Biar Wawancara Jarak Jauh Berhasil, Lakukan 6 Poin Ini!

Semua kemudahan bisa kita temukan di era modern seperti sekarang. Berbagai hal bisa pula kita dapatkan dan selesaikan melalui suatu aplikasi. Begitu pula halnya dengan wawancara kerja yang bisa dilakukan dimanapun. Sekarang, HRD bisa langsung melakukan wawancara jarak jauh dengan calon pekerjanya. Hal ini tentu kian memudahkan pekerjaan serta tugas para HRD.

Plus dan Minus Wawancara Jarak Jauh

Lantas, apakah wawancara semacam ini berpengaruh pula buat si pelamar kerja? Pada dasarnya, kemajuan teknologi menawarkan 2 sisi berbeda. Di satu sisi, wawancara online tak mengharuskan Anda datang langsung ke perusahaan tersebut. ini bakal menguntungkan untuk para pelamar yang datang dari luar kota atau luar negeri.

wawancara jarak jauhDi sisi lain, Anda mesti memastikan seluruh persiapan jauh lebih matang. Mengingat wawancara dilakukan tanpa bertatap muka langsung, Anda harus bekerja ekstra keras. Setidaknya demi meyakinkan pewawancara terhadap potensi yang dimiliki. Jangan lupa, perhatikan pula detail kecil selama sesi wawancara jarak jauh berlangsung.

Walaupun dilakukan secara virtual, wawancara online sebenarnya tak jauh berbeda dengan wawancara kerja biasa. Hanya saja media yang digunakan tentu berbeda jauh, yakni video call.

Teknologi semacam ini sudah lumrah digunakan di berbagai negara maju. Tak cuma untuk mewawancarai calon pekerja saja, tetapi penerima beasiswa dari negara berbeda.

Selain mempermudah para pelamar kerja, HRD juga lebih hemat waktu dan biaya dalam pengadaan rekrutmen. Perusahaan tak harus menyediakan tempat dan waktu khusus untuk menggelar wawancara.

Kandidat atau pelamar yang bisa diwawancara pun bisa berasal dari berbagai pelosok daerah. Kemajuan teknologi benar-benar berdampak positif bagi kehidupan manusia di masa modern seperti sekarang.

Persiapan Melakukan Wawancara Jarak Jauh

Sebagai kandidat atau palmar kerja, Anda pun tentu harus mempersiapkan banyak hal untuk wawancara jarak jauh. Apa sajakah yang harus dipersiapkan demi menarik hati para HRD? Berikut beberapa poin yang perlu ditekankan dalam menghadapi wawancara:

1.     Pemilihan Waktu dan Tempat

Usahakan untuk memilih waktu dan tempat yang tepat saat melakukan wawancara. Meskipun wawancara dilakukan via video call, setidaknya Anda tetap harus konsisten.

Pastikan pemilihan waktu benar-benar pas antara Anda maupun HRD. Misalnya saja, janji wawancara di jam-jam senggang kantor atau Anda tak ada urusan mendesak.

Mengingat wawancara dilakukan via video call, sebaiknya pilih operator yang bagus. Jangan sampai sesi wawancara terputus di tengah jalan. Atau Anda sulit menangkap pertanyaan yang disampaikan oleh pewawancara.

2.     Mempersiapkan Materi

Carilah bahan wawancara dari internet atau sumber lainnya. Pelajari pertanyaan yang sering diajukan untuk merumuskan sendiri materi pribadi. Hal menarik dari wawancara jarak jauh, Anda memiliki kesempatan untuk melihat materi yang dibuat.

Pewawancara tak akan menangkap sinyal yang Anda lakukan tersebut. Oleh sebab itu, persiapkan catatan yang rapi dan matang untuk menyampaikan argumen selama wawancara.

3.     Kemungkinan Darurat

Anda tentu tak bisa menebak apa yang akan terjadi. Begitu pula halnya dengan wawancara, pasti ada 1 atau 2 hal yang diluar prediksi. Mungkin saja Anda kehabisan daya baterai laptop atau gawai yang digunakan untuk wawancara.

Atau malah koneksi internet yang tak stabil untuk melakukan wawancara jarak jauh. Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, cek kembali peralatan elektronik yang digunakan. Lakukan pula video call percobaan guna memastikan jaringan tetap stabil.

4.     Fokus pada Wawancara

Walaupun berada di lokasi berbeda, bukan berarti Anda bisa melakukan pekerjaan lain sembari wawancara. Ada baiknya fokus pada wawancara yang dilakukan. Hentikan aktivitas yang Anda lakukan sebelumnya, sebab dapat memecah konsentrasi. Pewawancara pun akan merasakan ketidaknyamanan dengan kegiatan Anda tersebut.

5.     Lingkungan yang Kondusif

Jangan melakukan video call atau telpon di ruangan yang terlalu berisik. Sebaiknya pilih kafe atau tempat yang memang nyaman untuk wawancara jarak jauh. Dengan begini, Anda pun bisa mendengar pertanyaan pewawancara dengan jelas serta lebih siap memberikan argumentasi atau pendapat pribadi.

6.     Gesture

Berikan gesture tubuh yang menyiratkan keramahan dan sifat terbuka. Sedari awal, hindari gerakan defensif yang bisa menghancurkan respek pewawancara. Ingat, gerak tubuh dan raut wajah Anda menjadi penilaian para pewawancara.

wawancara jarak jauhMereka bisa mengenali seseorang yang benar-benar ramah atau sebaliknya. Menampilkan raut wajah serta gestur yang tepat akan membantu memperhalus intonasi suara Anda.

Itu tadi, 6 poin yang bisa Anda persiapkan untuk menghadapi wawancara jarak jauh. Bagaimana kalau perusahaan Anda menerima pekerja dari pelosok daerah dan harus bekerja jarak jauh pula? Tenang, saat ini Jojonomic menyediakan software JojoTimes yang memungkinkan absensi berbasis teknologi.

Kemudahan Wawancara Jarak Jauh dengan JojoTimes

Semua karyawan bisa Anda pantau efektivitas pekerjaan dan kedisiplinannya melalui software ini. Menariknya, Anda bisa melakukan evaluasi langsung dengan data yang telah masuk. Sangat efisien bukan untuk mengatur dan mengawasi kedisiplinan para karyawan bukan?

Agar Anda tidak salah pilih dan lebih yakin, JojoTimes juga dilengkapi dengan fitur fake id detection, fingerprint, GPS yang akurat. Dengan menggunakan fitur tersebut, tidak hanya akan mempermudah karyawan untuk melakukan presensi namun juga untuk perusahaan.

wawancara jarak jauhPerusahaan dapat mengetahui jam kedatangan dan lokasi karyawan dengan pasti. Jadi, walaupun Anda berada di luar dan sudah izin, lokasi pasti Anda dapat tercatat di database software ini.

Dari data yang tercatat tersebut akan tersimpan di cloud. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika pun server di tempat Anda rusak, mengalami down karena listrik yang tidak stabil atau dicuri.

Karena data yang sudah ada di cloud akan tetap tersimpan dengan baik. Keunggulannya selain data tetap aman, Anda bisa mengambil data dan mengolahnya dimanapun Anda berada.

Data yang tersimpan tersebut, tidak hanya jam masuk dan keluar, namun juga waktu lembur bisa direkap atau diolah menjadi suatu laporan. Bagian personalia juga bisa untuk mengatur tugas dari setiap karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

Jadi, jobdesk akan lebih spesifik. Dengan begitu, masing-masing karyawan dapat melakukan pekerjaan dengan maksimal. Hasilnya, produktivitas perusahaan akan bisa ditingkatkan.

Maksimalkan Juga dengan JojoPayroll

Selain itu, dengan JojoTimes, Anda juga bisa mengintegrasikan dengan JojoPayroll. Sehingga dari setiap data yang masuk, misalnya waktu presensi, keluar ataupun waktu lembur, bisa diolah dan mempengaruhi gaji karyawan.

Dengan begitu, karyawan akan merasakan adil karena apa yang dikerjaan, dihargai dengan gaji yang sebanding. Kesenjangan sosial antar karyawan juga bisa diminimalisir sehingga tidak ada kecemburuan antara karyawan yang satu dengan yang lain.

Agar Anda bisa mendapatkan keunggulan dan manfaat tersebut, maka Anda harus menginstal JojoTImes terlebih dahulu. Anda hanya perlu untuk mengunjungi website beritikut https://jojonomic.com/produk/jojo-times-absensi-online/.

Kemudian, download demo gratisnya dan Anda bisa mencoba berbagai macam fitur yang ada di aplikasi tersebut. Setelah itu Anda bisa upgrade untuk merasakan fitur yang lebih lengkap sehingga pekerjaan Anda di personalia akan lebih maksimal dan karyawan juga lebih nyaman bekerja.