Tugas Direktur yang Perlu Kamu Ketahui

Sebuah perusahaan umumnya digerakkan oleh banyak orang dengan berbagai bagian. Dalam struktur perusahaan, mungkin kita kenal yang namanya direktur. Salah satu jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan.

Oops! We could not locate your form.

Saat ini, kamu mungkin tengah mendambakan menjadi seorang direktur. Dengan bekerja secara giat, dan berusaha menjadi karyawan teladan. Namun sebelumnya, apa kamu sudah tahu apa saja tugas dari seorang direktur? Artikel ini akan memberikan penjelasan terkait hal tersebut, jadi baca artikel ini sampai selesai ya!

Direktur Adalah

Secara singkat, direktur adalah seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan. Namun mungkin kamu bingung, kan ada CEO atau pemimpin umum. Lalu sebenarnya, siapa sih seorang direktur itu. Berikut akan kita bahas.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata direktur berarti pemimpin tertinggi dalam suatu perusahaan. Pengertian lain menyebutkan, direktur adalah orang yang bertugas memberikan bimbingan melalui pengarahan, nasihat, bantuan, penerangan, dan lain sebagainya.

Penjelasan dalam KBBI tersebut cukup memberikan gambaran siapa dan bagaimana posisi seorang direktur. Arti berikutnya menjelaskan secara singkat, apa saja tugas direktur. Tapi itu hanya sebagian, untuk tahu lebih lengkap, berikut akan kita bahas tugas dari direktur.

Tugas Direktur

Pada bagian ini, kita akan bahas tugas secara umum dan secara khusus. Maksud dari secara khusus adalah tugas direktur berdasarkan bagian yang dibidanginya, seperti keuangan, pemasaran, atau perusahaan. Namun kita akan mulai dengan pembahasan terkait tugas direktur secara umum.

Tugas Direktur Secara Umum

Jika kamu mengira bahwa tugas direktur adalah tugas yang mudah, seperti meeting atau memberikan tanda tangan, maka kamu salah besar. Ada banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang direktur untuk menjalankan perusahaannya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Implementasi Visi dan Misi Perusahaan

Tugas pertama seorang direktur adalah mengimplentesaikan serta mengorganisir visi dan misi perusahaan. Setiap visi, misi dan tujuan perusahaan harus bisa disampaikan dengan baik kepada para karyawannya. Kemudian, seorang direktur juga harus mampu menjamin karyawannya memahami visi, misi, serta tujuan perusahaan tersebut. Hal ini dapat dilakukan seorang direktur dengan melakukan komunikasi yang intens dengan para karyawan.

Menyusun Strategi Bisnis Perusahaan

Kemudian, seorang direktur harus mampu menyusun strategi bisnis dan membuat rencana perusahaan. Tapi tugas ini tidak hanya dilakukan seorang diri, direktur dapat melakukannya bersama tim dalam sebuah perusahaan. Strategi ini juga biasanya dibuat berdasarkan kebutuhan perusahaan dan divisi, sehingga butuh peran serta anggota dari berbagai divisi, untuk menyusun strategi bisnis perusahaan.

Melakukan Evaluasi terhadap Perusahaan

Ketiga, tugas seorang direktur adalah melakukan evaluasi terhadap perusahaan. Seorang direktur harus mampu melihat kondisi perusahaan, melihat kekurangan dan kebutuhan perusahaannya. Kemudian pencapaian dan kekurangan dievaluasi, agar kedepannya perusahaan bisa menjadi lebih baik.

Melakukan Rapat

Selanjutnya adalah melakukan rapat, atau yang lebih sering disebut dengan meeting. Dalam meeting tersebut, biasanya direktur akan bertemu dengan berbagai divisi, beberapa pemimpin dalam perusahaan. Hal ini dilakukan untuk menevaluasi atau menyusun strategi perusahaan. Direktur juga harus bisa menyampaikan gagasan dan memberikan arahan kepada pihak-pihak lain dalam perusahaan.

Menunjuk Orang yang Mampu Memimpin

Salah satu tugas dari direktur adalah menunjuk orang untuk memimpin. Mereka nantinya akan memimpin sebuah divisi, atau proyek. Para pemimpin ini akan menjadi perpanjangan tangan atau pembantu tugas direktur untuk mengawasi jalannya perusahaan.

Mengawasi Situasi Bisnis

Tugas direktur yang lainnya adalah mengawasi situasi bisnis. Baik situasi internal, maupun eksternal. Dengan pengawasan dan kemampuan untuk mengikuti segala situasi, direktur diharapkan bisa segera mengambil keputusan saat perusahaan membutuhkan. Selain itu, ia juga bisa langsung mengevaluasi ketika terjadi kesalahan, sehingga kerugian yang diterima perusahaan tidak begitu besar.

Tugas Direktur secara Khusus

Setelah membahas tugas direktur secara umum, selanjutnya kita akan bahas tugas direktur secara lebih khusus. Hal tersebut dilihat dari posisi mereka dalam perusahaan. Berikut ulasannya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Direktur Utama

Secara singkat, tugas direktur utama adalah menjadi koordinator, komunikator, pengambil keputusan, pemimpin, pengelola, sekaligus eksekutor dalam sebuah perusahaan. Disamping itu, tugas direktur adalah sebagai berikut:

  • Memimpin dan bertanggung jawab menjalankan perusahaan
  • Bertanggung jawab terhadap kerugian yang mungkin dihadapi perusahaan, pun bertanggung jawab terhadap keuntungan perusahaan
  • Menentukan, merumuskan, dan memutuskan sebuah kebijakan dalam perusahaan
  • Merencanakan, mengembangkan dan mengelola berbagai sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan milik perusahaan
  • Menyusun dan menetapkan berbagai strategi stategis untuk mencapai visi dan misi perusahaan
  • Mengkoordinasikan dan mengawasi semua kegiatan di perusahaan, mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan barang
  • Mengangkat dan memberhentikan karyawan perusahaan
  • Menjadi perwakilan perusahaan dalam hubungannya dengan dunia luar perusahaan

Direktur Operasional

Kedua adalah direktur operasional. Direktur operasional adalah seorang yang memiliki tanggung jawab terhadap semua kegiatan operasional perusahaan. Hal tersebut mencakup proses perencanaan hingga pelaksanaan operasional.

Dalam melakukan tugasnya, direktur operasional sangat berkaitan pada bidang perusahaannya. Misalkan direktur Moda Raya Transportasi atau MRT. Maka tugas operasionalnya akan berkaitan dengan operasional MRT. Berikut beberapa tugas dari direktur operasional.

  • Membantu tugas-tugas direktur utama
  • Bertanggung jawab terhadap seluruh proses operasional, produksi, proyek hingga kualitas hasil produksi
  • Bertanggung jawab terhadap pengembangan kualitas produk maupun karyawan yang terlibat
  • Menyusun stategi dalam pemenuhan target perusahaan, dan cara mencapai target tersebut
  • Mengecek, mengawasi dan menentukan semua kebutuhan dalam proses operasional perusahaan
  • Merencanakan, menentukan, mengawasi, mengambil keputusan serta melakukan koordinasi dalam hal keuangan untuk kebutuhan operasional perusahaan
  • Mengawasi seluruh karyawan dan memastikan mereka menjalankan tugas sesuai dengan yang diperintahkan
  • Membuat laporan kegiatan untuk diberikan kepada direktur utama

Direktur Keuangan

Ketiga adalah direktur keuangan. Direktur keuangan memiliki tugas yang tidak jauh berbeda dengan direktur lainnya, hanya saja lingkup tugasnya meliputi keuangan. Berikut kita bahas beberapa tugas direktur keuangan.

  • Bertanggung jawab terhadap kinerja keuangan sebuah perusahaan
  • Bertanggung jawab membuat laporan keuangan perusahaan
  • Mengawasi laporan keuangan perusahaan
  • Menyusun strategi dan meningkatkan pertumbuhan keuangan perusahaan
  • Meminimalisir resiko keuangan yang mungkin merugikan perusahaan
  • Melihat secara jeli peluang perusahaan

Sebetulnya, dalam setiap perusahaan, jabatan direktur bisa berbeda-beda. Mungkin tidak hanya tiga jabatan yang kita bahas barusan. Ada perusahaan yang memiliki direktur personalis, direktur pemasaran, bahkan direktur teknik. Itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Direktur sebagai jabatan tertinggi pada sebuah perusahaan tentunya memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat besar. Maka tentunya tugas direktur tidaklah semudah yang dibayangkan. Sebab ada banyak tugas yang harus diemban dan dilakukan. Bayangkan saja seorang direktur haruslah dapat memimpin sebuah lembaga atau organisasi atau perusahaan. Sebab jabatan direktur ini merupakan jabatan yang tertinggi di sebuah lembaga atau perusahaan.

Maka dari itu setiap hal yang menjadi bagian dari tugas direktur ini haruslah dilakukan dengan sebaik-baiknya. Sebab sudah tentu tugas direksi ini sangat menentukan keberadaan sebuah lembaga atau perusahaan. Jika jajaran direksi ini mampu mengelola perusahaan dengan baik maka eksistensi perusahaan akan terus berlangsung. Namun jika tugasnya tidak dijalankan dengan baik maka bisa saja timbul berbagai hambatan atau kendala bagi perusahaan.

Keahlian Khusus Penunjang Tugas Direktur

Kepemimpinan Sebagai Pendukung Tugas Direktur Utama

Salah satu keahlian khusus yang harus dimilikioleh seorang pimpinan perusahaan adalah kepemimpinan atau leadership. Kepemimpinan atau leadership ini bahkan menjadi hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang direktur. Sebab jiwa kepemimpinan memang haruslah dimiliki oleh seorang pemimpin dari suatu lembaga.

Dengan adanya jiwa kepemimpinan ini maka seorang direktur tentu saja dapat membawahi para anggotanya. Ia dapat menuntun para anggotanya dalammelakukan segala macam pekerjaan. Selain itu dengan jiwa kepemimpinan yang dimilikinya maka ia juga sudah tentu dapat mengkoordinasi seluruh tim kerja yang ada di perusahaan. Pada akhirnya tiap anggota perusahaan nantinya dapat bekerja dengan baik sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing.

Tugas Direktur Dalam Komunikasi

Keahlian khusus yang kedua dan harus dimiliki oleh seorang direktur adalah keahlianatau kemampuan berkomunikasi. Pada dasarnya komunikasi akan terjadi dan harus dilakukan oleh pemimpin perusahaan kepada berbagai macam pihak. Mulai dari komunikasi dengan pemilik perusahaan hingga komunikasi dengan para bawahan. Komunikasi juga harus dilakukan dengan bebrapa klien ataupun mitra kerja yang dapat berpengaruh pada perusahaan. Selain itu komunikas juga diperlukan untuk bsia berhubungan dengan warga sekitar perusahaan.

Jadi komunikasi turut menjadi bagian penting yang harus ada dalam diri direktur. Bahkan kemampuan komunikasi juga perlu dimiliki oleh direktur agar dapat memimpin rapat perusahaan dengan baik. Jadi segala ilmu ataupun pengetahuan nantinya dapat dikomunikasikan pada seluruh anggota perusahaan secara lebih mudah.

Tugas Direktur Dalam Kreativitas

Selanjutnya keahlian yang juga harus dimiliki oleh seorang pimpinan perusahaan adalah kreativitas. Seorang pemimpin perusahaan memang haruslah mampu menciptakan berbagai ide kreatif dalam mengembangkan perusahaan. Ada banyak ide kreatif yang bisa diterapkan oleh seorang pemimpin perusahaan dalam mengembangkan perusahaan yang ia pimpin. Misalnya saja seperti ide kreatif untuk mengembangkan sistem pemasaran yang digunakan di perusahaan. Atau mungkin ide kreatif di bidang lainnya. Jadi pada intinya tiap pemimpin perusahaan haruslah memiliki berbagai macam ide out ofteh box sehingga bisa memberikan warna tersendiri pada perusahaan. Dengan kreativitas ini maka tentunya perusahaan akan semakin berkembang.

Kerja tim

Keahlian selanjutnya yang sudah seharusnya dimiliki oleh seorang pemimpin perusahaan adalah mampu bekerja dalam tim. Atau bisa juga seorang pemimpin perusahaan memiliki sikap kerja sama yang baik. Keahlian bekerja dalam tim ini memang perlu dimiliki oleh setiap orang terutama oleh seorang pimpinan. Rasa percaya kepada rekan atau tim juga perlu dibina sehingga sikap kerja sama bisa terjalin degan sangat baik. Selain itu dibutuhkan pula pengendalian diri atau pengendalian emosi pada saat bekerja sama dalam tim. Bekerja dama dalam tim juga sebenarnya dapat melatih sikap positif lainnya seperti misalnya berjiwa besar atau mau mengalah serta menumbuhkan sikap saling peduli dan lainnya.

Berani mencoba

Untuk keahlian atau kemampuan terakhir yang juga perlu dimiliki oleh seorang pemimpin perusahaan adalah sikap berani mencoba. Setidaknya seorang pemimpin perusahaan harus berani untuk keluar dari zona nyaman sehingga bisa membawa perusahaan mengalami kesuksesan. Tidak hanya itu saja tetapi seorang pemimpin perusahaan juga perlu berani untuk menerapkan inovasi yang telah diciptakan.

Jadi segala ide atau pemikiran yang bersifat inovatif tidak perlu ragu untuk diterapkan di perusahaan. Sebab bisa saja segala macam ide yang muncul dapat menggiring perusahaan hingga memperoleh kesuksesan. Oleh karena itu seorang pimpinan perusahaan sebaiknya tidak pernah takut untuk mencoba. tentunya sikap ini disertai pula dengan adanya rasa bertanggung jawab.

Kualifikasi Direktur

Usia di atas 25 tahun

Seorang direktur sebaiknya memiliki usia yang tidak terlalu muda. Sebab seorang pemimpin perusahaan setidaknya harus memiliki pengalaman yang cukup. Pengalaman biasanya membuat orang menjadi lebih bijaksana dalam menghadapi segala situasi atau kondisi. Maka tiap keputusan yang diambil nantinya selalu tepat dan berguna baik bagi perusahaan maupun bagi lingkungan sekitar.

Pendidikan minimal S1

Selain usia yang cukup matang tentunya seorang pemimpin perusahaan harus memiliki tingkat pendidikan minimal sarjana atau S1. Seseorang dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi tentunya memiliki pengetahuan yang juga cukup tinggi. Maka pengetahuan ini bsia menjadi bekal bagi dirinya untuk menjadi seorang direktur.

Jujur dan bertanggung jawab

Sikap jujur dan bertanggung jawab merupakan sikap umum yang perlu dimiliki oleh setiap pekerja. Terlebih lagi dimiliki oleh seorang pemimpin perusahaan. Dengan adanya sikap jujur dan tanggung jawab inilah maka nantinya direktur dapat membawa perusahaannya ke arah yang lebih baik. Sebab direktur akan memimpin timnya dengan baik pula.

Teliti dan cekatan

Seorang pemimpin perusahaan juga harus dapat bekerja secara teliti dan cekatan. Jadi cara kerjanya tidak boleh lamban namun harus dilakukan dengan penuh kecermatan. Ketelitian yang diilikioelh seorang direktur akan menghindarkannya dari berbagai macam kesalahan yaang mungkin saja bisa terjadi. Sedangkan sikapcekatan dapat diterapkan pula pada tim atau bawahan untukmemajukan perusahaan.

Mampu bekerja di bawah tekanan

Setiap pekerja keras tentunya mampu bekerja di bawah tekanan. Oleh karena itu seorang pemimpin haruslah bisa bekerja di bawah tekanan. Bekerja di bawah tekanan memang tidaklah mudah. Namun hal ini haruslah bisa dilakukan oleh And ayang ingin meniti karier sebagai seorang direktur.

Berkepribadian baik

Syarat atau kualifikasi terakhir yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin perusahaan adalah adanya kepribadian yang baik. Dengan adanya kepribadian yang baik maka direktur tentu akan disenangi oleh tim dan juga klien serta pelanggan. Maka perusahaan akan semakin maju.

Menjalankan Tugas Direktur Dengan Baik

Direktur sebagai pemimpin dari sebuah lembaga atau perusahaan tentu harus bisa memimpin seluruh anggota timnya. Berbagai hal yang meliputi keahlian dan kemampuan direksi juga perlu dikembangkan. Tidak hanya kemampuan saja tetapi kepribadian atau karakter juga perlu dikembangkan dengan lebih baik lagi.

Selain itu sebagai pimpinan maka tugas direktur juga harus dapat melihat segala situasi dan kondisi kerja yang ada di dalam sekaligus di luar perusahaan. Oleh sebab itu ada baiknya tidak juga memandang sebelah mata tugas direktur yang cukup berat setiap harinya. Sehingga dengan demikian karyawan juga bisa menghargai direktur sebaik mungkin.

Jika setelah membaca seputar tugas direktur keuangan kamu tertarik menduduki posisi itu, maka kamu harus banyak belajar seputar  keuangan perusahaan dari sekarang. Seperti pembukuan, pembuatan laporan keuangan, dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan tugas seorang penanggung jawab keuangan, kamu bisa minta bantuan pada Jojonomic nih. Melalui aplikasi JojoExpense, kamu bisa memudahkan tugas dan kerjaanmu. Aplikasi ini akan membantumu mencatat transaksi keuangan secara digital, khususnya untuk pengajuan keuangan dan reimbursement.

Dengan begitu, nantinya pekerjaanmu akan lebih mudah, karena kamu bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja. Kamu juga bisa meningkatkan efisiensi perusahaanmu hingga 76%. Jadu tunggu apa lagi, silahkan pelajari, dan selamat mencoba!