Transparansi Di Tempat Kerja Berikan Perubahan Positif  

transparansi di tempat kerja

Membudayakan transparansi di tempat kerja menjadi sebuah sarana yang paling cocok untuk mencapai tujuan dalam perusahaan. Keterbukaan dalam berbagai hal merupakan awal dari sebuah hubungan harmonis yang bisa dibangun dalam lingkungan serta budaya kerja. 

Akses informasi yang lebih mudah. Membuat karyawan bisa dengan begitu mudah memandingkan setiap lingkungan kerja dan benefit yang didapatkannya. Jika perusahaan tidak cerdik untuk melakukan transparansi. Maka pegawai akan melakukan pencarian informasinya sendiri. Tentu saja ini bukan hal terbaik. Hal seperti ini menimbulkan keraguan bagi beberapa pegawai. 

transparansi di tempat kerjaTidak ada salahnya untuk melakukan transparansi di tempat kerja. Sebab jika setiap karyawan mengetahui lebih dalam tentang perusahaan justru akan baik. Sebaliknya semakin sedikit yang diketahui oleh pegawai tentang perusahaan maka penangan masalahnya akan terhambat. 

Mempercayai Karyawan Dengan Transparansi 

Salah satu langkah baik untuk membangun hubungan kerja yang harmonis adalah dengan transparansi di tempat kerja. Hal ini sudah tidak bisa lagi dihindari dizaman sekarang. Berbagai media elektronik pendukung menjadi alasan yang kuat bagi perusahaan untuk melakukan transparansi. 

Pendokumentasian berbagai informasi didalam perusahaan bisa dilakukan lebih mudah dizaman ini. Hampir tidak ada perusahaan yang benar-benar tertutup. Maka dari itu perusahaan harus bisa beradaptasi dengan membagikan informasi terkait perusahaan melalui transparansi. 

Tapi yang perlu diingat adalah perusahaan juga harus membuat SOP. Agar informasi yang telah dibagiakan melalui transparansi di tempat kerja. Tidak boleh sampai bocor kepada pihak lain diluar perusahaan. Alasannya karena bisa saja informasi tersebut disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Transparansi ini seharus bisa meningkatkan retensi karyawan didalam sebuah perusahaan. Tingkat kepercayaan yang diberikan oleh perusahaan melalui transparansi akan membuktikan bahwa setiap pegawai itu sama. Mereka hanya berbeda dari segi tanggung jawab dan juga targetnya. 

Dari segi moralitas transparansi di tempat kerja merupakan sebuah hal yang sangat terpuji. Perusahaan menghargai pegawai dengan memberikan jalur informasi yang lebih terbuka dan mudah diakses oleh setiap karyawan didalamnya. 

Melakukan transparasi juga merupakan sebuah cara agar pegawai bisa turut serta dalam menyelsaikan berbagai masalah dan tujuan perusahaan. Keterlibatan karyawan akan sangat mudah jika informasi yang didapatkannya memadai. 

Pihak perusahaan bisa mulai melakukan transparansi ini dari mulai saat rekruitmen pegawainya. Dengan melakukan transparansi di tempat kerja saat rekruitmen calon pegawai akan mendapatkan bayangan lebih besar tentang tanggung jawab dan juga benefit kedepannya. 

Dengan gambaran yang lebih jelas tentang profile perusahaan karena pihak manajemen memberlakukan transparansi. Setiap masalah dan juga target yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan akan memiliki progress pencapaian di atas rata-rata. 

Mulai Menerapkan Transparansi Di Tempat Kerja 

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan ketika memberlakukan transparansi di tempat kerja. Untuk itulah konsep transparansi ini harus sudah bisa dimanfaatkan oleh banyak perusahaan. Apa saja yang mesti dilakukan perusahaan untuk bisa menerapkan transparansi?. Berikut adalah langkah-langkah mudahnya. 

Keterbukaan Terhadap Setiap Anggota Tim 

Sebenarnya masalah yang dihadapi oleh sebuah tim ataupun perusahaan akan selalu datang. Mengingat sudah menjadi sebuah hal yang wajar dalam mengelola usaha untuk timbulnya masalah. Masalah ini bisa menjadi sebuah momen meningkatkan kualitas atau bahkan menurunkannya. 

Memberikan transparansi di tempat kerja melalui tim yang lebih terbuka terhadap segala yang sedang dan akan dihadapi merupakan langkah awal. Keterbukaan akan membangkitkan rasa empati dan juga solidaritas didalam tim tersebut.  

Dengan terbangunnya empati maka menghadapi setiap masalah akan terasa lebih mudah dan ringan. Kesalahan pengambilan keputusan yang akan dilakukan pimpinan tidak akan terjadi. Disinilah peran yang sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan transparansi di tempat kerja. 

Dalam beberapa kasus transparasi ini memang sebuah hal yang sangat krusial untuk diterapkan. Apalagi jika memiliki manajemen yang tidak mau membagi informasi terkait perusahaan. Pada akhirnya merahasiakan informasi yang ada ddidalam perusahaan hanya akan menghasilkan berbagai masalah baru. 

Pegang Kendali Dalam Arus Informasi 

Perlu dicatat bahwa transparansi di tempat kerja yang akan dilakukan juga harus memiliki arusnya sendiri. Banyak kejadian jika sebuah perusahaan terlalu terbuka terkait dengan setiap informasi didalam perusahaan. Maka mereka mendapatkan kerugian yang begitu signifikan.  

Sebelum melaksanakan sebuah kebijakan transparansi anda harus mengetahui dulu apakah akan lebih baik secara keseluruhan ataupun hanya sebagian. Keseimbangan dalam transparansi juga tidak boleh dianggap enteng. Karena masa depan perusahaan akan bergantung padanya dizaman ini. 

Memberikan transparansi secara utuh terkadang malah menjadi sebuah bumerang yang dapat menghancurkan perusahaan. Tapi disisi lain menyimpan seluruh informasi dan rahasia perusahaan malah lebih cepat menghancurkan sebuah perusahaan, 

Keputusan besar untuk transparansi di tempat kerja. Harus benar-benar dikaji ulang oleh pihak manajemen. Jangan sampai salah mengambil keputusan yang pada akhirnya akan menghasilkan kehancuran. Lebih baik menjalani transparansi ini secara bertahap kalau memang perusahaan belum menerapkan metode transparansi. 

transparansi di tempat kerja
Success Goals Analysis Corporate Business Concept

Bangun Kepercayaan Tim Yang Lebih Baik 

Membangun kerja sama tim melalui transparansi di tempat kerja. Adalah nilai plus yang didapatkan setelah perusahaan anda memberlakukan kebijakan transparansi. Kepercayaan dari setiap anggota bisa didapatkan setelah seluruh orang didalamnya mendapatkan informasi yang relevan. 

Modal kepercayaan didalam sebuah tim adalah sebuah pertanda baik. Karena tim tersebut akan menghasilkan berbagai gagasan cemeralng untuk perusahaan. Sebaliknya dengan ketidak percayaan yang menumpuk hanya akan menghasilkan kinerja buruk. 

Sebisa mungkin perusahaan harus membangun transparansi di tempat kerja dengan setiap tim yang memiliki kepercayaan satu sama lainnya. Walaupun dalam pelaksanaannya memang tidak akan mudah. Mengingat karakteristik dari setiap anggota akan saling berbeda. 

Tapi perjuangan untuk menyatukan tim dan membangun kepercayaan didalamnya akan setimpal. Satu cara termudah untuk bisa menerapkan transparansi adalah dengan memanfaatkan perangkat lunak JojoPayroll. Dengan perangkat lunak ini perusahaan bisa mendapatkan perhitungan payroll yang semakin mudah. 

Perangkat lunak yang dibuat oleh jojonomic ini telah digunakan oleh lebih dari 300 perusahaan terkemuka. JojoPayroll sendiri mampu merubah sistem bukti pembayaran berupa kertas menjadi digital. Dengan pemberian e-slip payroll perusahaan anda bisa memotong pengeluaran yang tidak diperlukan dari pencetakan slip melalui kertas. 

Pembuatan laporan bulanan merepotkan anda?. Untung saja sekarang anda sudah bisa menggunakan JojoPayroll. Karena software ini dapat mengerjakan laporan bulanan dari payroll di perusahaan anda dalam waktu yang sangat singkat. 

Penyajian data payroll yang lebih komperhensif akan bisa didapatkan oleh anda. Ketika memutuskan untuk menggunakan perangkat lunak JojoPayrollSoftware ini telah menggunakan basis cloud untuk jenis penyimpanannya jadi data payroll perusahaan anda akan aman dan mudah diakses. 

Pergunakan versi demo dari software ini secara gratis. Download saja secara manual dengan mengunjungi situs Jojonomic sekarang juga. Perbedaan yang akan dirasakan akan jauh ketika anda menggunakan software JojoPayroll ini.