangat menarik. Oleh karena itu komunikasi menjadi bagian yang sangat penting dalam melakukan promosi penjual. Di samping itu diperlukan pula suatu insentif dengan tujuan untuk semakin menarik pelanggan.

Pemberian pelayanan atau insentif perlu dilakukan oleh perusahaan agar pelanggan semakin tertarik dengan keistimewaan yang dimiliki oleh suatu barang atau jasa yang ditawarkan. Pemberian insentif akan merangsang pelanggan dengan adanya nilai dan keistimewaan tertentu sehingga barang dan jasa yang ditawarkan semakin laris di pasaran. Selain itu suatu tindakan promosi juga perlu mengandung invitation. Maksudnya disini adalah promosi yang dilakukan oleh para staf sebaiknya bersifat mengundang para konsumen agar berminat dan bersedia melakukan pembelian barang atau jasa yang ditawarkan. Pembelian produk diharapkan dapat terjadi pada saat kegiatan promosi sedang dilakukan sehingga omset penjualan pada suatu perusahaan bisa semakin meningkat dengan adanya kegiatan promosi tersebut.

Bentuk Usaha dan Kegiatannya

Seperti yang telah diketahui bahwa promosi merupakan salah satu kegiatan terpenting pada suatu perusahaan. Tindakan promosi merupakan suatu cara yang efektif dalam meningkatkan permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa. Pada strategi promosi yang dilakukan oleh tim marketer ada beberapa kegiatan yang menyertainya. Seperti misalnya kegiatan periklanan yang dapat dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung. Anda juga bisa melakukan promosi melalui berbagai media baik media cetak maupun media internet.

Selain itu strategi promosi juga dilakukan dengan adanya tatap muka antara penjual dengan konsumen. Dengan adanya strategi ini maka Anda dapat mengenalkan produk yang ditawarkan secara langsung kepada konsumen. Tentu konsumen akan terdorong untuk mencoba dan membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan karena adanya komunikasi yang baik antara penjual dengan konsumen. Ada pula kegiatan publikasi yang dilakukan oleh pihak penjual dengan tujuan untuk mendorong terjadinya permintaan pelanggan terhadap barang atau jasa. Publikasi juga bisa dilakukan di berbagai media seperti media cetak dan melalui media elektronik. Publikasi juga bisa dilakukan dengan cara membuka adanya ruang diskusi pada suatu media mengenai produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Merencanakan strategi promosi yang baik cukup penting, supaya nantinya produk makin dikenal luas serta kesempatan meningkatkan omzet juga makin besar. Oleh sebab itu perlu dilakukan pertimbangan yang optimal. Tidak hanya itu saja, menata perusahaan sebaik mungkin juga perlu untuk mengarahkan perusahaan yang lebih baik. Salah satunya melalui pengaturan keuangan yang baik dan optimal. Sehingga dibutuhkan produk pendukung yang bisa mewujudkan hal tersebut. Misalnya melalui penggunaan JojoExpense, dimana produk ini akan memberikan manfaat seperti:

  • Pengelolaan keuangan perusahaan yang lebih efektif dan efisien, mudah dilacak serta dilihat secara akurat dan detail.
  • Menghindari resiko penipuan dan kecurangan dalam keuangan perusahaan.
  • Mudah diakses secara mobile, kapan saja dan dimana saja. Reimbursement lebih mudah serta approval juga tidak berbelit-belit.

Tentunya kemudahan dan manfaat yang telah disebutkan di atas berkat adanya berbagai fitur pilihan pada JojoExpense. Di antaranya yaitu berupa fitur-fitur unggulan seperti Cash Advanced with Flexible Verification Flow, Cash Advance Partial Reporting, Restriction Policies for Cash Advance Request, Cash Advance Account Receivable Receipt, Direct Bank Transfer (Virtual Account), Multi-Currency Transaction, dan masih banyak lagi fitur pendukung lainnya yang menarik. Oleh karena itu sebaiknya jangan ragukan lagi produk yang satu ini. Segera dapatkan coba gratis dan biarkan produk ini menunjukkan kelebihannya pada perusahaan Anda. Bersama JojoExpense tentu keuangan perusahaan Anda dijamin selangkah lebih optimal.