Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility)

employee

Salah satu cara perusahaan dalam membangun reputasi serta image baik bisa dilakukan melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate social responsibility.

Umumnya kita berfikir atau berasumsi fokus sebuah perusahaan adalah mendapatkan keunntungan yang sebesar-besarnya. Sebenarnya memang benar memperoleh keuntungan semaksimal mungkin dengan menggunakan sumber daya seefisien mungkin, memang menjadi prioritas utama sebuah perusahaan.

Tetapi tidak hanya keuntungan yang menjadi prioritas utama perusahaaan, eksistensi, dan reputasi yang baik juga menjadi hal penting yang diinginkan oleh semua perusahaan. 

Oops! We could not locate your form.

Perusahaan bertanggung jawab kepada seluruh pihak yang berkempentingan seperti pemerintah, karyawan, konsumen, dan pemegang saham. Tidak hanya pertanggung jawaban dalam bentuk finansial, tetapi ekonomi, sosial, dan lingkungan secara keseluruhan.

Arti Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Secara teori dalam melakukan bisnis, perusahaan tidak hanya mementingkan keuntungan dan pemegang saham semata. Tetapi juga kewajibannya dalam beroperasi, dimana dapat memberikan manfaat secara luas, baik dari segi sosial, ekonomi, ataupun lingkungan.

Organisasi standarisasi internasional (ISO) menekankan pentingnya kemampuan perusahaan dalam menjaga keseimbangan antara performa perusahaan perusahaan dan mengatasi isu sosial dan lingkungan yang muncul akibat operasi perusahaan yang sedang berjalan.

Tanggung jawab sosial perusahaan merupakan penetapan kebijakan dalam mempromosikan keseimbangan antara keuntungan perusahaan dan keuntungan yang diperoleh masyarakat secara keseluruhan. Sekarang ini semakin banyak perusahaan dan investor yang memiliki komitmen untuk memperhatikan dampak sosial yang mungkin ditimbulkan sebelum melakukan kegiatan operasi ataupun berinvestasi.

Dengan adanya perubahan psikologis pada pelaku ekonomi mau tidak mau perusahaan harus beradaptasi dengan fenomena yang sedang terjadi. Di era industrialisasi, dimana konsumen hanya mementingkan produk dengan harga murah, sekarang konsumen sudah memikirkan apa dampak produk yang mereka beli terhadap lingkungan.

Contoh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 

SDM

Siapa yang tidak kenal Starbucks perusahaan kedai kopi terbesar dari Amerika Serikat. Salah satu aksi yang dilakukan Starbucks sebagai bentuk tanggung jawab sosialnya adalah Ethical sourcing. Ethical sourcing yang dimaksud adalah bagaimana cara Starbucks mendapatkan bahan utama dalam bisnis yaitu kopi.

Perusahaan ini meluncurkan program-program yang mendukung kesejahteraan petani kopi seperti kondisi kerja yang manusiawi, kesejahteraan hidup para petani kopi, upah yang sesuai yang akan diverifikasi oleh tim yang telah ditunjuk oleh starbucks. Starbucks berkomitmen 100% supply kopi yang digunakan harus lah melalui ethical sourcing.

Apa yang diperoleh Starbucks melakukan semua hal diatas? Yang didapat adalah reputasi yang baik dan juga menjaga keberlangsungan bisnisnya. Saat ini semakin banyak perusahaan yang menyadari bahwa secara langsung atau tidak langsung dampak sosial dan lingkungan akan mempengaruhi bisnis mereka dalam jangka panjang.

Unsur Penting Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

rekon-bank

Sulit untuk mengukur berapa besar keuntungan yang perusahaan dapatkan dengan adanya corporate social responsibility. Yang pasti dengan melunasi tanggung jawabnya sosialnya perusahaan akan mendapatkan keuntungan, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung. Jenis keuntungan yang mungkin diperoleh perusahaan adalah sebagai berikut

Tripple Bottom Line

Bagi kamu yang belum tahu apa itu tripple bottom line jangan takut, sangat sederhana kok. Tripple bottom line memiliki tiga elemen penting People (manusia), Planet, dan Profit (keuntungan). Ketiganya memiliki peranan penting dalam dunia bisnis.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.
  • Manusia sebagai satu-satunya mahluk di bumi yang melakukan dan mengerti konsep berbisnis.
  • Planet selain sebagai tempat tinggal manusia sebagai pelaku ekonomi, juga memiliki peran dalam keberlanjutan ekonomi itu sendiri. Baik dalam cara memperoleh sumber daya yang dibutuhkan, juga menjaga agar sumber daya tersebut agar terus ada.
  • Terakhir adalah profit, nilai ekonomi yang dihasilkan oleh perusahaan yang didapat dari pengurangan biaya dari pendapatan yang telah diperoleh.

Ketiga aspek yang telah disebutkan diatas dapat dijadikan sebagai orientasi perusahaan dalam menjalankan dan menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Human Resource

Dengan adanya tanggung jawab sosial dari sebuah perusahaan dapat memberikan keuntungan dari segi pengelolaan sumber daya manusia. Program sosial yang dijalankan perusahaan berpengaruh besar terhadap kepuasan para pekerja tidak hanya secara finansial tetapi juga secara sosial. Program ini berdampak pada menurunya tingkat turnover atau pergantian karyawan. 

Manajemen Resiko

Dibutuhkan waktu bertahun-tahun dalam membangun reputasi baik perusahaan, tapi hanya dibutuhkan beberapa jam untuk merusaknya. Hal yang mungkin terjadi adalah adanya kecelakaan yang dampaknya merusak lingkungan. Contoh nyata yang bisa kamu ambil adalah bencana lumpur di Siduarjo. Perusahaan tidak menginginkan atensi negatif baik dari konsumen ataupun pemerintah sebagai pembuat kebijakan dan regulator.

Unique Branding

Program sosial yang dijalankan bisa menciptakan konsumen yang loyal terhadap perushaaan. Hal ini bisa didasari dari etika perusahaan dalam melakukan operasinya. Keuntungan secara sosial ini dapat dimanfaatkan oleh tim pemasaran perusahaan untuk membangun reputasi dan mencari konsumen baru.

Manajemen krisis

Tanggung Jawab Sosisla Perusahaan dapat digunakan dalam mengatasi krisis yang timbul. Krisis yang dimaksud adalah apabila terjadi pemboykotan terhadap produk atau timbul isu-isu lingkungan dan sosial, program sosial yang telah dijalankan bisa menjadi alasan dan cara agar krisis yang sedang terjadi tidak semakin membesar dan isu-isu yang beredar bisa dijawab berdasarkan kegiatan sosial yang sebelumnya telah dilakukan perusahaan.

Jenis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Setelah kamu mengetahui arti, contoh serta unsur-unsur yang ada dalam Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Sekarang kita akan membahas bersama- sama jenis tanggung jawabnya.

Tanggung Jawab Sosial Terhadap Konsumen

Tanggung Jawab terhadap konsumen bukan hanya sebatas menyediakan produk yang berkualitas saja. Pentingnya etika perusahaan terhadap konsumennya dalam melakukan pemasaran produknya haruslah menjadi tanggung jawab sosial perusahaan.

Hal-hal seperti false advertising  atau pemberian informasi yang berlebihan dan tidak sesuai dengan produk yang ditawarkan harus lah dihindari oleh perusahaan.

Tanggug Jawab Soial Terhadap Karyawan

Hal selanjutnya pelunasan tanggung jawab sosial terhadap karyawan yang dimiliki perusahaan tidak hanya sebatas membayarkan gaji. Tetapi juga perusahaan harus menyediakan tempat kerja yang aman dan manusiawi. Apabila pekerjaan yang dilakukan memiliki resiko tinggi maka sebagai bentuk tanggung jawabnya perushaan harus memberikan asuransi ataupun tunjangan yang setimpal dengan resiko yang dihadapi pekerjanya.

Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan

Lingkungan merupakan faktor penting tidak hanya bagi keberlanjutan bisnis perusahaan tetapi manusia secara umum. Perusahaan yang tidak memikirkan dampak sosial dan lingkungan dari operasinya, akan memperoleh reputasi buruk yang dapat menimbulkan masalah kedepannya.

Tanggung Jawab Sosial Terhadap Komunitas

Giving back to community adalah kalimat yang sering digunakan perusahaan dalam aktifitas sosialnya. Hal yang dapat dilakukan perusahaan adalah memberikan layanan kesehatan secara gratis, membuat program yang menginspirasi wanita, memberikan beasiswa, dan masih banyak lagi.

Dengan melakukan hal-hal diatas akan membangun asumsi dan pandangan masyarakat, bahwa perusahaan tersebut secara aktif peduli terhadap isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat.

Kritik terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Ada beberapa kritik dan kekhawatiran tentang program Tanggung Jawab Sosial yang dilakukan oleh perusahaan. Beberapa akan dijelaskan pada penjelasan berikut ini:

Motif

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan diwajibkan dan diatur oleh pemerintah yang berwenang. Oleh sebab itu kekhawatiran terhadap motif perusahaan dalam melaksanakan program-program sosialnya masih menjadi perdebatan, apakah perusahaan benar-benar peduli terhadap masalah dan isu sosial dan lingkungan yang terjadi.

Industri Kontroversial

Apakah program sosial yang dilakukan perusahaan yang bergerak dalam industri kontorversial mencerminkan motif perusahaan sebenarnya. Sebagai contoh sulit rasanya untuk percaya  secara penuh jika perusahaan yang memproduksi rokok mengkampanyekan tentang hidup yang lebih sehat.

Sifat dalam Berbisnis

Dalam berbisnis perusahaan berupaya semaksimal mungkin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Ditakutkan program sosial yang telah dijalankan bertujuan untuk mengeksploitasi dan mendoktrin konsumen dan komunitas terhadap nilai-nilai yang dianggap penting oleh perusahaan dan bukan sebaliknya.

Corporate Social Responsibility yang biasa disingkat CSR tersebut juga bisa diartikan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan. Saat ini memang semakin banyak perusahaan yang menggunakan sistem ini untuk berbagai macam tujuan. CSR sendiri sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh berbagai macam perusahaan besar sejak dulu. Jadi segala keuntungan yang diperoleh perusahaan seolah dikembalikan pada masyarakat dalam bentuk kegiatan sosial. Sebenarnya sebuah perusahaan memang tidak hanya berjalan dengan keinginan untuk mencapai target berupa keuntungan yang sebesar-besarnya saja. Tetapi perusahaan juga sebenarnya memiliki kewajiban dalam memberikan manfaat secara luas misalnya kepada masyarakat dan juga kepada negara. Maka tak heran bila sekarang ini semakin banyak perusahaan yang turut memiliki komitmen untuk lebih memperhatikankondisisosial di lingkungan sekitarnya.

Fungsi Adanya Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Peningkatan ekonomi masyarakat

Pada dasarnya CSR merupakan suatu bentuk tanggung jawab sosial yang dapat memberikan beberapa keuntungan. Adanya keuntungan ini rupanya bisa dirasakan pula oleh masyarakat sekitar. Jika ditelusuri secara lebih lanjut maka akan diketahui bahwa banyak perusahaan yang menjalankan aktivitas CSR dengan hasil yang baik untuk masyarakat. Bahkan salah satu keuntungan yang bisa dirasakan oleh masyarakat berhubungan dengan peningkatan ekonomi di dalamnya.

Oleh karena itu kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan sebenarnya dapat memberikan dampak yang bersifat positif pada lingkungan sekitar. Dampak positif yang termasuk peningkatan ekonomi masyarakat ini tentunya sangatlah disambut baik oleh masyarakat terutama masyarakat yang selalu mendukung eksistensi dari perusahaan tersebut.

Jalinan hubungan dengan lingkungan sosial

Sebuah perusahaan termasuk perusahaan besar sebenarnya tidak hanya berdiri untuk menjalankan aktivitas ekonominya saja. Perusahaan tidak hanya berjalan untuk mencapai keuntungan saja. Tetapi secara lebih jauh sebuah perusahaan juga memiliki kewajiban tersendiri baik terhadap negara atau pemerintah dan terhadap masyarakat.

Maka dengan adanya kegiatan CSR tentunya perusahaan dapat selalu menjalin hubungan dengan lingkungannya terutama dengan masyarakat. Sebab melalui kegiatan CSR inilah maka perusahaan dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Perusahaan juga dapat melakukan komunikasi secara langsung dengan masyarakat. Adanya aktivitas yang merupakan bentuk dari tanggung jawab sosial perusahaan ini merupakan salah satu cara bagi perusahaan untuk bisa terus menjalin ubungan dosial dengan lingkungan sosial di sekitarnya.

Perolehan keuntungan lain

Rupanya keuntungan yang bisa didapatkan oleh sebuah perusahaan dari aktivitas CSR tidakhanya satu atau dua saja. Tetapi ada berbagai macam keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan. Misalnya saja adanya dukungan lebih dari masyarakat pada perusahaan. Dukungan ini tentunya kan membuat perusahaan bsia terus berdiri dan bertahan atau terus eksis. Maka perusahaan bisa terus melanjutkan misinya demi mencapai visi atau tujuan yang telah ditetapkan sejak sebelumnya. Selain itu dukungan dari lingkungan sosial kepada perusahaan juga bisa berujung pada keuntungan yang lebih banyak yang bisa didapatakan oleh perusahaan.

Manfaat Adanya Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Melalui CSR

Mendapatkan izin untuk beroperasi

Beberapa manfaat bisa diperolah perusahaa yang bersedia melakukan CSR. Misalnya saja manfaat berupa adanya izin yang diberikan pada perusahaan tersebut untuk bisa terus beroperasi. Izin untuk terus beroperasi tentu jadi lebih mudah didapatkan karena kegiatan CSR cenderung menyenangkan bagi masyarakat. Maka masyarakat tentu akan terus mendukung kelangsungan perusahaan tersebut.

Sampai dengan sekarang ini CSR memang menjadi suatu hal yang paling efektif dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan berbagai bentuk dukungan dari masyarakat. Sebab tentu saja masyarakat akan menilai bahwa perusahaan tersebut peduli pada lingkungan sosial di sekitarnya. Apa yang tejadi antara perusahaan dengan lingkungan sosialnya ini sebenarnya bisa berlangsung dengan memuat adanya sikap saling menguntungkan baik bagi perusahaan maupun bagi masyarakat sekitar.

Melebarkan akses

Sebuah perusahaan yang telah berdiri tentu memiliki keinginan untuk melakukan pengembangan bagi perusahaannya. Salah satu pengembangan perusahaan yang dimaksud adalah ekspansi perusahaan. Ekspansi perusahaan bisa dilakukan jika memang perusahaan bisa memiliki banyak akses. Dalam hal ini sebenarnya akses yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah akses yang menuju ke berbagai pihak yang dapat menunjang perusahaan untuk melakukan ekspansi. Jadi dengan adanya aktivitas CSR maka perusahaan berharap agar dapat melakukan pelebaran akses ke menuju berbagai pihak yang dibutuhkan. Sebab sebuah perusahaan tentu saja membutuhkan eksistensi dari banyak pihak agar dapat terus berdiri dan menghasilkan.

Membangun hubungan

Melalui kegiatan Corporate Social Responsibility diharapkan pula agar perusahaan dapat membangun hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar. Jika dilihat secara lebih dalam maka perolehan izin berdirinya sebuah perusahaan pun memerlukan peran dari beberapa warga sekitar misalnya seperti peran dari tokoh masyarakat. Maka dari itu perusahaan haruslah dapat membina hubungan yang baik terutama dengan warga sekitar.

Hal baik yang bisa diberikan pada masyarakat tentu akan membuat perusahaan semakin disukai oleh warga. Tidak hanya masayarakat atau warga sekitar saja tetapi nantinya hubungan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan bisa menjadi lebih luas hingga ke masyarakat di daerah lainnya. Maka nama perusahaan akan terdengar dan terkesan baik di mana saja.

Mengembangkan produktivitas

Saat sebuah perusahaan menjalankan beberapa aksi sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan maka hal ini berarti perusahaan melibatkan peran para karyawan. Sebenarnya ada banyak hal yang bsia dilakukan oleh perusahaan dalam misi menjalankan CSR. Entah itu berupa pembagian sembako atau pembagian produk perusahaan atau bisa juga bentuk CSR ini lebih mengacu pada sebuah layanan yang dapat mengembangkan potesi masyarakat.

Untuk bisa melakukan berbagai kegiatan ini maka sudah tentu perusahaan memerlukan peran para karyawannya. Oleh karena itu adanya CSR dapat semakin meningkatkan produktivitas para karyawan. Artinya para karyawan bisa turut berkarya dengan segala kreasi dan inovasinya untuk melakukan tugasnya dalam hal mengambangkan CSR.

Mendapat penghargaan

Hal lainnya yang juga bisa diperoleh perusahaan setelah melakukan CSR adalah adanya penghargaan yang diterimanya. Sebenarnya CSR tidak selalu dilakukan oleh perusahaan untuk bsia mendapatkan reward atau penghargaan khusus baik dari pemerintah maupun dari masyarakat itu sendiri. namun hal besar yang dilakukan oleh perusahaan bisa saja berdampak positif untuk masyarakat. Hingga akhinya masyarakat sangat mengapresiasi apa yang telah diberikan oleh perusahaan. Jika hal ini sampai terjadi maka bisa saja perusahaan memperoleh penghargaan dari masyarakat. Bahkan bisa saja perusahaan memperoleh penghargaan dari pemerintah atas partisipasinya yang berhubungan dengan seluruh kegiatan positif untuk pengembangan masyarakat.

Pencapaian Tujuan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Tanggung jawab sosial perusahaan dalam mencapai seluruh tujuannya tentu juga melakukan berbagai macam aktivitas. Seluruh aktivitas yang dilakukan dalam hal ini diharapkan dapat menunjang perusahaan untuk mencapai target. Maka perusahaan dapat terus eksis dan mennjalankan aktivitas ekonominya seperti biasa. Selain itu perusahaan juga dapat menjalankan tanggung jawab sosialnya kepada lingkungan sekitar.

Bagaimana pendapat kalian setelah membaca artikel tentang tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility

Salah satu hal penting selain hal sosial adalah bagaimana kamu mengelola keuagan perusahaanmu. Eksistensi perusahaan juga menjadi hal yang sangat penting, salah satu usaha dalam menjaga eksistensi perusahaan adalah pengelolaan keuangan yang baik.

Dengan menggunakan JojoExpense kamu tidak perlu lagi repot mengelola keuangan perusahaan kamu. Kamu dapat mengontrol keuangan perusahaan dari mana saja, dilengkapi juga dengan data relevan yang digunakan dalam analisa keuangan secara mendalam. Tunggu apa lagi ayo coba sekarang!