Valuasi Bisnis Melalui Metode-Metode Pilihan

Valuasi mungkin menjadi istilah yang tidak begitu asing bagi Anda yang terjun ke salam bisnis saham. Jual beli saham mungkin sudah ada sejak dulu sehingga hal ini bukanlah merupakan hal asing lagi terutama bagi para profesional. Namun untuk bermain saham tentu kita perlu melakukannya. Tindakan ini memang perlu untuk dilakukan terhadap saham. Istilah ini memang sedikit terdengar asing bagi masyarakat awam yang memang tidak tahu banyak mengenai dunia saham. Bahkan mungkin istilah ini juga tidak dipahami secara detail dan terperinci oleh beberapa orang yang tidak mengenyam pendidikan tingkat lanjut di bidang ekonomi dan sejenisnya. Namun istilah ini sudah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis saham.

Valuasi sendiri pada dasarnya merupakan suatu jenis cara yang bisa dilakukan untuk menentukan nilai aset pada sebuah perusahaan. Tentu saja hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara yang tepat sehingga tindakan ini akan menjadi berguna terutama bagi analis saham. Seorang analis sebenarnya bisa dengan tepat memberikan sebuah nilai pada perusahaan. Beberapa nilai yang diberikan ini antara lain meliputi berbagai kondisi yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Misalnya saja seperti manajemen bisnis yang terdapat di perusahaan serta komposisi struktur modal perusahaan. Selain itu nilai yang diberikan pada perusahaan ini juga berkaitan dengan prospek pendapatan yang mungkin saja akan diperoleh perusahaan di masa depan.

Selanjutnya nilai pasar yang dilihat dengan berdasarkan pada aset perusahaan juga menjadi bahan pertimbangan bagi seorang analis. Demikian analisis fundamental menjadi suatu metode yang paling sering digunakan oleh seorang analis untuk melakukan suatu valuasi dengan cara yang dianggap tepat dan sesuai. Di dalam dunis bisnis pun valuasi dianggap perlu untuk dilakukan demi menentukan apakah aset perusahaan dinilai terlalu tinggi atau bahkan rendah oleh pasar. Jadi hal ini sebenarnya bisa membantu para pelaku bisnis untuk mengambil tindakan yang tepat bagi bisnisnya. Pelaku bisnis pada akhirnya bisa menjalankan bisnisnya dan menguasai pasar.

Kegunaan Valuasi

Aktivitas valuasi ini sebenarnya memberikan beberapa kegunaan, termasuk dalam bisnis dan bagi perusahaan, misalnya yaitu sebagai berikut.

1. Penggunaan program excel

Excel sebenarnya merupakan suatu aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan penghitungan. Aplikasi ini kini semakin banyak digunakan oleh para profesional yang telibat di dalam suatu perusahaan. Penghitungan keuangan juga biasanya dilakukan dengan menggunakan aplikasi excel ini sehingga penghitungan bisa dilakukan dengna lebih cepat dan juga lebih mudah. Jadi memahami excel dapat membuat Anda bisa mengoperasikannya dengan baik sehingga penghitungan keuangan perusahaan bisa dilakukan secara lebih maksimal.

2. Memahami proses bisnis secara jelas

Bisnis pada umumnya diartikan sebagai suatu ladang penghasilan yang cukup besar bagi kebanyakan orang. Hal ini teruatama bagi para pelaku ekonomi atau para pengusaha dan pemilik bisnis. Oleh karena itu proses dalam menjalankan bisnis haruslah dilakukan dengan cara dan langkah yang tepat. Cara yang tepat dalam menjalankan bisnis memang bisa saja berpengaruh pada penghasilan perusahaan pada akhirnya. Oleh karena itu setiap proses dalam operasional bisnis sudah seharusnya dipahami dengan jelas agar pelaku bisnis bisa mengambil langkah yang tepat.

3. Simulasi bisnis
Sebenarnya suatu bisnis tidak hanya bisa berjalan dengan adanya pemahaman yang memadai dari seseorang mengenai bisnis ini. Namun bisnis juga bisa berjalan dan bahkan berkembang dengan cara melakukan tahap demi tahap simulasi bisnis. Umumnya suatu kegiatan simulasi bisnis diajarkan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi para peserta yang mengikuti pelatihan bisnis tersebut. Dengan adanya simulasi bisnis ini maka Anda bisa memiliki pandangan mengenai apa saja yang bisa dilakukan dalam menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis.

Metode Valuasi

Adapun untuk mendapatkan proses dan langkah valuasi yang tepat, maka dibutuhkan metode yang sesuai. Umumnya metode yang digunakan meliputi:

1. Penghitungan kelipatan dan rasio

Penentuan aset perusahaan umumnya dilakukan dengan cara melakukan perbandingan antara perusahaan terkait dengan perusahaan lainnya yang sejenis. Tentu saja dalam melakukan perbandingan ini perlu dilibatkan penghitungan kelipatan dan rasio agar analis bisa melakukan perbandingan yang tepat dengan perusahaan lain. Tentu saja dengan berbagai upaya sebuah perusahaan akan berusaha untuk menjadi lebih baik dari perusahaan lainnya sekaligus bisa diterima oleh pasar.

2. Analisis arus kas diskonto

Metode lainnya yang bisa digunakan untuk menetukan aset atau perusahaan yaitu dengan melakukan analisis arus kas diskonto. Analisis ini dilakukan dengan cara menghitung nilai bisnis atau aset dengan berdasarkan pada potensi pendapatan perusahaan. Semakin besar pendapatan yang diperoleh perusahaan maka bisa dikatakan bahwa perusahaan semakin mengalami perkembangan dan kemajuan. Selain itu besarnya pendapatan juga menunjukkan bahwa perusahaan telah diterima oleh pasar. Arus kas diskonto sebenarnya berhubungan dengan suku bunga dan tingkat pengembalian minimum yang umumnya diasumsikan oleh para investor.

3. Berbasis aset perusahaan

Metode yang dilakukan untuk melakukan penentuan perusahaan juga bisa dilakukan dengan berbasis pada aset yang dimiliki. Hal ini meliputi banyak hal yang pada dasarnya merupakan milik dari perusahaan. Jadi dalam hal ini seluruh aset perusahaan akan dijumlahkan sehingga total atau jumlah dari segala aset yang ada bisa turut menentukan nilai dari perusahaan terkait. Metode ini sebenarnya bisa dilakukan juga dengan tujuan untuk mendapatkan nilai intrinsik perusahaan. Sebab metode ini menegaskan seluruh jumlah total nilai perusahaan yang dimiliki. Semakin besar aset yang dimiliki maka nilai perusahaan dianggap semakin tinggi.

4. Pelatihan financial modelling

Cara lain yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk bisa melakukan valuasi adalah melalui sistem pelatihan financial modelling. Dalam pelaksanaan sistem ini biasanya seluruh peserta akan diberi pemahaman dan simulasi pelaksanaan penentuan nilai perusahaan. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara bertahap. Melalui hal ini maka diharapkan agar perusahaan bisa melakukan pengembangan seluruh nilai perusahaan yang ada di dalamnya. Biasanya peserta pelatihan ini terdiri dari beberapa profesi yang berkaitan dengan perusahaan. Misalnya saja seperti profesi manajer dan karyawan dan juga investor.

Melakukan valuasi bisa jadi cukup bermanfaat bagi perusahaan atau bisnis yang dijalankan. Demikian pula halnya dengan menggunakan software yang tepat untuk melakukan pembayaran payroll. Sebaiknya gunakan saja JojoPayroll, yang mana akan membantu mencetak slip gaji otomatis, membayarkan payroll secara otomatis, hingga memastikan pemotongan pajak dan tunjangan secara otomatis pula.

Hal ini berkat dukungan fitur yang terdapat pada JojoPayroll, misalnya meliputi fitur Progressive Tax Calculation, Adjustable Payday & Working Period, Adjustable Tax Configuration, Automatic Prorate for New Joiners, serta berbagai macam fitur yang lainnya. Dengan fitur-fitur yang ada tersebut, tentunya tidak perlu ragu untuk menggunakan JojoPayroll. Ayo, segera dapatkan coba gratis sekarang juga. Buktikan kehebatan dan berbagai manfaat JojoPayroll dalam sistem pembayaran gaji karyawan perusahaan serta bisnis Anda.