Cari Tahu Tren Teknologi HR Terkini untuk Masa Depan Perusahaan

Sekarang ini, tren teknologi HR sedang menjadi perbincangan dalam berbagai perusahaan untuk aktivitas perekrutan karyawan. Hal ini karena teknologi HR memainkan peran yang besar hampir pada semua penilaian. Terlebih lagi pada laporan yang mencoba memprediksi masa depan berdasarkan tren yang berlangsung saat ini.

Mau tahu apa saja pengertian, contoh dan alasan mengapa teknologi yang sedang trend ini sangat penting untuk diketahui dan dimiliki perusahaan apalagi pada bidang HR? Yuk, cari tahu semuanya di artikel ini!

Pengertian Teknologi HR

Teknologi HR merupakan teknologi untuk meningkatkan strategi rekrutmen mereka seperti pemasangan iklan lowongan dan meningkatkan tingkat retensi dan mengurangi semua tugas pekerjaan tim HR yang manual dan bersifat operasional.

Teknologi terbaru ini juga banyak digunakan oleh perusahaan sumber daya manusia supaya kinerja  lebih baik dan akurat, sehingga sama-sama membentuk kecenderungan atau tren teknologi. Supaya tidak ketinggalan dengan pelaku bisnis lainnya, kamu juga wajib tahu terlebih dahulu ini alasan mengapa perusahaan dan HR wajib menggunakan teknologi untuk HR ini!

Alasan Pentingnya Teknologi HR untuk Masa Depan Perusahaan

Mengapa teknologi satu ini wajib kamu pahami untuk meningkatkan produktivitas kerja? Ini dia beberapa alasannya:

Selalu update terhadap informasi

Semakin cepat kamu beradaptasi kepada teknologi, semakin tanggap juga terhadap informasi-informasi. Hal ini akan sangat membantu kamu sebagai seorang HR untuk menentukan sikap terhadap suatu kondisi masalah yang bisa saja terjadi di perusahaan. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah tanggap terhadap perkembangan informasi karir dan apa saja yang sedang berkembang di lingkup perusahaan tempat kamu bekerja atau di luarnya.

Menangkap peluang baru

Kamu dapat menemukan peluang-peluang baru dalam mengembangkan perusahaan dan manajemen untuk lebih baik lagi. Hal ini penting untuk dilakukan, agar perusahaan bisa lebih fresh, tidak stuck di jalan dan baik juga untuk kondisi psikologis para karyawan serta untuk kemajuan perusahaan.

Memantau karyawan di sosial media

Dengan adaptasi terhadap perkembangan teknologi, maka kamu bisa memantau karyawan-karyawan perusahaan di sosial media.

Mempermudah perekrutan karyawan

Salah satu alasan lain kenapa kamu wajib mengerti teknologi ini karena dengan teknologi, kamu bisa mendapatkan karyawan baru dengan lebih mudah.

Tetap eksis di dunia luar

Bagaimanapun juga, kemampuan kamu untuk melek teknologi wajib digunakan di zaman yang serba canggih ini agar tidak ketinggalan dan tetap eksis di dunia karir.

Manfaat Menggunakan Teknologi HR

Mau tahu apa saja manfaat menggunakan teknologi dari HR ini untuk kesuksesan perusahaan? Yuk cek beberapa keuntungannya berikut ini:

Fitur Beragam untuk Seluruh Kebutuhan Perusahaan

Keberagaman fitur yang terdapat pada aplikasi HR bisa dibilang merupakan kelebihan utama dari layanan semacam ini. Adapun fitur yang dimaksud diantaranya bisa berupa database yang mampu memuat struktur organisasi terbaru serta merangkum data absensi karyawan harian.

Selain itu, kebijakan setiap perusahaan juga pasti berbeda-beda, kan? Yang termasuk ke dalam ebijakan ini diantaranya dapat berupa penentuan jabatan yang terdapat pada struktur organisasi, besaran gaji, serta kebijakan potongan gaji apabila karyawan mengambil cuti di luar jatah tahunan.

Dengan kata lain, perusahaan tentu membutuhkan perangkat tepat yang mampu memenuhi kebutuhan terkait kebijakan tersebut dan teknologi. Oleh karena itu, aplikasi HR ini merupakan solusi terbaiknya.

Tidak Perlu Pengadaan Perangkat Khusus

Masing-masing perusahaan biasanya memiliki perangkat komputer maupun laptop khusus untuk melakukan berbagai pekerjaan di kantor. Beberapa perusahaan bahkan turut menyediakan perangkat tambahan berupa fingerprint untuk keperluan absensi karyawan.

Aplikasi semacam ini pada umumnya berbasis Cloud sehingga cukup diakses dengan komputer, laptop, atau bahkan smartphone milik karyawan perusahaan. Beberapa penyedia layanan software ini bahkan turut mendukung layanan absensi karyawan sehingga pengadaan perangkat fingerprint tidak lagi diperlukan. Praktis kan?

Dapat Diakses Karyawan dengan Mudah

Perusahaan bisa meningkatkan loyalitas karyawannya dengan pemberian akses informasi kepada masing-masing karyawan perusahaan.

Penggunaan teknologi dan aplikasi HR mampu menjembatani kebutuhan informasi karyawan. Layanan semacam ini pada umumnya memungkinkan karyawan memiliki akun khusus yang terintegrasi dengan akun resmi perusahaan. Karyawan pun dapat dengan mudah mengetahui kebijakan perusahaan serta informasi-informasi lain yang dianggap relevan.

Contoh Tren Teknologi HR di Perusahaan

Ada beberapa contoh tren teknologi di bidang HR ini dalam perusahaan, yaitu :

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Penggunaan Artificial Intelligence (AI) di bidang HR sudah terjadi dalam bentuk chatbot. Chatbot saat ini telah digunakan untuk rekrutmen dan untuk memahami lebih baik arti serta konteks dari kata-kata yang diketik. Chatbot juga dapat membantu memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelamar kerja dengan mengurangi waktu menunggu antara pelamar kerja dan perekrut, sehingga dapat terkoneksi secara cepat.

Teknologi Blockchain

Blockchain merupakan database yang berfungsi untuk menyimpan sekumpulan data yang terus berkembang atau meningkat. Blockchain sering diasosiasikan dengan mata uang digital Bitcoin, karena awalnya dibuat untuk memonitor transaksi Bitcoin. Seiring waktu, teknologi blockchain telah berkembang dan saat ini telah memasuki industri HR karena perusahaan mulai menggunakan blockchain untuk memfasilitasi fungsi HR.

Internet of things (IoT)

IoT merupakan interkoneksi jaringan yang terdapat pada barang-barang yang digunakan sehari-hari. Seperti telepon genggam, komputer, peralatan rumah, dan alat elektronik lainnya yang memudahkan kita untuk terhubung, mengirim dan menerima data. IoT sangat berguna untuk HR.  Karena IoT dapat mengumpulkan banyak data tentang karyawan dan kandidat. Sehingga dapat memberikan informasi penting bagi para pengambil keputusan.

Perangkat yang Memberikan Feedback dan Engagement

Perangkat seperti 15Five, Impraise, serta Culture Amp merupakan beberapa contoh dari perangkat yang dibuat untuk membantu perusahaan mengumpulkan, memahami dan mengambil langkah yang tepat berdasarkan feedback yang diperoleh dari karyawan. Dengan kata lain, perangkat tersebut dapat meningkatkan manajemen kinerja karyawan di perusahaan kamu.

Pengembangan Karyawan Secara Remote

Semakin banyaknya perusahaan yang memperbolehkan karyawan untuk bekerja secara remote atau jarak jauh, membuat kebutuhan untuk pembelajaran dan pengembangan karyawan secara remote meningkat secara signifikan.

Nah, kamu sudah mengerti kan, apa saja pengertian, contoh, dan alasan mengapa perusahaan terutama HR wajib mengetahui dan menggunakan teknologi HR untuk masa depan karyawan yang terjamin?

Tidak perlu khawatir, sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi teknologi HR JojoTimes dari Jojonomic ini untuk semua kebutuhan HR perusahaan kamu. Mulai dari absensi karyawan, izin cuti, dan informasi karyawan semuanya lengkap dan aman tersimpan dan diakses dengan satu sentuhan jari menggunakan aplikasi ini!

Tunggu apa lagi? Yuk gunakan JojoTimes sekarang dan rasakan berbagai manfaatnya untuk menaikkan produktivitas dan efektivitas perusahaan kamu!