Tempat Ibadah di Kantor, Perlu Atau Tidak?

Dalam suatu kantor, umumnya aktifitas karyawan tidak hanya terbatas pada pekerjaan saja. Namun, ada pula yang melaksanakan aktivitas lainnya termasuk makan siang, ibadah, dan lain sebagainya. Salah satu poin penting yang sering kali lupa diperhatikan yaitu adanya tempat ibadah di kantor. Meskipun dasar hukum penyediaan fasilitas tersebut tidak dituangkan dalam peraturan tenaga kerja, namun selayaknya dalam suatu perusahaan minimal memiliki tempat untuk menunaikan ibadah karyawannya. Misalnya bagi yang muslim, tentu keberadaan mushola di area kantor akan sangat membantu mereka menjalankan ibadah sholat lima waktu. Sehingga di sisi pekerjaan tetap lancar, di sisi ibadah juga tidak tertinggal.

Namun demikian masih banyak perusahaan berpikir bahwa menyediakan ruangan ini umumnya bukan cara yang cukup efektif. Ada rasa khawatir karyawan justru tidak produktif karena banyak meluangkan waktu dengan dalih beribadah. Sehingga sering kali menjadi perdebatan dalam perusahan apakah tempat ibadah ini diperlukan atau tidak. Padahal ternyata bila dilihat lebih dalam, menyediakan tempat ibadah di kantor akan memberikan manfaat baik bagi karyawan maupun terhadap kinerja perusahaan. Jika ingin tahu lebih jelasnya, di bawah ini penjelasan singkat mengenai manfaat tempat ibadah di kantor.

Manfaat Tempat Ibadah di Kantor Bagi Karyawan

Pertama-tama yaitu mengetahui apa saja manfaat dari tempat ibadah di kantor untuk para karyawan yang bergabung dalam perusahaan tersebut. Pada dasarnya ada beberapa manfaat adanya tempat ibadah di kantor yang menunjang sisi religi karyawan maupun sisi psikologis lainnya, antara lain sebagai berikut:

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

  • Membangun kepercayaan terhadap perusahaan

Memberikan tempat ibadah bagi karyawan adalah salah satu bentuk perhatian perusahaan terhadap karyawannya. Oleh sebab itu hal ini dapat membantu upaya untuk membangun rasa nyaman termasuk rasa percaya pada perusahaan sepenuhnya. Melalui hal yang sederhana ini maka karyawan merasa mendapatkan perhatian yang pantas dari pihak perusahaan. Sehingga sebagai timbal baliknya timbul dedikasi yang lebih maksimal kepada perusahaan.

  • Efisiensi waktu

Apabila kebanyakan perusahaan berpikir bahwa tempat ibadah di kantor hanya buang-buang waktu, sebenarnya inilah konsep yang kurang tepat. Jika dilihat dari sisi yang lain, memberikan tempat atau ruangan di kantor untuk melakukan ibadah justru merupakan salah satu bentuk efisiensi waktu. Karyawan tidak perlu mencari-cari tempat yang tepat untuk melakukan ibadah. Atau harus ke luar kantor hanya untuk menunaikan sholat. Tetapi jika ruangan tersebut tersedia di kantor maka otomatis waktu yang digunakan untuk ibadah jauh lebih efisien. Sehingga pada akhirnya jam kerja tidak terganggu secara maksimal dan pekerjaan tetap bisa diselesaikan dengan tepat waktu.

  • Suasana kerja seimbang

Memberikan kesempatan karyawan untuk beribadah di dalam kantor memberikan suasana yang lebih seimbang, baik fisik maupun psikologis. Rasa jenuh, penat dan stress pada karyawan bisa secara tidak langsung jauh berkurang saat meluangkan sedikit waktu untuk beristirahat dan beribadah. Sehingga menyediakan ruangan kantor untuk sekedar beribadah akan memberikan dampak yang positif bagi personal karyawan juga. Yang mana pada akhirnya juga bisa memberikan manfaat kepada perusahaan.

Manfaat Tempat Ibadah di Kantor Bagi Perusahaan

Rupanya tidak hanya memberikan manfaat bagi karyawan saja. Membangun atau menyediakan tempat ibadah di kantor juga memberikan sisi positif maupun manfaat bagi perusahaan juga. Secara tidak langsung saat karyawan menerima manfaat maka hal in iakan berdampak positif pula pada kondisi kerja di perusahaan. Adapun berikut adalah manfaat yang bisa diterima oleh perusahaan yang menyediakan tempat ibadah di kantor untuk karyawannya.

  • Efisiensi Meningkat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya langkah ini merupakan salah satu cara untuk membantu supaya efisiensi dalam perusahaan bisa lebih optimal. Tidak perlu membuang waktu saat karyawan butuh untuk melakukan ibadahnya. Karena tersedia di lokasi yang cukup dekat dan mudah, maka baik ibadah dan bekerja dapat berjalan seimbang. Tidak perlu ada waktu yang terbuang cukup banyak sehingga pekerjaan tetap berjalan lancar. Bahkan karyawan bisa menggunakan waktu istirahat untuk menyisipkan ibadahnya asalkan terdapat tempat yang layak di area perusahaan. Sehingga dengan cara ini maka tidak perlu banyak usaha saat ingin menyelaraskan antara bekerja dan beribadah.

  • Produktivitas Meningkat

Di saat efisiensi perusahaan makin tinggi, maka otomatis produktivitasnya makin meningkat juga. Dalam hal ini bukan hanya masalah waktu yang lebih efisien, tetapi karyawan juga bisa bekerja lebih efektif ditambah rasa psikologis yang aman. Sebagian karyawan justru berusaha menyelesaikan pekerjaan tepat waktu supaya jam ibadahnya tidak terganggu. Ditambah keberadaan tempat ibadah di kantor, maka suasana yang tercipta dalam perusahaan juga makin kondusif. Beban kerja yang meningkat sering kali menimbulkan rasa penat. Sehingga melalui ibadah sewaktu-waktu karyawan akan dapat terbantu mengembalikan fokusnya pada pekerjaan.

  • Loyalitas Meningkat

Dari penjelasan di atas juga telah disebutkan bahwa pemberian tempat ibadah di kantor juga merupakan langkah supaya karyawan memberikan loyalitasnya yang makin besar pada perusahaan. Saat rasa nyaman meningkat maka timbul rasa bahagia dan percaya pada diri karyawan. Disinilah secara perlahan ada rasa dan upaya untuk neghargai apresiasi perusahaan berupa tempat ibadah tersebut. Saat karyawan merasa nyaman, tentu saja hal ini membuat mereka tidak berpikir untuk bekerja di tempat yang lain. Rasa khawatir bahwa perusahaan lain belum tentu melakukan hal yang sama bisa menjadi alasan meningkatknya loyalitas karyawan terhadap perusahaan secara tidak langsung.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Rupanya dalam perusahaan ada banyak problematika yang bermunculan. Termasuk apakah tempat ibadah di kantor ini penting atau tidak. Banyak kasus perusahaan yang tidak mempedulikan akan hal tersebut, sehingga timbul keluhan dari karyawannya. Disinilah pentingnya langkah-langkah efektif dan efisien perusahaan dalam menerima masukan maupun pendapat karyawannya. Oleh sebab itu sangat penting untuk mempertimbangkan penggunaan JojoTimes sebagai salah satu sarana untuk memberikan sistem yang lebih efisien pada perusahaan.

JojoTimes sendiri didukung oleh fitur-fitur menarik yang membantu memaksimalkan tugas staf HRD perusahaan dalam memastikan karyawan bekerja dalam lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif. Hal ini bisa dilakukan secara optimal melalui fitur berikut ini:

  • Fake ID Detection
  • Biometric Face Recognition
  • Fingerprint Feature
  • Secured Cloud-Based Storage
  • Import and Export Employee Data

Dengan mempercayakan sistem yang bekerja lebih baik melalui JojoTimes, maka perusahaan secara tidak langsung akan menghemat beban kerja karyawan sekaligus memiliki sistem yang lebih rapi dan terencana. Tidak sulit untuk mengetahui apa keinginan dan kebutuhan karyawan sepenuhnya. Oleh karena itulah tidak perlu pula merasa bingung dan ragu mencari sistem terbaik. Percayakan pada JojoTimes dan segera lakukan coba gratis di perusahaan Anda. Lihat sendiri bagaimana sistem ini bekerja mempermudah pekerjaan di perusahaan Anda.