Pelecehan Seksual Dunia Kerja, Akibat Dan Solusi Penyelesaiannya

Dunia kerja adalah sebuah tempat yang unik juga kadang menyeramkan, disana adalah tempat anda mencari nafkah serta pencapaian. Kadang hal tidak mengenakan seperti pelecehan seksual dunia kerja bisa terjadi disebabkan berbagai alasan, tentu tindakan ini termasuk kedalam kriminal. Karena bisa merugikan nama baik serta martabat korban.

Dimasa globalisasi ini berbagai budaya didunia sudah menyebar dan saling berhubungan, contohnya kita sebagai bangsa asia yang senantiasa lebih menghormati adab berpakaian menutup bagian tubuh sudah mulai terkikis karena budaya barat karena standarfashion pakaian minimnya.

Tapi itu bukan sumber utama dari terjadinya pelecehan seksual dunia kerja, pakaian minim mungkin bisa menjadi salah satu tuntutan pekerjaan. Hal itu bisa menjadi penyebab dan juga tidak berdasarkan bagaimana anda bersikap.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Masalah sebenarnya adalah dari gelombang ragamnya budaya ini terkadang menyebabkan berbagai dampak buruknya juga ikut menyebar. Seakan masyarakat terkena brainstorm cara dan tips melakukan tindak kriminal pelecehan seksual dari berbagai media.

Tayangan Tidak Senonoh

Pemicu utama dari pelecehan seksual dunia kerja adalah mudahnya mengakses video atau konten tidak senonoh melalui internet. Tapi ini bukan salah internetnya itu sendiri, tapi kesalahan terletak kepada setiap pribadi yang memilih menyaksikannya.

Internet adalah sebuah media untuk mendapatkan sejuta manfaat juga keburukan, tergantung dari penggunanya. Keleluasan dari mengakses konten-konten tidak pantas itu seringkali membuat pelecehan seksual sering terjadi didalam realita maupun saatberkerja.

Jika sudah tidak dapat mengendalikan hasrat seksual seseorang bahkan bisa tega melakukan tindakan yang sangat bejad. Kurangnya perhatian dari orang terdekat juga semakin mempermudah tindak kejahatan ini bisa terjadi. Tidak heran masih banyaknya kasus-kasus seperti ini terjadi didalam kehidupan karena belum adanya solusinya pasti.

Kita tidak bisa mengendalikan sepenuhnya internet, anda hanya bisa menjadi penonton dan penikmati dari internet. Kurangnya kesadaran diri serta berbagai nilai-nilai adab juga adalah alasan kedua pelaku pelecehan seksual mampu melakukan tindakannya.

Setiap perusahaan seharusnya menciptakan lingkungan kerja yang ramah jauh dari pelecehan seksual dunia kerja, karena dampaknya bahkan bisa membuat seorang karyawan trauma dan akhirnya resign. Kenapa bisa sampai resign?, karena tentu ia akan merasa martabatnya telah tercoreng dengan pelecehan seksual tersebut.

Setiap karyawan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan tindak kejahatan ini, selama ada kesempatan dan lingkungan kerja yang acuh. Manusia akan selalu berkembang sesuai dengan pemikiran serta pengalaman apa saja yang ia saksikan didalamhidupnya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tapi jika ia memiliki pedoman keagamaan yang baik tindakan tercela seperti pelecehan seksual tentu bisa dijauhi. Karena makna dari agama sendiri adalah a tidak dan gama rancu, berati agama adalah tidak rancu. Agama selalu berisi pedoman untuk kehidupan saling menghargai dan menolong.

Solusi Pelecehan Seksual Dunia Kerja Yang Bisa Dilakukan

Pada perkembangannya pelecehan seksual ini dizaman sekarang bisa juga dialami seorang pria, karena mulai berkembangnya komunitas LGBT atau lesbian gay bisexual transgender. Jadi semua orang memiliki kemungkinan untuk menjadi korban ataupun pelaku.

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman bagi setiap pegawai didalam perusahaan banyak solusinya. Pertama perusahaan bisa melakukan seminar keagamaan yang berisi makna menghargai sesama dan hukuman bagi orang-orang yang melaksanakan pelecehan seksual.

Hal ini dimaksudkan agar menumbuhkan rasa takut setiap pegawai untuk melakukan pelecehan seksual dunia kerja, setelah timbul perasaan tersebut tindak kriminal ini bisa sedikit ditekan perkembangannya. Selanjutnya adalah sebagai HRD harus selalu menerima setiap aduan dari karyawan karena bisa jadi dari berbagai banyak aduan mungkin saja ada tindak pelecehan.

Selalu membuka telinga dan mata untuk setiap aduan dari karyawan, karena bila sampai aduan mereka tidak didengar siap saja untuk menerima malapetaka yang lebih besar. Tindakan lainnya yang bisa diambil oleh sebuah perusahaan adalah memakai CCTV.

Penggunaan CCTV ini bukan hanya untuk menghindari kecurangan dan pencurian inventaris perusahaan saja. Manfaat lainnya adalah agar para karyawan selalu merasa diawasi dan enggan melakukan tindakan bodoh seperti pelecehan seksual yang bisa membahayakan karir mereka.

Pemasangan CCTV akan memberikan rasa aman bagi setiap pekerja disebuah perusahaan apabila terjadi pelecehan seksual dunia kerja, mereka bisa dengan mudah melaporkannya kepihak berwajib atau HRD. Tentu saja para pelaku akan semakin mengurungkan niat jahatnya untuk melakukan pelecehan seksual apabila terdapat CCTV.

Apabila sudah terlanjur terjadi pelecehan seksual, berarti ada pengawasan yang kurang atau bahkan masih banyak perbaikan untuk perusahaan. Jadikan pelajaran bagi perusahaan untuk kedepannya memperbaiki lingkungan kerja agar lebih aman bagi setiap pegawai didalamnya.

Lalu berikan dukungan terhadap korban agar bisa kembali bangkit dari keterpurukannya, tentu selidiki juga pelakunya apabila beruntung mendapatkannya bawa ia kepada pihak berwajib agar mendapatkan hukuman yang setimpal. Serta menjadi pelajaran agar selanjutnya tidak terjadi hal buruk seperti ini lagi.

Pertahankan Lingkungan Kerja Yang Sehat

Pelecehan seksual dunia kerja adalah sebuah ketakutan yang terjadi didalam sebuah perusahaan, bayangkan trauma yang mungkin dialami oleh korban. Ia akan selalu menderita ketika hendak memasuki dunia kerja kembali.

Belum lagi untuk menjalani kehidupan mau atau tidak ia harus berkerja agar mendapatkan uang. Skenario terburuk adalah ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Untuk mengantisipasi tragedi seperti ini sebisa mungkin seluruh elemen didalam perusahaan harus profesional dan mempertahankan lingkungan kerja yang sehat.

Dimana semua karyawan dengan segala level bisa berkerja normal, apabila mulai dirasakan akan terjadi sebuah pelecehan seksual sesama rekan kerja harus bisa mengantisipasinya agar tidak terjadi. Terkadang situsi dilapangan hanya sesama rekan saja yang mengetahui sehingga kesadaran untuk saling menjaga juga harus ditumbuhkan.

Tentu akan sangat membingungkan untuk selalu memonitor semua pekerjaan karyawan dalam satu waktu, lalu apa yang harus dilakukan?. Jawabnya dengan mulai memanfaatkan teknologi untuk memudahkan monitoring karyawan anda.

Dengan software jojotimes anda bisa memonitor setiap pekerjaan dan aktifitas yang dilakukan karyawan, tentu ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya pelecehan seksual dunia kerja didalam perusahaan anda.

Saat hendak membuat laporan anda juga akan menerima manfaat dari jojotimes ini, setiap laporan absensi dari karyawan akan otomatis disimpan. Anda tinggal mengambil data tersebut untuk membuat laporan bulananyang diperlukan. Cukup satu software anda bisa menikmati berbagai kemudahan dalam memonitor dan membuat laporan.

Bingung mengatur impor dan ekspor data karyawan anda?,  setelah menggunakan jojotimes anda tidak akan mengalaminya lagi. Karena fitur dari penyimpanan cloud memudahkan impor serta ekspor data yang dibutuhkan oleh anda.

Kecanggihan ini tentu saja akan merubah pemikiran anda ketika masih memakai metode lama yang merepotkan. Jika begitu anda bisa langsung menerapkan berbagai keuntungan dari jojotimes kedalam perusahaan dengan memakai demo gratis di jojonomic, sesuaikan dengan kebutuhan anda.