Seputar Refund bagi Kamu Pencinta Belanja!

Istilah refund pasti sering kamu dengar. Apalagi, jika sering belanja sepatu, pakaian, tas, atau produk-produk lainnya di toko atau online. Belanja pasti menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan, kan?

Apalagi kalau kamu bisa mendapatkan barang atau produk yang kamu inginkan bahkan sejak lama.

Tapi, bagaimana kalau barang yang kamu belanja atau pesan tidak sesuai dengan harapan kamu atau tidak cocok? Pasti kamu mau mengembalikan produk tersebut dan meminta uang kembali atau refund, kan?

Namun, sebelum kamu melakukan refund, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mulai dari prosedur, kebijakan, dan waktu melakukan pengembalian dana ini.

Tapi, tidak perlu khawatir, karena semuanya akan dibahas di artikel ini. Yuk, kita simak bersama penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Refund?

Refund ini merupakan pengembalian dana konsumen. Jadi, pengembalian dana atau uang pembayaran yang telah diberikan atau dilakukan oleh konsumen saat membayar suatu barang atau produk. Biasanya karena adanya pembatalan transaksi dari suatu pihak.

Karena itu, barang yang sudah dibeli dikembalikan ke penjual, serta uang juga dikembalikan kepada pihak pembeli. Hal ini biasanya terjadi karena barang kurang sesuai dengan keinginan pembeli atau rusak sehingga pembeli menolak untuk menerimanya.

Tapi, ada beberapa hal yang harus kamu pahami yaitu, kebijakan refund dari setiap toko pastinya berbeda. Karena, potongan dana dipengaruhi waktu pengajuan refund dan berapa lama dana dapat kembali ke rekening anda itu semua mempengaruhi pengembalian dana yang kamu ajukan.

Sebenarnya pengajuan refund sangat mudah. Tapi, sayang hal ini sering menimbulkan kepanikan dan  kebingungan oleh para konsumen saat proses berlangsung.

Nah, beberapa hal yang membuat bingung para pemohon refund yaitu lamanya waktu pengembalian dana dan besarnya potongan yang dikenakan bagi setiap barang yang dibatalkan. Karena itu, yuk kita pelajari dulu kebijakan dari pengembalian dana ini!

Kebijakan Melakukan Refund

Sebaiknya, sebelum kamu membeli suatu produk atau barang, kamu harus memastikan kalau barang yang kamu akan beli tersebut mempunyai fitur refund di tokonya.

Hal ini supaya kamu bisa mengajukan pengembalian ini sewaktu-waktu dan permohonan kamu tidak ditolak dan dipermudah prosesnya.

Biasanya, ada beberapa hal dan peraturan yang diwajibkan oleh sang penjual di tokonya, seperti  pengembalian dana dilakukan ke rekening bank pihak pengirim dana.

Proses ini harus dilakukan selambat-lambatnya dalam 3 (tiga) hari kerja sejak permintaan refund. Serta, data-data yang dibutuhkan sudah lengkap diberikan oleh pelanggan kepada pelanggan atau toko dengan mengirim email ke toko tersebut.

Nah, biasanya data-data yang harus kamu kirimkan, yaitu:

  • Order ID Transaksi
  • Bukti transfer (dalam bentuk foto atau screenshot)
  • Rincian rekening bank pihak pengirim dana untuk tujuan refund (berupa: nama pemilik rekening, nama bank, nomor rekening)
  • Alasan melakukan pengembalian dana

Waktu Pengembalian Dana atau Refund

Ada hal yang perlu kamu ingat, yaitu pihak penjual atau toko bisa tidak akan mengembalikan dana kamu  100% kecuali dengan alasan tertentu. Misalnya, terjadi kesalahan dari pihak maskapai dan kamu mau melakukan pengembalian dana.

Dana yang dikembalikan juga tergantung dari berapa lama jarak pengajuan refund dengan jadwal keberangkatan kamu. Waktu pengajuan ini juga akan berpengaruh pada besarnya jumlah dana yang nantinya akan dikembalikan.

Sesudah kamu mengajukan permohonan pengembalian dana, kamu harus memahami berapa jumlah besaran potongan yang berlaku. Karena itu, salah satu hal lain yang harus kamu ketahui yaitu lamanya proses pengembalian dana.

Di dalam penjualan toko, aturan yang berlaku untuk pengembalian dana adalah 30 hingga 90 hari kerja. Tapi, ini tergantung pada kebijakan toko masing-masing.

Contoh Kasus Refund

Contoh kasus pengembalian dana yang bisa kita lihat, seperti pengembalian dana tiket pesawat. Kamu sudah membeli tiket pesawat, tapi karena kamu berhalangan untuk pergi karena sakit, atau ada urusan pribadi, kamu mau melakukan refund.

Nah, kamu harus mengisi beberapa data yang kamu gunakan saat membeli tiket di aplikasi maskapai tersebut. Seperti nama lengkap, nomor identitas (KTP), nomor paspor, alamat, nomor telepon, alasan ingin mengembalikan dana, dan informasi lainnya.

Tapi, karena maskapai tidak akan mengembalikan danamu 100% utuh, kecuali dengan alasan tertentu. Seperti saat terjadi kesalahan di pihak mereka, dana yang dikembalikan sangat bergantung pada berapa lama jarak pengajuan refund dengan jadwal keberangkatanmu.

Tabel Potongan Biaya Refund Maskapai Penerbangan

Untuk lebih jelasnya, berikut tabel potongan biaya refund dalam maskapai penerbangan :

Pengajuan refundBesarnya potongan biaya refund
Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan25% dari harga tiket
72 – 48 jam sebelum keberangkatan50% dari harga tiket
48 – 24 jam sebelum keberangkatan60% dari harga tiket
24 – 12 jam sebelum keberangkatan70% dari harga tiket
12 – 4 jam sebelum keberangkatan80% dari harga tiket
Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan90% dari harga tiket

Setelah kamu mengajukan permohonan refund dan paham besaran potongan yang berlaku, kamu harus menunggu lamanya proses pengembalian dana. Biasanya, menurut aturan yang berlaku adalah dana akan dikembalikan dalam 30 – 90 hari kerja.

Pastinya, bagi sang penjual dan pembeli sangat mengharapkan agar produk yang diharapkan bisa sesuai dengan ekspektasi dan tidak ada halangan dalam pemesanan.

Tapi, pembeli juga berhak untuk melakukan pengembalian dana kalau barang atai jasa yang diinginkan tidak sesuai atau ingin membatalkan pesanannya.

JojoExpense

Untuk mempermudah kamu mengatur keuangan pemasukan dan pengeluaran di bisnis kamu saat transaksi jual-beli menghadapi konsumen, kamu bisa menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic yang keren ini!

Laporan keuangan kamu bisa lebih lengkap dan akurat dengan menggunakan aplikasi ini, ditambah lagi, sistem otomatisnya yang mempermudah kamu sehingga lebih produktif! Dijamin efisien dan hemat waktu dan biaya lho!