Syarat Sah Perjanjian Yang Harus Anda Ketahui

Salah satu hal paling urgen yang harus diketahui oleh para pebisnis adalah syarat sah perjanjian. Dalam dunia bisnis jika telah sepakat akan dilakukan sebuah kerjasama maka kedua belah pihak harus menanda tangani surat perjanjian. Hal ini untuk mengikat kedua belah pihak agar melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan benar.

Istilah hitam diatas putih untuk sebuah kerjasama mungkin akan sangat pas. Untuk memastikan kerjasama berjalan dengan lancar maka akan dibuat surat perjanjian dengan kesepakatan kedua belah pihak harus mematuhinya. Surat perjanjian haruslah berdasarkan kepada peraturan yang berlaku di Indonesia.

Lalu apa saja sebenarnya syarat sah perjanjian ini?. simak saja pembahasan lengkap yang akan kami berikan ini. mengenai apa-apa saja sebenarnya yang akan menentukan sebuah perjanjian bisa disebut dengan sah. Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi agar perjanjian menjadi sah dan bisa dipertanggung jawabkan.

Syarat Sah Perjanjian Berdasarkan Kecakapan

Dalam pembuatan sebuah surat perjanjian maka orang yang bertanggung jawab haruslah memiliki kecakapan. syarat sah perjanjian yang dimaksud dengan kecakapan sesuai dengan pasal 1330 KUHPerdata. Peraturan kitab undang-undang perdata sudah menentukan kriteria apa saja yang termasuk kecakapan bagi para pembuat perjanjian.

Hal ini sangat menjelaskan bahwa tidak seluruh orang bisa membuat sebuah surat perjanjian. Tujuannya diberlakukan peraturan ini juga adalah untuk menghindari kerugian yang akan diderita oleh kedua belah pihak ketika membuat sebuah perjanjian. Sifat surat perjanjian yang mengikatlah alasan utama dibuatnya peraturan tersebut.

Kecakapan Berdasarkan Status

Status disini adalah orang-orang yang akan terlibat. Orang yang akan membuat surat perjanjian tidak boleh berada di bawah pengampunan. Artinya individu tersebut haruslah normal dari segi psikologi dan hukum. Orang-orang di bawah pengampunan seperti kurang akal atau gila. Tidak diperbolehkan untuk membuat kesepakatan seperti ini.

Lalu orang dengan keadaan yang boros juga akan otomatis termasuk kedalam status di bawa pengampunan. Jadi perhatikan kondisi psikolog dan finansial dari rekan kerjasama. Agar nantinya anda bisa mematuhi syarat sah perjanjian. Jika terindikasi pembuat kesepakatan termasuk kedalamnya maka perjanjian bisa dibatalkan oleh pihak Negara dan tidak akan terjadi kerjasama.

Umur Sebagai Kecakapan

syarat sah perjanjian

Nilai kecakapan sebagai syarat sah perjanjian selanjutnya adalah umur. Hanya orang dewasalah yang diperbolehkan untuk melakukan sebuah perjanjian. Tentu orang dewasa akan mengerti setiap konsekuensi didalam surat perjanjian. Ukuran dewasa disini adalah telah berumur paling sedikit 21 tahun.

Adapun pilihan lainnya ia telah menikah sebelum menyentuh umur 21. Sehingga dalam hal ini orang tersebut diperbolehkan untuk membuat sebuah perjanjian berdasarkan keadaannya tersebut. Tapi akan lebih relevan apabila orang yang akan melakukan perjanjian telah resmi memasuki 21 tahun.

Menjalin Kesepakatan Sebagai Syarat Sah Perjanjian

Dalam pembuatan sebuah perjanjian tentu harus ada benefit yang bisa diterima oleh kedua belah pihak. timbal balik adalah hal inti dari kesepakatan. Mungkin terkadang penyampaian kesepakatan ini tidak hanya melalui bahasa yang sempurna saja. tapi ada juga dimana saatnya orang-orang yang terlibat akan menggunakan bahasa isyarat.

Hal ini tidak akan bermasalah dalam syarat sah perjanjian. Asalkan kedua belah pihak mendapatkan keuntungan yang sama. Jadi inti dari sebuah perjanjian adalah hubungan yang saling menguntungkan. Tidak boleh terjadi penanda tanganan berkas perjanjian. Jika satu pihak dirugikan sedangkan yang lainnya diuntungkan.

Maka hal ini sudah sangat menyalahi peraturan yang telah berlaku di Indonesia. Bisa-bisa pihak yang melakukan kesepakatan secara sepihak seperti ini akan dikenakan hukuman secara perdata. Seperti beberapa kasus yang telah terjadi di Indonesia belakangan ini.

Causa Halal

Causa sendiri berarti tujuan dari pembuatan perjanjian tersebut. Sangat ditekankan bahwa pembuat perjanjian harus mengerti tentang causa ini. mereka dilarang untuk membuat tujuan perjanjian yang dapat merugikan. Contohnya saja jika terjadi kesepakatan terkait sebuah barang, maka barang yang akan diberikan tersebut haruslah halal. Artian tidak menggunakan barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan.

Causa sendiri menjadi point paling penting dalam syarat sah perjanjian. Lebih dalam causa sebagai sebuah point yang menentukan kekuatan perjanjian. Jika barang atau tujuan yang telah disepakati itu tidak halal. Maka bisa terjadi pembatalan bahkan sampai penangkapan terhadap si pembuat.

Perjanjian Dalam Sebuah Perusahan

Dunia bisnis tidak akan pernah terlepas dari sebuah perjanjian. Maka sangat wajar jika dalam perjalannya akan diperlukan sebuah surat perjanjian. Maka informasi terkait syarat sah sebuah perjanjian akan begitu urgen untuk diketahui oleh setiap pemegang bisnis.

Perjanjian yang mengikat dapat dengan mudah merubah posisi seorang pengusaha menjadi baik ataupun buruk. Setiap bait yang tercantum didalam perjanjian biasanya memiliki kekuatan hukumnya sendiri. Inilah yang kemudian harus sangat diwaspadai oleh penanda tangan kontrak perjanjian.

Secara luas surat perjanjian akan sangat beragam manfaatnya. Di zaman ini bahkan sudah hadir fasiltias penanda tanganan secara virtual. Jadi berkas yang akan di tanda tangani dikirim via elektronik. Lalu setelah dirasa setiap clausa didalamnya sesuai dengan syarat sah perjanjian. Maka sang penerima bisa melakukan penanda tanganan secara langsung.

Efisien dan tidak akan membuang waktu untuk  sekedar menanda tangani sebuah surat perjanjian. Tapi apabila surat perjanjian tersebut memang sangat penting. Biasanya perusahaan harus mengirim deligasinya untuk penanda tanganannya.

Semakin kuat dasar hukum yang dimiliki sebuah surat perjanjian. Maka sifatnya akan semakin mengikat dan memiliki penalty yang tidak main-main. Apabila pihak yang melakukan perjanjian tidak bisa menepati tanggung jawabnya maka beberapa sanksi bisa dikenakan.

JojoPayroll Hadirkan Gairah Bisnis Serta Efisiensi

Untuk menghindari hal itu anda sebagai pengusaha harus bisa memanfaatkan beberapa keuntungan yang dimiliki perangkat lunak besutan Jojonomic. Perangkat nomor satu yang bisa anda manfaatkan adalah JojoPayroll. Dengan software ini HR dan akuntan bisa lebih bersantai serta melakukan hal produktif lainnya. Seperti berfokus kepada tanggung jawab didalam surat perjanjian yang telah ditanda tangani.

JojoPayroll dengan kemudahan transfer yang cukup fenomenal. Yaitu transfer langsung ke lebih dari 150 akun bank seccara instan. Tanpa repot anda bisa menyelsaikan tugas yang merepotkan ini dalam satu kali perintah didalam perangkat lunak. Manfaatkan waktu dan biaya dalam perusahaan untuk kemajuan.

Otomatis dalam pembuatan laporan apakah mungkin?. Tentu saja hal ini bisa dilakukan ketika anda mempercayakan kebutuhan payroll kepada JojoPayroll. Laporan payroll bulanan yang sangat menguras tenaga serta waktu. Akan dipersingkat dan menjadi mudah sekali.

Slip gaji elektronik sebuah metode revolusioner yang memungkinkan perusahaan anda untuk menghemat jutaan rupiah berkat JojoPayroll. Tidak akan ada lagi biaya pengeluaran yang diperlukan untuk pencetakkan untuk sesuatu hal kecil seperti slip gaji.

Kenapa tidak langsung saja nikmati versi demo dari JojoPayroll sekarang juga. Agar anda bisa merasakan keuntungan yang telah dijabarkan diatas tadi. Melalui sistus resminya yaitu JojoPayroll.