Work-Life Integration Jalan Menuju Keseimbangan Yang Saling Menguntungkan

Konsep work-life integration sangat berhubungan dengan work life balance. Kedua konsep ini sebenarnya mengatur bagaimana cara terbaik agar karyawan dapat melakukan pekerjaannya. Serta bagaiamana agar ia bisa menikmati waktunya pribadinya bersama keluarga dan untuk hobinya.

Konsep ini mulai dikaji lebih dalam karena efek dari perkembangan yang terjadi pada dunia pekerjaan. Dunia kerja dizaman ini karena sudah sangat berkembang sampai adanya jam kerja fleksibel dimana karyawan terkadang tidak sempat untuk menghabiskan waktu pribadinya.

Perkembangan ini mungkin baik bagi perusahaan. Tapi lain hal dengan karyawan yang belum paham benar tentang work-life integration. Sebagai manusia tentu saja karyawan juga membutuhkan waktu untuk urusan pribadinya. Untuk itulah 8 jam kerja ditetapkan bagi para pegawai. Tapi dengan persaingan yang semakin ketat dibutuhkan pengorbanan lebih dari pegawai.

Pekerjaan Sebagai Bagian Dari Kehidupan

Dalam work-life integration pekerjaan hanyalah bagian dari kehidupan. Jadi karyawan tidak hidup dipekerjaan. Tapi hanya memerlukan pekerjaan sebagai sarana untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Perkembangan industri diera sekarang memang sangat dahsyat.

Apalagi setelah diluncurkannya berbagai teknologi canggih. Hal ini membuat persaingan dalam pasar nasional dan internasional semakin memanas. Akhirnya banyak perusahaan yang menuntut lebih dari karyawannya. Yaitu dengan menambahkan jam kerjanya.

Cara simpel perusahaan untuk bisa mendapatkan keinginannya adalah dengan memberlakukan jam kerja fleksibel. Dilain hal mungkin ini bisa menguntungkan bagi karyawan. Tapi jika pegawai tersebut belum bisa memanaje work-life integration maka yang terjadi adalah ia akan terkekang. Karena harus terus berkerja sebab pekerjaannya kian bertambah setiap harinya.

Sebenarnya tindakan perusahaan sudah benar untuk meberlakukan jam kerja fleksibel. Hanya saja pegawai yang merasa terkekang itu kurang mendapatkan edukasi terkait. Sehingga ia akan mencampur adukan kehidupan pribadinya dengan kewajibannya untuk berkerja.

Hal seperti ini memang sangat ironis. Disisi lain perusahaan tentu saja tidak mau kalah bersaing dari kompetitornya. Alhasil harus mencari berbagai solusi walaupun terkadang menyebabkan karyawan berkerja ekstra dan melupakan work-life integration.

Jika perusahaan sampai kalah dalam persaingan di pasar maka sudah dapat dipastikan. Hitungan mundur dari kebangkrutannya. Untuk itulah pegawai juga harus memaklumi jika ternyata perusahaannya memberlakukan kebijkan yang sedikit menguras tenaga dan pikiran.

Pekerjaan dan kehidupan pribadi harus berjalan secara berkesinambungan itulah tujuan dari work-life integration. Jangan sampai hanya disatu sisi saja berjalan terus kedepan. Disisi lain kehidupan tidak mengalami perubahan sedikitpun.

Tentu saja ini menjadi sebuah tragedi tersendiri. Negara yang sangat sibuk bisa dibilang adalah Jepang. Disana hampir seluruh pegawai berkerja ekstra keras. Sampai sering terjadi kematian akibat kecapaian berkerja. Tragedi ini seharusnya menjadi pembelajaran untuk yang lainnya.

Karyawan menghargai perusahaan dengan terus berkontribusi. Sedangkan perusahaan harus mengerti dengan work-life integration setiap karyawannya. Jadi jika terjadi suatu hal yang menyangkut pekerjaan dan kehidupan pegawai masalah tersebut bisa dengan mudah diselsaikan.

Selanjutnya apa saja yang perlu dilakukan perusahaan untuk bisa mengimplementasikan work-life integration dengan baik. Berikut adalah beberapa list tips yang bisa digunakan oleh manajemen perusahaan agar implementasinya bisa baik.

work-life integration

Ciptakan Keharmonisan Dalam Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja adalah faktor utama dari berbagai kebaikan yang akan terjadi pada perusahaan. Sedangkan lingkungan kerja juga bisa menjadi alasan utama kemunduran perusahaan. Maka dari itu manajemen perusahaan perlu memperhatikan lingkungan kerja dengan sangat baik.

Saat mengimplementasikan work-life integration mungkin akan terjadi berbagai perubahan dalam lingkungan kerja. Entah itu dari segi jam kehadiran ataupun hasil pekerjaan. Untuk menyikapinya pihak manajemen dituntut agar bijak.

Dengan memberikan semangat bahwa hasil dari pekerjaan lebih penting. Hal ini juga berkaitan erat dengan KPI atau key performance indikator. Sebisa mungkin pihak manajemen membuat KPI berfokus kepada hasil pekerjaan. Sehingga pegawai bisa berkerja dengan sepenuh hati untuk mencapai targetnya.

Pahami Kebutuhan Karyawan Dengan Baik

Sebagai bagian dari work-life integration yang akan diterapkan oleh perusahaan. Manajamen ataupun HR harus bisa memahami dengan baik kebutuhan karyawan. Dari segi finansial maupun kehidupan pribadinya. Maksud dari memahami kebutuhan pribadinya adalah dengan mengetahui jadwalnya.

Sehingga performa dari pegawai tersebut bisa diketahui. Jika terjadi sebuah kejanggalan HR bisa dengan cepat menanganinya. Karena sudah mengetahui pribadi dari pegawai tersebut. Sedikit merepotkan memang tapi tahap ini memang sangat dibutuhkan jika perusahaan ingin menjalankan konsep work-life integration.

Memang benefit yang didapatkan dari penerapan konsep ini sangat banyak sekali. Terutama benefit dair konsep intergrasi kehidupan kerja juga akan begitu dirasakan oleh setiap karyawan didalam perusahaan.

Kesenjangan yang sering terjadi didalam perusahaanpun perlahan akan dikikis. Ketika perusahaan memberlakukan konsep work-life integration. Karena banyak karyawan akan diperlakukan secara adil terutama pembagian waktu pribadi dan pekerjaannya.

Aplikasi Yang Mendukung Work-Life Integration

Dibutuhkan sebuah sarana yang dapat menunjang penggunaan konsep ini.  karena akan semakin banyaknya pekerjaan dari HR maupun manajemen disebuah perusahaan. Jika konsep work-life integration benar-benar diterapkan.

Jika perusahaan tidak menggunakan alat pendukung malah akan menjadi beban tersendiri untuk bagian HR maupun manajemen diperusahaan tersebut. Banyak alternatif yang bisa dipilih oleh perusahaan untuk menjadi perangkat pendukung tersebut.

Kebanyakan perangkat lunak yang disediakan oleh berbagai vendor juga sudah ada di Internet. Salah satu yang paling disukai dan bermanfaat adalah jojonomic. Karena vendor perangkat lunak ini suadh digunakan dilebih dari 374 perusahaan besar.

Dengan prestasinya tersebut tentu saja semua softwarenya dapat mendukung penerapan work-life integration didalam sebuah perusahaan. Salah satu jenis software yang bisa memaksimalkan konsep ini adalah jojopayroll.

Perangkat lunak ini berfungsi untuk mengatur payroll perusahaan dengan sangat baik. Contohnya saja software ini mampu melakukan transfer gaji secara real time kepada lebih dari 150 akun bank diseluruh wilayah Indonesia.

Kesulitan HR dan Manajemen untuk mengurusi payroll karyawan akan sangat berkurang setelah perusahaan menggunakan perangkat lunak ini. Bisanya perhitungan payroll juga berhubungan dengan absensi dari karyawan.

Jojo Payroll agar manfaat tunjangan harian cepat dibayarkanMenghitung absensi ini akan sangat merepotkan jika ternyata karyawan didalam perusahaan tersebut banyak. Maka didalam JojoPayroll sudah  terdapat sistem yang bisa menghubungkan antara absensi dan payroll. Sehingga perhitungan otomatis dari setiap payroll yang dimiliki pegawai bisa terjadi.

Slip gaji kertas sudah tidak zaman dan menghambur-hamburkan kertas serta biaya. Dengan memakai JojoPayroll perusahaan anda bisa menyediakan slip gaji secara elektronik. Tentu saja ini lebih private karena hanya bisa dilihat oleh pegawai yang bersangkutan saja.

Permudah work-life integration dengan memakai demo dari JojoPayroll. Dapatkan dengan gratis versi demo dari perangkat lunak ini di Jojonomic sekarang juga. Peningkatan bisnis maupun perusahaan anda akan semakin mudah dengan bantuan perangkat lunak ini. Jika ingin lebih banyak menikmati fiturnya bisa langsung melakukan pembelian di situs Jojonomic.