Target Pasar Adalah: Manfaat, Strategi dan Cara Menentukan Target Pasar

finance

Target Pasar – Pengertian, Strategi dan Cara Menentukan Target Pasar – Jika kamu adalah seorang pembisnis, pasti kamu menginginkan bisnis yang kamu jalankan dapat berkembang pesat dan memberikan banyak keuntungan finansial, kan? Untuk mencapai hal tersebut, maka kamu perlu suatu strategi pemasaran yang tepat dan efektif, seperti misalnya menentukan target pasar.

Dalam menetapkan target pasar, perusahaan terlebih dulu harus melakukan segmentasi pasar dengan cara mengelompokkan konsumen (pembeli) ke dalam kelompok dengan ciri-ciri (sifat) yang hampir sama.

Penentuan target pasar ini sangat penting karena perusahaan tidak dapat melayani seluruh konsumen atau pembeli yang ada di pasar. Pembeli yang ada terlalu banyak dengan kebutuhan dan keinginan yang beragam atau bervariasi, sehingga perusahaan harus mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan dilayaninya sebagai target pasar. Berikut akan kita bahas lebih luas tentang target pasar.

Oops! We could not locate your form.

Pengertian Target Pasar

Business Event Pictures | Download Free Images on Unsplash

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang target pasar, kamu harus mengetahui terlebih dulu apa itu target pasar. Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Singkatnya, target pasar adalah kelompok yang akan dilayani sebagai konsumen. Target pasar biasanya mempunyai rentan umur, sifat dan karakter yang hampir sama.

Manfaat Target Pasar

A Guide To Sprint Planning Meeting - Free Template | by MeetNotes | Medium

Dengan menerapkan target pasar, perusahaan bisa mengembangkan posisi produk dan strategi marketing untuk setiap target pasar yang bersangkutan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari target pasar, yaitu:

  • Memudahkan dalam menyesuaikan produk dan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang dijalankan dengan target pasar.
  • Mengembangkan posisi produk dan strategi marketing mix (bauran pemasaran).
  • Dengan melakukan identifikasi bagian pasar yang bisa dilayani secara efektif, perusahaan dapat berada dalam posisi yang lebih baik.
  • Mengantisipasi adanya persaingan.
  • Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas secara efisien dan efektif.
  • Membidik peluang pasar yang lebih luas.
  • Menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas
  • Mengatur produk menjadi lebih baik.
  • Menemukan dan membandingkan kesempatan pasar.
  • Mengelompokkan budget yang dimiliki secara tepat.
  • Menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.
  • Perusahaan akan berada pada posisi yang lebih baik.

Faktor yang Harus Diperhatikan Dalam Menentukan Target Pasar

Best 100+ Business Images [HD] | Download Free Images & Stock Photos on  Unsplash

Dalam menentukan terget pasar, kamu harus memperhatikan beberapa faktor  sebelum menentukan segmen mana yang akan dituju. Apa saja faktor yang wajib kamu ketahui ini?

Ukuran Segmen

Perusahaan besar cenderung memilih segmen pasar yang juga besar begitupun sebaliknya, perusahaan kecil akan memilih segmen pasar yang lebih kecil.  Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat menyesuaikan target perusahaan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Pertumbuhan Segmen

Faktor pertumbuhan segmen juga merupakan salah satu faktor yang wajib diperhatikan dalam menentukan target pasar. Meskipun ukuran sebuah segmen saat ini relatif kecil, tetapi tidak menutup kemungkinan akan berkembang dimasa yang akan datang jika ada tanda-tanda perkembangan yang positif. Karena pada dasarnya segmen kecil adalah segmen pasar yang potensial. Seperti misalnya dahulu tingkat usia 60 tahun ke atas tidak menjadi fokus pasar bagi perusahaan. Tetapi saat ini banyak jasa dan produk yang ditawarkan untuk segmen ini (usia 50 tahun keatas).

Analisis Situasi

Lakukan analisis situasi secara teliti dan cermat sebelum menentukan target pasar. Analisis situasi tersebut berhubungan dengan konsumen, para pemasok, dan para distributor dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).

Sumber Daya Perusahaan

Sebelum menentukan target pasar, cobalah perhatikan sumber daya yang didapat perusahaan. Apabila sumber daya perusahaan didapat dari kerja sama dengan pihak luar, maka kamu harus berhati-hati. Hal ini karena keuntungan dan risiko ditanggung bersama.

Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Mencapai Segmen

Sebuah segmen harus disesuaikan dengan kegiatan pemasaran perusahaan, jika segmen yang dipilih ternyata tidak cocok maka sebaiknya tidak perlu untuk dilakukan. Oleh sebab itu, identifikasi mengenai segmen yang akan dituju wajib dilakukan dengan teliti. Banyak contoh segmen yang sempat diperkirakan memiliki potensi besar, namun ternyata tidak seperti yang diharapkan, sementara perusahaan sudah mengeluarkan biaya yang besar.

Kesesuaian Tujuan

Setelah segmen pasar ditentukan, sebaiknya perusahaan tetap fokus pada segmen tersebut. Sebisa mungkin perusahaan jangan beralih ke segmen pasar lain yang tidak direncanakan sebelumnya, karena risiko kerugiannya cukup besar.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pelaksanaan Target Pasar

Setelah proses segmentasi pasar dilakukan, langkah selanjutnya adalah pelaksanaan target pasar. Untuk melakukannya, diperlukan proses yang urut dan sistematis, yakni sebagai berikut:

  • Mengembangkan acuan pemasaran untuk menentukan segmen pasar yang telah ditarget.
  • Memilih segmen pasar serta target perusahaan.
  • Mengembangkan produk yang sesuai segmen pasar.
  • Mengembangkan profil segmen pasar yang akan dihasilkan.
  • Menambah kriteria segmen pasar apabila diperlukan.
  • Melakukan identifikasi segmentasi pasar yang sudah ada.

Rencana Target Pasar

Setelah menentukan segmentasi pasar, langkah berikutnya dalam proses pemasaran adalah penetapan target pasar. Penetapan target pasar adalah kegiatan menilai serta memilih satu atau lebih segmen yang akan diambil perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen pasar mana yang akan diambil, maka langkah pertama adalah menghitung dan menilai potensi laba dari tiap segmen yang telah ditentukan.

Dalam menentukan target pasar, perusahaan wajib menilai dengan hati-hati berbagai macam segmen untuk nantinya ditentukan berapa ukuran segmen serta segmen mana yang akan diambil oleh perusahaan. Pemilihan segmen yang terlalu sempit bisa berdampak pada kegagalan dalam mencapai volum penjualan serta laba yang diinginkan. Akan tetapi jika segmen yang dipilih terlalu luas, akan berdampak pada biaya yang akan melebihi kenaikan penjualan serta laba.

Tujuan penyusunan rencana pencapaian target pasar

Articles - Law Offices of Ronald I. Chorces

Ada beberapa tujuan penyusunan rencana pencapaian target pasar, yaitu:

Pencapaian target pasar yang dituju

Untuk mengetahui berapa jumlah pasar yang akan dipasok, termasuk berapa jalur distribusi, sampai tingkat mana jalur distribusi akan dipasok dan lain-lain.

Pencapaian kuantitas barang

Untuk mengetahui berapa jumlah produk yang akan di produksi dan akan dipasarkan.

Pencapaian kualitas barang

Untuk mengetahui ketentuan kualitas barang yang akan dijual. Misalkan bahan dasar yang digunakan asli, campuran atau imitasi. Demikian apakah komponen yang dirakit murni atau campuran

Pencapaian geografis

Untuk menentukan daerah atau wilayah pasar, misalnya wilayah desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, Negara, maupun luar negeri.

Starategi Target Pasar

Dalam menyusun rencana pencapaian target pasar, perusahaan harus menjalankan strategi yang tepat dalam rangka menghindari banyaknya persaingan. Dalam rangka pelaksanaan strategi target pasar, terdapat 3 (tiga) alternatif strategi target pasar yang dapat diterapkan perusahaan. Pilihan strategi target pasar perusahaan tersebut, di antaranya adalah:

Undifferentiated Marketing

Undifferentiated marketing merupakan suatu usaha perusahaan yang dilakukan dengan jalan meninjau pasar secara keseluruhan dan memusatkan pada kemasan-kemasan barang dalam rangka memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Penggunaan strategi target pasar dengan undifferentiated marketing ini didasarkan pada adanya penghematan ongkos-ongkos, baik dalam bidang pemasaran maupun ongkos-ongkos perusahaan pada umumnya.

Differentiated Marketing

Differentiated marketing adalah suatu usaha yang dilakukan perusahaan dalam rangka mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli tertentu dengan membagi pasar dalam dua kelompok atau lebih. Untuk hal ini, perusahaan harus membuat produk yang berbeda-beda untuk masing-masing segmen pasar yang ada. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah penjualan barang dan jasa, serta untuk mendapat kedudukan yang kuat di setiap segmen pasarnya.

Concentrated Marketing

Concentrated marketing adalah suatu usaha perusahaan yang dilakukan untuk memusatkan pemasaran produk-produknya pada satu atau beberapa kelompok pembeli yang dianggap potensial saja. Tujuan strategi target pasar concentrated marketing adalah agar mampu memusatkan pemasaran pada segmen pasar yang dilayaninya saja. Dengan begitu, perusahaan bisa memperoleh penghematan dalam operasi pemasaran, karena adanya spesialisasi dalam hal produk, promosi, harga, dan distribusi.

Pentingnya Menentukan Target Pasar

Setiap pebisnis tentu ingin bisnis yang dijalankannya berkembang pesat. Untuk mencapai hal tersebut tentu diperlukan strategi pemasaran yang tepat salah satunya adalah dengan menentukan target pasar. Target pasar membuat pebisnis harus mampu menentukan target pasar terlebih dahuu sebelum memasarkan sebuah produk.

Dalam menentukan target pasar, perusahaan harus melakukan segmentasi pasar terlebih dahulu. Segmentasi pasar dapat dilakukan dengan cara mengelompokkan konsumen ke dalam kelompok dengan ciri yang dinilai hampir sama.

Penentuan target pasar sangat penting bagi pebisnis karena perusahaan tidak mampu melayani semua konsumen di pasar mengingat beragamnya kebutuhan dan keinginan konsumen. Oleh karena itu perusahaan perlu mengidentfiikasikan bagian pasar mana yang akan digunakan sebagai target pasar.

Kenapa harus menentukan target pasar? lantas apa manfaat bagi perusahaan dari menentukan target pasar sebelum memulai sebuah bisnis? Berikut diantaranya:

  • Menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas
  • Mengatur setiap produk menjadi lebih baik
  • Menemukan kemudian membandingkan berbagai kesempatan pasar
  • Mengelompokkan berbagai budget yang dimiliki dengan tepat
  • Menciptakan daya tarik dalam bidang pemasaran
  • Membuat perusahaan berada di posisi yang lebih baik lagi dalam persaingan bisnis

Cara Tepat Menentukan Target Pasar

Advoc8 - 4 Ways to Make Your Research Zing

Mengingat pentingnya perusahaan untuk menentukan target pasar lantas bagaimana cara menentukan target pasar dengan tepat? Berikut caranya:

Memulainya Dengan Asumsi

Jika Anda sudah memiliki produk yang akan dipasarkan, maka Anda bisa melihat konsumen Anda saat ini. Kemudian buatlah target pasar yang yang berpotesial bagi produk Anda. Sebagai contoh Anda memiliki produk fashion anak muda dengan desain menarik dan dibanderol dengan harga yang cukup murah. Maka produk tersebut dimudahkan untuk dimiliki setiap konsumen melalui berbagai marketplace.

Dengan demikian dapat diketahui bahwa target pasar Anda adalah anak muda yang ingin tampil muda dengan desain unik dan menarik. Karena pada dasarnya anak muda adalah pengguna smartphone yang aktif dan suka berbelanja online. Selain itu, anak muda juga seringkali memiliki produk dengan mempertimbangkan faktor harganya.

Cermati Persaingan Pasar

Mengingat setiap produk tentu memiliki pesaing, maka Anda harus cerdik dalam mencermati segala persaingan pasar. Hal ini membuat Anda memiliki celah untuk memenangkan perhatian pelanggan untuk membeli produk di toko Anda.

Perlu diketahui bahwa persaingan dapat berasal dari sisi fitur, harga, kemudahan pembelian, serta pelayanan. Dengan demikian Anda dapat berusaha menciptakan dan mengembangkan produk terbaik Anda. Perhatikan juga apa yang membuat konsumen membeli produk Anda dan bukanlah produk pesaing Anda.

Komunikasi Dengan Konsumen

Untuk meyakinkan pelanggan terkait produk yang Anda miliki, maka Anda bisa langsung terjun ke lapangan untuk menemui pelanggan Anda. Dengan demikian Anda dapat mengetahui kebutuhan konsumen dan mengetahui bagaimana produk yang sudah mereka beli dari toko Anda.

Manfaatkan Analytics Tools

Dengan kemajuan teknologi maka Anda bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Anda bisa memanfaatkan teknologi analytics tools untuk mengolah data dan mengetahui target pasar Anda. Sebagai contoh Anda bisa menggunakan Google Trend untuk mengetahui apa yang paling sering dicari pengguna google di mesin pencari ini dengan begitu Anda bisa tahu apa yang sedang dibutuhkan konsumen.

Menciptakan Buyer Persona

Buyer persona merupakan representasi konsumen dimana Anda sebagai pebisnis menggambarkan calon konsumen berdasarkan ciri fisik, demografi dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa demografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang dinamika kependudukan.

Untuk membangun buyer persona ini maka Anda bisa memulainya dengan menentukan jenis kelamin, usia, gaya hidup dan lain sebagainya. Dengan data ini maka akan mudah bagi Anda untuk menentukan target pasar.

Jelaskan Keunggulan Produk

Setelah menentukan buyer persona kepada calon konsumen dan pesaing Anda, selanjutnya adalah tunjukkan kelebihan produk Anda. Apabila perusahaan Anda menawarkan produk yang mengedepankan fitur, maka Anda harus fokus pada penjelasan kecanggihan fitur itu sendiri. Anda bisa menjelaskan kemudahan yang ditawarkan oleh produk Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda sehari-hari.

Ciptakan Brand Positioning

Branding memiliki tujuan untuk menciptakan persepsi produk bagi konsumen. Branding perannya sangatlah penting bagi penjualan produk. Perlu diketahui bahwa 9,1% konsumen cenderung memiliki produk hanya karena memiliki brand ternama.

Jika Anda berhasil menciptakan brand ini maka target pasar Anda akan terbentuk dengan baik. Kemudian Anda hanya perlu menjaga brand Anda untuk mendapatkan potensi pasar yang maksimal.

Strategi Target Pasar

Setelah mengetahui betapa pentingnya menentukan target pasar, maka saatnya Anda memiliki strategi target pasar yang tepat. Adapun strategi target pasar tersebut antara lain:

Strategi Mass Marketing

Merupakan upaya menjual produk ke semua orang. Strategi ini tidak menerapkan segmentasi khusus untuk konsumennya karena produk yang dijual bersifat umum dan ditujukan untuk semua orang. Sebagai contoh ada produk penggunaan sehari-hari seperti sikat gigi, saun dan lain sebagainya. Jika produk yang dihasilkan bersifat umum maka strategi ini dapat digunakan.

Strategi Niche Marketing

Merupakan strategi target pasar yang lebih sempit karena terkait mengenai karakteristik konsumen khusus. Sebagai contoh ada penjualan pasta gigi beragam jenis mulai dari pasta gigi biasa hingga pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitive. Meskipun hal ini artinya memiliki pasar yang relative kecil namun tak jarang niche marketing akan mmeungkinkan Anda untuk meraih penetrasi pasar yang lebih baik.

Strategi Differentiated Marketing

Strategi ini terjadi apabila produk Anda sudah mulai ditujukan ke pengguna khusus, dengan demikian Anda harus mulai menggunakan cara ini. rencana ini mengharuskan Anda untuk menciptakan produk yang berbeda untuk berbagai target pasar. Sebagai contoh Anda dapat membedakan antara sabun pria, sabun wanita bahkan sabun anak-anak. Sehingga dapat disebut juga bahwa strategi ini dapat ditentukan oleh faktor demografis.

Strategi Micro Marketing

Strategi ini menyongsong target pasar yang lebih kecil, ini bisa diterapkan jika produk yang dihasilkan memiliki keterbatasan baik dari sisi lokasi, waktu dan jenis barangnya. Sebagai contoh produk yang menerapkan strategi micro marketing adalah hotel, restoran, souvenir, hingga pertunjukan musik.

Yang Dilakukan Setelah Mengetahui Target Pasar

Setelah mengetahui bagaimana target pasar Anda maka apa yang selanjutnya dilakukan? Berikut diantaranya:

Menciptakan Produk Baru

Cipakan produk baru dengan memastikan bahwa semua elemen sudah sesuai dengan target pasar Anda. Elemen yang dimaksud meliputi produk yang dihasilkan, kemasan produk, harga yang ditawarkan, kemudahan pengiriman dan lain sebagainya.

Mengembangkan Produk

Setelah produk diciptakan selanjutnya lakukan pengembangan produk dengan repackage (pegemasan produk). Sebagai contoh membuat kemasan lebih kecil dari target pasar Anda dengan demikian membuat masyarakat suka dengan produk yang unik dan ekonomis.

Retargeting

Jika target pasar sudah sesuai namun peningkatan penjualan belum terjadi maka Anda bisa yakinkan pembeli dengan menggunakan media dan promosi yang berbeda.

Contoh Target Pasar

Dibawah ini akan kita berikan contoh target pasar agar kamu dapat mengerti lebih luas. Misalkan kita mempunyai bisnis di bidang fashion untuk anak-anak, maka inilah contoh target pasarnya:

  • Produk yang Dijual: Pakaian Anak-anak, dijual secara online
  • Target Lokasi: Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan kota lain di pulau jawa yang bisa dijangkau oleh kurir pengiriman barang maksimal dalam 4 hari.
  • Target Demografi Pelanggan: Perempuan yang telah menikah dan memiliki anak kecil, dengan usia antara 25 – 35 Tahun. Memiliki penghasilan keluarga di atas 4 Juta per bulan.
  • Karakteristik Psikologis Pelanggan: Terbiasa menggunakan komputer, e-mail, internet, dan sosial media. Mengikuti trend fashion anak. Hobi membaca majalah kesehatan anak.
jojonomic

Sebelum memulai bisnis, penentuan target pasar memang penting dilakukan untuk mengetahui target sasaran konsumen. Selain itu, kamu juga harus mengelola keuangan bisnis jika ingin bisnis kamu terus maju dan berkembang. Kelola keuangan kamu tanpa batas tempat dan waktu. JojoExpense memberi kamu akses mudah menuju keuangan perusahaan kamu tidak peduli tempat dan waktu. Baik kamu mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam kamu. Kamu dapat mengajukan request kamu secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya kamu ingin cek ulang aplikasi kamu. Semuanya tergantung kamu, karena kamu  yang berkuasa soal manajemen finansial kamu sendiri.