Berencana Izin Kerja? Perhatikan Cara Membuat Surat Cuti Dahulu!

contoh-surat-cuti

Kalau kamu sedang berhalangan untuk hadir bekerja, pasti kamu harus mengambil cuti, kan? Kamu sudah tahu belum, kalau setiap karyawan memiliki hak untuk mengajukan cuti sesuai dengan ketentuan yang ada? Hal ini karena izin tidak masuk ini sudah diresmikan dalam Undang-Undang di Indonesia.

Selain bagi pekerja, salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh pengelola HR yaitu mengenali berbagai contoh surat cuti yang diajukan oleh karyawan perusahaan.

Hal semacam ini tentu tidak lepas dari tugas divisi HR yang lekat dengan urusan personalia karyawan perusahaan.

Nah, apa saja contoh surat cuti yang bisa diberikan kepada perusahaan oleh karyawan beserta pengertian dan jenis-jenisnya? Yuk, cari tahu semuanya di bawah ini!

Pengertian Surat Cuti untuk Perusahaan

Surat Cuti merupaka surat yang dibuat sebagai bentuk pemberitahuan / permohonan izin ke perusahaan supaya bisa diberikan izin tidak masuk kerja sehingga memberikan kesan baik bagi seorang karyawan terhadap perusahaan.

Format penulisannya juga harus kamu diperhatikan supaya lebih mudah dimengerti maksud dan tujuan surat tersebut oleh HR perusahaan.

Pemerintah juga sudah membuat kebijakan mengenai jenis-jenis cuti yang bisa digunakan karyawan yang diatur dalam UU Nomor 13 tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan.

Selain membuat surat perjanjian kerja, surat cuti juga merupakan jenis persuratan resmi yang dikelola oleh HR.

Hal ini karena karyawan juga bisa saja mengalami sakit atau hal-hal lain diluar rencana sehingga tidak memungkinkan untuk berangkat ke kantor dan perlu mengajukan cuti. Contohnya, pernikahan keluarga, pengurusan dokumen, liburan, keluarga atau kerabat meninggal, dan lain sebagainya.

contoh surat cutiJenis-jenis Cuti

Pada dasarnya, ada dua jenis cuti yang diakui oleh perusahaan, yaitu :

Cuti Bersama

Untuk jenis cuti ini, diberikan kepada semua karyawan di seluruh perusahaan sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan pemerintah. Sayangnya, perhitungan cuti bersama merupakan bagian dari cuti tahunan sehingga bisa mengurangi jatah cuti tahunan kalau kamu mau mengambil cuti bersama.

Cuti Berbayar

Jenis cuti ini merupakan izin di mana perusahaan memiliki tanggung jawab untuk tetap membayar gaji atau upah kepada karyawan walaupun karyawan tersebut mengambil cuti.

Yang termasuk dalam cuti berbayar ini yaitu cuti sakit, cuti penting, cuti melahirkan dan cuti ketika karyawan harus melakukan kewajiban mereka terhadap negara, ibadah atau cuti karena tugas dari perusahaan itu sendiri.

Untuk cuti sakit, perusahaan akan membayarkan gaji atau upah karyawan selama empat bulan pertama secara penuh dan 75% untuk empat bulan selanjutnya.

Tapi, kalau karyawan masih belum sembuh juga, maka perusahaan hanya akan membayarkan 50% gaji atau upah karyawan tersebut setelah delapan bulan dan 25% untuk bulan-bulan selanjutnya sampai pemutusan hubungan kerja (PHK) kalau melebihi batas waktu yang diberikan.

Contoh Surat Cuti Karyawan

Ada beberapa contoh surat izin cuti karyawan yang wajib kamu ketahui, sebelum mengajukan izin kerja, yaitu :

Contoh Surat Cuti Sakit

Pengajuan cuti semacam ini biasanya disertai dengan surat keterangan dari dokter atau rumah sakit apabila diperlukan. Idealnya, apabila kondisi karyawan memang tidak memungkinkan untuk bekerja, cuti semacam ini memang perlu untuk diajukan.

Kemudian, peraturan juga menyebutkan bahwa karyawan perempuan berhak mendapat cuti pada hari pertama dan kedua masa menstruasi jika merasakan sakit.

Izin sakit ini diberika karena kondisi kesehatan karyawan yang kurang prima tentu membuat kinerjanya menjadi kurang maksimal pula. Dengan memberikan jatah cuti sakit, karyawan diharapkan punya cukup waktu untuk memulihkan kondisi kesehatannya.

Contoh Surat Cuti Melahirkan

Disebutkan bahwa karyawan perempuan yang sedang hamil berhak mendapatkan waktu cuti 1,5 bulan sebelum kelahiran dan 1,5 bulan setelah kelahiran.

Karyawan yang sedang hamil tentu tidak dapat bekerja dengan leluasa, kan? Karena itu, setelah melahirkan, karyawan tersebut tentu perlu waktu untuk memulihkan diri apabila ingin kembali bekerja di perusahaan.

Jangka waktu cuti melahirkan sendiri biasanya sekitar tiga bulan. Pastikan surat tersebut mencantumkan tanggal berupa sejak kapan cuti tersebut mulai berlaku dan tanggal berapa cuti tersebut berakhir.

Selama cuti, karyawan tersebut berhak mendapat gaji utuh dan tidak mengurangi jatah cuti tahunan.

Contoh Surat Cuti Menikah

Seiring berjalannya waktu, karyawan bisa saja memutuskan untuk menikah atau mengakhiri masa lajangnya. Dalam kondisi seperti ini, karyawan tersebut pastinya perlu mengajukan surat cuti untuk menikah.

Kalau waktu kerja perusahaan kamu selama lima hari kerja, maka cuti bisa diajukan selama lima hari kerja. Artinya, karyawan boleh tidak berangkat ke kantor selama lima hari kerja ditambah dua hari libur pada hari Sabtu dan Minggu. Tapi, semuanya kembali lagi kepada kebijakan perusahaan itu sendiri.

Contoh Surat Cuti Kerja Tahunan

Setiap karyawan berhak mendapatkan cuti tahunan paling sedikit 12 hari dengan syarat karyawan sudah bekerja minimal satu tahun.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena kalau kamu mau menggunakan cuti namun belum bekerja selama satu tahun di perusahaan terkait, kamu masih bisa mengajukan cuti ini.

Jatah cuti semacam ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, baik untuk sekadar liburan atau memang untuk keperluan lain seperti menghadiri acara pernikahan kerabat atau keluarga, keluarga ada yang meninggal, mengurus dokumen, dan berbagai hal lainnya.

Pastikan kamu mengajukan jatah cuti sesuai dengan tanggal yang diajukan. Hal ini karena perusahaan bisa menolak permohonan cuti atau memberikan cuti di luar tanggungan dengan konsekuensi pemotongan gaji. Perhitungan pemotongan gaji adalah prorata sesuai waktu absen karyawan tersebut.

Contoh Surat Cuti Berduka

Kondisi mental karyawan yang baru saja kehilangan anggota keluarga terdekat tentu juga perlu mendapat perhatian dari pihak HRD perusahaan. Peristiwa kematian sendiri dapat dikatakan sebagai hal yang tidak dapat diprediksi dan merupakan kejadian duka.

Karyawan kamu bisa jadi harus pergi ke kota lain untuk keperluan melayat dimana anggota keluarganya berada. Dalam surat cuti semacam ini, perlu dicantumkan lokasi pemakaman kerabat karyawan.

Apabila memang memungkinkan, sebagian karyawan atau pengelola perusahaan bisa juga turut mengungkapkan rasa belasungkawa dengan meluangkan waktu untuk melayat dan memberikan penghiburan kepada karyawan tersebut.

Sekarang kamu sudah mengerti dan mengenal macam-macam contoh surat cuti ini, kan? Jangan lupa untuk menyertakan surat cuti ini sebelum kamu mengajukan izin tidak masuk bekerja ke perusahaan.

Bagi HR, juga penting untuk mengetahui jenis-jenis surat cuti ini, supaya informasi dan dokumen karyawan bisa tetap jelas dan terorganisir.

JojoTimesTapi, sekarang kamu sudah tahu belum, kalau mengajukan cuti bisa lewat handphone kamu saja? Karena, sekarang ada aplikasi JojoTimes  untuk segala absensi dan pengajuan cuti karyawan yang pastinya bisa kamu dan HR pantau dengan mudah dan cepat.

Kamu tidak harus ribet untuk menuliskan surat, karena semua konfirmasi dan pengajuan izinnya bisa kamu cek di aplikasi dari Jojonomic ini! Sisa cuti kamu juga bisa terlihat sehingga tidak pusing lagi untuk mengatur tanggal cuti. Jadi, semakin produktif dan efisien, kan? Tertarik untuk mencoba aplikasi keren ini?