Mau Tahu Khasiat Teh Hijau dan Peluang Usahanya?

Setiap orang pasti akan melakukan apa saja supaya tetap sehat dan bugar untuk menjalankan aktivitasnya. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan rutin meminum atau mengkonsumsi teh hijau setiap harinya.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bagi wanita yang mendambakan memiliki kulit yang cantik dan sehat juga bisa didapatkan dengan rajin meminum teh ini.

Dengan begitu banyak khasiat dari teh hijau tersebut, maka potensi bisnisnya juga otomatis menjadi semakin tinggi.

Masyarakat menjadi sangat tertarik kepada manfaat yang ditawarkan dan menyerbu banyak produk teh hijau yang ada di pasaran.

Oops! We could not locate your form.

Karena itu, apakah kamu juga berencana untuk berbisnis ini? Sebelum kamu melakukan bisnis teh, yuk kenali dulu asal usul, manfaat, dan peluang bisnis dari teh hijau berikut ini!

Asal Usul Teh Hijau

Sejarah dari teh hijau ini berawal dari Negara Cina, yang telah menggunakan teh hijau sebagai pendukung pengobatan sejak 4.000 tahun yang lalu. Dan saat ini, para peneliti nutrisi juga sudah menemukan bahwa teh sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tahun 1994, bahkan sebuah jurnal yang diterbitkan untuk kalangan ahli kanker menyebutkan bahwa teh hijau yang dikunsumsi masyarakat Cina telah membuat mereka terhindar dari kanker.

Belakangan ini, bukti baru telah ditemukan bahwa minum teh secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol darah, dan menyeimbangkan kadar tersebut. Hebat sekali, kan?

Sejarah bangsa Cina menyebutkan teh hijau mulai digunakan sebagai minuman sejak 2700 tahun sebelum Masehi pada dinasti Kaisar Shen Nung, namun tercatat dalam kamus kuno pada 350 tahun sebelum Masehi.

Sekitar 200 tahun sebelum Masehi dalam buku tanaman obat Cina disebutkan daun teh berkhasiat menghilangkan racun dalam tubuh.

Di Indonesia sendiri tanaman teh hijau pertama dibawa dan dikembangkan oleh penjajah Belanda hingga dapat diekspor ke negeri kincir tersebut. Sejak itu, teh tersebut terus dikembangkan dan diperluas penanamannya.

Hingga pada masa kemerdekaan usaha perkebunan dan industri teh diambil alih dan diperbaiki oleh pemerintah Indonesia.

Walaupun luasannya tidak mencapai keadaan sebelum perang, tapi produksinya meningkat tajam. Sekarang, perkebunan dan perdagangan Teh juga dilakukan oleh pihak swasta.

Manfaat dari Teh Hijau

Mengapa teh hijau sangat diminati oleh banyak orang? Pastinya karena teh ini memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh. Apa saja ya khasiat dari teh satu ini? Berikut ulasannya!

Mencegah Penyakit Kanker

Teh hijau telah terbukti mengandung antioksidan kuat, yaitu yang mampu menangkal serangan radikal bebas yang menyebabkan gangguan degenerasi pada organ-organ manusia.

Hal ini  termasuk timbulnya berbagai jenis kanker, di antaranya di esofagus (saluran masuk makanan ke lambung), lambung, pankreas, usus, dubur, kandung kemih, prostat, bahkan juga paru-paru dan payudara, dan penyakit lainnya.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Teh ini juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, yang mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan kolesterol. Selain itu teh ini juga efektif dikonsumsi sebagai penurun gula darah bagi penderita diabetes.

Sebagai Pendukung Program Diet

Memiliki tubuh langsing adalah dambaan setiap orang, yang sering dilakukan untuk mendapatkannya adalah dengan menerapkan program diet pada kesehariannya. Dan diantaranya pendukung untuk mensukseskan program ini adalah dengan rutin mengkonsumsi teh hijau.

Teh ini mampu membantu membakar lemak secara efektif, Selain itu juga dapat menurunkan nafsu makan yang berlebih, sehingga ujung-ujungnya dapat menurunkan berat badan dengan signifikan.

Untuk Kecantikan Kulit

Berbagai kosmetik sekarang ini menggunakan tambahan teh hijau untuk mendapatkan manfaat darinya. Karena, manfaat teh ini untuk kecantikan kulit adalah sebagai anti oksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit serta menjaga dari penuaan dini.

Selain itu, jenis teh ini banyak mengandung vitamin C dan E yang sangat bermanfaat untuk kulit.

Produk teh hijau yang sering dijual untuk kecantikan kulit bisa berupa yang di minum ataupun di aplikasikan pada kulit langsung.

Seperti misalnya, masker untuk wajah, scrub untuk luluran tubuh, sabun mandi, dan lain sebagainya.

Peluang dan Ide Usaha Teh Hijau

Berawal dari Jepang, trend teh hijau atau  green tea ini mulai masuk ke restoran kelas menengah ke atas dengan harga yang tidak murah.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sedangkan di Indonesia, teh hijau mulai booming sejak tahun 2012 dan mulai mencuri perhatian banyak orang.

Hampir setiap tempat makan menyajikan berbagai olahan makanan dan minuman dengan rasa teh hijau. Aromanya yang khas dan biasanya dicampur dengan susu membuat rasa green tea ini menjadi pas dan membuat penyuka makanan manis menjadi ketagihan.

Berbagai olahan dari teh hijau sudah banyak dibuat, dari mulai es krim, pudding, cake, minuman dan lain-lain. Trend makanan dengan bahan teh ini juga menjamur di berbagai daerah.

Contohnya di kota Bandung yang terkenal dengan wisata kulinernya sudah tidak aneh lagi apabila memodifikasi makanan yang sudah ada menjadi inovasi baru dengan harga yang cukup murah.

Makanan tradisional pun bisa disulap menjadi makanan kelas dunia karena modifikasi dengan rasa green tea.

Banyak sekali makanan yang awalnya biasa saja menjadi lebih menarik karena adanya rasa teh hijau seperti es potong, kue ape, kue cubit atau surabi green tea juga tersedia.

Contoh Usaha

Salah satu peluang bisnis teh hijau yang menjanjikan yaitu es latte teh hijau. Membuat minuman ini sangat mudah dan praktis dengan modal yang terjangkau. Mau tahu resep membuat green tea latte ini?

Bahan :

  • 200 cc susu
  • 2 sendok teh bubuk teh hijau
  • 2 sendok teh gula cair
  • es batu secukupnya

Cara Membuat Es Teh Hijau Latte (Green tea latte) :

  • Buat susu berbusa, caranya bisa dengan steamer atau blender susu selama 20 detik hingga berbusa
  • Masukkan bubuk teh hijau dan gula cair ke dalam blender atau shaker, lalu kocok hingga merata
  • Masukkan es batu secukupnya ke dalam gelas, dan masukkan minuman teh tersebut ke dalam gelas dengan bubuk teh yang ditaburi di atasnya sebagai hiasan.
  • Green tea latte siap dinikmati

Analisa Bisnis Teh Hijau

Berikut ini analisa bisnis teh hijau beserta perhitungan lengkapnya, berdasarkan green tea latte diatas, yaitu :

Jadi, peluang usaha teh hijau ini sangat menjanjikan, kan? Apalagi bisnis kuliner dan minuman pastinya tidak akan ada habis setiap harinya dan sangat menguntungkan. Tertarik tidak untuk mencoba bisnis ini?

Kamu pasti mau usaha kamu sukses dan cepat berkembang, kan? Sebelum dan sesudah bisnis kamu berjalan, kamu wajib membuat laporan keuangan supaya keadaan finansial perusahaan tetap lancar dan untung.

JojoExpenseSupaya mempermudah kamu dalam membuatnya, sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic ini lho!

Dijamin laporan keuangan kamu lebih teratur, akurat, dan lengkap! Apalagi dengan sistem otomatisnya, sehingga bisa ter-update dengan cepat dan praktis bahkan bisa di cek dari gadget kamu! Sangat efisien dan hemat, kan? Jangan ketinggalan ya! Coba aplikasi ini sekarang!