Wirausaha: Pengertian, Ciri-ciri, dan Tujuannya

Bosan bekerja di perusahaan dan ingin mencoba tantangan baru? Mungkin kamu cocok merintis sebuah bisnis dan menjadi seorang wirausaha atau wiraswasta yang sukses di masa depan. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa orang-orang yang tertarik menjadi wirausaha bukan hanya orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi atau akuntansi saja. Beberapa diantaranya, bahkan memiliki pengetahuan yang amat sedikit tentang dunia bisnis.

Saat ini, ada bentuk seruan untuk berwirausaha. Salah satu pemicunya adalah terjadinya persaingan kerja yang ketat. Pemerintah juga mulai membuka jalan bagi kemudahan berwirausaha. Bisa dikatakan kewirausahaan merupakan salah satu penggerak perekonomian negara. Oleh karena itu, pemerintah banyak membantu pengusaha untuk memulai usaha sendiri sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan perekonomian nasional.

Kebanyakan orang-orang yang memilih menjadi wirausaha adalah pekerja atau karyawan yang jenuh dengan rutinitas pekerjaan yang sama. Aktivitas yang terus diulang setiap hari dimulai dari hari senin hingga jumat, datang di pagi hari dan pulang malam di malam hari.

Tak jarang, di waktu weekend atau hari libur pun masih ada saja perusahaan yang memperkerjakan karyawannya demi mencapai target perusahaan. Mereka pun akhirnya memutuskan untuk berhenti atau resign dari pekerjaannya. Kemudian mereka memulai bisnis dengan modal nekat sambil memperhatikan komponen penting dalam perencanaan usaha yang bisa dijalankan.

Sungguh sebuah pilihan hidup yang menarik bukan? Jika kamu tertarik ingin menjadi seorang wirausaha, kamu perlu memahami lebih dulu tentang pengertian, ciri, dan tujuan apa saja untuk menjadi seorang wirausaha. Yuk simak saja artikel berikut ini yang akan membahas tuntang tentang dunia wirausaha!

Pengertian Wirausaha

Sebenarnya apa itu wirausaha? Wirausaha adalah orang yang memiliki tingkat keberanian yang tinggi sehingga ia memutuskan untuk membangun sebuah bisnis baru secara mandiri. Kegigihan seorang wirausaha dalam mengembangkan bisnis dapat membuat usahanya sukses di masa mendatang. Tentu saja kegigihan itu perlu diikuti dengan strategi-strategi penjualan dalam upaya menjual produk-produkmu di pasaran.

Kewirausahaan adalah kegiatan usaha atau usaha mandiri, dimana setiap sumber daya dan kegiatan dilakukan oleh para pelaku usaha atau pengusaha, khususnya dalam pembuatan produk baru, penentuan cara menghasilkan produk baru, dan penataan operasional usaha dan pemasaran produk serta pengaturan usaha. modal. Tujuan wirausaha adalah menghasilkan produk yang nilainya lebih tinggi dari sebelum diolah.

Menurut Burgess (1993), kewirausahaan mengacu pada seseorang yang mengelola, mengatur, dan mengambil risiko untuk menciptakan bisnis dan peluang bisnis baru. Sedangkan menurut J.B. Say (1803), kewirausahaan adalah wirausaha yang dapat mengelola sumber daya secara ekonomis (efektif dan efisien) dan memiliki produktivitas yang rendah.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Ciri-ciri Wirausaha

Seorang wirausaha bukanlah orang sembarangan, ia tentu saja memiliki karakteristik khusus dibanding masyarakat umum. Mungkin saja kamu juga memiliki ciri-ciri seorang wirausaha atau wiraswasta namun kamu tidak menyadarinya. Pengusaha juga memiliki karakteristik, dan mungkin tidak banyak orang yang memahaminya. Coba perhatikan beberapa ciri wirausaha yang wajib kamu ketahui, Karakteristik tersebut antara lain:

  • Berani mengambil keputusan dan mengambil resiko.
  • Memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi.
  • Masa depan jangka panjang dapat dipertimbangkan.
  • Memiliki keterampilan kepemimpinan.
  • Memiliki semangat dan kemauan yang kuat.
  • Dapat dianalisis secara akurat.
  • Hemat atau tidak dapat dikonsumsi

Berani Mengambil Resiko

Saat memulai sebuah bisnis baru, hanya ada dua kemungkinan yang akan kamu hadapi. Apakah itu kesuksesan atau bahkan kegagalan. Dunia bisnis memiliki resiko besar karena berkaitan dengan peluang penjualan produk yang dipasarkan.

Apakah nantinya produk itu bisa laku dan sesuai kebutuhan konsumen atau justru tidak laku dan membuat wirausaha merugi. Itulah mengapa seorang wirausaha memiliki jiwa yang berani mengambil resiko. Dan juga berhati lapang ketika kegagalan menimpa bisnismu.

Kreatif

Kreatif adalah salah satu sifat yang menjadi kunci seorang wirausaha. Seorang wirausaha harus bisa berpikir kreatif dalam menciptakan atau membuat produk baru yang unik atau anti mainstream. Produk yang belum pernah ada di masyarakat, akan membuat kamu berpeluang menjadi pionir untuk produk tersebut dan menjadi inspirasi bagi wirausaha lainnya.

Atau mungkin kamu bisa menciptakan produk yang memiliki nilai guna yang tinggi, misalnya kamu bisa menciptakan mobil terbang untuk mengatasi macet sehingga para pekerja atau karyawan tidak akan telat datang ke kantor. Dan juga, para murid sekolah bisa datang tepat waktu dengan adanya mobil terbang tersebut.

Percaya Diri

Gagal coba lagi, begitulah prinsip seorang wirausaha yang selalu optimis dalam menjalankan ide-idenya. Ketika suatu ide gagal, wirausaha tetap percaya diri untuk mencoba ide lainnya yang diyakini dapat berhasil.

Wirausaha juga percaya bahwa produk yang ia ciptakan sudah sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga akan laku di pasaran. Wirausaha dengan percaya diri akan mempromosikan produknya yang memiliki kualitas yang baik kepada setiap konsumen yang ia temui.

Memiliki Tingkat Analisis yang Baik

Sebelum memulai bisnis baru, seorang wirausaha juga perlu melakukan analisis terlebih dahulu terkait dengan peluang pemasaran produknya kepada target market yang jelas. Ia juga harus mengobservasi perkembangan jaman.

Misalnya, saat ini sedang marak tentang pemasaran menggunakan sistem digital di Indonesia maka ia juga harus menyesuaikan strategi pemasaran yang sedang berkembang di Indonesia. Biasanya, wirausaha adalah seorang yang dapat menganalisis dengan baik karena bisa memperhitungkan peluang-peluang yang ada untuk membangun bisnis baru.

Visioner

Berpikir jangka panjang juga merupakan salah satu karakter yang biasa dimiliki oleh seorang wira usaha. Ia bisa membaca peluang dan menghasilkan suatu ide untuk membuat produk yang akan dicari di masa depan dan laku di pasaran dalam jangka waktu yang lama.

Misalnya, wira usaha ingin membuat pabrik robot yang nantinya akan berfungsi untuk membantu pekerjaan manusia dalam ranah domestik maupun publik. Sebagai contoh, di Belgia terdapat sebuah rumah sakit yang memperkerjakan robot Pepper sebagai resepsionis rumah sakit. Robot Pepper dibuat menyerupai manusia untuk memahami emosi manusia, mendeteksi suara manusia, bahkan menyampaikan pesan melalui bahasa tubuh.

Bagaimana menjadi pengusaha sukses

Wirausaha disebut pengusaha. Baik itu UKM, usaha kecil dan menengah atau perusahaan, setiap jenis usaha memiliki wirausaha sendiri. Tentunya untuk mendirikan bisnis ini, Anda harus menyesuaikan sikap dan perilaku wirausahawan, dan Anda harus bekerja keras untuk menciptakan bisnis yang stabil dan mampu menghasilkan produk yang dapat diterima oleh target pasar. Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, Anda dapat melakukan hal berikut:

Memiliki ketrampilan sebagai wirausaha

Jika Anda ingin menjadi wirausaha sukses, pentingnya memiliki keterampilan sebagai wirausaha mungkin menjadi langkah awal yang tepat. Mentalitas wirausahawan harus dibentuk sejak awal sebelum berdirinya usaha. Misalnya, keterampilan tersebut antara lain memahami pasar sasaran, memahami kebutuhan pasar, mampu membaca peluang, dan keterampilan komunikasi yang baik. Semua keterampilan ini berguna bagi para wirausahawan, karena akan dibutuhkan dalam proses membangun bisnis.

Modal yang tersedia

Untuk memulai bisnis, Anda membutuhkan modal. Memiliki dana yang cukup akan membantu bisnis Anda berjalan dengan lancar dan tentunya akan mempercepat proses produksi. Modal suatu perusahaan adalah salah satu kuncinya, agar perusahaan dapat beroperasi dan tetap stabil. Anda bisa mendapatkan dana dari mana saja. Baik itu berasal dari investor, dana Anda sendiri, atau bahkan bank.

Bisa menghasilkan solusi

Seorang wirausahawan adalah orang yang dapat memberikan solusi yang tepat atas masalah yang sedang terjadi. Solusi yang diberikan memang memenuhi permintaan pasar. Dengan menciptakan solusi yang tepat maka produk atau jasa yang Anda berikan akan lebih mudah diterima pasar. Hal ini akan membantu kelancaran usaha karena dapat meningkatkan penjualan yang dihasilkan.

Raih peluang dengan cepat

Pengusaha juga harus memanfaatkan peluang dengan bijak. Persaingan yang sangat ketat antar pengusaha akan memperlambat penjualan usaha. Oleh karena itu, pengusaha harus segera memanfaatkan peluang yang ada agar tidak ditinggalkan oleh pesaing. Peluang yang harus cepat dimanfaatkan bisa berupa peluang untuk mengimplementasikan ide, kecepatan mendapatkan momentum, atau bahkan kecepatan mengadopsi strategi pemasaran yang tepat untuk mendapatkan target pasar. Tanpa pertimbangan sebelumnya, tidak ada artinya merebut peluang dengan cepat. Pengusaha harus mempertimbangkan setiap langkah secara akurat dan cepat agar tidak salah langkah.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Manajemen wirausaha yang cerdas

Dalam bisnis, banyak hal yang perlu diawasi. Baik itu produksi maupun operasi internal, seperti laporan keuangan. Setiap proses bisnis sangat penting dan tidak dapat diabaikan. Untuk mempermudah pekerjaan dan tetap bisa fokus pada bisnis, Anda bisa berinvestasi pada teknologi yang tepat. Misalnya membeli mesin khusus agar berproduksi lebih cepat dan lebih melimpah. Ini akan membantu perusahaan untuk berproduksi. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan perangkat lunak aplikasi Jurnal untuk mengelola proses akuntansi terkait bisnis. Bisnis Anda akan berjalan lebih lancar tanpa mengkhawatirkan proses pelaporan keuangan.

Tujuan Wirausaha

Dalam memulai bisnis, tentu saja kamu memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai bukan? Karena tujuan ini adalah target-target yang nantinya perlu kamu perjuangkan agar bisa menjadi seorang wira usaha yang sukses. Berikut ini tujuan-tujuan yang biasanya dimiliki seorang wira usaha dalam memulai bisnis.

Wirausaha Menumbuhkan Perekonomian

Bisnis yang berkembang dan berhasil tentu saja akan berdampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian negara. Apalagi tingginya jumlah ekspor yang dilakukan oleh wira usaha dapat dipastikan akan menambah devisa negara. Jadi bukan hanya para wiraswasta yang diuntungkan dengan adanya kegiatan ekspor namun juga pemerintah Indonesia. Wah sungguh hebat ya jika kamu bisa membantu menambah devisa negara, bukankah begitu?

Wirausaha Membuka Lapangan Pekerjaan

Maraknya wira usaha di Indonesia dapat membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Mengapa demikian? Karena ketika memulai suatu usaha yang baru tentu saja kamu membutuhkan karyawan untuk membantumu mengurus usahamu.

Kamu akan membutuhkan banyak komponen yang harus menempati peran strategis untuk usaha yang sedang kamu rintis. Misalnya kamu membutuhkan seorang akuntan untuk membantumu dalam pengelolaan keuangan. Atau kamu membutuhkan seorang marketing untuk memasarkan produkmu. Dan tentu saja posisi-posisi lainnya yang kamu butuhkan demi mendukung kemajuan usahamu.

Wirausaha denganMemanfaatkan Potensi Alam Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan berbagai macam potensi alam yang bisa dimanfaatkan untuk memulai sebuah bisnis baru. Bahkan Indonesia memiliki semboyan gemah ripah loh jinawi yang menggambarkan betapa kayanya Indonesia dengan berbagai sumber daya alam. Pemanfaatan terhadap potensi alam Indonesia misalkan dengan membangun usaha rotan. Rotan berasal dari Sumatra, Jawa, Borneo, Sulawesi, dan Nusa Tenggara tersebut berhasil memasok 70% kebutuhan rotan dunia.

Kesimpulan Wirausaha

Setelah memahami rahasia sukses berwirausaha, kesalahan fatal adalah kurangnya pengelolaan keuangan yang bersih. Manajemen keuangan sangat penting untuk area bisnis apa pun. Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang wira usaha? Menjadi wira usaha bukanlah sesuatu yang mudah karena dibutuhkan kerja keras dan kekuatan membangun tim yang hebat agar usaha yang kamu rintis dapat berkembang dengan pesat.

wirausaha

Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan software akuntansi untuk mempermudah urusan keuangan. Ini akan menyelamatkan Anda dari bekerja terlalu keras pekerjaan akuntansi bisnis Anda tanpa masalah seluruh bisnis.

Jika suatu hari kamu menjadi seorang wira usaha, kamu perlu belajar mengelola keuanganmu dengan benar karena hal ini berkaitan dengan modal yang bisa kamu pakai untuk mengembangkan usahamu dan aktivitas-aktivitas yang terjadi pada usahamu. Tenang saja, kamu tidak perlu khawatir. JojoExpense akan membantumu mengatasi permasalahan tersebut. JojoExpense akan meningkatkan efisiensi manajemen bisnismu hingga 76%. Tidak perlu ragu, segera coba demo gratisnya!