Workday Dan Aplikasinya Secara Detail

Workday memiliki arti yang sama dengan hari kerja. Jumlah atau banyaknya hari kerja pegawai tentunya perlu dihitung dengan benar sebab hal ini bisa saja berkaitan dengan penghasilan atau gaji atau upah pegawai. Penghitungan ini harus dilakukan dengan langkah yang tepat agar tidak sampai terjadi kesalahan sehingga bisa menimbulkan kerugikan bagi tenaga kerja. Sebab bagaimanapun juga gaji atau upah merupakan hak dari para pekerja yang telah memberikan jasanya pada suatu perusahaan. Maka dari itu segala hal yang berkaitan dengan penghasilan pegawai tersebut sudah tentu haruslah dihitung dengan cara dan penghitungan yang tepat.

Adapun jumlah jam dan hari kerja merupakan hal yang penting dan perlu untuk diperhatikan sebab hal ini bisa berpengaruh secara langsung pada pendapatan tenaga kerja. Misalnya saja absensi atau ketidakhadiran pegawai di tempat kerja turut menentukan uang transport dan uang makan. Atau mungkin saja ketidakhadiran tersebut juga turut berpengaruh pada bonus dan bahkan tip. Tidak hanya itu saja tetapi kehadiran para pekerja juga bisa memberikan dampak di bidang sosial. Jika seseorang yang bekerja di suatu perusahaan bisa masuk ke tempat kerjanya setiap hari maka ia akan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari atasan atau pimpinannya. Sebaliknya jika ketidakhadiran dalam satu periode terbilang cukup banyak maka bisa saja ia tidak lagi dipercaya oleh atasannya. Tentu saja hal ini akan berdampak buruk pada karir pegawai. Oleh karena itu penghitungan presensi sangatlah penting bagi suatu perusahaan.

Penghitungan presensi ini juga tentu saja sangatlah penting bagi seorang pekerja. Maka sudah seharusnya penghitungan ini dilakukan dengan tepat baik secara manual maupun melalui aplikasi. Di masa sekarang ini memang perkembangan teknologi berkembang pesat. Sebab zaman ini memasuki era digital yang ditandai dengan banyaknya penggunaan media teknologi seperti komputer dan internet ataupun lainnya. Oleh karena itu sekarang ini semakin banyak dijumpai adanya penggunaan aplikasi untuk berbagai hal atau berbagai aspek kehidupan. Termasuk dalam hal ini aplikasi untuk menghitung presensi atau jumlah kehadiran pegawai. Yang dimaksud dengan kehadiran dalam hal ini dimulai dari waktu atau jam saat pegawai tiba di tempat kerja hingga selesai kerja. Penghitungan jumlah kehadiran biasanya dilakukan dalam satu periode atau satu bulan. Dalam hal ini penghitungan dimulai dari tanggal awal kerja hingga tanggal selesai kerja pada satu periode. Untuk memudahkan penghitungan ini maka Microsoft Excel menyediakan aplikasi Workday.

Fungsi Aplikasi Workday

Untuk menghasilkan nomor seri tanggal sebelum atau sesudah sejumlah hari kerja yang telah ditentukan oleh sebuah perusahaan maka Anda dapat menggunakan fungsi Excel Workday. Mungkin saja ini terdengar sebagai hal baru namun Anda tentu bisa mengoperasikan fungsi tersebut jika telah terbiasa. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mempermudah Anda dalam menghitung hari kerja. Penghitungan ini bisa dilakukan dengan mengecualikan akhir pekan dan juga beberapa tanggal lain yang telah ditentukan sebagai hari libur. Dalam hal ini termasuk pula tanggal merah yang umumnya menunjukkan hari libur. Sedangkan yang dimaksud dengan akhir pekan dalam hal ini adalah hari Sabtu dan Minggu. Untuk itu Anda bisa menggunakan rumus Workday yang telah tersedia pada Microsoft Excel 2010 hingga ke atas. Penggunaan rumus tersebut diharapkan dapat memudahkan pekerjaan Anda dalam menghitung jumlah hari kerja pegawai.

Cara Menggunakan Fungsi Workday

1. WORKDAY ( tanggal awal ; lama kerja )

Rumus ini bisa digunakan untuk mengetahui tanggal selesai kerja dengan mengecualikan akhir pekan yaitu hari Sabtu dan hari Minggu. Artinya akhir pekan bukanlah merupakan hari efektif dan tidak ikut dihitung. Umumnya rumus ini digunakan untuk menghitung hari kerja dengan lama kerja sebanyak 15 hari.

2. WORKDAY ( tanggal awal mulai kerja ; lama kerja ; tanggal libur )

Untuk rumus yang kedua ini penghitungan juga dimulai dari tanggal pertama kerja. Akhir pekan seperti hari Sabtu dan hari Minggu tidaklah diikutsertakan. Namun tanggal libur juga turut disertakan sehingga masuk ke dalam penghitungan. Perbedaan inti rumus ini dari rumus yang sebelumnya adalah adanya hari libur yang juga turut dimasukkan ke dalam penghitungan kecuali libur akhir pekan. Lama hari kerja yang digunakan adalah sama dengan rumus yang sebelumnya yaitu selama 15 hari kerja.

3. WORKDAY ( tanggal awal ; -lama kerja )

Rumus ini memiliki sistem penghitungan yang sama dengan rumus pertama. Hanya saja pada rumus ini nilai argumen Jumlah_Hari diisi dengan angka minus atau kurang dari 0. Maksudnya adalah penghitungan dilakukan secara mundur ke belakang sebelum tanggal awal kerja dimulai.

4. WORKDAY ( tanggal awal ; -lama kerja ; -tanggal libur )

Prinsip penghitung pada rumus ini sama dengan rumus kedua dan rumus ketiga. Jadi tanggal libur kecuali akhir pekan turut pula dimasukkan ke dalam penghitungan.

Kelebihan Penggunaan Aplikasi Workday

Di zaman yang semakin maju ini tampaknya dibutuhkan berbagai cara yang baru sehingga bisa mempermudah pekerjaan menjadi lebih cepat untuk diselesaikan. Seperti misalnya dalam menghitung kehadiran para pegawai di sebuah perusahaan. Jika awalnya hal ini dihitung secara manual saja namun tampaknya di zaman sekarang diperlukan bantuan sehingga proses penghitungan bisa dilakukan dengan cepat.

Dengan adanya aplikasi Workday dari Excel ini maka Anda bisa melakukan penyatuan antara perencanaan dan pelaksanaan serta analisis. Dengan menggunakan aplikasi ini maka Anda bisa melakukan penghitungan hari kerja pegawai dengan lebih cepat dan tepat. Selain itu aplikasi ini memiliki cara kerja sistem tunggal sehingga Anda bisa membuat suatu keputusan dengan berdasarkan pada data dan bukan berdasar pada tebakan saja. Keunggulan lain dari aplikasi ini juga adanya beberapa informasi yang dapat diakses oleh para pegawai saat sedang dibutuhkan.

Rupanya aplikasi workday ini merupakan salah satu contoh aplikasi menarik yang layak dipertimbangkan untuk digunakan perusahaan. Demikian halnya produk serupa yang memiliki kapasitas dan kemampuan yang sejenis, yaitu JojoTimes. Dengan menggunakan produk yang satu ini, maka dijamin pengawasan dan pencatatan sistem absensi karyawan akan jauh lebih efektif serta efisien. Perusahaan bisa dengan mudah memantau keberadaan karyawan kapan saja dan dimana saja. Selain itu absensi juga bisa langsung terhubung dengan payroll, sehingga jauh lebih mudah dalam pengaturannya nanti.

Adapun berbagai manfaat menarik ini bisa didapatkan berkat aneka ragam fitur yang terselip dalam JojoTimes. Beberapa fitur andalan yang banyak digunakan antara lain yaitu Fingerprint Feature, Check In & Check Out Monitoring, Multiple clock-in and clock-out, Leave Management, serta aneka macam fitur menarik yang lainnya. Oleh karena itu jangan khawatir, jangan lagi merasa ragu atau menunda-nunda. Segera jadwalkan coba gratis JojoTimes di perusahaan Anda, serta rasakan dan lihat sendiri bagaimana produk ini akan membantu efisiensi kerja tim HRD perusahaan Anda. Terutama dalam hal absensi karyawan secara optimal. Yuk, segera coba!