100 HOPES FOR INFINITE KINDNESS #BANKOFLOVE

Tidak terasa kita sudah berada pada penghujung bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah, kata orang, bulan yang suci dan membuat orang ingin membagikan kebaikan kepada satu sama lain. Pada bulan ini, sudah seharusnya kita menunjukkan apresiasi kita kepada semua yang berada di sekitar kita, terutama mereka yang memungkinkan kita untuk menjalankan keseharian kita dan meraih sukses yang kita inginkan. Sayangnya, jasa mereka jarang kita hargai, bahkan tidak jarang kita abaikan. Orang-orang seperti satpam, office boy, cleaning service dan resepsionis, yang jarang kita perhatikan. Merekalah pahlawan-pahlawan tak terlihat, invisible heroes kita.

Pada bulan Ramadhan tahun ini, tepatnya pada hari Selasa (21/05) kemarin, Jojonomic bersama dengan Loka Padang dan TaniHub singgah ke beberapa gedung perkantoran di daerah T.B. Simatupang untuk membagikan kebaikan berupa asupan nutrisi dan sumber energi untuk para invisible heroes tersebut. Loka Padang merupakan restoran Padang yang menyajikan hidangan non-daging. Mereka datang dan menyediakan kotak makanan hasil buah tangan mereka—untuk hidangan berbuka puasa. Sedangkan TaniHub, yang memiliki misi memberdayakan petani lokal, menyediakan buah-buahan hasil panen para petani tersebut.

Tujuan kami bersama adalah untuk memberikan harapan dan kebaikan kepada 100 invisible heroes di sekitar kita. Sembari membagikan bingkisan tersebut, kami juga berkesempatan menanyakan mereka tentang latar belakang, pengalaman dan harapan mereka—baik untuk diri sendiri, maupun Indonesia secara luas. Kami bertanya mengenai mengapa mereka memilih Jakarta sebagai kota tujuan kerja, dimana mereka mengatakan kurangnya pengembangan agrikultur dan informsi pengenalan makan sehat non-hewani di daerah sebagai alasan utamanya. Tidak sedikit dari mereka yang memiliki banyak cerita menarik—ada beberapa yang merantau dari luar Jakarta, ada yang memilih untuk tidak melanjutkan bisnis berkebun keluarga dan lain sebagainya.

Melalui kegiatan ini, kami jadi mengetahui bahwa tidak sedikit dari mereka yang bangga dengan pekerjaan mereka. Sudah seharusnya—pekerjaan mereka memudahkan kita untuk menjalankan keseharian kita pula. Tanpa kehadiran mereka, mungkin pekerjaan kita pun tidak akan lancar. Di luar kegiatan ini, tentu saja kita bisa terus membagikan kebaikan dan harapan kepada invisible heroes tersebut. Hal itu bisa dilakukan dengan gestur-gestur kecil yang mudah, seperti menyapa mereka setiap berpapasan sambil tersenyum, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan jasa mereka, serta memudahkan pekerjaan mereka dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita.

Mungkin mereka bukan pemilik perusahaan. Mungkin posisi karier mereka tidak berada di atas kita. Meskipun begitu, peran dan jasa mereka jauh lebih besar untuk lingkungan sekitar kita. Alangkah baiknya kalau kita bisa memperlakukan mereka dengan hormat dan memberikan mereka apresiasi yang pantas mereka dapatkan. Dengan begitu, sungguh bulan Ramadhan ini akan menjadi bulan penuh berkah untuk kita semua.

Salam hangat,

Jojo

#monthofrewards #100hopeforkindness #bankoflove