Strategi Promosi Terbaik Sebagai Kunci Pemasaran Sukses

Strategi promosi menjadi bagian dari suatu teknik pemasaran yang tentunya sangat penting bagi kelangsungan suatu perusahaan. Umumnya promosi berkaitan dengan kegiatan penjualan. Promosi dilakukan dalamrangka meningkatkan jumlah permintaan dari para konsumen mengenai suatu produk baik barang maupun jasa. Pada akhirnya melalui kegiatan promosi ini diharapkan agar volume dan omzet penjualan menjadi semakin meningkat sehingga suatu bisnis bisa mencapai target.

Pada kegiatan promosi rupanya aktivitas dilakukan dengan adanya proses pemberian pengaruh kepad apara konsumen. Proses pemberian pengaruh ini dilakukan secara langsung sehingga konsumen bisa memberikan kepurusan untuk membeli barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan. Di dalam menjalankan kegiatan promosi tentunya diperlukan suatu strategi. Strategi dalam promosi ini mengacu pada kegiatan perencanaan untuk melakukan persuasuf pada para konsumen. Selain itu di dalam strategi promosi juga terdapat pengendalian komunikasi yang dilakukan oleh organisasi perusahaan kepada para konsumen sebagai target atau sasaran penjualan.

Tentunya strategi promosi yang menjadi bagian dari pemasaran ini diusahakan semaksimal mungkin agar bisa mencapai kesuksesan. Suatu perusahaan bisa disebut mengalami kesuksesan jika mengalami peningkatan omzet dan volume penjualan. Peningkatan omzet ini dilakukan dengan cara mempengaruhi keputusan pembelian dari para konsumen. Untuk mencapai hal ini tentu dibutuhkan suatu strategi tersendiri hingga proses promosi dan pemasaran bisa menghasilkan pencapaian target.

Tujuan Strategi Promosi

Pada dasarnya suatu strategi promosi diciptakan dengan tujuan untuk mengadakan peningkatan permintaan dari klien atau konsumen mengenai suatu produk barang dan jasa. Melalui kegiatan promosi diharapkan agar para konsumen dapat menumbuhkan keinginannya untuk mendapatkan suatu produk sehingga konsumen berupaya untuk melakukan pembelian produk. Tentunya promosi ini bertujuan untuk menstimulus para konsumen sehingga melakukan pembelian. Mungkin saja pembelian hanya dalam jumlah sedikit di awal namun dengan strategi yang baik maka konsumen diharapkan agar dapat melakukan pembelian dalam jumlah yang lebih banyak untuk selanjutnya.

Di samping itu kegiatan promosi juga dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan para konsumen yang baru. Adanya konsumen yang baru menunjukkan bahwa suatu usaha atau bisnis telah diterima dengan baik di tengah masyarakat dengan hadirnya produk yang memiliki kualitas tinggi. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi dalam menjalankan kegiatan promosi sehingga proses pemasaran bisa membantu perusahaan untuk mencapai target. Strategi promosi sebenarnya tidak hanya bertujuan untuk menambah dan mempertahankan konsumen saja tetapi juga untuk meningkatkan performa kerja suatua perusahaan. Suatu perusahaan tentunya akan terus meningkatkan kualitasnya agar selalu menjadi kepercayaan bagi para konsumen.

Perusahaan akan meningkatkan strateginya misalnya dengan mengadakan berbagai program menarik yang berkaitan pula dengan pelayanan pada masyarakat. Misalnya saja dengan melakukan program pemberian hadiah dan pemberian voucher bagi pelanggan. Selain itu mungkin saja sebuah perusahaan akan memberikan penawaran diskon yang akan menguntungkan bagi para konsumen. Secaralebih jauh suatu perusahaan juga bisa saja mengadakan kegiatan CSR yang akan membuat masyarakat menjadi semakin percaya kepada perusahaan tersebut.

Ciri-Ciri

Suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan tentu membutuhkan strategi. Adanya strategi pada promosi ini diharapkan agar dapat membuat perusahaan mengalami peningkatan omzet penjualan.

  • Strategi promosi di dalamnya sudah tentu mengandung adanya komunikasi yang akan dilakukan oleh para marketer kepada para konsumen. Komunikasi ini dilakukan pada saat marketer memberikan informasi kepada para konsumen mengenai suatu produk yang ditawarkan oleh perusahaan sehingga produk dapat menarik perhatian para konsumen.
  • Suatu promosi juga seharusnya dilakukan dengan disertai adanya insentif. Tentunya pemberian pelayanan insentif ini bisa membuat pelanggan untuk selalu percaya pada nilai dan kualitas produk yang dijual oleh suatu perusahaan. Kepercayaan pelanggan pada perusahaan memang merupakan hal yang penting dan harus terus ditingkatkan agar omzet penjualan perusahaan bisa terus meningkat.
  • Selain itu di dalam promosi terdapat pula unsur invitation. Yang dimaksud dengan invitation dalam hal ini adalah mengundang para konsumen agar konsumen bersedia untuk melakukan pembelian pada saat promosi sedang dilakukan. Pembelian produk saat promosi sedang dijalankan bisa saja meningkatkan omzet penjualan secara efektif. terlebih lagi jika pembelian dilakukan oleh para konsumen atau pelanggan baru sehingga produk semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Kegiatan Strategi Promosi

Berbagai kegiatan pada saat promosi berlangsung bisa saja dilakukan dengan sangat menarik. Pada suatu promosi tentunya terdapat kegiatan periklanan di dalamnya. Kegiatan periklanan ini seringkali disebut dengan istilah advertising yang biasanya dilakukan melalui bermacam-macam media. Periklanan ini dilakukan dengan tujuan untuk mendorong konsumen agar melakukan transaksi pembelian. Selain itu ada pula direct selling atau penjualan yang dilakukan dengan tatap muka. Dalam hal ini penjual akan bertemu secara langsung dengan pembeli sehingga proses promosi bisa berlangsung dnegan mudah.

Melalui direct selling ini penjual akan memberikan pemahaman yang paling jelas pada konsumen mengenai produk yang ditawarkannya sehingga konsumen semakin tetarik untuk membeli produk. Tidak hanya itu saja tetapi dalam strategi promosi sudah tentu ada kegiatan publikasi. Langkah promosi yang satu ini juga bertujuan untuk mendorong terjadinya peningkatan permintaan oleh para konsumen dan pelanggan. Publikasi ini umumnya dilakukan secara tidak langsung namun tetap mengandung unsur persuasif kepada konsumen sehingga konsumen selalu tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Kegiatan lainnya yaitu promosipenjualan yang sudah tentu bermaksud untuk mendorong pembeli melakukan transaksi pembelian. Banyak hal yang dilakukan untuk menarik minat konsumen sepertimisalnya pengadaan pameran dan lainnya.

Strategi promosi yang menjadi bagian dari teknik pemasaran atau marketing memang penting sehingga perlu dilakukan dengan sebaik mungkin. Umumnya kegiatanpromosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan bertujuan untuk mengadakan peningkatan permintaan klien akan produk baik barang maupun jasa. Oleh karena itu kegiatan promosi haruslah dibuat dengan semenarik mungkin agar bisa memikat para konsumen. Namun tentunya kegiatan promosi yang dilakukan dengan berbagai macam strategi ini harus diketahui secara lebih jelas baik mengenai klasifikasinya dan juga berbagai hal lainnya. Termasuk pula mengenai berbagai langkah dan tips yang menyertainya agar promosi bsia berjalan semakin lancar.

Klasifikasi Strategi Promosi

Customer promotion

Klasifikasi pertama dari strategi promosi adalah customer promotion. Untuk promosi jenis ini biasanya dilakukan dengan tujuan khusus yaitu untuk mengajak konsumen agar bersedia melakukan pembelian produk. Jadi setelah produk ditawarkan pada konsumen maka diharapkan agar konsumen membeli produk. Dengan kata lain fokus dan target dari kegiatan promosi jenis ini adalah konsumen dan pelanggan.

Trade promotion

Selanjutnya ada pula jenis promosi yang lain yaitu trade promotion. Memang jenis ini sama dengan jenis sebelumnya yaitu dengan melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan. Namun untuk jenis trade promotion ini lebih menitikberatkan kegiatan pada distributor. Artinya promosi dilakukan dengan tujuan agar distributor bersedia untuk menjualkan produk perusahaan kepada konsumen.

Sales-force promotion

Untuk klasifikasi yang selanjutnya adalah sales-force promotion. Jennis ini merupakan kegiatan atau langkah promosi yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi bagi para armada penjual perusahaan. Dengan adanya motivasi ini diharapkan agar armada penjual perusahaan bisa melakukan peningkatan penjualan ehingga semakin banyak produk yang terjual.

Business promotion

Jenis atau klasifikasi strategi promosi yang terakhir adalah business promotion. Jenis promosi ini bertujuan utuk mendapatkan pelanggan yang baru. Namun tujuan tidak hanya sampai itu saja. tetapi promosi jenis ini dilakukan pula untuk menjaga interaksi dan komunikasi pada para pelanggan lama atau pelanggan setia sehingga penjualan produk bisa tetap banyak.

Langkah Strategi Promosi

cara promosi produk

Media sosial

Di zaman sekarang ini tampaknya penggunaan media sosial semakin meningkat. Bahkan mulai dari anak-anak hingga dewasa masih saja suka mengoperasikan media sosial untuk berbagai tujuan. Oleh karena itu Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan kegiatanpromosi secara lebih lagi. Gunakan media sosial sebagai sarana promosi sehingga produk dikenal oleh semua pengguna media sosial,

Vlog

Media digital selanjutnya yang juga banyak digunakan untuk melakukan promosi adalah vlog. Melalui vlog maka Anda bisa membuat konten yang menarik perhatian banyak orang. Dalam konten bisa dilakukan promosi produk sehingga penonton vlog bisa mengetahui dan mengenal produk yang sedang ditawarkan tersebut. Gunakan media seperti misalnya Youtube untuk mendukung vlog.

Website atau blog

Website atau blig juga bisa menjadi salah satu media tepat untuk melakukan aktivitas promosi. Tiap tulisan berjenis artikel atau sejenisnya bisa ditulis dan diunggah di website atau blog sehingga pengguna internet bsia membacanya. Maka produk akan semakin dikenal oleh masyarakat terutama para penggemar internet.

Email marketing

Selain beberapa media di atas rupanya masih ada lagi media yang bisa digunakan untuk kegiatan promosi produk yaitu email marketing. Perusahaan bisa mengirim promosi produk ke email konsumen. Maka konsumen akan membacanya dan mengenal produk yang sedang ditawarkan. Cara ini sebenarnya juga cukup efektif mengingat bahwa hampir setiap pengguna internet pasti memiliki email.

Papan iklan

Langkah selanjutnya untuk melakukan kegiatan promosi adalah dengan menggunakan media papan iklan. Media yang satu ini mungkin terdengar sudah tidak modern. Namun promosi dengan menggunakan papan iklan masih banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan. Sebab papan iklan mudah dijumpai dan ditemukan terutama di tempat umum. Maka promosi dirasa bisa efektif jika dilakukan dengan menggunakan media ini.

Media cetak

Ada pula media cetak yang juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk. Mulai dari koran sehari-hari hingga majalah dan sejenisnya bisa dijadikan sebagai saran untuk mempromosikan suatu produk. Langkah ini memamg mulai memudar sejak media internet semakin berkembang.

Tips Strategi Promosi

Lakukan survey untuk strategi promosi

Berbagai tips tepat bisa menjadi masukan atau saran terbaik bagi Anda yang hendak melakukan promosi produk. Salah satu tips yang bisa dilakukan untuk melakukan promosi produk yaitu dengan melakukan survey. Melalui survey inilah maka perusahaan bisa mengetahui kondisi pasar dan peluang untuk keberhasilan promosi. Oleh karena itu sebelum melakukan promosi sebaiknya dilakukan survey terlebih dahulu.

Lakukan kegiatan amal dalam strategi promosi

Tips yang kedua adalah melakukan kegiatan amal. Kegiatan amal saat ini bahkan menjadi seperti trend bagi berbagai perusahaan. Dengan tujuan kemanusiaan maka kegiatan amal bisa berlangsung dengan baik dan sangat diterima oleh masyarakat terutama oleh warga yang membutuhkan bantuan. Namun tanpa disadari sebenarnya pelaksanaan kegiatan amal juga bisa difungsikan untuk melakukan promosi produk yang sedang diluncurkan oleh perusahaan.

Penyelenggaraan event dalam strategi promosi

Selain kegiatan amal masih ada pula kegiatan yang bisa dilakukan yaitu penyelenggaraan event. Sebaiknya pengadaan event dilakukan di berbagai moment tertentu sehingga bisa mencapai target. Misalnya menggelar event untuk acara pentas seni sekolah atau mungkin event di moment hari raya. Tentunya berbagai event menarik ini akan memancing perhatian audiens sehingga kegiatan promosi bisa sukses.

Pemanfaatan internet

Penggunaan internet terutama di era digital yang modern seperti sekarang ini tampaknya menjadi suatu trend. Bahkan setiap orang pasti pernah mengakses internet untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu pengguna internet semakin bertambah banyak.maka hal ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Anda bisa memanfaatkan internet untukmepromosikan dan memasarkan produk.

Adakan diskon untuk strategi promosi

Siapa saja tentu suka diskon karena barang berlabel diskon bisa dibeli dengan harga murah. Maka hal ini bsia menjadi suatu trik dan tips yang menarik. tentukonsumen akan berebut mendapatkan barang diskon sehingga penjualan produk dengan harga diskon ini akan semakin melonjak.

Manfaat Strategi Promosi

Strategi promosi pada dasarnya memberikan manfaat penting bagi dunia penjualan. Sebab dengan adanya strategi inilah maka suatu kegiatan promosi bisa dilakukan secara lebih tepat sasaran. Dengan adanya strategi yang tepat maka nantinya promosi yang dilakukan oleh perusahaan bisa menimbulkan adanya kesadaran merk pada konsumen. Hingga akhirnya konsumen akan selalu mengingat produk yang dipromosikan dan bersedia melakukan pembelian produk. Jika memang produk sesuai dengan harapan maka bukan tidak mungkin nantinya konsumen menjadi pelanggan tetap. Tentu hal ini akan semakin meningkatkan pendapatan perusahaan karena pelanggan tetap bisa dipastikan akan selalu mengonsumsi produk secara berkala dan rutin. Oleh karena itu berikan strategi yang tepat untuk setiap kegiatan promosi produk.

Kesimpulan

Berbagai strategi promosi memang diperlukan untuk memastikan bahwa produk yang dipasarkan akan mendapatkan respon yang positif dari konsumen. Demikian pula pentingnya melakukan strategi dalam perusahaan sendiri. Misalnya yaitu strategi pembayaran gaji pegawai yang jauh lebih efektif dan efisien. Dalam mendukung terciptanya hal tersebut maka diperlukan sistem otomatis yang terpercaya dan terbukti hasilnya. Salah satunya melalui penggunaan JojoPayroll. Dengan produk yang satu ini, maka terdapat beberapa manfaat penting dalam penggajian karyawan yang bisa didapatkan seperti misalnya sistem perhitungan yang jauh lebih akurat. Baik untuk pemotongan pajak, besarnya tunjangan, serta lain hal sebagainya. Tidak hanya itu saja, tetapi juga membantu sistematisasi gaji pegawai dengan otorisasi pembayaran secara otomatis setiap bulannya. Bisa diakses dan dikontrol oleh manajemen secara leluasa melalui aplikasi yang cukup mudah termasuk mencetak slip otomatis yang lebih efisien.

Berbagai manfaat ini dapat diperoleh berkat adanya fitur menarik yang terselip dalam JojoPayroll. Di antaranya yaitu fitur Additional Feature Customization, Direct Bank Transfer, Report Customization, Loan Management, Maintenance Support, dan lain sebagainya. Sehingga melalui gambaran fitur ini tentu membuat perusahaan tidak perlu merasa meragukan kemampuan hasil dari produk yang satu ini. Maka dari itu, segera jadwalkan coba gratis di perusahaan Anda. Jangan biarkan sistem penggajian karyawan berjalan lambat dan manual. Serahkan semua pada JojoPayroll dan nikmati kemudahan pembayaran gaji bulanan karyawan yang lebih praktis, efektif, serta lebih efisien. Dijamin!