Applicant Tracking System Permudah Perekrutan  

applicant tracking system

Applicant tracking system atau sering disebut dengan ATS. Merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mempermudah HR dalam menyeleksi calon tenaga kerja yang akan diterima. Dengan adanya aplikasi seperti ini perusahaan bisa lebih mudah mendapatkan tenaga kerja yang berkompeten. 

Apalagi jika perusahaan memang sedang membutuhkan banyak tenaga kerja diberbagai posisi. Kebutuhan penggunaan applicant tracking system dalam memenuhi standar perusahaan sangat memuaskan. Memahami jenis aplikasi seperti ini sangat penting bagi kedua belah pihak. Untuk perusahaan agar mendapatkan tenaga kerja yang lebih kompeten dengan lebih mudah. 

Sedangkan untuk pegawai mereka bisa menggunakan applicant tracking system sebagai sarana mendapatkan pekerjaan yang mudah. Era digitalisasi saat ini memang sudah berkembang sangat pesat sampai lahirnya sebuah metode percepatan perekrutan melalui ATS. 

applicant tracking systemCara Kerja Applicant Tracking System 

Perangkat lunak yang berkerja untuk memindai resume calon pegawai atau ATS. Cara kerja dari software ini adalah memindai sebuah file dokumen resume dari calon pekerja. Berdasarkan beberapa point yang sudah ditetapkan oleh pihak perusahaan. 

Ada beberapa point yang harus dipenuhi oleh calon pekerja agar resumenya bisa lolos applicant tracking system. Karena menggunakan basis perangkat lunak. Beberapa resume yang mengandung gambar ataupun logo tidak dikenali justru akan merusak hasil pindaian dari software ini. 

Sangat penting untuk menyertakan detail seperti ini juga saat membuka lowongan pekerjaan dan perusahaan menggunakan applicant tracking system. Karena jika seluruh pelamar tidak sesuai dengan ATS. Maka perusahaan sama sekali tidak akan bisa menerima resume yang baik sedikitpun. 

Untuk itu sangat penting bagi sebuah perusahaan agar memahami cara kerja dari ATS sebelum menggunakannya. Agar saat penerapannya HR tidak kebingungan karena mendapatkan hasil pemindaian yang rancu dari calon karyawannya. 

Keunggulan dari perangkat lunak ini memang bisa diakui karena dapat melakukan pemindaian sekaligus kepada lebih dari ratusan resume. Dalam jangka waktu hitungan menit. Begitu mencengangkannya kinerja dari applicant tracking system. 

Memang tidak akan bisa dibandingkan dengan hasil kerja yang dilakukan oleh tenaga kerja manusia. Tapi tetap saja aplikasi ini memiliki kekurangannya sendiri. Sebab ketika format dari resume tidak support dalam proses pemindaian maka filenya justu tidak bisa dipakai. 

Perangkat applicant tracking system pada dasarnya sangat berperan penting untuk meringankan pekerjaan manajemen. Apalagi jika perusahaan yang mengalami pergantian karyawan dengan cepat. Jenis perusahaan seperti retail akan sangat membutuhkan aplikasi seperti ini. 

Retail dikenal dengan salah satu bisnis yang sangat intens dalam pergantian karyawan. Hampir setiap tahunnya selalu ada saja pergantian pekerjanya. Terutama dalam bagian pengelolaan tokonya. Atau lebih dikenal dengan pramuniaga atau crew toko. 

Sangat penting untuk jenis bisnis seperti ini agar menggunakan applicant tracking system. Negara Indonesia bisa dibilang memiliki tingkat pengangguran yang tinggi. Jadi setiap adanya lowongan kerja baru yang tersedia pihak HR pasti akan kebanjiran resume dan lamaran kerja. 

Hilangkan Beban Kerja HR  

Beban HR selain memperhitungkan absensi dan payroll. Ia juga harus mengurusi semua hal yang berkaitan tentang sumber daya manusia didalam perusahaan. Termasuk dengan lamaran yang diterima oleh perusahaan. Perangkat lunak sejenis applicant tracking system akan sangat membantunya ketika dihadapkan kepada membludaknya lamaran pekerjaan. 

Penggunaan perangkat lunak sejenis ini akan menjadi sebuah revolasi dalam perindustrian. Karena pekerjaan berat untuk membaca dan memahami resume calon pekerja oleh HR bisa dikurangi. Sedangkan sebelumnya hal ini adalah sebuah pekerjaan yang menyita waktu. 

Pekerjaan berat ini bisa diselsaikan dengan mudah semenjak kehadiran dari applicant tracking system. HR bisa berfokus untuk menyelsaikan pekerjaan lain yang lebih urgent. Tentu saja ini akan menjadi kabar baik bagi dunia perindustrian yang sangat erat kaitannya dengan sumber daya manusia. 

Lahirnya teknologi seperti ini tidak lepas dari berkembangnya kecerdasan buatan. Semenjak dikembangkannya kecerdasan buatan sudah memberikan berbagai dampak positif bagi berbagai hal yang ada dalam perindustrian. Kemudian dalam perkembangannya lahirlah metode perekrutan yang lebih efisien dengan memanfaatkan kecerdasan buatan ini. 

Yaitu dengan memakai applicant tracking system. Sudah sangat lama memang perindustrian belum pernah mengalami perubahan yang signifikan seperti ini. Tentu saja hal ini bisa terjadi karena banyaknya insiyur-insyiur berbakat dan penuh dedikasi didalam dunia perindustrian. 

Peran pentingnya agar perusahaan bisa dengan mudah mendapatkan kualifikasi yang cocok untuk setiap calon karyawan. Serta perusahaan bisa menyeleksi dengan cepat dari banyaknya resume yang telah dikirimkan oleh ratusan bahkan ribuan pelamar kerja berkat applicant tracking system. 

applicant tracking systemMengenali Background Lebih Dalam 

Dengan menggunakan aplikasi ini perusahaan bisa mendapatkan background pelamar lebih dalam dan cepat. Memilah dan mencocokkan ribuan resume yang diterima bisa dilakukan dengan cepat dan akurat tidak ada waktu yang terbuang berkat adanya perangkat lunak ini. 

Perusahaan yang masih belum familiar dengan perangkat lunak ini ada baiknya untuk memahaminya terlebih dahulu. Karena jika untuk pemula mungkin sistem pengoperasian dari perangkat lunak ini akan sedikit rumit dan sulit dimengerti. 

Pada dasarnya applicant tracking system sangat penting dan berjasa untuk mempermudah perusahaan mendapatkan karyawan yang diinginkannya. Metode applicant tracking system telah diterapkan diberbagai perangkat lunak yang ada di Indonesia. 

Berbagai jenis perangkat lunak yang mengadopsi ATS diharapkan bisa memajukan perindustrian di Indonesia. Dengan kemajuan seperti ini pemerintah berharap sektor industri bisa lebih meningkat dan mensejahterakan masyarakat. 

Lebih jelasnya sangat penting untuk perusahaan mulai menggunakan perangkat lunak yang berbasis applicant tracking system. Selain untuk memenangkan persaingan didalam pasar nasional dan internasional. Pergerakan perusahaan juga akan sangat terbantu ketika mengaplikasikan perangkat lunak sejenis ini. 

Ada sebuah perangkat lunak yang menggunakan metode ATS yaitu JojoTimes. Perangkat lunak ini mampu melakukan perhitungan terkait jadwal kerja setiap karyawan didalam perusahaan dengan mudah. Serta bisa langsung mendistribusikan jadwal tersebut kepada setiap pegawai. 

Mengadopsi fitur GPS dengan perangkat lunak JojoTimes anda bisa mengetahui letak pegawai anda. Apa yang sedang dilakukannya bisa diketahui dengan mudah. Sebab itu sangat penting perusahaan dizaman ini untuk menggunakan JojoTimes untuk meningkatkan produktifitas perusahaan. 

Pembuatan laporan absensi bulanan tidak pernah semudah saat menggunakan software JojoTimes. Dengan perhitungan otomatis dari kecerdasan buatan yang dimiliki perangkat lunak ini. Anda cukup memasukkan perintah pembuatan laporan bulanan. Maka perangkat lunak akan memprosesnya dan memberikannya kepada anda dalam hitungan menit. 

Penyimpanan berkas juga jadi lebih aman dan tersimpan rapih dengan basis penyimpanan cloud dari JojoTimes. Kenapa masih mau berepot-repot menggunakan metode konvensional jika bisa menikmati versi demo dari JojoTimes. 

Versi demo JojoTimes ini anda bisa nikmati dengan harga gratis. Langsung saja download di Jojonomic dan dapatkan kemudahan absensi dengan pengadopsian metode ATS yang sangat canggih.