Anggaran Untuk Marketing Yang Harus Direncanakan Dengan Tepat

Anggaran untuk marketing sudah tentu merupakan bagian yang penting dalam operasional suatu perusahaan. Marketing sendiri bisa digambarkan sebagai roda bagi suatu perusahaan. Sebab maju mundurnya perusahaan bergantung pada kesuksesan tim marketing dalam melakukan berbgaai usaha untuk terus mengembangkan produk yang dijual oleh perusahaan. Semakin banyaknya produk yang terjualmaka pencapaian target dari perusahaan bisa semakin mudah untuk terwujud. Bahkan di dalam suatu perusahaan rupanya salah satu kunci sukses dalam perusahaan tersebut adalah adanya teknik marketing.

Oleh karena itu untuk mencapai kerja yang efektif oleh tim marketing serta mencapai target dibutuhkan anggaran yang memang disiapkan untuk tim marketing. Sebenarnya banyak perusahaan yang seringkali melakukan perencanaan anggaran untuk pemasaran dengan berdasar pada anggaran yang sama seperti di tahun sebelumnya. Hal ini dipandang sebagai cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencapai target penjualan oleh perusahaan sehingga perusahaan bisa tepat sasaran.

Selain itu memberikan anggaran pemasaran sama dengan tahun sebelumnya juga dipandang dapat mengurangi pemborosan sehingga cara ini bisa lebih bermanfaat dan dapat memberikan keuntungan. Namun sebenarnya setiap tahun akan selalu diperlukan biaya yang semakin berkembang. Oleh karena itu sebaiknya setiap perusahaan menyiapkan anggaran untuk pemasaran denganjumlah yang setidaknya lebih banyak daripada anggaran di tahun sebelumnya. Tentunya dengan budget yang bertambah tetap bisa diperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya sehingga perusahaan bisa mencapai target.

Membuat Budget

Membuat atau merencanakan budget sebagai anggaran untuk pemasaran bisa dimulai dengan adanya strategi pemasaran. Sebaiknya sebelum menghitung anggaran untuk pemasaran maka terlebih dahulu sejajarkan sasaran pemasaran Anda dengan sasaran strategis serta dengan visi pertumbuhan perusahaan. Strategi pemasaran yang dibuat sudah seharusnya melibatkan adanya peran dari tim eksekutif dan tim penjualan serta tim marketing yang ada di perusahaan. Masing-masing tim bisa saling berdiskusi sehingga penentuan budget untuk marketing bisa berjalan efektif.

Untuk menentukan budget juga sudah tentu Anda harus mengetahui biaya operasional yang dibutuhkan. Biaya yang perlu untuk diketahui antara lain biaya untuk waktu dan tenaga yang harus turut dikeluarkan dalam melakukan pemsaran. Selian itu jangan lupa untuk menganggarkan biaya yang bisa digunakan untuk tetap dapat menjalankan perusahaan dan bertahan walaupun ada banyak persaingan di luar sana. Membuat budget untuk pemasaran juga bisa dilakukan dengan menyelaraskan sasaran perusahaan dengan sasaran pemasaran yang telah Anda tetapkan. Anda bisa mengawali langkah dengan mengidentifikasi anggaran pemasaran perusahaan secara lebih jelas dan rinci sehingga rencana budget untuk marketing dapat dikembangkan.

Beberapa strategi bisa diterapkan jika Anda ingin mengidentifikasi anggaran seperti misalnya strategi rencana target. Strategi ini cocok untuk perusahaan yang igin mempertahankan pelanggan lama sekaligus ingin menambah pendapatan agar bbisa mencapai target. Selain itu ada pula strategi lean plan yang cocok untuk perusahaan yang ingin mempertahankan posisi pasar mereka tanpa adanya tujuan pertumbuhan yang bersifat ambisius. Yang terakhir ada strategi rencana perenggangan yang cocok untuk digunakan oleh perusahaan yang ingin mengejar pertumbuhan dan pangsa pasar di tiap tahunnya. Anda juga bisa mengalokasikan anggaran pemasaran perusahaan misalnya dengan berpatokan pada anggaran pemasaran di tahun lalu. Terutama anggaran untuk biaya iklan atau promosi yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan dalam usaha mendapatkan sejumlah konsumen dan pelanggan.

Dengan danya perencanaan anggaran yang tepat untuk melakukan usaha pemasaran maka diharapkan agar biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan akan berguna secara efektif. Selain itu diharapkan pula agar anggaran biaya tidak akan lebih besar daripada keuntungan yang didapat oleh perusahaan. Hal lain yang juga bisa turut menjadi bahan pertimbangan dalam merencanakan budget dan anggaran untuk pemasaran adalah keunggulan dan kelemahan produk yang akan dipasarkan. Produk yang dipasarkan tentu akan berpengaruh terhadap proses pemasaran. Maka sebelum memasarkan sebuah produk sebaiknya Anda melakukan riset kepada para pelanggan terlebih dahulu agar tidak membuat biaya pengeluaran untuk pemasaran produk menjadi membengkak. Pemasaran produk setidaknya harus bisa mencapai target sasaran sehingga anggaran bisa semakin diminimalkan dan tidakakan menimbulkan kerugian pada perusahaan.

Evaluasi

Seberapa besar anggaran yang direncanakan untuk melakukan pemasaran produk sebaiknya tetap diakhiri dengan tindakan evaluasi. Namun sebelumnya Anda juga harus bisa mengerti dengan lebih jelas mengenai alokasi dana anggaran yang direncanakan oleh perusahaan. Setelah itu barulah Anda bisa melakukan evaluasi terhadap rencana anggaran atau budget.

Tindakan evaluasi bisa dilakukan dengan kegiatan cek ulang terhadap rencana anggaran. Setelah budget digunakan untuk kegiatan pemasaran juga tentunya Anda harus tetap mengadakan evaluasi agar Anda bisa melakukan pengecekan terhadap pengeluaran perusahaan. melalui kegiatan cek dan evaluasi inilah maka And abisa menilai apakah biaya operasional untuk pemasaran produk sudah sesuai dengan rencana anggaran perusahaan. Apakah biaya yang dikeluarkan tidak melebihi budget perusahaan atau justru melebihi budget. Dengan melakukan tindakan evaluasi ini maka Anda bisa terus melakukan evaluasi terhadap efektivitas anggaran pemasaran.

Melalui evaluasi ini pula Anda bisa merencanakan pengeluaran dan budget untuk memasarkan produk di hari esok. Suatu tindakan evaluasi juga diperlukan agar anggaran pemasaran bisa bersifat efektif. Tentunya dibutuhkan suatu ketelitian yang lebih rinci dalam melakukan evaluasi terhadap hasil pemasaran agar Anda dapat melihat apakah pembuatan budget dan rencana anggaran untuk pemasaran yang telah dilakukan itu telah memberikan hasil yang maksimal serta mencapai target. Sebab dalam hal ini dibutuhkan evaluasi melalui perhitungan yang mendalam.

Menentukan anggaran untuk marketing tentu membutuhkan analisa maupun persiapan yang cermat. Supaya dalam prosesnya tidak terjadi kesalahan yang merugikan. Oleh sebab itu gunakan sistem dan program yang lebih tepat guna dan serba otomatis. Seperti misalnya dengan menggunakan JojoExpense. Dimana anggaran yang dikeluarkan perusahaan sesuai dengan jumlah yang nantinya dikeluarkan secara riil. Jangan sampai anggaran mengalami kebocoran atau terjadi kesalahan. Berkat program yang lebih sistematis dan terkontrol, maka besar anggaran akan lebih mudah dipantau. Tidak hanya itu saja, tetapi dengan program otomatis tersebut tentunya perusahaan bisa lebih mudah melakukan pemantauan. Sehingga resiko penipuan serta kecurangan terhadap keuangan maupun anggaran perusahaan bisa diminimalkan.

Tentunya semua ini bisa tercapai berkat dari adanya fitur menarik yang diberikan oleh JojoExpense. Di antaranya yaitu fitur yang berupa sebagai berikut:

  • Capture Expenses
  • Unlimited Expense Category
  • Real-Time Reporting
  • Custom Format Report
  • Data Analytics
  • ISAP, Oracle, and Other ERP Integration
  • Sync with Various Finance / HR System

Serta ada banyak lagi fitur menarik dari program yang satu ini. Oleh sebab itu tentu tidak diragukan lagi, segera coba gratis JojoExpense di perusahaan Anda. Biarkan sistem ini bekerja secara optimal membantu keuangan dan anggaran perusahaan Anda. Sehingga ke depannya tidak ada lagi pekerjaan tim keuangan yang tidak efektif dan efisien, bahkan jauh lebih aman dan terkendali.