Mau Kinerja Keuangan Perusahaan Maksimal? Gunakan Analisis Ini!

Ananlisis kinerja keuangan

Dengan perkembangan zaman yang begitu pesa,  membuat pemilik/manajemen perusahaan untuk mengembangkan usahanya dengan strategi bisnis baik jangka pendek maupun jangka panjang. Karena itu, perlu sekali bagi perusahaan untuk menghitung atau mengukur kinerja keuangan perusahaan.

Hal ini juga supaya perusahaan bisa mengetahui mengenai baik buruknya keadaan keuangan suatu perusahaan yang mencerminkan prestasi kerja dalam periode tertentu.

Mau tahu seputar kinerja keuangan perusahaan beserta pengertian, jurnal ratio, dan manfaatnya bagi perusahaan? Yuk, kita pelajari bersama dibawah ini!

Pengertian Kinerja Keuangan Perusahaan

Kinerja keuangan suatu perusahaan bisa kita artikan sebagai prospek atau masa depan, pertumbuhan,dan potensi perkembangan yang baik bagi perusahaan.

Menurut Barlian (2003), Informasi kinerja keuangan diperlukan untuk menilai perubahan potensial sumber daya ekonomi, yang mungkin dikendalikan di masa depan dan untuk memprediksi kapasitas produksi dari sumber daya yang ada.

Pimpinan perusahaan atau manajemen sangat berkepentingan terhadap laporan keuangan yang telah di analisis, karena hasil tersebut dapat dijadikan sebagai alat dalam pengambilan keputusan lebih lanjut untuk masa yang akan datang.

Pengukuran kinerja digunakan perusahaan untuk melakukan perbaikan di atas kegiatan operasionalnya agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Analisis kinerja keuangan merupakan proses pengkajian secara kritis terhadap review data, menghitung, mengukur, menginterprestasi, dan memberi solusi terhadap keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu.

Jurnal Rasio Keuangan Terhadap Kinerja Perusahaan

Rasio keuangan ini merupakan suatu alat untuk menganalisis dan mengukur kinerja perusahaan dengan menggunakan data-data keuangan perusahaan tersebut. Apa saja yang termasuk dalam rasio kinerja keuangan perusahaan ini?

Rasio Profitabilitas (profitability ratio)

Merupakan rasio-rasio yang menunjukkan keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. Meliputi antara lain:

Net Profit Margin (NPM)

Yaitu rasio yang digunakan untuk mengukur tingkat kembalian keuntungan bersih terhadap penjualan bersihnya.

Return on Asset (ROA)

Yaitu rasio yang digunakan untuk mengukur efektivitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan aktiva yang dimiliki.

Gross Profit Margin

Menunjukan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba kotor yang dapat dicapai dari setiap penjualan. Gross profit margin merupakan perbandingan laba kotor dan penjualan pada periode yang sama. Semakin besar hasil perhitungan menandakan semakin baik kondisi keuangan perusahaan

Rasio Aktivitas (activity ratio)

Merupakan rasio-rasio yang dimaksudkan untuk mengukur kemampuan atau efisiensi perusahaan dalam memanfaatkan aktiva yang dimilikinya atau perputaran (turnover) dari aktiva-aktiva tersebut. Meliputi antara lain:

Total Asset Turnover (TATO)

Yaitu rasio yang menunjukkan seberapa efektifnya perusahaan menggunakan total asetnya.

Rasio Perputaran Piutang

Rasio ini mengukur efektivitas pengelolaan piutang. Semakin tinggi perputarannya maka semakin efektif pengelolaannya. Dengan rasio ini Anda dapat melihat pengelolaan piutang dan kebijakan kreditnya.

Rasio Perputaran Persediaan

Rasio ini menunjukan likuiditas perusahaan dalam pengelolaan persediaanya. Semakin tinggi perputarannya maka semakin baik. Hal tersebut artinya perusahaan menjual dan mengelola persediaan dengan cepat dan baik. Jika rendah berarti efektivitas pengendalian persediaan kurang baik.

Rasio Perputaran Aktiva Tetap

Rasio ini mengukur sejauh mana kemampuan perusahaan menghasilkan penjualan dengan aktiva tetap yang dimilikinya. Semakin besar perputaran rasionya, maka semakin baik untuk perusahaan. Rasio ini cukup penting bagi industri yang memiliki aktiva tetap yang tinggi.

kebijakan pengeluaran

Rasio Solvabilitas

Rasio solvabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi semua kewajibannya baik jangka panjang maupun jangka pendek jika perusahaan dilikuidasi. Rasio ini meliputi:

Total Debt to Total Assets Ratio

Rasio ini dikenal dengan debt ratio yaitu mengukur besarnya dana yang berasal dari utang. Rasio ini menunjukkan sejauh mana utang dapat ditutupi oleh aktiva perusahaan. Semakin kecil rasionya makan semakin aman (solvable). Kreditor akan lebih menyukai debt ratio yang rendah.

Debt to Equity Ratio

Rasio ini digunakan untuk mengukur utang yang dimiliki dengan modal sendiri. Sebaiknya utang perusahaan tidak melebihi modal perusahaan sendiri. Hal ini agar beban tetap yang dikeluarkan perusahaan tidak tinggi. Semakin kecil utang terhadap modal maka semakin baik dan aman.

Analisis Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan Perusahaan

Kinerja keuangan dapat dinilai dengan beberapa alat analisis. Menurut Jumingan (2006:242) berdasarkan tekniknya, analisis keuangan bisa dibedakan menjadi beberapa teknik, yaitu :

Analisis Perbandingan Laporan Keuangan

merupakan teknik analisis dengan cara membandingkan laporan keuangan dua periode atau lebih dengan menunjukkan perubahan, baik dalam jumlah (absolut) maupun dalam persentase (relatif).

Analisis Tren (tendensi posisi)

Analisis Tren merupakan teknik analisis untuk mengetahui tendensi keadaan keuangan apakah menunjukkan kenaikan atau penurunan.

Analisis Persentase per-Komponen (common size)

Presentase per- komponen merupakan teknik analisis untuk mengetahui persentase investasi pada masing-masing aktiva terhadap keseluruhan atau total aktiva maupun utang.

Analisis Sumber dan Penggunaan Modal Kerja

Sumber dan penggungaan modal kerja merupakan teknik analisis untuk mengetahui besarnya sumber dan penggunaan modal kerja melalui dua periode waktu yang dibandingkan.

Analisis Sumber dan Penggunaan Kas

Analisis ini merupakan teknik analisis untuk mengetahui kondisi kas disertai sebab terjadinya perubahan kas pada suatu periode waktu tertentu.

Analisis Rasio Keuangan

Rasio keuangan merupakan teknik analisis keuangan untuk mengetahui hubungan di antara pos tertentu dalam neraca maupun laporan laba rugi baik secara individu maupun secara simultan.

Analisis Perubahan Laba Kotor

Analisa perubahan laba kotor merupakan teknik analisis untuk mengetahui posisi laba dan sebab-sebab terjadinya perubahan laba.

Analisis Break Even

Break even merupakan teknik analisis untuk mengetahui tingkat penjualan yang harus dicapai agar perusahaan tidak mengalami kerugian.

kinerja keuangan

Penilaian Kinerja Keuangan

Sedangkan bagi perusahaan, informasi kinerja keuangan  perusahaan dapat dimanfaatkan untuk hal-hal sebagai berikut:

Mengukur Prestasi Perusahaan

Untuk mengukur prestasi yang dicapai oleh suatu organisasi dalam suatu periode tertentu yang mencerminkan tingkat keberhasilan pelaksanaan kegiatannya.

Melihat Kinerja Keseluruhan

Selain digunakan untuk melihat kinerja organisasi secara keseluruhan, maka pengukuran kinerja juga dapat digunakan untuk menilai kontribusi suatu bagian dalam pencapaian tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Dasar Penentuan Strategi

Dapat digunakan sebagai dasar penentuan strategi perusahaan untuk masa yang akan datang.

Petunjuk dalam Pembuatan Keputusan

Memberi petunjuk dalam pembuatan keputusan dan kegiatan organisasi pada umumnya dan divisi atau bagian organisasi pada khususnya.

Penentuan Kebijaksanaan Penanaman Modal

Sebagai dasar penentuan kebijaksanaan penanaman modal agar dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

Sekarang kamu sudah mengerti kan, pentingnya mengukur dan menghitung kinerja keuangan perusahaan supaya mendapat keuntungan maksimal? Karena itu, pastikan kamu menganalisa menggunakan beberapa teknik diatas dengan baik dan benar.

Nah, pastinya suatu keuangan perusahaan tidak lepas dari laporan keuangan, kan? Karena itu pastikan perusahaan kamu memiliki laporan keuangan yang akurat dan lengkap supaya aktivitas perusahaan bisa berjalan dengan baik.

JojoExpense

Tidak perlu khawatir, Jojonomic memiliki aplikasi keuangan JojoExpense untuk membantu mengelola dan mencatat semua laporan keuangan kamu! Dijamin laporan keuangan perusahaan kamu bisa lebih akurat, lengkap, dan lebih praktis dan cepat dengan sistem otomatisnya! Kamu juga bisa pantau laporan keuangan kamu kapanpun dan dimanapun dengan satu sentuhan jari lho! Lebih produktif dan efisisen, kan?

Yuk, coba aplikasi keren ini sekarang dan rasakan manfaatnya!