Tingkatkan Keakuratan Payroll Untuk Sistematisasi Penggajian Karyawan Yang Optimal

tingkatkan akurasi payroll

Perhitungan payroll suatu perusahaan pastinya merupakan hal yang cukup penting. Sehinga usaha untuk mendukung tingkatkan keakuratan payroll merupakan hal yang harus diperhatikan. Bilamana hitungan payroll tidak tepat, tentu saja banyak karyawan yang merugi. Bahkan bukan hanya itu saja, perusahaan juga bisa ikutan merugi apabila perhitungan membuat perusahaan mengeluarkan biaya lebih dalam hal pembayaran gaji dan tunjangan karyawannya. Oleh sebab itu, saat ini kebanyakan perusahaan lebih memilih menggunakan sistem payroll otomatis yang lebih baik dan lebih akurat. Nah, bila ingin tahu dalam memahami apa sih pentingnya akurasi payroll itu? Lalu bagaimana langkah menjaga akurasi payroll, atau alat mana yang paling tepat untuk bisa tingkatkan keakuratan payroll? Sebaiknya lihat dulu informasi menarik berikut ini.

Apa Pentingnya Akurasi Payroll?

Dimulai dari pentingnya akurasi payroll baik untuk karyawan dan perusahaan. Ya, disini ada dua sisi yang seharusnya menerima keuntungan melalui sistem payroll yang akurat. Sehingga inilah salah satu dasar mengapa tingkatkan keakuratan payroll menjadi salah satu poin penting pada keuangan perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat tingkatkan keakuratan payroll bagi karyawan:

  • Memberikan nilai manfaat yang berhak diterima karyawan dengan pasti sesuai kontrak yang diberikan oleh perusahaan. Tidak ada resiko kekurangan pembayaran gaji dan manfaat-manfaat yang telah disepakati saat bergabung dengan perusahaan.
  • Memastikan besarnya iuran-iuran yang dipotongkan pada karyawan secara tepat sesuai peraturan pemerintah. Termasuk dalam hal potongan pajak yang harus dipertanggung jawabkan pada negara setiap tahunnya.

Sementara dari sisi perusahaan, sudah semestinya memberikan keuntungan yang maksimal pula. Secara umum, jika perusahaan tidak salah dalam menghitung gaji karyawan, maka ada beberapa keuntungan dalam penggunaan sistem payroll yang akurat ini. Termasuk di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Tidak terjadi kemungkinan perhitungan tunjangan yang salah. Misalnya premi asuransi dan tunjangan lainnya yang berdasarkan persentase pendapatan karyawan. Apabila terjadi kesalahan hitung maka lambat laun perusahaan akan dirugikan. Sehingga biaya pengeluaran membengkak yang tidak semestinya.
  • Melalui tingkatkan akurasi payroll, maka staff keuangan perusahaan akan bekerja lebih efektif dan efisien. Sehingga pada akhirnya produktivitas karyawan meningkat dan tidak ada yang membuang waktu percuma dalam hal kinerja karyawan.
  • Menstabilkan neraca keuangan perusahaan dengan tepat. Payroll yang akurat secara tidak langsung menunjukkan laba rugi perusahaan yang sesungguhnya. Sehingga dengan demikian perusahaan akan mendapatkan data keuangan yang sesuai setiap tahunnya.

Langkah Menjaga Akurasi Payroll

Tentu saja bagi banyak perusahaan menjaga akurasi payroll mungkin tidak mudah dan sering kali mengalami kesalahan. Padahal tingkatkan akurasi payroll ini dinilai sangat penting termasuk menjaga stabilisasi keuangan perusahaan. Ada banyak faktor yang menyebabkan suatu payroll tidak berjalan akurat. Antara lain penyebabnya sebagai berikut:

  • Human error, inilah salah satu poin penting yang sering kali terjadi dalam perusahaan. Dimana faktor ini bisa jadi karena tidak teliti menghitung atau dalam kondisi lelah sehingga kurang cermat.
  • Sistem yang kurang baik. Beberapa sistem payroll hanya memiliki fitur yang minim, terutama jika menggunakan sistem konvensional yang beberapa hal masih perlu dilakukan secara manual. Akibatnya kembali pada potensi human error yang sering kali terjadi.

Akibat dari faktor tersebut, tentu saja perusahaan harus berhati-hati dalam menentukan langkah untuk menjaga akurasi payroll tersebut. Pada dasarnya sejauh ini perusahaan berusaha keras dalam tingkatkan keakuratan payroll sebaik mungkin, antara lain dengan beberapa usaha sebagai berikut:

  • Memastikan perhitungan payroll sesuai kompensasi yang berhak diterima oleh karyawan terutama yang tertuang dalam kontrak kerja.
  • Menghitung besarnya tunjangan sesuai peraturan perusahaan dan peraturan pemerintah.
  • Menghitung besarnya potongan baik dari sisi perusahaan maupun sisi karyawan sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Sehingga baik perusahaan maupun karyawan tidak dirugikan.

Alat Untuk Tingkatkan Akurasi Payroll

Dalam mendukung tingkatkan keakuratan payroll yang lebih baik, tentu saja dibutuhkan alat pendukung yang mampu tingkatkan akurasi payroll secara maksimal. Namun, sering kali perusahaan bingung untuk memilih mana yang paling tepat. Apalagi di pasaran ada banyak produk dan sistem yang memberikan tawaran terbaiknya. Supaya tidak bingung, simak sedikit tips untuk memilih sistem payroll yang akurat:

  • Mudah Dioperasikan

    Pastikan bahwa sistem payroll yang dipilih cukup mudah untuk dioperasikan. Bila memungkinkan lihat lebih dulu fitur yang ada pada sistem tersebut, sehingga lebih mudah untuk melakukan semua aktivitas payroll ini dengan tepat.

  • Memiliki Garansi Resmi

    Sangat penting memiliki alat pendukung yang memiliki garansi resmi. Sehingga apabila terjadi kerusakan serta lain sebagainya, tidak susah untuk melakukan servis atau penggantian produk. Dengan garansi resmi, otomatis tidak ada biaya tambahan di kemudian hari.

  • Ada Layanan Pelanggan Yang Siap Sedia

    Sistem payroll yang baik tentunya juga memiliki layanan pelanggan yang mudah dihubungi kapan saja dan dimana saja. Sehingga apabila ada pertanyaan yang lebih jauh atau ada keinginan untuk melakukan servis dan reparasi, tidak perlu bingung mencari tahu informasi yang berkaitan. Dengan layanan pelanggan yang selalu tersedia, maka tentu cukup mudah mendapatkan informasi berkaitan dengan sistem payroll yang dibutuhkan.

  • Mudah Diakses

    Sebaiknya pilih yang mudah diakses dan bila memungkinkan bisa diakses dari mana saja. Di jaman yang serba modern dan penuh kecanggihan ini, ada baiknya mempertimbangkan sistem yang juga sudah serba digital. Sehingga nantinya bisa diakses melalui gadget ataupun melalui koneksi internet di mana saja. Hal ini mempermudah pekerjaan tim keuangan perusahaan untuk bekerja kapan saja dan dimana saja.

  • Harga Sesuai

    Terakhir faktor harga juga merupakan poin yang harus diperhatikan. Bandingkan dengan cermat harga sistem payroll yang ditawarkan. Sehingga dengan demikian bukan hanya mendapatkan sistem yang baik dan tepat, tetapi juga mendapatkan produk yang harganya sesuai dana yang dimiliki perusahaan.

Nah dari keterangan di atas, tentu sudah makin terbuka dengan jelas bahwa memilih sistem payroll yang akurat ini sangat penting. Oleh sebab itu perusahaan sebaiknya jangan pilih secara asal saja. Pastikan memilih alat yang paling baik dan berkualitas, seperti misalnya JojoPayroll. Sebagai salah satu terobosan terbaik dalam bidang penggajian karyawan termasuk fitur-fitur sejenis lainnya, software yang satu ini dijamin akan memberikan sistem yang sesuai kebutuhan banyak perusahaan. Diluncurkan dengan berbagai fitur, JojoPayroll bisa memberikan manfaat seperti:

  • Perhitungan payroll akurat,
  • Perhitungan prorate otomatis,
  • Komponen add-on payroll yang fleksibel

Serta masih banyak lagi manfaat dari penggunaan software tersebut. Berkat sematan fitur-fitur seperti cetak slip gaji otomatis dan slip gaji digital, menggunakan JojoPayroll sudah pasti lebih efektif dan efisien.

Jadi, bila sudah yakin benar akan manfaat dan fitur JojoPayroll, kini saatnya perusahaan Anda beralih ke alat dan sistem yang lebih baik. Percayakan pada JojoPayroll saja! Segera lakukan coba gratis di perusahaan Anda dan dapatkan sistem payroll terbaik untuk hasil tingkatkan keakuratan payroll yang lebih efektif dan efisien!