8 Unsur-Unsur Administrasi Penting Dalam Perusahaan Masa Kini

Unsur-unsur administrasi tentu diperlukan dalam memahami lebih lagi mengenai arti dan peran dari administrasi itu sendiri. Pada dasarnya di dalam unsur administrasi ada beberapa hal yang secara mutlak haruslah ada. Seperti misalnya sekelompok manusia dan adanya kerja sama serta adanya tujuan tertentu dari administrasi tersebut. Suatu administrasi pada dasarnya memang diadakan untuk membantu suatu perusahaan dalam mencapai tujuan tertentu. terlebih lagi jika Anda memiliki kantor atau perusahaan maka sudah seharusnya administrasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Adaministrasi perlu dilakukan untuk mempermudah pengawasan dan evaluasi kinerja sehingga tujuan dari perusahaan bisa tercapai dengan optimal.

Organisasi

Salah satu unsur-unsur administrasi yaitu organisasi yang merupakan sekumpulan beberapa orang untuk saling bekerja sama dengan memanfaatkan sumber daya yang telah ada. Di dalam organisasi ini terdapat berbagai kegiatan yang saling berhubungan dengan adanya pengaturan dan penyusunan serta pembagian tugas dari suatu usaha kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Tentunya di dalam melaksanakan tugas administrasi terdapat organisasi di dalamnya. Dengan kata lain organisasi merupakan sekumpulan dari para pelaksana administrasi yang di dalamnya terdapat beberapa orang untuk saling membantu melaksanakan tugas administrasi.

Manajemen

Manajemen pada dasarnya memiliki arti sebagai proses pengaturan terhadap sesuatu yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau sekelompok orang. Kegiatan manajemen ini tentu dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam suatu administrasi sudah tentu di dalamnya terdapat suatu proses manajemen yang dilakukan oleh beberapa orang agar proses administrasi bisa berjalan secara efektif. Kegiatan manajemen itu sendiri diharapkan agar dapat mendorong setiap orang untuk bekerja sama mencapai tujuan bersama. Kegiatan manajemen juga berkaitan dengan adanya dorongan bagi semua orang untuk menggunakan semua fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya agar tujuan dapat tercapai.

Komunikasi

Suatu administrasi akan berjalan dengan baik dan lancar jika didalamnya terdapat komunikasi yang baik antara beberapa orang yang terlibat pada kegiatan administrasi tersebut. Komunikasi memiliki arti sebagai suatu kegiatan penyampaian informasi kepada pihak lainnya. Penyampaian informasi yang dimaksud dalam hal ini antara lain berupa ide atau gagasan dan segala pesan yang ingin disampaikan dari satu pihak kepada pihak yang lainnya. Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja melalui bahasa lisanatau verbal dan juga melalui tulisan. Komunikasi juga dapat dilakukan degan menggunakan bahasa tubuh.

Kepegawaian

Suatu kegiatan administrasi sudah tentu melibatkan peran dari para pegawai. Para pegawai inilah yang akan melakukan seluruh tugas administrasi sehingga pencapaian tujuan perusahaan bisa tercapai. Kepegawaian memegang peranan penting pad asuatua perusahaan. Pegawai atau tenaga kerja tentu terlibat ke dalam suatu organisasi untukselanjutnya secara bersama-sama melakukan tugas administrasi demi kemajuan perusahaan. Proses kepegawaian dalam suatu organisasi umumnya dimulai dari tahap penerimaan dan pengangkatan serta penempatan. Selanjutnya para pegawai akan menerima bimbingan dan pengarahan. Pada akhirnya pegawai akan mengalami proses pemberhentian atau mungkin pensiun.

Keuangan

Keuangan juga menjadi hal yang penting dan perlu diperhatikan dalam unsur-unsur administrasi. Dalam hal ini segala sesuatu yang berhubungan dengan pembiayaan di dalam hubungan kerja sama berarti menjadibagian dari keuangan. Ada beberapa aktivitas yang menjadi bagian dari keuangan seperti misalnya prosesperolehan biaya dan pengelolaan biaya. Termasuk pula di dalamnya pertanggungjawaban biaya serta penentuan berbagai sumber biaya danlain sebagainya. Tentunya setiap kegiatan yang berhubungan dnegan pembiayaan dan keuangan tersebut berkaitan dengan tugas administrasi.

Perbekalan

Yang dimaksud dengan kegiatan perbekalan disini adalah kegiatan yang berhubungan dengan segala perlengkapan dan peralatan yang diperlukan oleh suatu organisasi. Misalnya saja seperti kegiatan pengadaan barang dan penyimpanan barang serta pemusnahan berbagai barang yang sekiranya tidak dibutuhkan. Perbekalan turut menjadi suatu hal yang penting baik dalam kegiatan administrasi dan dalam organisasi. Kegiatan perbekalan sendiri membutuhkan adanya administrasiyang baik agar segala kegiatan yang berhubungan dengan barang bisa dilakukan dengan langkah yang tepat. Organisasi yang melakukan kegiatan administrasi sudah tentu diharuskan memahami alur penyediaan barang mulai dari penyediaannya hingga pemusnahannya dengan benar.

Tata Usaha

Seringkali kegiatan unsur-unsur administrasi dikaitkan dengan kegiatan tata usaha. Bahkan kegiatanadministrasi seringkali disamakan dengan kegiatan tata usaha walaupun sebenarnya ada perbedaan di antara kedua istilah tersebut. Pengertian tata usaha dalam suatu administrasi yaitu kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan atas suatu penyelenggaraan usaha. Kegiatan tata usaha ini antara lain meliputi kegiatan pencatatan dan penyimpanan serta pengiriman.Tidak hanya itu saja tetapi masih banyak kegiatan lainnya yang menjadi bagian dari tata usaha. Kegiatan tata usaha umumnya disebut pula dengan istilah office work yang biasanya dilakukan di dalam kantor. beberapa orang juga menyebutnya dengan istilah back office yang berkaitan dengan seluruh kegiatan administrasi di dalam kantor atau perusahaan.

Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat yang biasa disingkat humas menjadi bagian dari organisasi yang biasanya menjalankan kegiatan administrasi. Seringkali orang menyebut orang yang bekerja sebagai humas dengan istilah public relation. Fungsi dari humas ini sendiri adalah untuk melakukan interaksi dan hubungan serta kerja sama dengan masyarakat yang berkaitan dengan organisasi. Tentu saja kegiatan humas ini bertujuan untuk mendapatkan relasi dan dukungan penuh dari masyarakat terhadap kehadiran suatu organisasi. Humas juga diharapkan agar bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat secara sadar dan sukarela serta tanpa adanya paksaan. Oleh karena itu suatu kegiatan administrasibisa saja melibatkan adanya peran humas di dalamnya yang berfungsi untuk mempermudah proses administrasi.

Tentu saja administrasi efektif memiliki fungsi bagi bisnis. Dan sangat dibutuhkaan didunia bisnis. Beberapa diantaranya adalah administrasi efektif mempermudah proses dari jalannya bisnis, mendukung adanya visi dan misi dari perusahaan, serta meningkatkan pendapatan yang dihasilkan dari perusahaan. Dengan administrasi efektif ini juga dapat menghemat dana perusahaan melalui tips-tips mengaturnya seperti berikut ini.

Unsur-Unsur Administrasi Pendukung Visi Misi dari Perusahaan

Tentu saja hal ini benar, jika sistem administrasi berjalan dengan baik dan efektif visi dan misi dari perusahaan juga dapat berjalan dengan baik juga. Dengan semua karyawan mengikuti visi dan misi dari perusahaan. Tentu saja semua warga perusahaan juga berperan dalam hal ini. Jika semua mengikutinya maka pekerjaan akan semakin mudah tentu saja itu sangat efektif. Karena administrasi termasuk hal yang penting bagi perusahaan.

Unsur-Unsur Administrasi Efektif Mempermudah Proses Bisnis

Dengan administrasi yang efektif itu juga dapat membantu jalannya bisnis atau proses bisnis lebih mudah. Dan adanya administrasi yang efektif semua hal yang bersangkutan dengan jalannya bisnis akan tercatat. Dengan melakukan kerja sama dengan bisnis lainnya. Banyak jenis administrasi dengan berbagai tugasnya. Nah, disinilah yang membuat jalannya bisnis semakin lancar. Karena disetiap bidangnya masing- masing dapat dikerjakan, membagi tugas dapat mempermudah proses bisnis. Tergantung apa yang harus dikerjakan.

Unsur-Unsur Administrasi Yang Menghemat Dana Bisnis

Dengan administrasi yang efisien ini perusahaan dapat menghemat adanya dana bisnis. Dan dapat membandingkan dari hasil- hasil yang dihasilkan dulu yang dikerjakan, dengan cara mana yang lebih baik. Dengan begitu dana bisa lebih sedikit yang dikeluarkan tetapi bisnis asih bisa berjalan dengan baik. Dengan adanya perbandingan ini baik juga lo. Jadi mana yang lebih baik metodenya dengan hasil yang memuaskan maka itu akan dipakai.

Unsur-Unsur Administrasi Dalam Meningkatkan Pendapatkan

Dengan mengelola administrasi dengan baik maka anda juga dapat meningkatkan hasil yang didapatkan perusahaan. Dengan semuanya yang berlaku dilakukan dengan benar. Maka pendapatan dari perusahaan akan meningkat. Karena semuanya juga melakukan dan saling kerja sama juga. Karena gotong royong dan mematuhi aturan atau proses bisnis yang berlaku akan mempermudah dan mempercepat jalannya bisnis. Dengan begitu pendapatan akan meningkat dan banyak. Perusahaan sangat diuntungkan sekali. Jadi pastikan administrasi dapat berjalan dengan baik.

Mengatur Unsur-Unsur Administrasi Dalam Perusahaan

Administration Pictures | Download Free Images on Unsplash

Dengan administrasi dan sebagainya, tentu saja harus mengatur karyawan agar bekerja dengan baik. Agar proses bisnis akan berjalan dengan lancar. Dengan begitu ada tips- tips yang harus diterapkan perusahaan. Perusahaan harus benar- benar mengatur administrasi dengan baik, apa saja tips yang kami berikan, yuk ikuti terus!

Mengatur Absensi Karyawan

Mengatur absensi karyawan ini tentu saja penting sekali. Dengan absensi ini perusahaan akan menggaji para karyawannya. Jika tidak ada absensi yang diterapkan karyawan akan tidak disiplin untuk masuk kerja. Dan absensi ini mempermudah siapa saja yang masuk kerja, siapa saja yang ijin, dan lain sebagainya. Sebenarnya tidak jauh beda dengan absensi pada sekolah sebenarnya. Tetapi absensi pada tempat kerja dengan alatnya sendiri. Jadi gampang untuk tahu siapa yang masuk pada hari ini.

Mengatur Gaji Karyawan

Tentu saja karyawan beerja diperusahaan untuk mendapatkan gaji ya. Biasanya gaji akan tertera pada awal kontrak kerja atau saat masuk pekerjaan. Tentu saja setiap pangkatnya akan berbeda- beda nomina gajinya. Sesuai dengan ketrampilan dari karyawan. Pastinya perusahaan tidak bisa seenaknya menganti gaji dari karyawan, kecuali ada konfirmasi terlebih dahulu. Tetapi dengan mengatur gaji karyawan, perusahaan juga dapat mengatur keuangan perusahaan dengan baik, agar keuangan tidak salah kaprah dan rugi besar ya.

Mengatur Pekerjaan Karyawan

Diawal kontrak kerja saat karyawan masuk perusahaan pasti akan ditentukan ia akan masuk dibagian mana sesuai dengan lowongan kerja juga. Atau juga sesuai dengan keterampilan karyawan tersebut. Dengan membagi tugasnya masing- masing proses bisnis juga akan berjalan dengan lancar. Dengan semuanya bekerja sama pekerjaan akan cepat selesai. Setiap bagiannya tentu saja sangat menguntungkan bagian lainnya juga. Contohnya bagian perencanaan dan perancangan sangat membutuhkan bagian produksi untuk memproduksi apa yang mereka garap. lalu tim produksi membutuhkan tim pemasaran untuk menjual yang mereka produksi ke manyarakat luas.

Mengatur Dana Karyawan

Dana dan gaji itu berbeda. Gaji adalah apa yang seharusnya karyawan dapatkan dari setiap pekerjaan yang dikerjakannya. Sedangkan dana adalah suatu yang diberikan perusahaan untuk karyawannya. Seperti dana kesehatan karyawan. Biasanya akan diberikan kartu BPJS kesehatan bagi pekerjaan yang beresiko. Itu akan ditanggung perusahaannya. Biasanya juga keluarga karyawan juga diberikan dana. Tentu saja dana ini wajib di dapatkan dari perusahaan. Alo bisa dibilang mengapresiasikan setiap jerih payah karyawan bagi perusahaan.

Agar keadministrasian perusahaan tetap berjalan dengan baik atau berjalan dengan efisien dan efektif. Dilakukannya pengaawasan agar administrasi tetap optimal atau juga diperiksa beberapa kali untuk selalu menjaga kebenaran atau benar adanya. Bisa saja sewaktu- waktu administrasi dari karyawan berubah. Bagaimana administrasi agar tetap optimal? Dengan mengawasi setiap administrasi agar sistem administrasi tetap berjalan dengan baik dan sesuai, Membuat peraturan yang harus dipatuhi setiap karyawan, dan juga sanksi bagi yang melanggarnya.

Mengawasi Unsur-Unsur Administrasi

Tentu saja harus dilakukan. Bisa saja ada perubahan data pada administrasi. Maka setiap beberapa saat harus dilakukan pengecekan. Dan dari pihak perusahaan juga harus mengawasi setiap administrasi. Aagar tetap sesuai dengan peraturan yang ada. Jangan ada data yang salah. Jika ada bisa saja akan terjadi kesalahan fatal. Maka dari itu selalu mengecek dan selalu diawasi. Agar sistem administrasi dapat berjalan dengan baik dan benar.

Pembuat Peraturan Pendukung Unsur-Unsur Administrasi

Tentu saja disetiap tempat pasti ada peraturan yang berlaku. Diperusahaan juga ada. Peraturan itu harus dipatuhi oleh semua karyawan dan dilakukan. Peraturan tersebut dibuat agar setiap karyawan tertib dalam bekerja. Disiplin apa saja, disiplin waktu, disiplin dalam mengerjakan tugas yang diberikan atasan. Dan sebagainya. Perusahaan dapat mengapresiasi pada karyawan yang taat dalam pekerjaannya. Dengan semua karyawan menaati peraturan pekerjaan akan cepat selesai dan lancar. Dengan itu perusahaan juga bisa mengadakan perjalanan keluar berwisata. Untuk menghibur para karyawan agar tidak jenuh.

Sanksi Bagi yang Melanggar

Tentu saja adanya peraturan harus ditaati dan dilaksanaakan. Jika ada yang melanggar tentu saja pihak perusahaan dapat memberikan sanksi bagi yang melanggar atau yang tidak maau taat. Hal ini dilakukan agar karyawan yang melanggar dapat jera dan tidak melakukannya lagi dan menjadi sadar ataus perbuatannya. Sanksi yang dilakukan bisa dengan pemotongan gaji, biasanya itu yang sering yang diterapkan. Jika pelanggar melakukannya dengan parah atau merugika perusahaan, karyawan yang melanggar bisa juga dikeluarkan.

Berbagai unsur-unsur administrasi di atas memang harus dijaga oleh perusahaan sepenuhnya. Supaya nantinya seluruh proses yang ada di dalam perusahaan bisa berjalan lancar dan lebih maksimal. Demikian pula sistem keuangan perusahaan yang juga harus mendapatkan perhatian khusus. Supaya ke depannya tidak terjadi kerugian yang tidak diinginkan. Maka dari itu gunakan produk atau software terbaik yang dapat mendukung keuangan perusahaan sepenuhnya. Percayakan saja pada JojoExpense yang terbukti dapat memberikan manfaat berikut ini:

  • Pengelolaan sistem keuangan perusahaan yang lebih transparan, lebih terpadu, lebih efektif dan jauh lebih efisien.
  • Akses keuangan perusahaan secara mobile yang bisa dilakukan oleh semua top level manajemen sehingga dapat diketahui kapan saja dan dimana saja.
  • Kemudahan pengaturan dana dan penyesuaian semua pemasukan serta pengeluaran perusahaan dari berbagai aspek.

Tentunya beragam manfaat ini bisa dicapai berkat aneka ragam fitur menarik yang dibawa oleh JojoExpense. Beberapa fitur terbaik andalannya termasuk fitur Fraud Detection, Real Time Geotagging, Cash Advance, Budget Controlling, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu jangan ragu lagi untuk menjatuhkan pilihan hanya pada JojoExpense. Segera jadwalkan coba gratis pada perusahaan Anda dan biarkan produk ini bekerja maksimal memberikan manfaat bagi keuangan perusahaan Anda. Rasakan optimisasi dan efektifitas pengelolaan keuangan perusahaan yang maksimal. Dapatkan semuanya dengan segera hanya bersama JojoExpense.