Time Tracking Software Monitor Kinerja Karyawan

Sebagai seorang karyawan tetap maupun tidak pasti pernah menggunakan time tracking software, aplikasi ini memungkinkan untuk melacak kinerja pegawai berdasarkan jam. Biasanya pegawai diwajibkan untuk menginstal software ini di handphone maupun komputer, ketika berkerja maka aplikasi wajib diaktifkan agar pekerjaan hari ini terhitung kedalam absen.

Terksan seperti memata-matai memang tapi sebenarnya software ini untuk mempermudah karyawan agar tidak mengantri absen. Manfaat lainnya agar HR bisa mendapatkan update pekerjaan dari karyawan yang bersangkutan.

Software akan mencatat seberapa lama pegawai melakukan pekerjaannya kemudian akan merubah data waktu itu menjadi laporan berupa invoice agar bisa disimpan oleh HR. Metode seperti ini akan lebih efisien ketika nanti akan melakukan payroll.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Penggunaan time tracking software sudah mulai diakui manfaatnya dimasa kini, banyak perusahaan yang menggunakan metode absensi seperti ini. Selain lebih efisien biaya yang dikeluarkan tidak begitu besar, berbeda dengan metode absensi konvensional yang mengharuskan scan jari atau memakai kartu nama.

Sebagai Sarana Analisa

Jumlah jam kerja setiap karyawan akan tercatat jelas didalam time tracking software, apakah dia datang tepat waktu atau terlambat, serta apakah ia membolos kerja semua aktifitas bisa diketahui dengan menggunakan software ini. Bisanya juga software ini mengandalkan GPS serta pengenalan wajah agar memudahkan memonitor kinerja pegawai.

Human resource nantinya akan mengetahui performa pekerjaan anda, berapa lama waktu yang dihabiskan agar menyelsaikan sebuah pekerjaan atau seberapa banyak produk yang bisa dibuat dalam hitungan jam. Jadi waktu berkerja menjadi acuan utama dan historinya akan terlihat jelas.

Apabila anda seorang pegawai yang jujur mungkin memakai time tracking software bukanlah hal yang aneh, tapi jika sebaliknya waktu bermalas-malasan anda akan diketahui oleh HR ketika memakai aplikasi ini. Software ini sangat baik untuk memperbaiki produktifitas setiap karyawan.

Melacak Waktu Yang Dihabiskan

Sudah jelas manfaat dari time tracking software adalah melacak waktu pekerjaan yang dihabiskan oleh pegawai. Sebelum memulai karyawan akan dianjurkan untuk menyalakan aplikasi trackingnya agar HR nanti diakhir pekerjaan bisa mengetahui berapa jam yang ia habiskan untuk berkerja.

Kendala utama menggunakan software seperti ini adalah sering kali karyawan yang lupa untuk menyalakan serta mematikan. Apabila terlalu over tidak masalah yang fatal adalah ketika lupa menyalakan, si karyawan itu tentu akan rugi karena akan termasuk tidak berkerja sebab tidak ada histori waktu berkerja didalam aplikasinya.

Menggunakan software ini setiap karyawan dituntut untuk mandiri dalam hal jam kerja, mereka harus bisa mengatur sendiri kapan waktunya istirahat dan mulai kembali berkerja. Ini sangat baik karena para pekerja tidak akan merasakan terbebani dengan jadwal yang baku.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Modal Mendapatkan Promosi Atau Sebaliknya

Histori dari time tracking software adalah bukti nyata pekerjaan anda, apabila hasil kerja maksimal tapi tidak memakan waktu penuh ini adalah sebuah peluang. Dengan hasil yang maksimal tapi berkerja kurang dari seharusnya anda bisa mengajukan promosi didalam perusahaan.

HR bisa langsung melihat hasil kerja dan bukti waktu yang dihabiskan melalui software. Sedangkan apabila ternyata walaupun sudah melampaui batas jam kerja seharusnya tapi tidak maksimal, huan resource akan mudah mencari solusi apa yang harus diambil.

time tracking software bisa menjadi patokan untuk menentukan pilihan bagi atasan maupun HR agar para pekerjaan melakukan kinerja yang optimal. Software ini merupakan acuan agar setiap karyawan bisa memanfaatkan waktu dengan sangat baik serta tidak terlalu memaksakan diri dalam berkerja.

Permasalahan Dalam Kalkulasi Waktu Kerja

Menentukan serta mengetahui waktu kerja sering kali menimbulkan konflik internal di perusahaan, banyak karyawan merasa telah melakukan kinerja yang optimal padahal tidak. Lalu sebagian merasa telah melakukan lembur kerja karena berkerja lebih dari jamnya.

Hal ini bisa terjadi karena tidak ada histori waktu pekerjaan, untuk itu menggunakan time tracking software bisa menyelsaikan semua masalah ini. Pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan bisa terlihat dari catatan waktunya, serta lembur yang ia habiskan juga akan bisa terlihat.

Anda akan lebih mudah untuk mengatur waktu berkerja setiap karyawan apabila performa waktu yang dihabiskan setiap pegawai telah tercatat. Tidak akan lagi terjadi satu sift kerja terlalu banyak pekerja atau malah kurang karyawan.

Belajar Untuk Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Manfaat lainnya menggunakan time tracking software adalah setiap karyawan akan lebih menghargai waktunya dalam berkerja, tidak akan ada lagi waktu untuk bermalas-malasan karena semua akan tercatat didalam software.

Merekapun akan berfokus kepada produksi agar lebih cepat selsai dan mendapatkan kualitas terbaik. Karena semakin cepat mereka menyelsaikan, sisa waktu yang ada bisa dimanfaatkan untuk beristirahat serta bersantai.

Hal ini juga bisa membuat lingkungan kerja lebih kondusif dan penuh persaingan yang sehat. Semua karyawan akan memiliki waktu serta catatan jam kerjanya masing-masing. Jadi tidak perlu lagi ada istilah tunduh menuduh karena telat atau bermalas-malasan.

Solusi Efektif Membangun Kerjasama Tim

Karena setiap tim sudah menggunkan time tracking software maka fokus saat memasuki wilayah perusahaan adalah berkerja, sehingga tidak akan ada lagi waktu yang terbuang percuma. Tim pekerja didalamnya akan saling membantu untuk mendapatkan target produksi karena bila satu individu terhambat maka yang lain juga ikut terseret.

Ketika sudah saling memahami bahwa mereka memang membutuhkan satu sama lain, kondisi lingkungan kerja akan sangat baik dan kondusif. Ide-ide brilian untuk cepat menyelsaikan pekerjaan akan banyak terlahir karena kerja tim yang solid.

Tim yang solid ini berasal dari setiap individunya yang sudah sadar akan waktu mereka tercatat didalam time tracking software. Apabila menolak untuk berkerjasama tentu pekerjaan mereka juga akan terhambat dan memberikan dampak performa buruk kepada yang lain.

Setelah anda mengetahui banyak keuntungan dari menggunakan software jenis ini, pasti anda akan penasaran ingin segera mencobanya di perusahaan. Anda bisa mendapatkan time tracking software di jojonomic dengan nama jojotimes.

Menggunakan jojotimes anda bisa dengan mudah melacak pekerjaan serta waktu karyawan dengan kecanggihan pengenalan wajar dan GPS yang dimiliki oleh software ini. Memonitor pegawai tanpa harus mendatangi tempat kerjanya, sangat menghemat biaya yang akan anda keluarkan untuk transport.

Jojotimes juga membuat catatan waktu dirubah kedalam invoice sehingga mempermudah ketika anda hendak membuat laporan bulanan untuk pembayaran payroll setiap pegawai. Metode penyimpanan data yang berbasis cloud memungkinkan semua laporan anda tersimpan sangat aman didalam digital. Tidak perlu lagi takut saat akan kehilangan data laporan anda.

Rubah pekerjaan yang menyebalkan untuk membuat laporan dan memonitor karyawan jadi menyenangkan dengan demo jojotimes. Demo ini akan sangat membantu anda layaknya time tracking software, anda bisa mendapatkannya dengan mudah yaitu download langsung di jojonomic.