Triangle Service Dalam Memberikan Manfaat Layanan Optimal

Triangle service sering pula diartikan segitiga jasa pelayanan. Dalam hal ini pelayanan yang dimaksud tentu berhubungan dengan pelayanan dari perusahaan kepada konsumen dan pelanggan. Pada dasarnya pelanggan memang merupakan sasaran dari setiap perusahaan. Oleh karena itu bagaimanapun caranya perusahaan haruslah bisa memberikan layanan yang terbaik untuk para pelanggan. Setidaknya perusahaan harus bisa memberikan produk yang bisa memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan. Apa yang diberikan oleh perusahaan kepada para pelanggan haruslah memiliki kualitas yang baik.

Adanya pelayanan yang baik dan berkualitas tentu akan membuat pelanggan merasa aman dan nyaman termasuk saat sedang menggunakan produk keluaran perusahaan tersebut. Selain itu pengaduan dari pelanggan juga menjadi bagian tugas dari perusahaan. Dalam hal ini perusahaan haruslah bisa menerima pengaduan dari pelanggan yang umumnya mengandung keluhan serta kritik dan saran atau masukan bagi perusahaan. Pengaduan ini sudah seharusnya diatasi dengan pemberian layanan terbaik bagi pelanggan tersebut. Dengan kata lain triangle service lebih menekankan adanya pelayanan terbaik dari perusahaan kepada para pelanggan sehingga perusahaan bisa melakukan pencapaian target atau sasaran dan tujuan secara lebih efektif.

Elemen Yang Mempengaruhi

Dalam triangle service ini ada beberapa elemen penting yang harus diperhatikan, secara garis besar meliputi hal-hal berikut ini.

1. Service strategy

Service strategy ini bisa disebut juga dengan istilah strategi pelayanan. Istilah ini menekankan adanya strategi untuk dapat memberikan pelayanan kepada para pelanggan. Pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan dalam hal ini diberikan dengan kualitas sebaik mungkin. Selain itu pelayanan dari perusahaan selalu diusahakan agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Dalam hal ini standar perusahaan tersebut dibuat dengan berdasarkan pada harapan atau keinginan dari para konsumen dan pelanggan.

Pelayanan ini juga harus dilakukan secara lebih efektif agar bisa lebih menarik dari kompetitor perusahaan. Melalui pelayanan yang diberikan ini maka diharapkan agar pelanggan tetap setia untuk melakukan pembelian produk di perusahaan tersebut secara berulang atau kontinyu. Tidak hanya itu saja tetapi melalui pelayanan ini pula nantinya diharapkan agar perusahaan bisa memperoleh konsumen dan pelanggan yang baru. Perusahaan berharap agar bisa diterima dan dipilih oleh konsumen lebih daripada kompetitornya.

2. Service people

Elemen lain dalam triangle service adalah service people yang disebut juga sumber daya si pemberi jasa. Jika sebelumnya kualitas pelayanan menjadi penekanan dan fokus oleh perusahaan maka kali ini pelayanan diusahakan untuk selalu dilakukan oleh orang-orang yang berkualitas. Dalam hal ini orang yang memberikan jasa memang harus memberikan pelayanannya dengan baik. Pelayanan harus disertai dengan rasa tulus dan empati serta responsif. Tidak hanya itu saja tetapi orang yang memberikan jasa haruslah selalu bersikap ramah dan selalu memusatkan fokusnya pada kepuasan pelanggan.

Setiap orang yang memberikan jasa haruslah memiliki kesadaran bahwa kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting dan harus dicapai. Pelayanan mungkin bisa dilakukan baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Namun bagaimanapun caranya tetaplah pelayanan harus diberikan dengan baik. Pemberi jasa haruslah mengerti bagaimana standar perusahaan yang telah ditetapkan dalam hal pemberian pelayanan kepada konsumen atau pelanggan. Dengan demikian pemberi jasa dapat bertindak sesuai dengan apa yang telah menjadi standar perusahaan terutama dalam hal pelayanan konsumen atau pelanggan.

3. Service system

Service system jika diubah ke dalam bahasa yang kita gunakan sama saja dengan sistem pelayanan. Pada dasarnya sistem pelayanan ini lebih mengacu kepada segala prosedur pelayanan yang harus diberikan kepada para pelanggan. Dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggan umumnya perusahaan akan melibatkan para karyawan atau tenaga kerja yang dimiliki oleh perusahaan. Untuk itu perusahaan perlu menetapkan prosedur dan segala ketentuan yang akan dijalankan oleh karyawan atau pemberi jasa.

Sebuah prosedur pada dasarnya merupakan hal yang penting di dalam suatu perusahaan. Dengan adanya prosedur inilah maka para karyawan atau pemberi jasa pelayanan akan mengerti apa saja yang harus dilakukannya. Pemberi jasa pelayanan akan bekerja untuk melayani pelanggan dengan baik dan sesuai harapan perusahaan. Oleh karena itu penetapan prosedur harus dilakukan sebelumnya sehingga bisa menjadi standar perusahaan. Sistem yang digunakan oleh perusahaan dan hadir dalam bentuk prosedur perusahaan ini akan menjadi pedoman bagi para karyawan untuk bertindak termasuk pula dalam hal melayani pelanggan.

Tujuan Triangle Service

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya bahwa istilah triangle service pada dasarnya mengacu pada suatu bentuk pelayanan yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada para pelanggan yang telah menggunakan produk perusahaan. Pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan haruslah bisa memuaskan pelanggan. Dengan adanya pelayanan yang baik dari perusahaan maka pelanggan bisa terus percaya kepada perusahaan. Kepercayaan pelanggan ini akan membuat perusahaan untuk selalu melakukan pembelian produk sehingga perusahaan bisa mencapai tujuan dengan lebih mudah.

Oleh karena itu ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan terkait hal pemberian layanan atau jasa kepada para pelanggan. Diantaranya adalah kualitas SDM perusahaan yang melakukan kegiatan pemberian layanan atau jasa secara langsung kepada pelanggan dan konsumen. Setidaknya perusahaan perlu melakukan peningkatan kualitas SDM sehingga SDM bisa memberikan hasil yang juga berkualitas termasuk dalam hal memberikan jasa atau layanan pada pelanggan. Tidak hanya SDM saja tetapi perusahaan juga perlu membuat terobosan yang penuh dengan kreativitas dan inovasi terutama dalam memuaskan pelanggan.

Adanya terobosan yang unik bisa menjadi andalan bagi perusahaan untuk terus tetap menjalankan aktivitas bisnisnya di tengah persaingan yang ketat. Kreativitas perlu ditingkatkan pula dalam penetapan prosedur pemberian layanan atau jasa pada pelanggan. Tentu hal ini akan menjadi suatu strategi yang terbaik bagi perusahaan sehingga pelanggan akan merasa puas terhadap perusahaan. Dengan demikian maka segala apa yang menjadi tujuan bagi sebuah perusahaan bisa dicapai secara lebih efektif.

Pelaksanaan triangle service jika dilakukan dengan tepat dan optimal tentu membantu pencapaian yang baik dalam perusahaan sendiri. Sama halnya saat menggunakan sistem payroll yang tepat dan efektif. Salah satunya yaitu menggunakan JojoPayroll. Dimana produk ini dapat memberikan aneka rupa manfaat baik membantu otomatisasi pembayaran payroll, hingga debit langsung secara teratur. Selain itu produk ini juga sanggup membantu kalkulasi pemotongan pajak maupun pemberian tunjangan secara otomatis juga. Termasuk perhitungan prorate yang terkait dengan cuti dan kehadiran karyawan.

Semua manfaat ini berkat adanya fitur-fitur andalan pada JojoPayroll, meliputi fitur berikut ini:

  • Customized Allowance Component
  • Allowance by Organization Chart
  • Customized Deduction Component
  • Multiple Deduction Type
  • Government Standard BPJS Calculation
  • Customized BPJS Calculation

Dengan fitur tersebut, pastinya tidak perlu khawatir untuk beralih pada JojoPayroll. Segera dapatkan coba gratis di perusahaan Anda untuk melihat sendiri sejumlah manfaatnya. Miliki sistem payroll terbaik yang efektif dan lebih efisien.