Business Development, Divisi Penting dalam Perusahaan

Sebelumnya kamu tahu ngga apa itu business development? Mengapa divisi ini harus ada di sebuah perusahaan? Dan sepenting apakah business development bagi perusahaan? Daripada kita bertanya-tanya, lebih baik kita bahas aja yuk apa itu business development.

Business Development

Kita mulai mempelajarinya dari definisi terlebih dahulu ya! Jadi business development atau disebut bidi itu adalah penciptaan nilai jangka panjang untuk sebuah perusahaan yang dimulai dari pelanggan, pasar, dan relasi. Nilai jangka panjang yang dimaksud disini adalah pendapatan dan pencitraan perusahaan. Juga termasuk kesetiaan pelanggan, prestise, atau apapun yang menjadi tujuan dari sebuah perusahaan.

Rencana strategis adalah kunci utama posisi ini terus berjalan. Dalam menjalankan perannya, business development akan mengadakan training, workshop, dan review bisnis. Untu lebih jelas, mungkin kita akan menjabarkan satu per satu dari pelanggan, pasar, dan relasi agar lebih jelas tugas dari business development.

Pelanggan

Kita mulai dari pelanggan, tugas dari business development adalah mencari peluang untuk menemukan hal yang baru dan menyaring nilai-nilai produk yang sudah ada yang dicari oleh pelanggan. Tujuan ini bermaksud untuk menambah fitur baru pada produk.

Seorang pelanggan akan terpaksa membeli sebuah produk karena tidak tahu produk lainnya yang bisa memenuhi. Mungkin seorang pelanggan tahu sebuah produk yang mereka butuhkan tapi tidak tahu di mana membelinya. Mungkin seorang pelanggan lainnya menggunakan produk kamu untuk sesuatu yang sama sekali bukan fungsi sesungguhnya dari produk kamu.

Pasar

Adanya pasar membuat business development mencari tahu di mana bisa menemukan pasar baru baik secara geografis maupun cara belanja pelanggan dan mendapatkan jalan dari hasil analisa yang dilakukan untuk meraih pasar itu. Selain faktor geografi, faktor demografi juga mempengaruhi pasar bagi business development. Gaya hidup yang akan menentukan pengambilan keputusan dari seseorang. Gaya hidup ini dipengaruhi dari geografi dan demografi seseorang.

Relasi

Bagi seseorang business development, sering bertemu dengan banyak orang harus menjaga hubungan relasi yang baik. Dengan begitu business development akan mendapatkan kepercayaan dan terlihat integritasnya.  Semua hal ini dilakukan demi keberlangsungan perusahaan dan segenap produknya.

Business development juga merupakan kombinasi dari analisis strategis, pemasaran, dan penjualan, operasinal, financial analysis. Kombinasi ini dilakukan untuk mencapai hal-hal yang sudah dijelaskan di atas seperti pelanggan, pasar, dan relasi.

Skill Business Development

Jika kamu ingin merekrut seorang business development untuk perusahaan kamu, kamu harus mempunyai standar skill apa saja dari seorang business development. Skill apa sajakah yang harus dimiliki oleh business development? Mari kita bahas!

Negosiasi

Skill pertama yang harus kamu ketahui dari seorang business development adalah negosiasi. Pastikan business development yang akan kamu rekrut mempunyai skill ini. Kenapa? Business development akan sering bertemu dengan banyak orang, banyak klien, bahkan investor. Karena untuk mengembangkan sebuah bisnis dibutuhkan banyak klien, pendanaan dari investor, dan dikenal oleh banyak orang.

Untuk mencapai tujuan yang sudah ditargetkan, business development harus pandai bernegosiasi. Saat bernegosiasi kita harus bisa menjabarkan keuntungan apa yang didapatkan dari kedua belah pihak. Karena tujuan dari negosiasi itu sendiri adalah win-win solution. Dengan begitu kita akan mudah mendapatkan klien, pendanaan dari investor, dan produk akan digunakan banyak orang karena keterkenalan.

Manajemen Waktu

Sebagai seorang business development kamu harus mempunyai skill manajemen yang baik. Manajemen yang baik itu kamu dapat tepat waktu, bekerja dengan rapih, dan struktur yang sistematis.

Ketika kamu ingin merekrut seorang business development pastikan ia memiliki skill manajemen yang baik. Karena business development akan bertemu dengan  banyak orang dalam satu hari. Kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik agar tidak terlambat saat bertemu dengan klien untuk menjaga citra perusahaan kamu tetap baik.

Bercerita

Skill ini sama pentingnya dengan ­skill-skill yang kita bahas sebelumnya. Kenapa kemampuan bercerita harus dimiliki oleh seorang business development? Ini dia alasannya!

Saat kamu bertemu dengan klien atau investor kamu tidak hanya pandai bernegosiasi dan manajemen waktu, tapi kamu harus pandai juga bercerita. Skill ini agar klien atau investor tertarik pada cerita kamu. Ketika dalam keadaan yang serius, klien atau investor mungkin akan lelah dan tidak memperhatikan dengan baik pesan yang diberikan oleh business development

Sebaliknya jika seorang bidi memberikan pesan dengan cara bercerita dan seakan-akan mengajak klien atau investor yang ia temui  untuk masuk ke dalam pesan yang ia sampaikan. Mereka akan merasa terhibur dan tidak merasakan kebosanan. Dengan begitu mereka dapat fokus pada pesan bidi dan tertarik untuk berkerjasama dengan perusahaan kamu.

Syarat Menjadi Business Development

Tidak hanya memiliki skill yang sudah dijelaskan di atas, tetapi seorang business development juga mempunyai beberapa syarat. Syarat ini berupa teknis yaitu jika kamu ingin merekrut seorang business development, kamu harus perhatikan pendidikannya. Minimal pendidikan seorang bidi adalah D3. Tapi kebanyakan perusahaan lebih mengincar S1 agar lebih terjamin kualitasnya. Tapi jika kamu mencari seorang leader business development minimal kamu harus mencari seseorang yang sudah memiliki pengalaman di bidang ini selama lima tahun.

Mengapa Penting Business Development?

Dalam Bahasa Indonesia, business development adalah pengembangan bisnis. Bisnis yang berkembang adalah bisnis yang baik karena bisa bergerak atau melakukan ekspansi untuk membesarkan perusahaan. Nah, perkembangan yang terjadi pada bisnis kamu akan tergantung pada divisi business development di perusahaan kamu.

Bisnis yang berkembang sangat baik untuk di masa yang akan datang. Hal ini juga disebabkan dari pendapatan, banyaknya orang yang tahu, dan apa yang sudah dilakukan oleh bisnis ini. Seorang bidi akan bisa memberikan target-target untuk dicapai agar bisnis dapat berkembang dengan baik bahkan pesat.

Bisnis yang mengalami perkembangan yang pesat berarti memiliki income yang sangat tinggi dari hasil penjualan produknya. Sebaliknya jika produknya tidak laku, maka bisnis itu akan tersendat perkembangannya dan bahkan dapat mengalami kebangkrutan.

Jadi kalian tahukan seberapa pentingnya seorang business development bagi bisnis kalian. Coba bayangkan jika perusahaan kamu tidak memiliki seseorang yang dapat mengembangkan bisnis anda, mungkin perusahaan anda tidak akan dapat bertahan dengan lama.

Untuk kalian yang ingin menjadi seorang bidi kalian harus siapkan diri kalian dan kalian sudah harus mempunyai skill seorang bidi. Kalian harus mengasah kemampuan kalian agar kalian bisa menjadi seorang bidi yang sukses. Ingatlah bahwa orang yang berperan penting bagi perusahaannya akan mempunyai  gaji yang besar karena dapat memberikan dampak dan manfaat yang sangat besar kepada perusahaan.

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana pentingnya bidi dan skill apa yang harus dimiliki oleh seorang bidi. Jangan sampai kamu salah merekrut ya! Selain itu kamu juga bisa mengelola keuangan bisnis kamu di JojoExpense. Aplikasi dari Jojonomic ini akan memudahkan kamu mengelola keuangan bisnis kamu. Yuk download  JojoExpense agar keuangan dalam bisnis kamu dapat dikelola dengan baik!