Beginilah Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Karyawan yang Benar

surat pengunduran diri karyawan

Semua orang yang bekerja pasti akan mengalami perpindahan tempat kerja sehingga harus membuat surat pengunduran diri karyawan untuk tempat bekerjanya. Untuk keluar atau berpindah dari suatu lembaga atau perusahaan tempat anda bekerja, penulisan surat pengunduran diri karyawan menjadi sesuatu hal yang penting. Dengan begitu untuk berhenti kerja seorang karyawan tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan secara profesional.

Bikin surat pengunduran diri karyawan juga tidak boleh asal membuat tanggal anda masuk kerja dan tanggal ingin keluar kerja saja, akan tetapi surat tersebut juga harus berisi ucapan terimakasih kepada bos atau rekan kerja yang telah membantu pekerjaan anda selama bekerja dan juga tujuan anda ingin mengundurkan diri di lembaga atau perusahaan tersebut.

Mengapa Membuat Surat Pengunduran Diri itu Penting?

Sebagai seorang karyawan mungkin dahulu diterima di suatu lembaga atau perusahaan secara baik – baik.Dengan begitu karyawan juga harus keluar dari pekerjaannya secara baik dan sopan.Membuatsurat pengunduran diri karyawan merupakan salah satu cara untuk mengundurkan diri secara baik dan sopan di suatu perusahaan. Dengan surat tersebut akan membuat anda lebih terhormat dan tidak dicap oleh lembaga atau perusahaan bahwa anda tidak memerlukan pekerjaan lagi. Sebelum membuat surat tersebut yang pertama kali dilakukan adalah menentukan tujuan anda keluar dari perusahaan tersebut.

surat pengunduran diri karyawan

Biasanya seorang karyawan memilih untuk berhenti pekerja karena beberapa hal seperti ingin melanjutkan sekolah, ingin membangun usahanya sendiri, mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan latar pendidikannya, mencari pengalaman di perusahaan yang lain, serta bagi wanita yang sudah menikah biasanya ingin fokus mengurus anak atau keluarganya.

Alasan – alasan seorang karyawan berhenti bekerja tentu saja harus dicantumkan dalam surat tersebut. Namun untuk  alasan yang berupa masalah pribadi, seperti sering tidak sependapat dengan teman kerja, ingin keluar karena bosnya galak, ingin keluar karena gajinya sedikit, hal tersebut tidak perlu ditulis secara gamblang, hanya alasan – alasan yang logis dan sopan saja yang ditulis di dalam surat ini.

Selain itu menggunakan bahasa yang baik juga perlu dilakukan agar tidak meninggalkan kesan yang kurang baik pada lembaga atau perusahaan terhadap anda. Dengan begitu surat pengunduran diri menjadi sangat penting bagi karyawan yang menginginkan untuk berhenti bekerja. Surat pengunduran diri tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia saja, tetapi ada beberapa perusahaan yang mungkin menginginkan surat pengunduran diri dengan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Apasih Manfaat Surat Pengunduran Diri?

Surat pengunduran diri dibuat oleh seseorang bukan tanpa manfaat. Selain untuk membuat pimpinan perusahaan ataupun atasan menjadi tidak tersinggung dengan keputusan anda, surat ini juga memiliki manfaat yang lain seperti:

  1. Membuat anda yang akan berhenti bekerja terlihat profesional. Dengan begitu agar anda tetap terlihat profesional jangan keluar dari suatu lembaga atau perusahaan secara diam – diam atau bahkan dengan menghilang begitu saja tanpa kabar. Dengan begitu membuat surat pengunduran diri karyawan akan membuat anda lebih profesional dalam bekerja. Terlebih lagi jika anda akan bekerja di perusahaan anda yang baru dan sebelum bekerja anda sudah membuat surat pengunduran diri di perusahaan lama, itu akan memberikan nilai plus bagi anda karena memiliki tanggung jawab yang bagus dan profesional dalam bekerja.
  2. Dengan membuatsurat pengunduran diri karyawan, perusahaan bisa mengetahui kapan anda ingin mengundurkan diri dan bisa mencari karyawan yang baru. Tentu ini menjadi sangat penting bagi perusahaan. Hal tersebut perlu dilakukan oleh perusahaan karena untuk menghindari kekosongan karyawan yang ada. Kekosongan karyawan pada suatu perusahaan dapat memberikan dampak yang cukup buruk bagi perusahaan. Misalnya saja pada pabrik, jika terjadi kekosongan karyawan maka produktivitas pabrik bisa jadi akan menurun. Hal tersebut tentu akan merugikan perusahaan. Dengan begitu surat pengunduran diri perlu dimasukkan ke lembaga atau perusahaan jauh – jauh hari sebelum anda keluar dari perusahaan tersebut. Setidaknya anda sudah memberikan surat pengunduran diri satu hingga dua bulan sebelum keluar. Dengan begitu sebelum anda keluar perusahaan akan mencari kandidat untuk menggantikan posisi anda. Sehingga tidak akan ada kekosongan karyawan yang menyebabkan produktivitas perusahaan menjadi menurun.

Bagian – bagian Surat Pengunduran Diri

surat pengunduran diri karyawan

Begitu pentingnya membuatsurat pengunduran diri karyawan, membuat seseorang harus melihat apa saja yang harus ada di dalam surat tersebut. yang pertama harus ada did dalam surat ini adalah tanggal dibuatnya surat. Selain itu tidak kalah pentingnya adalah ditujukan kepada siapakah surat tersebut. Surat pengunduran diri bisa ditujukan kepada pemilik perusahaan, atasan, atau yang lainnya sesuai dengan peraturan di perusahaan tersebut.

Setelah itu anda juga perlu mencantumkan nama, alamat, serta jabatan anda saat bekerja di lembaga atau perusahaan anda. Selanjutnya surat pengunduran diri juga dibuat dengan mencantumkan kalimat terimakasih kepada atasa, pimpinan perusahaan, atau yang lainnya yang mungkin telah banyak membantu anda selama anda bekerja. Selain itu mungkin bisa saja cantumkan pesan kesan ketika bekerja di perusahaan tersebut.Surat pengunduran diri juga harus berisi alasan anda mengundurkan diri.Namun jangan sampai alasan yang disampaikan malah menyinggung pimpinan atau atasan anda.

Alasan – alasan yang logis merupakan hal yang perlu di sampaikan dalam membuat surat. Apabila anda berhenti bekerja karena merasa memiliki gaji yang kurang, maka hal tersebut tidak perlu dituliskan. Selain itu mungkin ada masalah – masalah pribadi ditempat kerja juga tidak perlu ditulisakan di dalam surat tersebut. Banyak hal yang bisa digunakan sebagai alasan mengapa anda ingin mengundurkan diri, alasan tersebut tentu yang membuat anda terlihat sopan dan tidak menyingguang siapapun.

surat pengunduran diri karyawan

Buat kalimat yang sopan agar anda tidak di cap sebagai orang yang tidak membutuhkan pekerjaan, memilih – milih pekerjaan, atau yang lainnya. dengan kalimat yang sopan akan membuat kesan baik juga perusahaan terhadap anda. Membuatsurat pengunduran diri karyawan juga perlu dicantumkan tanggal mulai anda berhenti bekerja. Dengan begitu perusahaan anda akan mencari karyawan baru untuk menggantikan posisi anda dan nantinya akan masuk saat anda keluar.

Harapannya adalah tidak akan terjadi kekosongan karyawan yang membuat produktivitas perusahaan menurun dan merugikan perusahaan. Begitu penting surat pengunduran diri ini dibuat karena sangat berdampak pada banyak hal. Menulis harapan – harapan untuk perusahaan atau mendoakan kemajuan perusahaan juga bisa membuat surat menjadi lebih sopan.

Dengan hal tersebut anda akan terlihat semakin profesional dalam bekerja. Saat anda sudah berhenti bekerja, bukan berarti anda harus menghindari perusahaan tersebut. Mungkin akan lebih baik jika silaturahmi anda dengan perusahaan tetap tejaga. Saat memiliki waktu luang anda bisa datang ke perusahaan hanya sekedar bersilaturahmi dengan kawan – kawan lama.Hal tersebut bisa dilakukan agar tidak memberi kesan negatif.