Transportasi Online: Kelebihan dan Kekurangannya

Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan transportasi online? Ya jenis kendaraan ini bisa kalian pesan melalui aplikasi di gadget kalian ini memang lebih fleksibel, dan juga mempermudah kalian untuk menuju ke tempat tujuan.

Aplikasi ini juga dapat di download di platform store gadget kalian. Tapi, kalian sudah tahu belum definisi sebenarnya dari jenis kendaraan online serta cara dan manfaat penggunaanya? Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tentang transportasi online ini. Yuk disimak!

Transportasi Online

Jadi, transportasi online itu adalah wahana yang digunakan sebagai pemindah dari suatu tempat ke tempat lain dengan agensi-agensi tertentu. Serta, bertanggung jawab dalam hal kepemilikan maupun pengoperasian transportasi yang terkait.

Hal yang paling utama dari transportasi ini, berbasis mesin canggih dilengkapi dengan fitur pelacak posisi.

Jenis kendaraan online ini tidak bisa berdiri sendiri, dikarenakan mereka membutuhkan dukungan dari gadget dan juga internet. Tanpa ada kedua itu maka pemesanan transportasi online tidak akan dapat bejalan.

Transportasi online juga bukan merupakan transportasi umum, berbeda dengan taksi yang masuk dalam klasifikasi kendaraan umum.

Ada beberapa perbedaan kendaraan online dengan  umum, yaitu pada plat. Kendaraan umum harus mempunyai plat kuning sedangkan yang online berplat hitam.

Kendaraan umum dipayungi hukum lewat Undang-Undang sedangkan yang online belum dipayungi hukum. Kendaraan yang digunakan oleh umum adalah punya sebuah institusi sedangkan online, masih milik pribadi.

Terakhir, kendaraan umum harus melakukan uji KIR sedangkan yang online tidak.

Cara Penggunaannya

Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara penggunaan aplikasi transportasi online. Mulai dari men-download sampai ke tahap akhir. Yuk kita lihat apa saja caranya!

  1. Cari aplikasi-nya pada platform store di gadget
  2. Download aplikasi tersebut
  3. Masuk ke dalam aplikasi.
  4. Daftarkan diri anda pada aplikasi
  5. Pilih lokasi yang ingin kamu tuju.
  6. Pilih lokasi dimana kamu di jemput.
  7. Tekan tombol pesan.
  8. Tunggu dan transportasi yang kamu pesan akan datang.

Jangan lupa ketika semua cara ini sudah kamu lakukan, bayar lah transportasi online yang kamu pesan sesuai dengan aplikasi. Karena, jika kamu tidak bayar dapat merugikan pihak yang telah mengantarmu.

Manfaat Penggunaannya

Transportasi online ini juga mempunyai beberapa manfaat untuk pengguna maupun bagi penyedia jasa. Yuk kita lihat beberapa manfaat jenis kendaraan online ini.

Mengurangi Stress

Kota-kota besar di Indonesia, terutama Jakarta, identik dengan kemacetan. Jika kita menyetir sendiri mobil pribadi untuk pergi ke suatu tempat dapat membuat kita lelah dan menghabiskan waktu cukup lama.

Tentu keadaan ini bisa menimbulkan frustasi dan stres kalau dihadapi terus menerus. Maka dari itu anda dapat menggunakan transportasi online untuk membantu kamu mengurangi rasa stres tersebut. Kamu juga bisa tidur loh sambil menunggu macet

Selain mobil, aplikasi kendaraan online juga menyediakan kendaraan roda dua atau sepeda motor. Sepeda motor ini juga bisa membantu kamu terhindar dari kemacetan lho!

Dengan ukurannya yang kecil, kendaraan roda dua ini bisa menyelap-nyelip agar cepat sampai ditujuan. Jika stress kamu berkurang kamu jadi bisa berkerja secara produktif lho!

Rasa Aman

Perusahaan transportasi online selalu menyimpan data semua pengemudi, penumpang, dan perjalanan yang dilakukan. Jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi, maka  kamu dapat melaporkan pengemudi tersebut.

Mereka dapat diberikan sanksi oleh perusahaan agar mereka lebih baik lagi kedepannya. Penumpang pun bisa memperoleh ganti rugi bila memungkinkan.

Selain itu, pengemudi transportasi online dibekali dengan pengetahuan rambu jalan dan kelas pelajaran mengemudi yang baik. Upaya ini dapat meminimalisir risiko kecelakaan di jalan raya. Kamu juga berhak untuk menegur pengemudi jika ia tidak dapat memberimu rasa aman.

Fitur penilaian pada pengemudi juga disediakan oleh perusahaan kendaraan online. Hal ini untuk mencegah kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Dengan adanya penilaian maka pengemudi harus berhati-hati dalam bersikap dan berkendara.

Lebih Hemat

Transportasi online biasanya memasang tarif lebih terjangkau dibandingkan dengan transportasi umum lainnya. Ongkos yang kamu keluarkan pasti akan lebih murah daripada biaya bensin dan perawatan mobil.

Kondisi dompet dan finansial kamu pun akan lebih sejahtera. Selain itu, sering menggunakan kendaraan online juga dapat membantu meningkatkan pendapatan sang pengemudi.

Selain lebih terjangkau, perusahaan penyedia transportasi online juga kadang memberikan promo bersifat e-voucher yang berisikan cashback.

Selain e-voucher juga diberikan kode promo untuk mengurangi biaya transportasi. Maka dari itu pengeluaran kamu akan lebih hemat.

Transportasi online juga lebih transparan. Mereka langsung memunculkan harga di awal sebelum kita memesannya.

Biasanya harga akan ditentukan dari jauh dekatnya tujuan yang dituju. Harga yang ditentukan akan dikalikan dari kilometernya. Misalnya per kilometer itu Rp 2.000,00 maka jika 4 kilometer biaya akan dikenakan sebesar Rp 8.000,00.

Resiko Penggunaan

Selain ada manfaatnya, kamu juga harus loh memperthatikan resiko penggunaan aplikasi online. Hal ini bertujuan untuk kamu lebih berhati-hati saat meniki transportasi online. Agar kamu dapat mengatasi risikonya, di bawah akan kami jelaskan sekiranya resiko apa saja yang akan kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi dan memesan kendaraan secara online

Pengemudi tidak Selalu Bersikap Profesional

Mungkin untuk membedakan pengemudi profesional dan tidak kita mulai dari penglasifikasiannya terlebih dahulu. Maksud dari pengemudi profesional adalah pengemudi yang memang perkerjaannya sehari-hari mengemudi.

Bisa dibilang seperti supir kendaraan logistik atau kendaraan umum. Mereka yang berprofesional biasanya memakai seragam dan menjalankan syarat operasional yang sudah ada.

Sedangkan pengemudi dari transportasi online belum memiliki hal itu. Mungkin memang ada seleksi khusus dari perusahaan penyedia jasa aplikasi transportasi online. Tapi ingat disini siapa saja bisa mendaftarkan dirinya dan kendaraannya untuk bergabung menjadi pengemudi salah satu moda kendaraan berbasis online ini.

Jadi, mereka pasti menggunakan mobil pribadi dan perlakuan pengemudi dengan pengemudi lainnya pasti bisa berbeda. Ada yang ramah, ada yang terlihat jutek, dan bahkan ada yang tidak sopan dengan pelanggan.

Jika kamu mendapat hal seperti itu. Kamu bisa nih melaporkan ke perusahaan penyedia jasa transportasi online tersebut. Kamu juga bisa memberi nilai bintang satu atas ketidak puasan kamu terhadap pengemudi.

Jadi sekarang kamu sudah tahu ya bagaimana menyikapi pengemudi yang tidak mempunyai profesionalitas dalam berkerja. Yuk kita lanjut ke resiko berikutnya.

Pengemudi tidak Selalu Tahu Jalan

Ini biasa terjadi jika kalian menggunakan aplikasi transportasi online, karena kita seringkali menemukan pengemudi baru. Hal ini menyebabkan pengetahuan jalannya kurang.

Biasanya memang di aplikasi terdapat di GPS, tapi yang diberikan biasanya jalan yang sudah didaftarkan. Bahkan biasanya jalan yang didaftarkan tidak sesuai dengan apa yang kita ingin tuju.

Atas kurang pengetahuan akan jalan juga membuat kita menjadi lama menuju lokasi. Ketika kita dalam kondisi terlambat, kita membutuhkan jalan pintas untuk cepat menuju ke lokasi. Tapi pengemudi biasanya tidak tahu dan mau tidak mau kita melewati jalan yang sudah di daftarkan.

Maka dari itu jika kamu mendapatkan pengemudi yang tidak mengetahui jalan, lebih baik kamu juga membuka map di gadget kamu. Apa lagi kalau kamu menuju tempat yang baru kamu kunjungi, agar kamu tidak tersesat baiknya kamu lihat map ya!

Kendala Teknis

Hal ini dipengaruhi lewat sinyal gadget kamu. Jika kamu tidak mendapatkan jaringan, kamu tidak akan bisa untuk memesan transportasi online. Untuk mencegah hal ini kamu harus mencari tempat yang memang kuat jaringannya di gadget kamu.

Jika kamu memang tidak mempunyai kuota internet, kamu bisa memesan transportasi online dengan wifi layanan publik. Tapi pastikan kamu mengisi pulsa dan kuota internet ya untuk mudah berhubungan dengan pengemudi yang kamu pesan.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara, manfaat, dan resiko saat kamu menggunakan transportasi online? Dengan membaca artikel ini kami harap kamu bisa ya menanggulangi keadaan-keadaan saat menggunakan transportasi online.

Transportasi online juga cocok buat kamu yang ingin meeting atau keluar kantor untuk keperluan perusahaan kamu. Karena, kamu bisa mendapatkan bukti pembayaran yang ada di catatan histori penggunaan kamu.

Nah, kamu bisa me-reimburse uang untuk transportasi tersebut pada pihak kantor lewat aplikasi  JojoExpense. Pastikan kantormu sudah menggunakan jasa Jojonomic agar kamu dapat menggunakan fitur daru JojoExpense ini. Selamat mencoba!