Optimalisasi SEO Ditengah Perkembangan Voice Search

Apa Itu Voice Search?

Pernah kah kalian sebelumnya mendengar tentang voice search? voice search adalah teknologi untuk mencari suatu informasi pada mesin pencari dengan menggunakan fitur pengenalan suara pada smartphone. Hal ini memudahkan kita dalam mencari suatu informasi menggunakan suara tanpa harus mengetiknya ke dalam kolom pencarian. Website mesin pencari seperti google yang awalnya mempelopori teknologi voice search, namun seiring perkembangan teknologi, website lainnya telah mulai mengembangkan fitur ini. Google Mobile App untuk android dan Voice untuk IOS.

Voice search sendiri sudah mulai diperkenalkan Google kepada masyarakat Indonesia sejak tahun 2011 dan terus Google terus mengembangkan fitur-fiturnya sampai saat ini.

Fitur pencarian suara meliputi:

  • Membuat permintaan mesin pencari.
  • Meminta informasi secara spesifik.
  • Meluncurkan program dan memilih opsi.
  • Klarifikasi spesifik dari permintaan.
  • Melakukan panggilan telepon melalui suara.
  • Mencari informasi dalam bentuk audio atau video.

Kecanggihan dari fitur voice search ini mendorong google terus mengembangkan sistem pencarian “search” menjadi “voice search” yang dikemas sebagai “voice assistant”, tidak hanya google yang mulai mendominasi, Amazon dengan “Alexa” dan Apple dengan “Siri” juga mulai mengembangkan Voice Search Optimization.

Salah satu taktik marketing google dalam mempromosikan google voice search di Indonesia adalah dengan cara membuat fitur voice search dalam bahasa Sunda dan Jawa. Pencarian suara dalam bahasa Sunda dan Jawa juga memudahkan user dalam menemukan informasi. Berbagai promosi juga dilakukan untuk memperkenalkan voice search kepada masyarakat Indonesia. Hal ini menjadi tanda bahwa para raksasa perusahaan mesin pencari menargetkan pasar Indonesia untuk menggunakan teknologi mereka.

Beberapa expert dibidang digital marketing seperti Neil Patel dan juga para investor start up Gary Vee dengan gencar menyuarakan “Voice Search is the next big thing”. Bahkan menurut penelitian dari voicebot.ai, 1 dari 5 keluarga di US sudah memiliki “smart speaker” dirumah mereka. Maka saat ini tren voice search tersbut perlahan mulai memasuki Indonesia.

Voice search bukan hanya sekedar tekhnologi untuk menggantikan mesin pencari manual, tetapi bisa juga sebagai alat marketing yang baru. Sebelumnya mesin pencarian manual mengenal SEO atau search engine optimization, yaitu trik marketing untuk mengingkatkan ranking tinggi untuk website dihasil pencarian google.

Optimalisasi Voice Search SEO

Apa itu SEO?

SEO (search engine optimization) adalah suatu teknik untuk membuat situs/website berada pada halaman pertama atau posisi teratas dimesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Pengertian SEO secara umum sangat luas, namun semuanya mencakup tentang bagaimana membuat website atau blog kalian berada diposisi teratas menggunakan kata kunci yang cocok.

Beberapa keuntungan menerapkan SEO pada blog kalian adalah:

  1. Mendatangkan Traffic, Traffic atau pengunjung akan bertambah jika kalian menerapkan SEO untuk website/blog kalian. Keyword yang kita targetkan akan berpengaruh besar kepada hasil data pencarian dari Google Planner.
  2. Meningkatkan Daya Saing, saat posisi suatu website berada paling atas atau berada dihalaman pertama pada mesin pencari maka secara otomatis user akan memilih website tersebut.
  3. Meningkatkan Penjualan, jika kalian menjual satu produk lewat website dan menjadi ranking 1, maka kalian mendapat keuntungan penjualan dari hasil SEO.

Dasar-dasar SEO

Untuk mulai menerapkan SEO pada website kalian, ada beberapa dasar-dasar SEO yang perlu kalian ketahui. Dasar SEO ini merupakan pondasi yang harus diketahui oleh pemula. Mari kita bahas satu-persatu dasar-dasar SEO.

  1. On Page SEO, yaitu teknik mengoptimalisasikan SEO menggunakan keyword. Dengan menggunakan teknik ini, website kalian akan lebih dinilai relevan oleh mesin pencari.
  2. Off Page SEO, menggunakan backlink, apa itu backlink? backlink adalah link dari halaman website kita yang berada pada halaman website lain. Mesin pencari seperti google suka dengan backlink yang berkualitas. Backlink yang berkualitas artinya berasal dari website yang terpercaya.

8 Poin Penting Untuk Mengoptimalisasikan SEO

Lalu bagaimana caranya agar sebuah website mendapat rangking tinggi dimesin pencarian menggunakan voice search? ada 11 poin penting yang dapat kita terapkan untuk mengoptimalkan voice search SEO. Hasil penelitian ini menganalisis lebih dari 10.000 hasil pencarian di Google Home. Berikut 11 point penting tersebut:

  1. Kecepatan Loading Website, untuk menjadi lebih unggul dibanding website lainnya, website harus memiliki kecepatan loading yang cepat. Rata-rata halaman dari hasil search voice mampu dimuat dalam kecepatan 4,6 detik atau bisa dikatakan 52% lebih cepat dari rata-rata biasa. Untuk memberi peringkat pada situs website, algoritma search voice menggunakan Page Speed, sehingga untuk mendapat peringkat yang baik dalam pencarian voice search, situs website harus memuat halaman dengan cepat.
  2. Penggunaan HTTPS, 70,4% halaman google home menggunakan HTTPS. Penggunaan HTTPS dinilai lebih signifikan dibanding website yang tidak menggunakan HTTPS.
  3. Buatlah jawaban ringkas yang tidak lebih dari 29 kata, karena rata-rata jawaban yang digunakan oleh voice search kurang dari 29 kata.
  4. Konten dengan keterlibatan sosial yang tinggi lebih berpeluang untuk dijadikan pilihan jawaban oleh voice search, karena berkualitas dan mudah dibagikan.
  5. Hasil dari voice searh rata-rata ditulis oleh anak setingkat SMP, artinya konten yang sederhana dan mudah dipahami dapat meningkatkan SEO voice search.
  6. Google mencari konten yang yang memiliki banyak kata dan panjang. Semakin panjang konten maka akan semakin besar peluang yang dimiliki agar cocok dengan permintaan voice search. Halaman FAQ atau frequently asked questions dalam voice search akan terpengaruh nantinya.
  7. Semakin tinggi sebuah peringkat halaman dengan keyword tertentu akan semakin besar pula kemungkinannya untuk dipilih google sebagai hasil dari voice search.
  8. Featured snippet dapat membantu meningkatkan peringkat sebuah situs dalam voice search. Menurut penelitian sebesar 40,7% dari jawaban voice search bersumber dari featured snippet.

Itulah 8 poin penting untuk mengoptimalisasi website, bagaimana, apakah kalian tertarik untuk menerapkan cara-cara tersebut? 

Contoh SEO Voice Search

Setelah membahas tentang optimalisasi SEO dalam voice searh, supaya lebih mengerti saya akan berikan contohnya. Misalnya, disaat kalian ingin mengetahui tata cara mengajukan reimburse uang makan saat meeting diluar minggu lalu kepada perusahaan. Keywords yang kalian ucapkan adalah “Cara klaim reimburse dengan mudah”. 

Voice search kemudian akan mencari website yang menerapkan poin-poin optimalisasi SEO yang sudah disebutkan diatas dari website Jojonomic. Voice search menyebutkan bahwa Jojonomic mempunyai produk Jojoexpense yang memiliki fitur untuk klaim reimburse kepada atasan hanya melalui aplikasi. Sistem Jojoexpense adalah karyawan hanya tinggal mengupload bukti bill atau tagihan yang mau diklaim untuk reimburse. Kemudian setelah karyawan mengisi detail klaimnya, klaim akan langsung sampai kepada atasan kalian untuk disetujui atau ditolak. Atasan kalian dapat menyetujuinya hanya lewat aplikasi, sehingga approval dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja meskipun sedang berada diluar kantor. Setelah disetujui, tim finance perusahaan akan mencairkan dananya melalui transfer atau cash sesuai pilihan yang kalian pilih diawal. Jika klaim reimburse ditolak, akan disertakan juga alasannya. 

Dengan seperti itu kalian mendapatkan informasi yang dibutuhkan hanya dengan suara, tanpa harus mengetiknya dikolom mesin pencari. Website Jojonomic juga mendapat keuntungan berupa traffic. Bagaimana, apakah tertarik menerapkan SEO voice search untuk website kalian?