5 Ide Menerapkan Teknologi Produktivitas di Perusahaan

Teknologi produktivitas menjadi isu penting di perusahaan manapun. Sebagai perusahaan yang memang didirikan untuk tujuan mencetak laba, hal ini tentu mengalami perhatian khusus. Tujuannya adalah bagaimana agar kinerja produksi meningkat sehingga laba bertambah. Untuk itu penerapan teknologi ini sangat perlu di dalam perusahaan.

Mengenal Teknologi Produktivitas

Istilah teknologi merujuk kepada segala macam cara atau peralatan yang dimanfaatkan guna membuat pekerjaan manusia selesai dengan mudah dan cepat. Teknologi sendiri selalu berkembang dari masa ke masa. Seiring waktu, teknologi sederhana pun berevolusi menjadi teknologi yang rumit.

Sedangkan terminologi produktivitas merujuk pada kemampuan orang atau benda untuk menghasilkan sesuatu. Semakin besar kemampuan tersebut, semakin banyak kuantitas benda atau jasa yang dihasilkan. Hal ini juga berarti semakin produktif orang tersebut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Ide Penerapan Teknologi Produktivitas

Di zaman modern ini, produktivitas menjadi sesuatu yang diidam-idamkan oleh banyak pihak. Ini karena produktivitas berbanding lurus dengan keuntungan. Semakin produktif berarti semakin banyak laba yang bisa dihasilkan.

Oleh karena itu, teknologi produktivitas selalu menjadi penelitian bagi banyak orang. Sejak dimuainya era revolusi industri, isu ini terus berkembang, didukung oleh sistem ekonomi kapitalisme. Di antara prinsip-prinsip teknologi produktivitas yang dapat diterapkan dalam perusahaan antara lain sebagai berikut.

teknologi produktivitas1.      Mekanisasi

Setiap orang menyadari bahwa kemampuan dirinya terbatas. Bukan masalah seberapa jauh pencapaian, tapi seberapa kuat dan seberapa lama ia mampu bertahan. Masalah ukuran, volume, kuantitas, ditambah dengan ketahanan fisik dan mental menjadi hal yang dapat menghambat perkembangan. Oleh karena itu, setiap orang sadar bahwa ia membutuhkan bantuan.

Dalam hal proses produksi, tujuan utama selalu meningkatkan produktivitas. Produktivitas sendiri jika dipecah, akan memiliki 3 unsur penting: kecepatan, kuantitas, dan kualitas. Untuk urusan kualitas, mungkin teknik manusia lebih hebat. Akan tetapi, untuk urusan kecepatan dan  kuantitas, mesin sudah pasti lebih baik.

Oleh karena itu, mekanisasi merupakan sebuah keniscayaan di setiap perusahaan di masa mendatang. Perusahaan yang mampu menerapkan mekanisasi dalam proses produksinya, akan mampu bersaing dalam jangka panjang. Di satu sisi, ini terdengar menyedihkan karena orang akan tersingkir. Namun, di sisi lain, ini merupakan sebuah kebutuhan agar perusahaan berkembang.

Untuk itu, perusahaan perlu melakukan investasi di bidang mekanisasi produksi. Meski di awal biayanya terlihat besar, namun untuk jangka panjang ini layak dan memang harus dilakukan.

2.      Digitalisasi

Teknologi digital sudah merasuk ke berbagai sendi kehidupan, dan untuk perusahaan, ini merupakan sebuah kabar baik. Ada banyak sekali keunggulan penerapan digitalisasi dalam berbagai proses dan prosedur di perusahaan. Tak lama lagi, metode-metode konvensional mungkin hanya menjadi teori untuk diketahui, tidak untuk diterapkan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sebagai contoh, proses perizinan, laporan, hingga slip dan struk, tak akan lagi membutuhkan kertas. Bayangkan berapa banyak yang bisa dihemat dari semua proses tersebut. Belum lagi untuk pembuatan model yang membutuhkan banyak tahapan. Dengan membuatnya secara digital, semua dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Selain itu, keunggulan utama adalah dalam proses duplikasi. Untuk memperbanyak sampel, tak lagi membutuhkan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu. Hanya dengan beberapa kali klik dan cetak, hal tersebut dapat selesai dengan mudah. Apalagi saat ini sudah ditemukan printer yang bisa mencetak 3D.

Oleh karena itu, perusahaan perlu juga menyediakan anggaran untuk digitalisasi proses dan prosedur di dalamnya. Akan ada begitu banyak yang bisa dihemat seiring bertambahnya efisiensi  dari proses produksi tersebut. Dengan begini, teknologi produktivitas pun menjadi bermanfaat dan berguna.

teknologi produktivitas
Procrastination vs. productivity contest. Improve your productivity and hold back procrastination.

3.      Internet of Things

Penggunaan istilah ini merujuk kepada pemanfaatan internet untuk semua proses dan prosedur dalam perusahaan. Konektivitas menjadi  suatu hal yang penting karena saat ini informasi menjadi komoditas sangat penting. Informasi tepat yang diterima dengan cepat dapat saja menentukan masa depan keseluruhan bisnis perusahaan.

Teknologi produktivitas dengan mengandalkan internet sebagai backbone sistem informasi menjadi makin lumrah. Semua perusahaan yang ingin scale up, pasti menggunakan internet untuk mendukungnya. Penggunaan internet mampu meningkatkan produktivitas dari bagian produksi hingga pemasaran.

Arah pengolahan data di masa depan akan semakin menuju ke arah cloud computing atau komputasi  awan. Database perusahaan mungkin tak lagi disimpan secara terpisah, namun menyatu dalam sebuah sistem komputasi yang besar. Dengan demikian, data tersebut dapat diakses dari mana saja oleh siapa saja sesuai dengan kewenangannya.

Namun, sistem ini tentu memiliki kelemahan. Perusahaan perlu berinvestasi kepada sistem keamanan data tersebut juga. Ini agar terhindar dari pembajakan atau peretasan yang mungkin dapat merugikan perusahaan sangat besar.

4.      Pelatihan Sumber Daya Manusia

Semua teknologi produktivitas yang dijelaskan di atas terdengar sangat meyakinkan dan akan sangat bermanfaat. Akan tetapi, kita tidak boleh melupakan yang menjadi tulang punggun utama, sumber daya manusia. Mesin hanya akan menjadi mesin jika tidak ada yang menyalakan dan mengaturnya. Operator akan tetap dibutuhkan, meski mesin bisa ditinggal ketika sudah berjalan.

Begitu juga dalam konsep digitalisasi dan internet of things. Semua sistem tersebut pada intinya terdiri dari 3 komponen pokok: hardware, software, dan brainware. Hardware adalah peralatan, software adalah aplikasi yang berjalan, dan brainware berarti operatornya. Jika ada salah satu yang tidak optimal, keseluruhan proses akan ikut tersendat.

Oleh karena itu, perusahaan perlu memberikan pendidikan dan pelatihan untuk menggunakan mesin dan komputasi tersebut. Pelatihan sumber daya manusia ini menjadi salah satu program penting untuk menerapkan teknologi produktivitas di perusahaan tersebut. Ini juga menjadi salah satu bentuk kepedulian dan apresiasi perusahaan terhadap para karyawannya.

teknologi produktivitas5.      Sistem Terintegrasi

Keterpaduan dan integrasi ini memang sangatlah penting dalam teknologi produktivitas. Departemen-departemen yang berbeda dalam sebuah perusahaan mungkin menyimpan data yang berbeda. Namun, untuk dapat dianalisa dengan baik, semua itu harus dipadukan dalam sebuah laporan yang menyeluruh.

Dengan demikian, direksi dapat melihat dimana letak kelemahan dan keunggulan perusahaan. Dari sini, perusahaan dapat memilih mengambil sebuah kebijakan yang akan mendukung pertumbuhan. Ini, hanya dapat dilakukan jika semua sistem dari hulu ke hilir telah terintegrasi dengan baik.

Untuk itu, perusahaan perlu menerapkan platform yang mampu mengakomodir kebutuhan integrasi tersebut. Platform ini harus cukup smart untuk dapat diandalkan sebagai salah satu penyokong teknologi produktivitas dalam perusahaan.

Menerapkan Teknologi Produktivitas dengan Mudah

Penerapan teknologi produktivitas mungkin tampak rumit, tapi sebenarnya akan sangat mudah begitu dimulai. Yang penting, perusahaan perlu bergeraka ke arah tersebut dan memiliki komitmen untuk itu. Salah satu cara mudahnya adalah dengan menggunakan JojoTimes.

Flexibilitas dengan JojoTimes sebagai kompenasiDengan fitur biometrik dan geolokasi akurat, JojoTimes dapat menerapkan digitalisasi dalam mengatur SDM perusahaan. Ia juga sudah mendukung sistem komputasi awan sehingga dapat dikontrol dari mana saja. Coba saja demonya dengan gratis disini. Dan rasakan penerapan teknologi produktivitas membawa perusahaan semakin berkembang.