Cara Jitu Manfaatkan Talent Pool untuk Perusahaan

Agar suatu perusahaan dapat bekerja dengan baik, maka perlu memiliki pekerja yang berkompeten. Untuk melakukan penyaringan tersebut, tidak akan mudah. Hal ini disebabkan karena banyaknya kandidat dengan kemampuan yang hampir sama. Jika salah memilih, akan menyebabkan performa perusahaan menjadi kurang maksimal. Sehingga, perlu adanya talent pool.

Pengertian Talent Pool

Talent pool  sendiri merupakan sekumpulan kandidat dipisah-pisahkan atau dikelompokkan oleh perusahaan sebagai kelompok berkualitas dibandingkan lainnya.Mudahnya, istilah ini merujuk pada suatu kelompok individu yang pas sesuai dengan standar perusahaan yang ditetapkan.

talent poolDari LPKM Psikologi UGM mengemukakan jika talent pool tersebut juga bisa diartikan sebagai kelompok orang yang dinilai berkualitas dan bertalenta sehingga mampu menunjukkan kinerja yang unggul. Karena hal tersebut, kelompok tersebut menjadi panutan untuk karyawan yang lain agar bisa berperilaku yang sesuai dengan nilai yang dianut perusahaan. Dengan begitu, orang yang berpotensi tersebut bisa mendukung kinerja yang diharapkan oleh perusahaan.

Oops! We could not locate your form.

Manfaat Talent Pool untuk Perusahaan

Pengadaan talent pool ini dimaksudkan untuk membantu dalam mewujudkan serta menciptakan keunggulan organisasi/perusahaan lewat upaya proaktif dengan menggunakan SDM yang berkualitas. Dengan adanya SDM tersebut, diharapkan dapat membantu membangun perusahaan dalam jangka panjang.

talent poolPenempatan bibit unggul atau yang dinilai sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan, juga bisa membantu perusahaan untuk mengurangi  biaya perekrutan dan waktu. Perusahaan tidak perlu mencari atau menggunakan waktu yang lama untuk berulang kali menyebarkan lowongan agar dapat memperoleh tenaga kerja yang diinginkan.

Cara Jitu Bangun Talent Pool

Dalam pengaplikasiannya, untuk mengadakan suatu talent pool, maka Anda harus melakukan 2 cara berikut ini:

1.      Menggunakan Tool

Tool yang dimaksud bisa berupa website, media sosia ataupun dengan rekomendasi dari pihak tertentu. Apalagi, di era modern yang memungkinkan Anda untuk bisa menggunakan banyak tool, akan mempermudah Anda untuk menyebarkan informasi seperti lowongan pekerjaan.

2.      Referensi

Penggunaan referensi akan membantu Anda untuk menyeleksi pelamar yang masuk. Ada banyak cara untuk mencari referensi. Beberapa diantaranya adalah dari teman atau karyawan lainnya yang mengetahui atau kenal dengan kandidat tersebut, media sosial dan juga dari surat lamaran yang dikirimkan.

Agar lamaran tersebut sesuai dengan kriteria perusahaan, maka Anda harus mempersempit talent pool. Cara yang disebut dengan narrow down talent pool ini, memiliki proses sebagai berikut ini:

3.      Sertakan Job Deskripsi yang Jelas

Saat Anda mencari kandidat yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan dari perusahaan, maka Anda harus menuliskan deskripsi seperti apa pekerjaannya. Saat menuliskan deskripsinya, Anda harus menuliskannya secara singkat dan jelas sehingga orang yang melihat lamaran pekerjaan tersebut memiliki bayangan atau cocok dengan yang dibutuhkan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jangan lupa untuk menuliskan kriteria apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Misalnya dari pengalaman, ketrampilan, pendidikan ataupun kondisi fisik dengan minimal tinggi badan berapa. Dengan adanya kriteria tersebut, secara tidak langsung, Anda sudah akan mengeliminasi kandidat yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

4.      Menggunakan Software Perekrutan

Maksud dari software perekrutan ini adalah pre-assessment question yang berisi pertanyaan awal yang harus dijawab oleh calon karyawan tersebut. Pertanyaan tersebut bisa Anda sematkan pada website perusahaan atau website khusus yang dibuat untuk perekrutan. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan pertanyaan tersebut dengan menggunakan lembar pertanyaan.

Selain menggunakan pertanyaan, Anda juga bisa menggunakan cover letter. Dari situ, Anda bisa menilai tidak hanya mengenai kemampuan namun juga dari pribadi dari orang tersebut. Cara ini akan membantu Anda untuk menyeleksi kandidat mana yang yang cocok dengan perusahaan.

5.      Seleksi Lewat Telepon

Umumnya, ketika tahap sebelumnya sudah selesai dan kandidat tersebut cocok, ia akan dipanggil oleh perusahaan untuk interview lebih lanjut. Namun, jika Anda memiliki tahapan interview yang singkat, ada baiknya jika Anda menggunakan telepon atau video call.

Cara interview dengan menggunakan telepon ini, selain akan menghemat waktu Anda juga akan menghemat waktu untuk kandidat, terutama yang memiliki rumah jauh. Jika ada kandidat yang bersemangat dan sangat cocok untuk posisi di perusahaan Anda, Anda bisa mengundangnya untuk interview lanjutan.

6.      Lakukan Test Secara Langsung

Ada beberapa jenis test yang akan bisa dilihat hasilnya apakah sesuai atau tidak untuk perusahaan, misalnya programmer. Karena hal tersebut, berikan waktu beberapa saat untuk tahu kemampuannya.

talent poolApalagi terdapat kandidat yang tidak bisa mengekspresikan atau mengatakan hal yang sebenarnya ia ketahui sehingga perlu media lain, misalnya dengan menulis.

7.      Tanyakan Gaji

Jangan lupa untuk menanyakan gaji yang diharapkan oleh kandidat tersebut. Gaji akan sangat berpengaruh pada keputusan apakah akan diterima atau tidak. Hal itu disebabkan karena perusahaan sudah mematok gaji yang sudah dipersiapkan untuk posisi tersebut.

Jika kandidat tersebut masuk dalam talent pool dan lolos sesuai dengan kriteria perusahaan, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus memasukkan datanya ke database. Hal ini dimaksudkan agar nantinya ketika butuh informasi dan waktunya penggajian, Anda tidak bingung untuk mengaturnya.

Atur Keuangan Kantor dengan JojoPayroll

Pengaturan seperti pengiriman gaji per bulan di tanggal yang ditentukan, akan sangat rumit jika hanya dikerjakan sedikit orang apalagi jika perusahaan sedang dalam kondisi yang hectic. Karena hal tersebut, Anda perlu aplikasi yang bisa membantu Anda untuk mengirimkan gaji atau melakukan payroll. Caranya yaitu dengan menggunakan JojoPayroll.

Aplikasi akan membantu Anda mengelola penggajian dimana saja dan kapan saja. Jadi, ketika waktunya harus gajian dan Anda sakit sehingga tidak memungkinkan untuk datang ke kantor dan menyelesaikan hal tersebut, Anda tinggal menggunakan JojoPayroll.

Dengan JojoPayroll, Anda bisa:

·         Menghitung pajak dan BPJS secara otomatis

Jadi, saat waktu tiba untuk pembayaran iuran dan waktu lapor wajib pajak, Anda tidak akan bingung karena perhitungan sudah terhitung secara otomatis oleh sistem JojoPayroll.

·         Perhitungan Payroll Akurat

Dengan sistem JojoPayroll Anda juga akan bisa melakukan pengiriman atau transfer gaji sesuai dengan gaji karyawan tersebut secara akurat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika gaji yang ditransfer tersebut salah ke rekening pekerja yang lainnya.

·         Payroll yang berbasis Cloud

Di zaman yang modern ini, JojoPayroll sudah melengkapi penyimpanan database dengan basis cloud. Sehingga dimanapun Anda berada, Anda bisa mengaksesnya dimanapun dan kapanpun.

Selain itu, JojoPayroll juga sudah dilengkapi dengan fitur seperti berikut:

  • Kemudahan untuk transfer antar bank secara real time ke lebih dari 150 akun bank yang ada di Indonesia.
  • Bisa mencetak slip gaji secara otomatis.
  • Laporan kehadiran otomatis sehingga akan terlihat laporan seperti lembur, cuti ataupun workshift.

Jadi dengan JojoPayroll, tinggalkan cara penghitungan gaji secara konvensional, dan ucapkan selamat datang pada kemudahan. Untuk mencoba JojoPayroll, Anda bisa kunjungi https://jojonomic.com/produk/jojopayroll-penggajian-online/ dan rasakan kemudahannya.