Membuat Anggaran Perusahaan Tidak lagi Sulit! Jika Cermati Cara Ini

Pembuatan anggaran perusahaan pada sebuah perusahaan akan menentukan tujuan yang akan dicapai.

Biasanya anggaran perusahaan dibuat atau dianggarkan untuk satu tahun kedepan. Anggaran ini  digunakan untuk mengetahui rencana pengeluaran sebuah organisasi perusahaan yang direncakan agar tidak terjadi over expense.

Perusahaan bisa membatasi kebutuhan yang di rasa tidak penting dari rencana anggaran perusahaan.

Yuk, kita simak apa itu anggaran perusahaan lebih rinci!

Pengertian Anggaran Perusahaan

Anggaran  perusahaan merupakan rencana keuangan yang disusun sebagai salah satu indikator dan barometer pengeluaran perusahaan selama satu tahun. Anggaran belanja disusun secara terukur dan sistematis sesuai dengan kebutuhan perusahaan satu tahun ke depan.

Biasanya anggaran perusahaan dibuat beberapa bulan sebelum akhir tahun. Pada kasus lainnya anggaran perusahaan disebut pula anggaran belanja perusahaan karena isi dari anggaran perusahaan merupakan rancangan hal apa yang akan dibeli atau dikeluarkan oleh perusahaan.

Tahapan Membuat Anggaran

penilaian kinerja karyawan

Hal-hal yang biasanya dianggarkan oleh perusahaan adalah berupa biaya administrasi, marketing, biaya produksi, operasional dan biaya-biaya lainnya yang akan menunjang tujuan perusahaan.

Sebagai seorang pemimpin di perusahaan atau kamu yang bertanggung jawab atas keuangan perusahaan, kamu wajib mengetahui cara untuk membuat anggaran perusahaan. Berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat anggaran perusahaan :

Penentuan pedoman anggaran

Sebelum membuat sebuah anggaran haruslah dibuat sebuah pedoman. Pedoman dibuat sebagai salah satu indikator dalam pembuatan anggaran . Pembuatan anggaran perusahaan biasanya memiliki batasan maksimum dan minum, disinilah peran pedoman bekerja sebagai indikator dalam proses pembuatan.  Biasanya yang membuat pedoman ini adalah orang-orang yang ada di jajaran manajemen puncak.

Hanya orang-orang yang ada di manajemen puncak yang bisa membuat pedoman ini. Hal ini dikarenakan orang yang ada di jajaran puncak ini yang sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan perusahaan tersebut. Orang-orang di jajaran puncak tersebutlah yang juga memiliki tanggung jawab untuk menyetujui rancangan anggaran perusahaan.

Persiapan anggaran

Pada tahap ini anggaran mulai dibuat sebagai salah satu rancangan keuangan yang akan digunakan dalam satu tahun kedepan. Pada tahap ini bagian perencanaan yang akan bekerja dan juga akan berkordinasi dengan bagian keuangan. Bagian perencanaan ini yang paling mengetahui apa yang yang dibutuhkan oleh perusahaan. Biasanya bagian perencanaan ini sudah memiliki standar jenis-jenis anggaran yang mereka buat dan tambahkan pada tahun yang akan datang. Ada beberapa jenis pengyusunan anggara yang dibuat, jenis-jenisnya sebagai berikut :

  • penjualan
  • beban penjualan
  •  piutang usaha
  • produksi
  • biaya pabrik
  •  persediaan di perusahaan
  •  piutang usaha di perusahaan
  •  laba rugi
  •  neraca kas perusahaan

Anggaran perusahaan ini disusun dengan beberapa jenis ini dimaksudkan agar adannya anggaran terseburt maka tidak terjadi pengeluaran yang berlebihan terhadap biaya-biaya diluar anggaran perusahaan tersebut.

Penentuan Anggaran

Pada tahap ini anggaran-anggaran yang tadi sudah di petakan dan dibuat perencanannya mulai tentukan. Tahap ini merupakan salah satu tahap yang cukup penting sehingga membutuhkan pihak-pihak terkait dalam menentukan. Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam penentuan anggaran  pada tahap ini, yaitu :

  • Setiap divisi mengkomunikasikan dan berkodinasi pada setiap lininya untuk memberikan masukan terkait anggaran kepada penentu kebijakan
  • Saran dan masukan yang sudah ditampung lalu dikordinasikan dengan penentu dan disusun anggarannya
  • Pengesahan anggaran dan pendistribusian anggaran kepada setiap divisi.

Tahapan diatas wajib dilakukan agar anggaran bisa tepat sasaran dan bisa memenuhi kebutuhan tiap bagian.  Anggaran yang tepat sasaran akan mempermudah

Pelaksanaan anggaran

Ini merupakan tahap akhir dimana dana atau anggaran sudah dipetakan ke berbagai divisi. Setiap divisi wajib untuk bertanggung jawab melaporkan setiap pengeluaran atau penggunaan anggaran tersebut. Setiap divisi bertanggung jawab kepada manajer dimana manajer yang akan melaporkan kepada pimpinan atau bagian keuangan yang direncanakan atau tidak. Manajer wajib memberikan sangsi atau teguran kepada pihak yang menggunakan anggaran  yang tidak sesuai dengan rencana anggaran  di awal perancanaan.

Jenis-Jenis Anggaran Perusahaan

Anggaran-anggaran yang telah direncanakan tersebut juga memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis anggaran  ini berdasarkan pada fungsi anggaran tersebut. Berikut jenis anggaran perusahaan tersebut :

Appropriation Budget

Merupakan anggaran yang difungsikan sebagai anggaran yang implementasinya dengan memberikan batasan terhadap pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan. Maksudnya anggaran yang dikeluarkan adalah anggaran dengan jumlah maksimum yang ditetapkan sebelumnya.

Performance Budget

Anggaran jenis ini adalah anggaran yang dianggarkan pada event atau proyek tertentu saja. Anggaran ini dikeluarkan hanya berdasarkan fungsi proyek yang akan dilakukan. Maka hal ini akan memungkin kan dibuatnya penilaian atas proyek-proyek yang akan dilakukan. Pengawasan pada anggaran ini hanya dilihat dari bagaimana proyek-proyek ini mengahasilkan hasil yang dicapai.

Fixed Budget

Pada kategori fixed budget anggaran dibuat hanya untuk pada satu kegiatan atau proyek pada periode jangka waktu tertentu. Artinya anggran ini merupakan anggaran pasti yang tidak bisa diubah atau dihilangkan karena merupakan salah satu hal terpenting pada suatu perusahaan.

Flexible Budget

Pada anggaran ini anggaran dianggarkan pada waktu-waktu tertentu dengan jangka waktu tertentu. Anggaran fleksibel adalah suatu anggaran yang dibuat dalam rentang aktivitas. Artinya beberapa aktivitas dipecah-pecah dari suatu rentang yang relevan.

Tips Menyusun Anggaran Perusahaan

Menyusun anggaran  merupakan hal yang sangat riskan dan perlu ketelitian yang cukup tinggi. Banyak hal yang harus diperhatikan dengan seksama agar anggaran tersebut bisa terlaksana dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan dan sasaran. Terdapat beberapa tips yang telah dirangkum untuk memudahkan dalam penyusunan anggaran . Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Anggaran disusun sesuai bagian atau divisi yang ada

Hal ini dilakukan agar kamu lebih mudah dan lebih fokus pada anggaran yang akan kamu buat. Buatlah susunan divisi yang akan kamu susun anggarannya setelah itu kamu bisa mulai dari divisi pertama dalam urutan mu setelah setelah satu divisi kamu bisa beranjak menuju divisi setelahnya. Hal tersebut membuat kamu dan tim akan lebih fokus dan detail dalam penyusunan anggaran.

Menentukan Pengeluaran dengan Tepat

Buat rancagan pengeluaran secara bulat dan tepat. Hal ini untuk mencegah pengeluaran yang berlebihan terhadap anggaran yang mungkin tidak sesuai dengan rencana awal. Pembuatan anggaran yang  bulat dan tepat akan menghindari dari kerugian perusahaan akibat ada hal yang terlewat untuk dianggarkan.

Analisis Semua pembelian

Semua pembelian harus dicatat dan dianalisis dengan teliti jangan sampai ada hal yang terlewat. Biasanya pembelian atau pengeluaran yang kecil terkadang terlupakan dan hal tersebut yang bisa menyebabkan masalah diperusahaan anda nantinya karena akan menyebabkan kelebihan pengeluaran yang tidak diketahui.

Banyak perusahaan startup keuangan yang bisa membantu anda dalam mengelola anggaran perusahaan anda. Salah satu startup terpercaya yaitu Jojonomic yang mana salah satu aplikasinya yaitu JojoExpense yang akan dengan mudah membantu kamu dalam hal pengeluaran perusahaan kamu.