8 Unsur-Unsur Administrasi Penting Dalam Perusahaan Masa Kini

unsur-unsur administrasi

Unsur-unsur administrasi tentu diperlukan dalam memahamilebih lagi mengenai arti dan peran dari administrasi itu sendiri. Pada dasarnya di dalam unsur administrasi ada beberapa hal yang secara mutlak haruslah ada. Seperti misalnya sekelompok manusia dan adanya kerja sama serta adanya tujuan tertentu dari administrasi tersebut. Suatu administrasi pada dasarnya memang diadakan untuk membantu suatu perusahaan dalam mencapai tujuan tertentu. terlebih lagi jika Anda memiliki kantor atau perusahaan maka sudah seharusnya administrasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Adaministrasi perlu dilakukan untuk mempermudah pengawasan dan evaluasi kinerja sehingga tujuan dari perusahaan bisa tercapai dengan optimal.

Organisasi

Salah satu unsur-unsur administrasi yaitu organisasi yang merupakan sekumpulan beberapa orang untuk saling bekerja sama dengan memanfaatkan sumber daya yang telah ada. Di dalam organisasi ini terdapat berbagai kegiatan yang saling berhubungan dengan adanya pengaturan dan penyusunan serta pembagian tugas dari suatu usaha kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Tentunya di dalam melaksanakan tugas administrasi terdapat organisasi di dalamnya. Dengan kata lain organisasi merupakan sekumpulan dari para pelaksana administrasi yang di dalamnya terdapat beberapa orang untuk saling membantu melaksanakan tugas administrasi.

Manajemen

Manajemen pada dasarnya memiliki arti sebagai proses pengaturan terhadap sesuatu yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau sekelompok orang. Kegiatan manajemen ini tentu dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam suatu administrasi sudah tentu di dalamnya terdapat suatu proses manajemen yang dilakukan oleh beberapa orang agar proses administrasi bisa berjalan secara efektif. Kegiatan manajemen itu sendiri diharapkan agar dapat mendorong setiap orang untuk bekerja sama mencapai tujuan bersama. Kegiatan manajemen juga berkaitan dengan adanya dorongan bagi semua orang untuk menggunakan semua fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya agar tujuan dapat tercapai.

Komunikasi

Suatu administrasi akan berjalan dengan baik dan lancar jika didalamnya terdapat komunikasi yang baik antara beberapa orang yang terlibat pada kegiatan administrasi tersebut. Komunikasi memiliki arti sebagai suatu kegiatan penyampaian informasi kepada pihak lainnya. Penyampaian informasi yang dimaksud dalam hal ini antara lain berupa ide atau gagasan dan segala pesan yang ingin disampaikan dari satu pihak kepada pihak yang lainnya. Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja melalui bahasa lisanatau verbal dan juga melalui tulisan. Komunikasi juga dapat dilakukan degan menggunakan bahasa tubuh.

Kepegawaian

Suatu kegiatan administrasi sudah tentu melibatkan peran dari para pegawai. Para pegawai inilah yang akan melakukan seluruh tugas administrasi sehingga pencapaian tujuan perusahaan bisa tercapai. Kepegawaian memegang peranan penting pad asuatua perusahaan. Pegawai atau tenaga kerja tentu terlibat ke dalam suatu organisasi untukselanjutnya secara bersama-sama melakukan tugas administrasi demi kemajuan perusahaan. Proses kepegawaian dalam suatu organisasi umumnya dimulai dari tahap penerimaan dan pengangkatan serta penempatan. Selanjutnya para pegawai akan menerima bimbingan dan pengarahan. Pada akhirnya pegawai akan mengalami proses pemberhentian atau mungkin pensiun.

Keuangan

Keuangan juga menjadi hal yang penting dan perlu diperhatikan dalam unsur-unsur administrasi. Dalam hal ini segala sesuatu yang berhubungan dengan pembiayaan di dalam hubungan kerja sama berarti menjadibagian dari keuangan. Ada beberapa aktivitas yang menjadi bagian dari keuangan seperti misalnya prosesperolehan biaya dan pengelolaan biaya. Termasuk pula di dalamnya pertanggungjawaban biaya serta penentuan berbagai sumber biaya danlain sebagainya. Tentunya setiap kegiatan yang berhubungan dnegan pembiayaan dan keuangan tersebut berkaitan dengan tugas administrasi.

Perbekalan

Yang dimaksud dengan kegiatan perbekalan disini adalah kegiatan yang berhubungan dengan segala perlengkapan dan peralatan yang diperlukan oleh suatu organisasi. Misalnya saja seperti kegiatan pengadaan barang dan penyimpanan barang serta pemusnahan berbagai barang yang sekiranya tidak dibutuhkan. Perbekalan turut menjadi suatu hal yang penting baik dalam kegiatan administrasi dan dalam organisasi. Kegiatan perbekalan sendiri membutuhkan adanya administrasiyang baik agar segala kegiatan yang berhubungan dengan barang bisa dilakukan dengan langkah yang tepat. Organisasi yang melakukan kegiatan administrasi sudah tentu diharuskan memahami alur penyediaan barang mulai dari penyediaannya hingga pemusnahannya dengan benar.

Tata Usaha

Seringkali kegiatan unsur-unsur administrasi dikaitkan dengan kegiatan tata usaha. Bahkan kegiatanadministrasi seringkali disamakan dengan kegiatan tata usaha walaupun sebenarnya ada perbedaan di antara kedua istilah tersebut. Pengertian tata usaha dalam suatu administrasi yaitu kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan atas suatu penyelenggaraan usaha. Kegiatan tata usaha ini antara lain meliputi kegiatan pencatatan dan penyimpanan serta pengiriman.Tidak hanya itu saja tetapi masih banyak kegiatan lainnya yang menjadi bagian dari tata usaha. Kegiatan tata usaha umumnya disebut pula dengan istilah office work yang biasanya dilakukan di dalam kantor. beberapa orang juga menyebutnya dengan istilah back office yang berkaitan dengan seluruh kegiatan administrasi di dalam kantor atau perusahaan.

Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat yang biasa disingkat humas menjadi bagian dari organisasi yang biasanya menjalankan kegiatan administrasi. Seringkali orang menyebut orang yang bekerja sebagai humas dengan istilah public relation. Fungsi dari humas ini sendiri adalah untuk melakukan interaksi dan hubungan serta kerja sama dengan masyarakat yang berkaitan dengan organisasi. Tentu saja kegiatan humas ini bertujuan untuk mendapatkan relasi dan dukungan penuh dari masyarakat terhadap kehadiran suatu organisasi. Humas juga diharapkan agar bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat secara sadar dan sukarela serta tanpa adanya paksaan. Oleh karena itu suatu kegiatan administrasibisa saja melibatkan adanya peran humas di dalamnya yang berfungsi untuk mempermudah proses administrasi.

Berbagai unsur-unsur administrasi di atas memang harus dijaga oleh perusahaan sepenuhnya. Supaya nantinya seluruh proses yang ada di dalam perusahaan bisa berjalan lancar dan lebih maksimal. Demikian pula sistem keuangan perusahaan yang juga harus mendapatkan perhatian khusus. Supaya ke depannya tidak terjadi kerugian yang tidak diinginkan. Maka dari itu gunakan produk atau software terbaik yang dapat mendukung keuangan perusahaan sepenuhnya. Percayakan saja pada JojoExpense yang terbukti dapat memberikan manfaat berikut ini:

  • Pengelolaan sistem keuangan perusahaan yang lebih transparan, lebih terpadu, lebih efektif dan jauh lebih efisien.
  • Akses keuangan perusahaan secara mobile yang bisa dilakukan oleh semua top level manajemen sehingga dapat diketahui kapan saja dan dimana saja.
  • Kemudahan pengaturan dana dan penyesuaian semua pemasukan serta pengeluaran perusahaan dari berbagai aspek.

Tentunya beragam manfaat ini bisa dicapai berkat aneka ragam fitur menarik yang dibawa oleh JojoExpense. Beberapa fitur terbaik andalannya termasuk fitur Fraud Detection, Real Time Geotagging, Cash Advance, Budget Controlling, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu jangan ragu lagi untuk menjatuhkan pilihan hanya pada JojoExpense. Segera jadwalkan coba gratis pada perusahaan Anda dan biarkan produk ini bekerja maksimal memberikan manfaat bagi keuangan perusahaan Anda. Rasakan optimisasi dan efektifitas pengelolaan keuangan perusahaan yang maksimal. Dapatkan semuanya dengan segera hanya bersama JojoExpense.