Manfaat Talent Mapping Dalam Mengembangkan Potensi Karyawan

talent mapping

Talent mapping bisa diartikan juga dengan istilah pemetaan bakat. Hal ini cukup penting untuk dilakukan terutama di lingkup perusahaan. Dengan adanya hal ini maka seseorang bisa semakin mengenali dirinya. Pengenalan seseorang terhadap dirinya tentu saja penting. Sebab bagaimanapun juga seseorang harus mengenali dirinya agar bisa memahami apa yang disukainya dan apa potensi dirinya.

Tanpa mengenali diri maka Anda akan mengalami kesulitan dalam menemukan bakat atau potensi diri. Akhirnya bakat atau potensi tersebut tidak dapat dikembangkan sehingga Anda tidak dapat berkarya dan berkreasi secara optimal. Hal ini bisa merugikan Anda karena Anda bisa saja bekerja di bidang yang salah. Bekerja di bidang yang kurang tepat dan tidak disukai tentu akan berpengaruh pada kinerja Anda. Kinerja tidak akan bisa dilakukan secara maksimal karena Anda tidak memiliki minat secara khusus pada bidang pekerjaan Anda. Pada kenyataannya banyak dijumpai sekumpulan orang yang ternyata bekerja secara tidak nyaman. Hal ini terjadi salah satunya adalah karena pekerjaannya tersebut tidak sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Bekerja secara tidak nyaman pada akhirnya dapat membuat karyawan menjadi stres dan tertekan dengan segala macam pekerjaannya. Kinerja karyawan akhirnya menjadi lebih rendah dan hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi sebuah perusahaan. Tentu kinerja karyawan yang cenderung rendah akan membuat perusahaan tidak dapat berkembang dengan baik. Perusahaan tidak bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal karena adanya hasil kerja yang kurang baik.

Tujuan Talent Mapping

Serangkaian tes yang dilakukan untuk pemetaan bakat ini umumnya dilakukan dengan tujuan utama untuk mengetahui bakat yang terpendam di dalam diri seseorang. Memang rupanya hal ini masih dirasa asing bagi sebagian orang karena mungkin tidak semua orang pernah mengalaminya. Tidak semua orang pernah menjalani tes yang berkaitan dengan bakat dan minatnya ataupun berkaitan dengan potensinya. Di perusahaan juga belum tentu semua orang pernah menjalani tes yang berkaitan dengan bakat dan minat yang mungkin masih terpendam. Jadi bisa saja seseorang hingga dewasa masih tetap saja belum tahu benar mengenai bakat dan potensinya.

Dengan adanya talent mapping maka diharapkan agar Anda bisa mengetahui potensi Anda sehingga Anda bisa bekerja sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda yang sebenarnya. Hal ini sebenarnya sangat penting bagi sebuah perusahaan karena karyawan yang bekerja di suatu perusahaan tentu dapat bekerja dengan lebih baik lagi jika ia merasa sesuai dengan bidang pekerjaannya tersebut.

Manfaat Talent Mapping

Melalui pelaksanaan talent mapping, maka ada beberapa manfaat penting yang bisa diperoleh. Beberapa manfaat tersebut meliputi hal-hal berikut ini:

1. Menemukan bakat terpendam

Dengan adanya talent mapping atau pemetaan bakat maka Anda bisa menemukan bakat Anda. Mungkin saja selama ini Anda masih belum memahami diri Anda sebenarnya. Termasuk pula bakat dan keahlian yang ada dalam diri Anda. Oleh karena itu sebisa mungkin bakat ini haruslah ditemukan sesegera mungkin terutama bila Anda telah memasuki usia produktif. Di usia produktif tentunya Anda bisa mulai bekerja untuk berbagai tujuan. Tentunya bekerja bila sesuai dengan bakat dan kemampuan akan terasa lebih menyenangkan dan membuat diri merasa nyaman saat bekerja.

2. Mengembangkan bakat

Setelah mengetahui bakat dan keahlian yang Anda miliki maka kini saatnya bagi Anda untuk mengembangkan bakat tersebut. Pengembangan bakat bisa dilakukan melalui berbagai macam hal misalnya dengan bekerja. Sebaiknya Anda bekerja sesuai dengan bakat dan minat Anda sehingga kinerja Anda bisa semakin maksimal. Dengan bekerja sesuai bidangnya maka Anda bisa mengembangkan bakat Anda. Pengembangan bakat cukup penting untuk dilakukan agar Anda bisa terus berkarya dengan segala kreasi dan inovasi yang menguntungkan bagi perusahaan.

3. Memahami kepribadian

Pemetaan bakat menjadi suatu hal yang bisa dilakukan oleh Anda dalam rangka memahami kepribadian Anda. Kepribadian masing-masing orang antara yang satu dengan yang lain sudah tentu berbeda. Demikian pula setiap karyawan pada sebuah perusahaan sudah tentu memiliki kepribadian yang juga masing-masing berbeda. Berbagai kepribadian yang baik sebaiknya selalu dikembangkan. Sedangkan kepribadian yang kurang baik sebisa mungkin diupayakan agar bisa semakin berkurang. Dengan demikian maka jalinan kerja sama antara karyawan yang satu dengan yang lain bisa berjalan dengan baik.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Adanya pengetahuan tentang bakat dan potensi dalam diri seseorang tentu bisa membuat orang menjadi tampil dengan lebih percaya diri. Rasa percaya diri ini mungkin timbul dalam diri Anda karena adanya rasa yakin atas kemampuan dan keahlian diri Anda yang mungkin saja tidak dimiliki oleh orang lain. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bakat dan kemampuan Anda secara pribadi.

5. Mengatasi kelemahan

Berbagai kelemahan yang Anda miliki sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Kelemahan ini bisa ditutup dengan adanya bakat Anda. Oleh karena itu Anda perlu tahu benar tentang potensi diri Anda sehingga Anda bisa mengembangkannya dengan lebih baik lagi.

Cara Talent Mapping

Untuk dapat mewujudkan talent mapping, maka ada beberapa cara yang dapat digunakan oleh perusahaan. Secara umum berikut ini beberapa cara untuk melaksanakan hal tersebut.

1. Interpretasi kekuatan

Talent mapping bisa dilakukan melalui berbagai macam cara. Salah satunya adalah melalui interpretasi kekuatan. Hal ini umumnya dilakukan agar melalui interpretasi ini maka Anda bisa menampilkan suatu hasil kerja yang dilakukan sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda. Hasil kerja Anda tentu akan membanggakan bagi perusahaan. Kinerja Anda juga akan menjadi lebih optimal sehingga hasil kerja Anda bisa lebih dinikmati dan lebih berguna terutama bagi perusahaan.

2. Mencari kompetensi diri

Anda mungkin bisa mencari bakat dan potensi Anda secara mandiri. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencari kompetensi diri Anda. Misalnya dengan menjalani tes seperti misalnya tes ST-30. Tes ini memang diperuntukkan bagi Anda yang ingin mengetahui potensi dan bakat. Selain itu Anda bisa mencari tahu bidang pekerjaan yang lebih disuka. Bidang pekerjaan yang disuka secara tidak langsung menunjukkan letak minat dan bakat Anda.

Talent mapping memang terbukti cukup penting dalam mempetakan kekuatan karyawan perusahaan. Sama halnya dengan menggunakan produk yang tepat untuk mengukur kompetensi dan peningkatan karir karyawan. Misalnya melalui penggunaan JojoTimes. Dengan produk ini maka perusahaan dapat membantu melihat peningkatan potensi karyawan, termasuk mengaturnya. Demikian pula dapat melihat absensi karyawan secara nyata dan melihat performa karyawan dengan tepat.

Semua hal ini dapat diraih berkat aneka macam fitur menarik pada JojoTimes. Sebut saja fitur Project Activities Reporting, Productivity Daily Reporting, Productivity Daily Reporting Offline Mode, Attendance Adjustment, dan masih banyak lagi fitur yang lain. Oleh karena itu segera coba gratis JojoTimes para perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan berbagai manfaat tersebut di atas dan beralihlah segera pada sistem yang jauh lebih efektif dan efisien tersebut.