9 Cara Terbaik dalam Motivasi Karyawan!

Apa yang kita lakukan pasti dilandaskan oleh sebuah motivasi. Tidak dipungkiri bahwa dalam bekerja pun kita harus memiliki motivasi agar apa yang kita hasilkan bisa bermanfaat bagi diri sendiri atau perusahaan tempat kita bekerja. Banyak cara sebenarnya untuk memberikan motivasi karyawan.

Perusahaan terkadang melupakan hal ini karena terlalu sibuk memikirkan provit dan pengembangan bisnis. Motivasi karyawan merupakan salah satu hal yg vital yang juga bisa berdampak jangkan panjang pada kemajuan bisnis perusahaan.

Apa saja yang bisa dilakukan pimpinan perusahaan dalam memotivasi karyawannya? Yuk, kita simak bersama penjelasan dan uraiannya!

Ada banyak cara untuk bisa memotivasi para karyawan agar produktivitas dan kinerja yang dihasilkan bisa memberikan keuntungan kepada perusahaan. Para jajaran pemimpin perusahaan diharapkan memiliki kemampuan untuk bisa menjadi salah satu panutan dan role model bagi karyawan. Jika karyawan sudah memiliki role modelnya pastilah mereka memiliki keinginan untuk bisa mencontoh keberhasilan pimpinannya tersebut.

Tidak hanya sebagai panutan seorang pemimpin juga harus memiiki jiwa mengayomi para karyawan. Bentuk perhatian yang jelas, dukungan dan pemberian reward kepada karyawan merupakan salah satu yang bisa membuat karyawan diperusahan memiliki motivasi bekerja yang baik. Jika perusahaan memberikan yang terbaik bagi karyawan, maka karyawan akan bekerja dengan maksimal.

Berikut beberapa yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam memberikam motivasi karyawan!

Hargai Karyawan

Setiap manusia memiliki ego untuk dihargai dan didengarkan ide-ide yang di milikinya. Hal tersebut yang juga terkadang dirasakan oleh karyawan. Ide-ide cemerlang bisa datang kapan dan kepada siapa saja. Tidak terkecuali karyawan mu yang berada di jabatan terbawah pun.

Perusahaan yang baik memberi kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan kreativitas melalui ide-ide baru karyawan. Setiap pendapat, pemikiran atau ide adalah hasil dari buah pikiran. Ide-ide yang dimiliki karyawan biasanya out of the box dan terkadang tidak terpikirkan oleh sebagian pimpinan perusahaan. Pimpinan biasanya sudah terlalu disibukkan oleh urusan perusahaan yang besar hingga persoalan kecil kadang tidak tertangani.

Pentingnya menghargai dan mendengarkan ide-ide dan gagasan karyawan akan memberikan kesan jika karyawan di perusahaan mu merupakan bagian dari perubahan yang ada di perusahaan. Dengan begitu karyawan mu akan semakin giat dalam mengembangkan produk-produk yang ada di perusahaan mu.

Pelihara Hubungan Sosial yang Baik

Salah satu yang bisa membuat hubungan sosial perusahaan dengan karyawan dengan baik adalah dengan komunikasi. Komunikasi sangat penting  dalam menciptakan kehangatan dalam suasana bekerja. Suasana kerja yang hangat dan kekeluargaan akan membuat karyawan merasa nyaman dan automatis produktivitas yang dihasilkan akan semakin baik.

Mengunjungi karyawan yang sakit atau menghadiri acara yang dilaksanakan oleh karyawan merupakan salah satu cara untuk bisa lebih dekat dengan karyawan. Jika karyawan merasa dekat dengan atasan atau perusahaan maka karyawan tersebut akan lebih loyal kepada pekerjaan dan perusahaan.

Memberikan nasihat atau sekadar mengobrol di sela-sela jam makan siang juga bisa menjadi salah satu cara perusahaan untuk mendekatkan diri dengan para karyawan.

Memberikan Jenjang Karier Kepada Karyawan

Karyawan biasanya memiliki keinginan untuk memiliki jenjang karier yang meningkat. Sudah menjadi hal yang lumrah jika setiap orang memiliki cita-cita dan keinginan yang akan terus meningkatkan eksistensinya dalam kehidupan. Meningkatnya karier seseorang bisa menjadi salah satu privillage bagi kehidupannya dan perusahaan.

Beri penilaian objektif pada kinerja karyawan tersebut, beri penghargaan, dan tawarkan jenjang karier di atasnya. Bahkan, tidak hanya meningkatkan kinerja, peningkatan karier juga menghindari karyawan merasa bosan dengan jabatannya saat ini, yang berimbas pada penurunan kinerja.

Karyawan Merupakan Tujuan Perusahaan

Buat karyawan merasa bahwa mereka adalah yang perusahaan butuhkan. Buatlah karyawan merasakan bahwa tujuan perusahaan adalah tujuan merekan. Dengan kata lain, visi, misi, dan nilai perusahaan adalah milik mereka sehingga mereka berusaha untuk turut serta mewujudkannya.

Mengapresiasi Pekerjaan Karyawan

Mengapresiasi pekerjaan karyawan atas pencapaian pekerjaannya bisa menjadi bumerang penyemat bagi kinerja karyawan. Bentuk apresiasi ini bisa berupa bonus tahunan, insentif bulanan, maupun kenaikan jabatan jika memang kinerjanya sangat bagus.

Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa pemberian apresiasi ini jangan sampai menimbulkan rasa iri pada karyawan yang lain.

Pemberian apresiasi ini harus lah berdasarkan asas keadilan. Perusahaan harus melakukan pengamatan dan penilaian yang adil pada semua karyawan.  Pemberian apreasiasi kepada karyawan harus benar-benar disesuaikan kinerja masing-masing karyawan. Dengan begitu, setiap karyawan secara otomatis akan memperbaiki kinerjanya sendiri.

Bangun Kepercayaan Antara Karyawan dengan Perusahaan

Kepercayaan merupakan salah satu modal utama dalam membangun hubungan baik. Perusahaan perlu memberikan kepercayaan kepada karyawan atas pekerjaan yang akan dilakukannya. Karyawan akan bisa memberikan hasil yang luar biasa jika perusahaan memberikan kebebasan kepercayaan kepada karyawan.

Salah satu cara untuk membina kepercayaan antara perusahaan dan karyawan adalah dengan membina komunikasi yang baik. Komunikasi dua arah menjadi kunci dari berhasilnya menjalin komunikasi.

Membangun Suasana Nyaman dan Menyenangkan

Lingkungan kerja yang dibangun dengan suasana hangat dan kekeluargaan automatis akan membuat karyawan bekerja lebih semangat. Karyawan mendapat dorongan dari luar diri yang mempengaruhi mereka untuk tetap positif sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

Salah satu cara agar suasana perusahaan selalu positif dan menyenangkan adalah memberi rasa nyaman pada diri karyawan. Selalu tanamkan di benak setiap karyawan bahwa segala sesuatu itu pasti ada jalan keluarnya.

Membuat Acara Bersama Karyawan Kantor

Tidak hanya bonus atau apresiasi yang bisa anda berikan kepada karyawan, namun membuat acara bersama bisa menjadi alternatif selanjutnya. Membuat acara jalan-jalan atau bermain bersama karyawan dan keluarga dapat membangun rasa kekeluargaan diantara karyawan. Karyawan akan merasa bahwa perusahaan merupakan rumah bagi mereka. Dengan begitu mereka akan merasa peduli akan masa depan perusahaan.

Buat acara yang bermakna bagi mereka, tidak hanya acara jalan-jalan ke suatu tempat lalu pulang namun kamu bisa buat acara yang dapat membangun tali persaudaraan diantara karyawan. Bermain outbond, curhat bersama, mencurahkan isi hati, dan menanyakan harapan apa yang diinginkan oleh karyawan terhadap perusahaan.

Memberikan Perhatian Kepada Karyawan

Perhatian menjadi salah satu kebutuhan setiap manusia, dengan diperhatikan akan membuat diri menjadi lebih berharga. Memberikan perhatian kepada karyawan ketika sedang menghadapi musibah atau menghadiri acara pernikahan menjadi salah satu bentuk perhatian yang kamu berikan kepada karyawanmu.

Memberikan kejutan di hari ulang tahunnya atau menanyakan kabar anggota kabar keluarga karyawan bisa memberikan kesan dekat dengan karyawan. Sebagai pimpinan harus ditanamkan jiwa mengayomi dan perhatian pada setiap hal yang ada di perusahaan. itu merupakan kunci yang bisa membuat perusahaan kamu semakin berkembang dan terus berkembang.

JojoPayrollMemberikan gaji yang sepadan dengan apa yang sudah dikerjakan oleh karyawan juga salah satu yang bisa memotivasi karyawan. Penggajian yang benar dan akurat menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh jajaran pimpinan. Sebagai hal yang sangat penting proses penggajian harus dilakukan dengan tepat dan akurat, Jojonomic bisa menjadi solusi permasalahan perusahaan anda. Aplikasi JojoPayroll pada Jojonomic bisa memberikan solusi atas kesulitan dalam penggajian karyawan.