Surat Lamaran Kerja; Definisi dan Cara Membuatnya Lebih Menarik

Setiap orang yang ingin mendapatkan pekerjaan, pasti melalui proses rekrutmen, salah satu daya tarik seorang kandidat adalah melalui Surat Lamaran Kerja. Hal itu adalah bagian penting dari proses melamar pekerjaan. Karena akan memberi kesan khusus diri Anda, sehingga membedakan Anda dengan para pelamar lain.

Memang saat ini mencari pekerjaan bukanlah perkara mudah, belum lagi tingginya jumlah tenaga kerja yang berbanding terbalik dengan kesediaan lapangan kerja itu sendiri.

Sehingga peluang untuk diterima pada lowongan pekerjaan yang dibuka tidak dapat diperkirakan. Tetapi, jangan putus asa dulu. Kemungkinan Anda diperhatikan dapat meningkat jika Anda membuat surat lamaran kerja yang menarik.

Sebab surat lamaran kerja dapat menjadi identitas pelamar. Karakteristik surat yang baik dapat terlihat dari desain, dan juga tentu formatnya yang akan memudahkan interviewer untuk membacanya. Namun, apa saja yang melingkupi format surat lamaran kerja? Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang menarik? Simak artikel dibawah ini.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Definisi Surat Lamaran Pekerjaan

Mungkin sebagian besar dari Anda pasti paham apa itu surat lamaran kerja. Secara singkat, surat lamaran pekerjaan ini merupakan sebuah pengantar di mana akan tersaji dalam dokumen satu halaman yang ditulis untuk mengungkapkan alasan mengapa Anda adalah kandidat terbaik untuk sebuah pekerjaan.

Intinya Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang membutuhkan pekerjaan kepada orang yang bisa memberikan pekerjaan atau jabatan. Surat lamaran pekerjaan bisa diartikan sebagai surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan agar karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan.

Pada umumnya surat lamaran pekerjaan bersifat formal atau resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan atau jabatan tertentu sesuai dengan iklan yang ditawarkan.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar

Apabila Anda yang ingin melamar pekerjaan, cara penulisan amplop surat lamaran kerja sangatlah penting, baik itu format penulisan maupun alamat pada amplop surat lamaran yang dituju.

Selain itu desain dan kemasan dari amplop juga harus diperhatikan untuk mengatur tata letak dan cara penulisannya, berikut adalah tata caranya :

1. Kerapihan dan Kebersihan

Ini menjadi hal yang utama pada saat kamu menulis amplop di surat lamaran sebab hal ini bisa memberikan penilaian bagi perusahaan kepada kamu Sebuah amplop yang kusam dan berlipat-lipat akan menggambarkan karakter dari diri kamu sebagai pelamar kerja. Untuk itu kerapihan dan kebersihan sangat penting dan perlu diperhatikan.

2. Menulis Identitas Diri Secara Lengkap

Mengisi identitas diri secara lengkap harus diperhatikan untuk memudahkan perusahaan memberikan informasi kepada kamu sebagai pelamar baik itu informasi terkait panggilan interview, informasi kelulusan tes maupun informasi yang lainnya.

3. Tujuan surat

dapat dibayangkan jika kamu mengirim surat lamaran tanpa mencantumkan tujuan kemana surat tersebut akan dikirim? dapat dipastikan surat tersebut tidak akan sampai ke tujuan. Jadi, penting untuk menuliskan alamat tujuan secara lengkap dan jelas agar memudahkan dalam mengirim surat lamaran kamu.

Apa Fungsi Surat Lamaran Kerja?

Meskipun surat lamaran kerja merupakan jenis surat singkat, akan lebih baik jika mampu menampilkan impresi yang berbeda. Jika hal ini dapat kamu lakukan dengan baik, maka tidak mengherankan jika kamu bisa merasakan dampak positifnya.

Untuk itu, sekarang kami akan memberitahukan apa saja sih tujuan dari pembuatan lamaran kerja yang baik sehingga akan berdampak pada proses pencarian kerjamu. Untuk melihatnya, langsung scroll ke bawah artikel ini ya!

  1. Berhasil memperkenalkan dirimu dengan singkat dan lugas secara langsung ke manajer perekrutan (HRD)
  2. Buatlah studi kasus yang kuat mengapa kamu cocok untuk pekerjaan yang dituju
  3. Buktikan keinginanmu untuk bekerja di perusahaan
  4. Mengarahkan HRD untuk melakukan penrekrutan terhadap dirimu

Setelah melihat tujuan yang dimiliki dari penulisan surat lamaran kerja yang baik, apakah kamu masih tidak yakin apa yang harus ditulis di dalamnya?

Tepat banget nih, karena bagian selanjutnya yang akan kami bahas adalah bagaimana cara membuat surat lamaran kerja dengan baik, agar peluang Anda untuk diterima semakin besar.

Syarat-Syarat Surat Lamaran Kerja

Berikut dibawah ini beberapa syarat yang harus dilakukan ketika membuat surat lamaran kerja :

  1. Wajib memakai bahasa indonesia yang baik.
  2. Ditulis tangan yang rapi.
  3. Surat lamaran ditulis dengan bahasa yang sopan dan simpatik
  4. Surat lamaran harus berisikan hal-hal tentang identitas pelamar, riwayat pendidikan, maksud pelamar dan lampiran.

Manfaat Surat Lamaran Kerja

Berikut beberapa fungsi surat lamaran kerja yaitu :

Sebagai bukti tertulis atas pengajuan surat permohonan pekerjaan
Melalui surat lamaran ini, pelamar menulis langsung identitasnya, dan lampiran yang berupa ijazah sebagai bukti telah lulus sekolah, fotokopi KTP, foto, dan riwayat hidup. Selain itu, tanda tangan sebagai bentuk pertanggung jawaban penulis terhadap yang ditulisnya.

Sebagai media atau alat komunikasi

Dalam surat lamaran ada beberapa lampiran, seperti KTP, ijazah terakhir, pengalaman bekerja, dan lain-lain. Bagian penerima lamaran akan dengan jelas mengetahui identitas sang pelamar, ijazah terakhir, dan pengalaman bekerja dari surat lamaran yang diberikan pelamar kepada perusahaan melalui perwakilannya.

Sebagai bahan pertimbangan penerimaan pekerjaan
umumnya perusahaan yang memerlukan pegawai baru dengan jabatan yang cukup penting pada istansi atau perusahaan tertentu mempunyai banyak pertimbangan bahkan tes demi tes dilakukan secara ketat untuk mempekerjakan calon pegawai yang lebih berkualitas.

cara membuat surat lamaran kerja

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja

Secara umum, surat lamaran pekerjaan ini sendiri adalah jenis surat permohonan kepada perusahaan yang dibuat seseorang, dengan tujuan untuk melamar pekerjaan. Menjadi bentuk resmi yang disampaikan kepada perusahaan dan merupakan salah satu kunci kesuksesan jika dibuat dengan baik.

Untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik dan efektif, terdapat beberapa hal yang wajib dituliskan. Pada bagian ini, kami akan berusaha menjelaskan apa saja hal-hal yang mencakupi struktur surat lamaran kerja. Perhatikan penjelasan berikut :

Tanggal dan Tempat Penulisan Surat

Pertama, Anda dapat menuliskan dengan lengkap tempat dan tanggal surat lamaran kerja Anda ditulis. Posisikan pada bagian kanan atas atau kiri atas surat lamaran kerja dan ingat untuk tidak menyingkat apapun, baik dari tempat maupun tanggal.

Tujuan Surat serta Nama dan Alamat Lengkap Perusahaan
Selanjutnya adalah menulis tujuan surat tersebut. Cukup tulis yang terhormat atau “Yth.” lalu dilanjutkan dengan jabatan penerima surat lamaran kerja. Alangkah lebih baik kalau Anda sudah mengetahui dengan jelas siapa yang menerima surat lamaran kerja agar terasa lebih personal. Lalu, tepat dibawah tujuan surat, tuliskan nama dan alamat lengkap perusahaan yang dituju.

Kata Pengantar dan Salam

Setelah menulis tujuan dan nama serta alamat perusahaan yang dilamar, sekarang saatnya merancang surat lamaran kerja yang menarik. Namun, sebelum memulai membuat bagian isi, sebaiknya Anda menulis salam pembuka.

Gunakan salam pembuka seperti “Dengan hormat,” karena bersifat universal dan memang umum digunakan. Sehabis menulis salam pembuka, Anda dapat langsung menjelaskan sumber informasi lowongan pekerjaan yang sedang Anda lamar.

Mencantumkan Data Diri

Lalu, Anda perlu menulis identitas diri Anda. Informasi seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir (TTL), pendidikan terakhir, alamat email, dan nomor HP sebaiknya Anda cantumkan.

Pengalaman Kerja, Kelebihan, atau Keahlian Lain
Setelah mencantumkan data diri, Anda dapat menuliskan pengalaman kerja serta keterampilan yang dimiliki. Usahakan merinci skill yang memang relevan terhadap pekerjaan yang Anda lamar agar meningkatkan kemungkinan Anda diperhatikan oleh tim rekrutmen.

Terakhir, namun bukan paling akhir, sebaiknya pada bagian penutup ditulis harapan Anda agar diterima dan ditutup dengan ucapan terima kasih. Jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan dan nama lengkap Anda tepat dibawah penutup.

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

Diluar mengetahui format penulisan surat lamaran pekerjaan, terdapat beberapa hal yang sebaiknya Anda ingat agar tim rekrutmen dapat memberikan perhatian lebih terhadap lamaran kerja Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan dalam perancangan surat lamaran kerja.

Sesuai dengan Etika Penulisan dan Pengiriman Lamaran Kerja

Menulis surat lamaran pekerjaan harus sesuai dengan etika penulisan dan pengiriman yang ada. Surat lamaran kerja yang tidak sesuai dengan etika yang berlaku umumnya tidak akan diperiksa.

Tentunya, Anda tidak menginginkan hal tersebut. Oleh karena itu, cari tahu seperti apa etika yang berlaku dan terapkan dalam surat lamaran kerja Anda.

Lalu, selalu ingat untuk persiapkan semua berkas yang dibutuhkan dan pastikan bahwa tidak ada yang lupa dikirimkan. Kandidat yang mengirim berkas dengan lengkap akan membuat tim rekrutmen memiliki impresi yang baik karena artinya kandidat tersebut memang serius melamar kerja.

Menulis Skill yang Relevan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebaiknya Anda mencantumkan keterampilan yang berhubungan erat dengan pekerjaan yang dilamar. Tuliskan informasi mengenai identitas Anda secukupnya dan jelaskan secara rinci mengenai apa saja skill yang Anda miliki. Lebih baik lagi jika Anda dapat memberikan bukti secara konkrit mengenai dampak yang Anda berikan pada perusahaan sebelumnya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut ini adalah beberapa contoh surat lamaran kerja yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi .

1. Surat Lamaran Secara Umum

Jakarta, 5 Januari 2020

Hal : Lamaran Pekerjaan
Yth. Pimpinan
PT. Maju Terus Pantang Mundur
Jl. Medan Merdeka no 15, Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang saya lihat pada media sosial Linkedin pada 30 Desember 2019 , yang dimana menunjukan jika saat ini perusahaan bapak/ibu sedang membuka lowongan pekerjaan maka dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai Teller di perusahaan, yang Bapak/Ibu Pimpin.

Biodata diri:

Nama : Mario Bruss
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 25 Mei 1995
Pendidikan terakhir : S1-HUKUM
Alamat : Jl. KH. Moh MANSYUR 11276

Untuk bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan:

  1. Daftar Riwayat Hidup/CV
  2. Resume Kerja
  3. FC Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy KTP
  6. Pas Foto 4×6
  7. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, atas Perhatian Bapak/Ibu saya ucapakan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Mario Bruss

surat lamaran kerja

2. Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Bank

Jakarta, 10 Maret 2020

Hal : Lamaran Pekerjaan
Yth. Pimpinan
PT. Bank ABC
Cabang Kab. Jakarta
Jl. Kebon Jeruk no 20, Meruya Utara

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja di Bank ABC yang terpasang pada website lowongan kerja Jojo.id, tanggal 7 Maret 2020, maka dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai Teller di perusahaan, yang Bapak/Ibu Pimpin.

Biodata diri:

Nama : Marry Jane
Tempat, tanggal lahir : Kalimantan, 20 Maret 1993
Pendidikan terakhir : S1-Teknik Telekomunikasi, Politeknik Kalimantan
Alamat : Jl. Rembulan No.2, Kalimantan

Untuk bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan:

  1. CV
  2. FC Ijazah Terakhir
  3. Transcript Nilai
  4. Sertifikat Bahasa Inggris
  5. FC KTP
  6. Pas Foto 4×6
  7. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, atas Perhatian Bapak/Ibu saya ucapakan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Marry Jane

3. Surat Lamaran Kerja Untuk Perusahaan

Bandung, 10 Juni 2020

Hal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 8 Lembar

Kepada
Yth. Bapak/Ibu HRD
WINS GROUP
Jl. Malaka 29, Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Menurut informasi yang terdapat pada media sosial Linkedin, pada tanggal 08 Juni 2020, dimana PT. WINS GROUP membuka lowongan pekerjaan sebagai Copywriter, maka melalui email ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk posisi tersebut.

Data singkat diri pelamar :

Nama : James Bonsai
Tempat &Tgl.Lahir : Pandeglang, 10 Januari 1996
Pendidikan akhir : S1 – Telekomunikasi Universitas Toronogoro, Lulus dengan I.P.K 3.5
Alamat : Jl. Sudirman Raya No 10, Jakarta Barat
HP : 0812345678
Email : James Bonsai @gmail.com

Saya memiliki kesehatan yang prima, memiliki penampilan yang menarik. Namun terlebih dari itu saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dimana saya mempelajarinya selama menempuh pendidikan sebelumnya, serta pernah menjadi bagian dari tim digital marketing untuk organisasi kampus.

Dalam kesempatan yang diberikan saya juga belajar untuk bekerjasama dengan tim, dan memahami perbedaan. Mampu bekerja menggunakan aplikasi seperti photoshop, dan WordPress.

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan :

  1. Pas Photo 3x 4
  2. CV / Resume
  3. KTP digital
  4. Lampiran ijazah
  5. Transcript Nilai.
  6. Sertifikat Pendukung.
  7. Fotocopy Sertifikat Toefl

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, atas Perhatian Bapak/Ibu saya ucapakan banyak terima kasih.

Hormat saya,

James Bonsai

surat lamaran kerja

Bahwasanya dapat terlihat bukan jika salah satu rahasia yang membuat seseorang dilirik oleh rekruitmen adalah surat lamaran kerja yang menarik dan berbobot.

Pastikan juga menggunakan design yang sesuai dengan sebagaimana mestinya. Jangan lupa untuk dipraktekan dan semoga berhasil!

Satu hal lagi  yang tidak kalah pentingnya ingin kami sampaikan! Jika nanti Anda sudah diterima kerja, pastikan perusahaan Anda sudah menggunakan aplikasi JojoExpense ya! Karena banyak Sekali lho kelebihan yang dimiliki aplikasi berbasis cloud tersebut.

Jojonomic

Salah satunya adalah dapat meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76%. Selain itu, JojoExpense juga akan membantu perusahaan untuk mengelola pengeluarannya dengan lebih efisien dan hemat waktu.

Platform bisnis all-in-one untuk permudah kelola perusahaan
Suite aplikasi yang unik dan canggih untuk menjalankan seluruh bisnis & membantu tiap tim memberikan hasil kerja terbaik

Produk populer untuk meningkatkan produktivitas perusahaan
Hemat waktu, uang, dan tenaga dengan otomasi sekaligus streamlining tugas HR & Finance.

Aplikasi Keuangan JojoExpense

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Memiliki Fitur yang Populer

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Untuk membuktikan kinerja aplikas kami silahkan klik Coba Gratis Sekarang