7 Template Budget Perusahaan yang Bisa Bebaskan Kamu dari Pusing

Peran budgeting dalam suatu perusahaan mengambil peran yang penting untuk membantu manajemen dalam pelaksanaan, perencanaan, fungsi perencanaan koordinasi, pengawasan dan juga sebagai pedoman kerja dalam menjalankan perusahaan untuk tujuan yang telah ditetapkan.

Pada dasarnya setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk memperoleh laba atau penghasilan. Namun, dengan semakin kompleksnya suatu masalah dalam perusahaan mengakibatkan banyak aktivitas yang harus dilaksanakan berdasarkan perencanaan yang tepat dan cermat. Adanya template budgeting perusahaan sangat membantu hal itu semua.

Namun kerap kali kita kesulitan untuk menemukan template budget perusahaan yang sesuai untuk bisnis kita. Di artikel ini kamu akan diberikan pilihan beragam template yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan tugasmu saat penyusunan budget. Yuk, disimak!

Apa itu Budgeting

Sebelum pembahasan mengenai template, mari kita memahami apa itu budgeting di perusahaan. Pada dasarnya anggaran (budget) merupakan suatu rencana kerja yang dinyatakan secara kuantitatif dari aktivitas usaha sebuah organisasi. Untuk itu, penyusunan anggaran perlu mengidentifikasi sumber daya dan komitmen yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan organisasi selama periode yang dianggarkan.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Budgeting

Dari pengertian tentang apa itu budget perusahaan, saat penyusunan budget kita perlu memperhatikan hal-hal berikut ini agar budget perusahaan yang kita susun tepat dan efektif, agaknya perlu memperhatikan:

  1. Anggaran harus bersifat formal, artinya anggaran disusun dengan sengaja
    dan bersungguh-sungguh dalam bentuk tertulis;
  2. Anggaran harus bersifat sistematis, artinya anggaran disusun dengan
    berurutan dan berdasarkan logika.

Tujuan Utama Budgeting

Manfaat utama yang diperoleh dalam menyusun budget perusahaan adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai alat barometer bagi pihak manajemen dalam melakukan perencanaan keuangan di masa yang akan datang.
  2. Membuat perencanaan seberapa besar rencana anggaran biaya yang ditetapkan dan dijadikan sebagai alat acuan otorisasi keuangan.
  3. Alat untuk mengukur seberapa besar tingkat pencapaian target perusahaaan dan efisiensi biaya.

Template Budget Perusahaan

Menyusun budget perusahaan bukan hal mudah, dibutuhkan ketelitian dan juga perhitungan yang sesuai. Mungkin kamu butuh menyusun anggaran perusahaan, tapi tidak tahu cara menyusunnya. Untuk memudahkan kamu melakukannya, kamu bisa menggunakan template budget.

Template budget adalah cara untuk mengelompokan anggaran yang kamu buat. Template menyediakan format yang mudah kamu ikuti dan dapat kamu tampilkan secara elektronik maupun kamu cetak.

Contoh template budget yang bisa kamu gunakan antara lain:

1.Spreadsheet

Spreadsheet merupakan keluaran dari Google dan dapat kamu gunakan di web browser kamu. Spreadsheet bisa menjadi template yang tepat untuk semua kalangan bisnis yang membantu kamu untuk dapat memahami semua masukan penting untuk anggaran kerja.

Mengapa spreadsheet begitu berguna untuk berbagai tujuan? Berikut adalah beberapa alasan utama yang menurut saya spreadsheet adalah alat unik:

  • Spreadsheet terstruktur. Mereka diatur oleh baris dan kolom yang memudahkan untuk menangkap data dengan cara yang masuk akal.
  • Spreadsheets terukur. Tambahkan lebih banyak baris ke kumpulan data Anda, dan lebih banyak lembar pada buku kerja saat kebutuhan berkembang.
  • Spreadsheets fleksibel. Mereka dapat digunakan untuk apa saja dari alat untuk melacak latihan untuk merencanakan pernikahan, seperti yang akan Anda lihat di tutorial ini.

Google sendiri menyediakan beragam jenis template Spreadsheet. Cara termudah untuk menemukan template ini adalah melompati Sheets homepage dan klik pada Template Gallery. Cukup klik salah satu dari template starter ini untuk mulai bekerja dengan desain. Sheet secara otomatis akan membuat salinan template dan memasukkannya ke Google Drive kamu untuk menyesuaikan dan mengedit sesuai kebutuhan kamu.

2. Vertex42

Vertex42 merupakan penyedia layanan profesional dalam mendesain berbagai macam template keperluan bisnis. Mulai dari template budget/expense, kalender, data analis, dan masih banyak lagi.

Vertex42 sendiri memiliki lebih dari 400 template unik untuk berbagai macam kebutuhan, yang semuanya didesain dan dibuat sendiri oleh tim Vertex42. Kamu dapat mengunduh templatenya secara gratis, sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu bisa melakukan subscribe untuk mengetahui template-template gratis dan berkualitas terbaru apalagi yang dikeluarkan oleh Vertex24.

3. Template.net

Hampir sama dengan Vertex42, bedanya Template.net merupakan penyedia layanan pembuatan template. Saat ini telah ada lebih dari 50.000 template yang bisa kamu gunakan dan edit sesuai dengan kebutuhan budgeting perusahaanmu.

Tidak hanya untuk budgeting, Template.net juga menyediakan beragam desain brosur, kalender, form, majalah, dll.

4. The Capterra small business budget template

The Capterra small business budget template telah menjadi favorit banyak perusahaan sejak diterbitkan pada 2015 lalu. Dengan buku anggarannya yang sederhana, kamu bisa membuat anggaran bulanan, anggaran tahunan, dan membuat perbandingan antara anggaran yang telah dibuat dengan angka aktual. Yang menarik, template ini punya lembar tinjauan umum yang mudah digunakan.

Capterra juga memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan menyediakan tab instruksi secara terperinci yang menuntut kamu menggunakan template langkah demi langkah.

5. PDFConverter.com

Daripada menggunakan Excel biasa dengan bertumpuk-tumpuk. Lebih baik kamu pilih menggunakan PDFConverter yang telah menyediakan 15 template anggaran secara gratis.

Template ini mencakup berbagai kebutuhan pengaggaran. Dari sangat mendasar tentang pendapatan dan pengeluaran bisnis perusahaan hingga kerangka anggaran pemasaran. Bahkan PDFConverter juga menyediakan template untuk calon pengusaha yang masih dalam tahap perencanaan bisnis yang sangat membantu bagi pemula dalam pengembangan bisnisnya.

6. Microsoft Office Template

Template yang satu ini sangat menarik, keluaran dari Microsoft. Microsfot Office ini secara khusus menfokuskan template pada anggaran pengeluaran, walau begitu, jangan ragukan kualitasnya. Template ini menyediakan tab untuk pengeluaran terencana dan aktual, tab untuk varian yang dihitung secara otomatis, dan tab analisis pengeluaran lengkap dengan diagram lingkaran.

7. Seth David’s Small Business Budget Template

Seth David’s Small Business Budget Template memungkinkan kamu untuk menggunakan bagan bisnis kamu sebagai dasarnya, membuat kamu dengan mudah membandingkan angka aktual dengan angka yang dianggarkan.

Seth juga memberikan kamu instruksi yang disampaikan secara menarik yang membuat kamu merasa antusias mengerjakan budget perusahaan.

Desain Budget Perusahaan Kamu

Sekarang, setelah kamu memilih template yang kamu rasa paling sesuai dengan bisnismu, saatnya untuk menyusun anggaran bisnis.

Kebanyakan orang akan mulai melakukan penganggaran dengan melihat penghasilan dan mengotak-atik pengeluaran sampai mereka mencapai anggaran yang seimbang atau surplus. Metode ini bukanlah cara terfektif untuk membuat budget perusahaan, kamu hanya akan dibuat pusing.

Kamu bisa memilih melakukan empat langkah sederhana berikut ini:

  1. Bentuk anggaran proyeksi kamu, namun jangan dulu kamu tulis dalam template. Simpan ini di kertas atau di spreedshet sampai kamu menyelesaikan langkah selanjutnya.
  2. Masukan anggaran pengeluaran dalam template, sertakan semuanya. Bisa dalam bentuk bulanan atau tahunan data akutansi atau laporan bank.
  3. Sekarang masukan pemasukan kamu dari proyeksi yang kamu buat pada langkah pertama.
  4. Tinjau anggaran kamu, jika ternyata budget perusahaan menunjukan kerugian dari proyeksi. Lakukan analisis pengeluaran dan identifikasi area mana yang dapat kamu kurangi pengeluarannya.

Pendekatan seperti ini dapat menghindari kamu dari memaksakan keseimbangan anggaran. Meskipun memang yang kamu inginkan adalah anggaran yang seimbang antara pengeluaran dan pemasukan ataupun mengalami surplus. Tapi memaksakan itu hanya akan membuat kamu frustasi.

Untuk memudahkan kamu dalam mencatat pengeluaran, kamu butuh sebuah aplikasi yang dapat secara digital mencatat semua pengeluaran terutama reimbustment. Kamu bisa menggunakan salah satu produk unggulan dari Jojonomic yaitu JojoExpense.

JojoExpense memungkinkan kamu mengontrol anggaran di mana saja, dengan kendali penuh di tanganmu. Setujui maupun tolak pengajuan reimbursement dan cash advance kapanpun dimanapun. Pantau pula penggunaan budget karyawan. Dengan seperti itu kamu bisa meningkatkan efisiensi kerja hingga 76%. Coba sekarang, demo tersedia gratis di sini!