Tipe Kepemimpinan Untuk Memajukan Perusahaan

Memunculkan potensi luar biasa yang dimiliki karyawan adalah manfaat tipe kepemimpinan. Banyak sekali dikenal jenis-jenis kepemimpinan ini. Setiap unsur leadership atau kepemimpinan dipengaruhi juga oleh ilmu serta kepribadian dari pemimpin tersebut. Maka akan sangat wajar jika hadir begitu banyak praktek kepemimpinan ini.

Kepemimpinan adalah alat untuk memandu para karyawan untuk berkerja dengan maksimal. Faktor mempengaruhi dari seorang pemimpin haruslah kuat. Ia harus bisa membuat para bawahan ataupun karyawannya menurut apa yang diinginkannya. Tentu saja keinginan ini berdasarkan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Mayoritas pengusaha yang ada di dunia sudah menggunakan tipe kepemimpinan ramah untuk para karyawan. Artinya pemimpin yang menggunakan jabatannya untuk membuat bawahannya patuh hampir sudah tidak ada lagi. Memang jika hanya memerintah dalam pekerjaan adalah hal yang mudah. Tapi hasil dan impactnya kepada karyawan berbeda satu sama lain. Berikut adalah beberapa jenis kepemimpinan.

Tipe Kepemimpinan Visioner Dengan Rencananya

tipe kepemimpinan

Visioner adalah tipe kepemimpinan pertama yang bisa anda terapkan didalam perusahaan pemimpin jenis ini cenderung merancang beragam rencana untuk masa depan perusahaan. Ia akan melakukan meeting jika menemukan sebuah rencana. Jika hasil meeting membuahkan hasil bahwa rencanannya tersebut baik bagi perusahaan.

Maka pemimpin visioner akan melakukan pelatihan terhadap para karyawannya agar rencana yang telah dipikirkannya bisa terrealisasi. Pemimpin jenis ini berdasarkan kepada pandangannya kedepan bagi perusahaan. Ia akan sangat baik dalam menganalisa hasil dari dampak rencananya tersebut. Pemimpin jenis ini juga sangat baik ketika menyelsaikan masalah.

Karena sebelum terjadi masalah ia sudah menyiapkan serangkai rencana preventif ketika hambatan terjadi. Tipe kepemimpinan visioner cukup populer dikalangan para pengusaha. Sesuai namanya visioner berasal dari visi atau pengelihatan jauh kedepannya. Para karyawan yang memiliki jenis pemimpin seperti pasti akan mempunyai sikap optimis saat berkerja.

Kepemimpinan Demokratis Dalam Perusahaan

Tipe kepemimpinan demokratis lebih mengutamakan suara terbanyak yang berasal dari para karyawan. Walaupun ide dari sang pemimpin harus kalah ini tidak masalah. Asalkan mayoritas karyawan mengikuti plan lainnya. Setiap ide dan solusi yang diberikan akan sangat majemuk.

Tentu saja kepemimpinan jenis ini sangat baik. Karena para karyawan akan merasa dianggap, mereka merasakan sebuah kebebasan dalam menyampaikan pendapat. Sehingga setiap anggota didalam perusahaan saling berlomba untuk memberikan kontribusinya masing-masing.

Pegawai yang berkerja dibawah tipe kepemimpinan demokratis akan cepat mengalami kemajuan. Sebab mereka merasa dirinya layak dan menjadi bagian didalam perusahaan tersebut. Setiap kontribusi berupa ide maupun tindakan dibawah kepemimpinan demokratis akan sangat dihargai. Setiap pegawai akan mengeluarkan kemampuan mereka secara maksimal.

Tipe Transformasional Dalam Kepemimpinan

Transformasional diambil dari kata transform yang artinya adalah perubahan. Tipe kepemimpinan transformasional lebih berfokus kepada peningkatan dan perubahan kinerja para pegawai. Mereka yang menggunakan jenis kepemimpinan seperti ini biasanya adalah perusahaan start up. Karena jumlah pegawai yang masih sedikit dan pemimpin harus turun tangan langsung.

Hal positif dari jenis kepemimpinan transformasional adalah tindakan pemimpin yang langsung memberikan contoh. Hal inilah yang kemudian menjadi motivasi utama para pekerja didalam perusahaan untuk melakukan tugas dengan baik. Mereka akan termotivasi ketika pemimpin juga ikut membantu mereka.

Walaupun tipe kepemimpinan transformasional ini cenderung sulit diterapkan dalam perusahaan yang sangat besar. Tapi akan selalu saja orang yang memanfaatkan jenis kepemimpinan ini. Karena memberikan bantuan langsung akan berdampak signifikan terhadap semangat para pekerja didalam perusahaan tersebut.

Kepemimpinan Situasional Dengan Kefleksibelannya

Dalam perusahaan yang menerapkan tipe kepemimpinan situasional. Sang pemimpin akan bertindak dengan fleksibel menyesuaikan perkembangan para karyawannya. Jika dalam tahap awal ia akan membimbing dengan sangat baik para karyawanny untuk bisa memahami tujuan dan cara kerja yang benar.

Dipertengahan sang pemimpin akan melakukan tindakan menggandeng para karyawan untuk bisa terus maju. Dengan sikap ini pemimpin akan mengetahui setiap progress yang dilakukan didalam perusahaanya. Jadi ketika terjadi hambatan dan kesalahan sang pemimpin bisa langsung mengatasinya sedini mungkin.

Tahap terakhir dari tipe kepemimpinan situasional adalah dengan terus memberikan semangat pada karyawan ketika sudah ahli dalam pekerjaannya. Hubungan yang terjalin antara karyawan dan pemimpin akan sangat dekat. Dengan hubungan yang begitu dekat maka perkembangan perusahaan dapat dilakukan lebih cepat.

Jenis Kepemimpinan Multikultural

Perusahaan multinasional kerap kali menggunakan tipe kepemimpinan multikultural ini. Karena pegawai yang berkerja didalam perusahaan tersebut meliputi beragam budaya, agama serta ras. Jadi pemimpin harus menghargai setiap perbedaan yang akan terjadi pada karyawan.

Sampelnya misalkan dengan melakukan berbagai perayaan hari besar seperti Natal, Idul Fitri dan lain sebagainya. Dengan begini setiap karyawan akan merasakan kantor sebagai rumah mereka. Pemimpin juga harus bisa menghandle kemajemukan dalam sebuah perusahaan. Menerima setiap kekurangan serta nilai plus yang dimiliki oleh masing-masing pegawai.

Tipe kepemimpinan seperti ini cukup populer dikalangan bisnis besar. Karena para professional biasanya berasal dari beragam suku dan budaya yang ada di dunia. Jika perusahaan menerima mereka maka jenis kepemimpinan ini haruslah diterapkan. Agar tidak sering terjadi clash diantara para pekerja didalam perusahaan tersebut.

Pemimpinin Fasilisator

Terakhir adalah tipe kepemimpinan fasilisator. Dengan gaya kepemimpinan ini maka pemimpin akan berfokus kepada hasil akhir. Sang pemimpin akan turun tangan ketika karyawan tidak melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik. Pemimpin tidak akan begitu peduli dengan proses yang dijalani para karyawannya.

Asalkan hasil akhirnya sesuai dengan apa yang telah ia amanatkan. Sehingga karyawan harus bisa mengeksplore setiap kemungkinan dan peluang yang ada didalam perusahaan. Pegawai juga harus bisa memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dengan baik.

Fasilitas Software Penunjang Kinerja

Seluruh tipe kepemimpinan diatas pasti akan membutuhkan fasilitas penunjang. Pilihannya bisa dengan penggunaan JojoTimes. Perangkat lunak untuk mempermudah melakukan monitoring dan absensi pegawai di perusahaan anda. Dengan segudang prestasi dan sudah digunakan oleh ratusan perusahaan terkenal.

JojoTimes sangat membantu terutama dalam pembuatan laporan absensi bulanan. Uniknya perangkat lunak ini dapat memberikan laporan kepada anda dengan otomatis. Berdasarkan setiap integrasi data hasil absensi yang dilakukan oleh para karyawan didalam perusahaan tersebut.

Apapun tipe kepemimpinan yang digunakan pastikan perangkat lunak JojoTimes untuk memaksimalkannya. Sebab teknologi GPS pada perangkat lunak ini membuat anda bisa dengan mudah mengetahui posisi para pekerja. Sehingga monitoring para pegawai bisa sangat efisien dan mudah.

Seluruh beban kerja dari segi waktu masuk dan pulang akan diberikan oleh JojoTimes dengan kalkulasi yang baik. Tidak perlu lagi repot ketika harus membuat jadwal kerja. Sistem perangkat lunak ini juga begitu fleksibel dalam perubahan jadwal yang terjadi.

Segudang keuntungan akan bisa anda nikmati dari versi demo JojoTimes. Jadi ayo efisiensikan tipe kepemimpinan di perusahaan anda dengan mendownloadnya.