Usaha di Bidang Jasa yang Menjanjikan dengan Modal Minim!

Di setiap negara,  pasti ada berbagai lembaga yang memilki usaha di bidang jasa dengan modal  minim. Hal ini karena setiap orang tidak ingin terikat oleh rutinitas dan suruhan atasan yang terkadang membuatnya menjadi lebih jenuh serta tak bersemangat dalam bekerja.

Sehingga, mereka lebih memilih untuk bekerja di luar kantor dengan menawarkan jasa dan dengan jam kerja tertentu.

Nah, apakah kamu adalah salah satu orang yang memiliki jiwa bebas ingin memiliki waktu yang banyak bersama keluarga, teman, hobi, dan lain sebagainya?

Di jaman sekarang ini ada berbagai bisnis yang juga menjanjikan lho, salah satunya usaha  di bidang jasa. Apa saja pengertian, manfaat dan jenis usaha di bidang jasa ini? Yuk, kita pelajari bersama di artikel ini!

Oops! We could not locate your form.

Apa yang Dimaksud dengan Usaha di Bidang Jasa?

Usaha bidang jasa merupakan jenis usaha yang menjual jasa seperti tenaga, ilmu dan juga keahlian dalam bidang tertentu yang mana kita akan di bayar sesuai dengan jasa yang telah kita lakukan.

Banyak sekali contoh usaha bidang jasa yang bisa kita lakukan, tentunya usaha dalam bidang jasa harus sesuai dengan keahlian yang ada.

Bisnis jasa ini merupakan salah satu bisnis yang bisa  dijalankan dengan modal minim, tapi memiliki prospek penghasilan atau keuntungan yang menggiurkan.

Trend usaha jasa ini juga  sedang berkembang lho, karena memang dari segi pendapatan bisa melebihi gaji kamu selama bekerja.

usaha bisnis jasa

POIN PENTING

  • Usaha di bidang jasa adalah sektor ekonomi ketiga, setelah produksi bahan baku dan manufaktur.
  • Sektor jasa mencakup berbagai macam layanan berwujud dan tidak berwujud mulai dari pembersihan kantor hingga konser rock hingga operasi otak.
  • Jasa adalah sektor terbesar ekonomi global dalam hal nilai tambah dan sangat penting di negara yang lebih maju.

Memahami Usaha di Bidang Jasa

Sektor jasa, juga dikenal sebagai sektor tersier, merupakan lapis ketiga dalam tiga sektor ekonomi. Alih-alih produksi produk, sektor ini menghasilkan jasa pemeliharaan dan perbaikan, pelatihan, atau konsultasi. Contoh pekerjaan sektor jasa termasuk rumah tangga, tur, perawat, dan mengajar. Sebaliknya, individu yang bekerja di sektor industri atau manufaktur menghasilkan barang berwujud, seperti mobil, pakaian, atau peralatan.

Di antara negara-negara yang sangat menekankan pada sektor jasa, Amerika Serikat, Inggris Raya, Australia, dan Cina berada di peringkat teratas. Di Amerika Serikat, Institute for Supply Management (ISM) membuat indeks bulanan yang merinci keadaan umum aktivitas bisnis di sektor jasa. Indeks ini dianggap sebagai metrik kesehatan ekonomi negara secara keseluruhan karena sekitar dua pertiga dari aktivitas ekonomi AS terjadi di sektor jasa.

Menurut CIA World Factbook, negara-negara berikut adalah yang terbesar menurut layanan atau keluaran tersier pada 2018:

  • Amerika Serikat: $ 15,5 triliun
  • Cina: $ 6,2 triliun
  • Jepang: $ 3,4 triliun
  • Jerman: $ 2,5 triliun
  • Inggris Raya: $ 2,1 triliun
  • Prancis: $ 2,0 triliun
  • Brasil: $ 1,5 triliun
  • India: $ 1,5 triliun
  • Italia: $ 1,4 triliun
  • Kanada: $ 1,2 triliun

Indika Energy (INDY) Bentuk Anak Usaha Bidang Jasa - Market Bisnis.com

Teknologi Usaha di Bidang Jasa

Teknologi, khususnya sistem teknologi informasi, membentuk cara bisnis di sektor jasa beroperasi. Bisnis di sektor ini dengan cepat menempatkan lebih banyak fokus pada apa yang kemudian dikenal sebagai ekonomi pengetahuan , atau kemampuan untuk melampaui pesaing dengan memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan sasaran, dan beroperasi dengan cara yang memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut dengan cepat dengan biaya minimal. Di hampir semua industri dalam sektor ini, bisnis mengadopsi teknologi baru untuk mendukung produksi, meningkatkan kecepatan dan efisiensi, dan mengurangi jumlah karyawan yang diperlukan untuk operasi. Ini mengurangi biaya dan meningkatkan aliran pendapatan yang masuk.

Kegiatan Ekonomi, Definisi dan Beragam Contohnya - Futuready

Sektor Ekonomi Usaha di Bidang Jasa

  1. Sektor Primer

Usaha di bidang primer terdiri dari industri yang bergerak di bidang usaha pengumpulan bahan baku. Ini mencakup perusahaan pertambangan, perusahaan kayu, dan perusahaan pengeboran minyak – bersama dengan industri pertanian dan perikanan.

  1. Sektor Sekunder

Sektor sekunder mencakup semua bisnis yang terlibat dalam memproduksi dan menjual barang – seperti produsen mobil, toko furnitur, dan pengecer pakaian.

  1. Bidang Tersier

Sektor tersier adalah sektor jasa. Ini mencakup industri seperti industri jasa keuangan, teknologi internet (TI), dan industri perawatan kesehatan dan hiburan.

Beberapa ekonom memasukkan sektor keempat – sektor kuaterner tempat mereka menetapkan bidang penelitian, teknologi informasi, pendidikan, konsultasi, dan berbagai elemen lain yang kemudian dikenal sebagai “ekonomi berbasis pengetahuan”.

Ekonomi berbasis pengetahuan difokuskan pada pemanfaatan informasi dan komunikasi (seperti media sosial) untuk menyediakan barang dan jasa yang secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan atau klien individu.

Contoh aksi ekonomi berbasis pengetahuan adalah pengecer, seperti Amazon atau Walmart, mengirimi Anda iklan yang dibuat khusus untuk barang atau jasa yang menurut pembelian atau penelusuran Anda sebelumnya menunjukkan bahwa Anda tertarik.

Ekonom yang tidak menggunakan kategori sektor ekonomi keempat menugaskan industri sektor kuaterner ke sektor jasa.

Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I Capai Rp 52 Triliun - PapuaSatu.com

Pertumbuhan ekonomi

Teori ekonomi tri-sektor berpendapat bahwa ketiga sektor ekonomi tersebut, selain menggambarkan berbagai bidang usaha ekonomi, juga mencerminkan bagaimana perekonomian berkembang dari waktu ke waktu.

Ekonomi yang paling primitif hampir hanya terdiri dari kegiatan ekonomi utama yang berkaitan dengan bahan mentah, produksi pertanian, dan perikanan. Ketika ekonomi tumbuh dan berkembang, manufaktur dan pemasaran barang jadi merupakan bagian terbesar dari aktivitas ekonomi.

Industri jasa merupakan sektor ekonomi terakhir yang mengalami pertumbuhan signifikan dan menjadi ciri khas negara maju dan negara maju.

Ide Usaha Bidang Jasa Menguntungkan Terbaru 2017 ~ Hei Kamu

Keunggulan Usaha di Bidang Jasa

Fakta bahwa sektor jasa ditetapkan sebagai sektor tersier tidak boleh diartikan bahwa ia menempati tempat ketiga dalam hal kepentingan ekonomi.

Selama seabad terakhir, sektor jasa berkembang pesat. Dengan pergantian 21 st abad, itu telah melampaui sektor manufaktur dan barang-barang ritel sebagai sektor terbesar ekonomi di negara-negara yang paling maju.

Padahal pada awal abad ke -20, Amerika Serikat menjadi ekonomi dunia yang dominan, berkat industri manufakturnya yang masif; oleh bagian awal 21 st abad, dominasi ekonomi di seluruh dunia didasarkan pada sektor jasa sangat besar.

Di AS, antara 1919 dan 2019, sektor jasa tumbuh dari kurang dari 50% dari produk domestik bruto (PDB) negara itu menjadi menghasilkan sekitar 85% dari PDB negara itu.

Ledakan sektor jasa dimungkinkan oleh peningkatan eksponensial dalam pengetahuan yang telah terjadi selama 50 hingga 70 tahun terakhir, pertumbuhan teknologi yang pesat, dan perkembangan komunikasi seketika di seluruh dunia melalui koneksi internet dan telepon seluler.

Peningkatan otomatisasi, yang mengurangi jumlah orang yang dibutuhkan untuk proses manufaktur, juga merupakan elemen kunci dalam pergeseran dari ekonomi berbasis manufaktur ke ekonomi berbasis jasa.

Perluasan besar-besaran layanan pemerintah di negara-negara maju merupakan faktor lain yang berkontribusi signifikan terhadap meningkatnya dominasi sektor jasa.

5 Jenis Perusahaan Yang Perlu Anda Ketahui Beserta Cirinya

Manfaat atau Keuntungan Melakukan Usaha di Bidang Jasa

Dengan melakukan usaha di bidang jasa ini, kamu bisa merasakan beberapa keuntungannya, yaitu :

Bisnis jasa tidak memerlukan modal yang besar

Selama kamu tidak ingin melakukan bisnis jasa skala besar seperti jasa transportasi, jasa pelayanan kesehatan dalam hal ini rumah sakit dan sebagainya, tentunya kamu tidak akan mengeluarkan modal yang besar.

Hal terpenting dalam usaha di bidang jasa ini adalah tekat yang kuat, pelayanan yang baik, keterampilan komunikasi dan ide yang bisa memberikan sentuhan agar lebih kreatif, baik dalam pemasaran atau penanganan masalah yang ada.

Tidak memikirkan proses distribusi

Kamu tidak perlu memikirkan bagaimana untuk mendistribusi barang kamu, karena yang kamu tawarkan adalah jasa. Jadi, kamu tidak akan dipusingkan dengan urusan distribusi barang, menghitung jumlah barang atau mengawasi perputaran barang agar tidak terjadi penumpukan stock yang bisa merugikan usaha.

Tidak perlu memikirkan stok

Karena usaha ini memberikan layanan yang bersifat keterampilan, maka kamu tidak perlu memikirkan stok barang.

Kamu hanya perlu menyediakan modal pada awal berdirinya usaha. Beda halnya dengan usaha yang memiliki produk fisik.

Biasanya, modal yang harus dipersiapkan 3 kali lipat dari modal awal karena harus memiliki stok, mengantisipasi apabila ada barang refund dan sebagainya supaya pelanggan merasa puas dengan produk kita.

Tidak ada pengendapan modal

Sudah pernah mendengar tentang pengendapan modal? Pengendapan modal yaitu salah satu biaya terbesar yang harus dipikul oleh pengusaha yang memiliki produk fisik.

Modal yang mengendap biasanya karena produk yang belum terjual atau stok barang yang memang harus selalu ada demi kelancaran usaha.

Situasi ini tidak akan terjadi dengan menjalankan bisnis jasa, karena kamu tidak menyediakan biaya karena barang belum terjual, rusak dan sebagainya yang bisa membuat kerugian lebih.

Jenis-jenis Usaha di Bidang Jasa

Kemudian,  usaha di bidang jasa apa yang bisa kamu lakukan dengan modal minim? Berikut jenis-jenisnya!

translatorUsaha Jasa Penerjemah

Apakah kamu memiliki kemampuan berbahasa asing? Kalau iya, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuka usaha jasa penerjemah.

Cara memulainya juga beragam, salah satunya dengan bergabung dengan salah satu travel agent yang memang sering membuka perjalanan internasional.

Dengan begitu, kamu bisa menjadi pemandu wisata yang mengenalkan keindahan alam Indonesia ataupun membawa tamu dalam negeri untuk menemani mereka selama traveling di luar negeri.

Selain bergabung dengan travel agent, bisa pula bergabung dengan salah satu penerbit yang memang selalu menjual buku-buku luar negeri yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Bayaran yang diterima tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan kesepakatan kamu dengan klien. Di awal membuka jasa penerjemah ini, kamu bisa memasang tarif standar dengan sesekali berikan diskon yang menarik agar klien kamu tertarik.

Bisnis jasa penerjemah ini masih tergolong jarang, karena itu kalau kamu menekuninya dengan serius, kamu akan bisa menjadi perusahaan jasa penerjemah yang terbaik di Indonesia. Hebat, kan?

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Usaha Jasa Les Privat

Membuka jasa les privat di Indonesia adalah hal yang sangat menggiurkan. Hal ini karena dari segi level tingkat dasar hingga menengah atas memerlukan jasa les sebagai bahan tambahan pelajaran. Tentunya ini lebih banyak diminati oleh anak sekolah.

Les privat untuk ilmu lain pun bisa kamu buka mulai dari les privat musik, menari, menggambar, bahasa hingga les privat yang bersifat keagamaan yang kamu kuasai.

Membuka les privat ini bisa dilakukan di tempat atau rumah kamu, ataupun tempat murid les privat kamu, sehingga memang tidak perlu modal untuk memulai bisnisnya.

pengetikanUsaha Jasa Pengetikan

Usaha jasa berikutnya adalah membuka jasa pengetikan. Tentunya, kalau kamu memiliki komputer atau laptop bisa dengan mudah membuka usaha ini tanpa harus mengeluarkan modal.

Untuk usaha jasa pengetikan ini biasanya yang memerlukan adalah mahasiswa, siswa, atau guru-guru yang berada di lingkungan sekolah.

Jangan lupa selain ada fasilitas komputer sertakan juga dengan printer. Karena biasanya mereka ingin mencetak hasil pengetikan tersebut.

Tapi, kalau belum ada, kamu bisa menggunakan flash disk atau jasa pengiriman lewat e-mail dan tergantung dari keinginan pemesan.

Dropship atau Reseller Produk Online

Saat ini, banyak orang yang menjual barang usahanya lewat online. Karena dengan online, bisa menjangkau daerah atau tempat manapun tanpa harus bertatap muka.

Nah, banyaknya produk online yang bertebaran adalah peluang untuk kamu membuka usaha. Kamu bisa menjadi reseller yang menghubungkan konsumen dan produsen. Tentunya, keuntungan yang didapat dari hasil penjualan yang kamu tawarkan kepada konsumen.

Untuk urusan pengiriman serahkan pada pemilik barang karena mereka yang akan mengurusnya. Ongkos kirim yang dikeluarkan pun biasanya ditanggung oleh pembeli dimana mereka akan mengeluarkan ongkos kirim sesuai dengan tempat tinggal mereka.

Produk online yang ditawarkan juga  beragam mulai dari baju, produk kecantikan, mainan anak, makanan, dan lain sebagainya.

Usaha Jasa Titip atau Jastip

Usaha jasa titip saat ini tengah menjadi usaha yang begitu menggiurkan dikalangan remaja sampai berbagai kalangan.

Biasanya, pelaku jasa titip ini adalah seseorang yang tinggal di luar kota atau negeri yang menawarkan barang ciri khas negara atau kota setempat dengan harga yang murah namun kualitas sangat bagus.

Selain barang, jasa titip pun menawarkan aneka kuliner yang berasal dari daerah atau negara setempat.

Cara kerja pelaku jasa titip ini yaitu dengan masuk ke sebuah toko fashion, makanan, aksesoris dan lain sebagainya.

Mereka akan memotret barang-barang yang sekiranya akan laku untuk dijual. Setelah itu, mereka akan mengunggahnya lewat sosial media dan menunggu pesanan sesuai dengan barang-barang yang sudah di unggah.

Usaha Jasa Penulisan Artikel

Untuk kamu yang memiliki hobi dan kemampuan menulis, manfaatkan hal tersebut untuk membuka usaha jasa penulisan artikel.

Karena saat ini banyak perusahaan atau para pelaku bisnis online yang memerlukan tulisan artikel untuk diterbitkan dalam blog maupun websitenya.

Untuk memulai usaha ini, kamu harus memiliki laptop atau komputer sebagai alat utama memulai bisnis. Yang diperlukan dalam membuka usaha jas penulisannya artikel ini adalah mau menulis dengan tema apapun dan harus mau menulis seusia dengan pesanan klien.

Jangan lupa pula setiap bulannya harus menyisihkan anaggaran untuk bisa terkoneksi dengan internet. Tujuannya untuk mudah berkoordinasi dengan klien kamu dari hal pengiriman sampai konsultasi masalah penulisan.

Tarif untuk menulis juga beragam seusai dengan kata yang dipesan oleh klien. Sebagai gambara, para penulis artikel ada yang mentarif 15,000 untuk satu artikel bila klien memesan 10 sampai 20 artikel.

Ada pula yang menghargai tulisan artikel 50,000 – 75,000 bila klien hanya memesan satu artikel atau dengan jumlah yang sedikit. Kamu bisa mengerjakan artikel ini di rumah, atau bahkan di café lho.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk melakukan usaha di bidang jasa ini? Ada berbagai jenis bisnis jasa yang bisa kamu lakukan sesuai dengan keahlian dan ketersediaan modal kamu. Tapi, tidak perlu khawatir karena modal yang dikeluarkan pastinya lebih minim daripada berbisnis dengan produk.

JojoExpenseSupaya usaha kamu juga lebih sukses dan menguntungkan, juga harus disertai dengan laporan keuangan yang baik dan jelas. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena semuanya bisa kamu serahkan di aplikasi JojoExpense dari Jojonomic! Dijamin laporan keuangan kamu bisa lebih teratur, akurat dan cepat dengan sistem otomatisnya! Bisa lebih produktif dan efisien, kan? Tertarik untuk mencobanya sekarang?