Fitur Fungsi CRM Bagi Perusahaan Yang Lebih Optimal

fitur fungsi CRM

Penggunaan CRM pada perusahaan akhir-akhir ini makin marak dan meningkat. Berkat manfaat CRM yang memang sangat membantu perusahaan dalam banyak hal, CRM menjadi pilihan dari berbagai jenis perusahaan untuk memastikan perkembangan dan langkah-langkah yang maksimal. Apalagi CRM dinilai sebagai teknologi modern masa kini yang lebih efisien dan memberikan bantuan lebih praktis dari cara-cara konvensional lainnya.

Akan tetapi bisa jadi banyak yang masih belum tahu apa itu dan bagaimana CRM bekerja. Termasuk apa saja fitur fungsi CRM yang bisa dimaksimalkan supaya perusahaan dapat segera melakukan langkah-langkah strategis dalam mengembangkan bisnis dan usahanya. Oleh sebab itu berikut beberapa informasi mengenai CRM, baik makna maupun fitur fungsi CRM yang cukup penting untuk dipahami bagi para penggunanya.

Tentang CRM

Dimulai dari CRM itu sendiri, atau yang banyak dikenal sebagai Customer Relationship Management. Dimana ini merupakan aplikasi yang membantu mengatur hubungan perusahaan dengan para pelanggan seperti yang dimaksud dalam singkatan CRM itu sendiri.

Pada prinsipnya CRM merupakan sebuah bentuk integrasi dan termasuk juga aneka macam strategi yang dapat diterapkan atau digunakan oleh suatu perusahaan dalam mengatur, mencatat, melihat adanya interaksi dengan para pelanggannya. Sehingga diharapkan melalui CRM ini maka perusahaan bisa mengambil keputusan-keputusan yang tepat seputar para pelanggan mereka. Apakah itu produk yang banyak disukai, kelemahan produk, permintaan layanan tambahan, atau keluhan maupun masukan lain yang diberikan oleh seorang pelanggan untuk kemajuan produk perusahaan.

Secara tradisional sejak dulu CRM ini berjalan melalui adanya layanan pelanggan atau call center atau customer service. Hal ini diterapkan banyak perusahaan sejak lama untuk menangani pelanggan baik bertatapan secara langsung, melalui telepon bahkan bisa juga melalui pesan singkat atau melalui email. Namun dalam perkembangannya, rupanya teknologi untuk meningkatkan pelayanan CRM ini makin berkembang dari hari ke hari. Sehingga saat ini CRM tidak terbatas pada layanan konvensional itu saja, tetapi juga berbasis teknologi canggih yang lebih efektif dan efisien. Dari layanan yang ada sekarang ini, ada banyak fitur fungsi CRM yang bisa dinikmati perusahaan demi mendapatkan kepuasan pelanggan yang maksimal. Jika ingin tahu apa saja fitur fungsi CRM tersebut, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Mengetahui Serta Melakukan Pendekatan Lebih Lanjut Pada Prospek Calon Pelanggan

Membangun database para pelanggan suatu perusahaan adalah poin yang sangat penting. Berkat CRM, maka seluruh data-data pelanggan bisa dicatat dan dikumpulkan di dalam suatu tempat. Sehingga perusahaan bisa dengan mudah melakukan akses pada data tersebut. Demikian halnya data mengenai calon pelanggan yang cukup detail. Meliputi misalnya nomor telepon, alamat rumah, serta ekspetasi lebih lanjut terhadap produk yang ditawarkan perusahaan.

Dengan menggunakan CRM, maka perusahaan dapat menangkap prospek calon pelanggan ini lebih mudah dan lebih cepat. Misalnya dapat segera menghubungi calon pelanggan dan memberikan informasi terbaru secara otomatis. Atau melakukan tindak lanjut dari pertemuan pertama sehingga calon pelanggan tertarik untuk melakukan transaksi. Hingga mendapat persetujuan calon pelanggan dalam pembelian produk yang ditawarkan perusahaan, dimana dalam hal ini perusahaan berhasil merekrut pelanggan baru. Berkat sistem yang terintegrasi dengan baik, maka mulai dari penyimpanan data hingga melakukan tindak lanjut semua bisa dilakukan secara mudah dan otomatis.

Mengirimkan Email Otomatis

Penggunaan software CRM dapat membantu perusahaan untuk mengirimkan email secara otomatis pada para pelanggan yang tercatat. Sehingga perusahaan bisa dengan mudah memberikan informasi baik berupa layanan produk terbaru, promo penjualan, dan lain sebagainya. Ini merupakan salah satu bentuk fitur fungsi CRM yang sangat otomatis dan bekerja memudahkan tim promosi perusahaan bekerja secara lebih efektif dan efisien.

Menggolongkan Prospek ke Calon Pembeli

Fitur fungsi CRM selanjutnya yaitu untuk menggolongkan semua prospek perusahaan termasuk memberikan nilai dan mengetahui ekspetasi para calon pelanggan. Sehingga hal ini bisa membantu calon pelanggan untuk menjadi konsumen tetap suatu produk. Dengan menggolongkan data secara tepat, maka perusahaan bisa memantau mana produk yang tepat dan segmen yang sesuai untuk pelanggan tertentu. Sehingga jauh lebih optimal dalam memberikan pelayanan sekaligus melakukan skala prioritas pada para konsumen.

Mengatur Jadwal Tindak Lanjut Pada Pelanggan

Menggunakan CRM juga bisa memberikan fungsi untuk mengatur jadwal lebih lanjut dengan calon pelanggan yang sedang diprioritaskan. Dengan CRM maka perusahaan lebih mudah untuk menentukan kapan jadwal yang tepat untuk melakukan tindak lanjut dan memberikan informasi lebih pada para calon pelanggan. Bahkan beberapa aplikasi dan software CRM ini bisa mengirimkan pesan dan jadwal secara otomatis baik melalui SMS ataupun Email. Sehingga perusahaan tidak perlu melakukan penjadwalan secara manual dan dapat melakukan tindak lanjut secara otomatis.

Adanya Integrasi dengan Email, Telepon, SMS, Chat

Berkat fungsi fitur CRM, maka perusahaan juga bisa lebih mudah mengontrol bentuk komunikasinya kepada para pelanggan. Bahkan catatan calon pelanggan secara lengkap tidak perlu terpecah-pecah pada banyak saluran, entah email, telepon, SMS, ataupun chat. Menggunakan CRM artinya menyatukan semua informasi tersebut dan memudahkan akses untuk mengetahui semuanya tentang pelanggan dalam satu waktu. Semua bentuk komunikasi dengan pelanggan tersimpan rapi sehingga perusahaan tidak perlu repot melihat dan mencarinya.

Melakukan Integrasi dengan Penjualan

Penggunaan fungsi fitur CRM salah satunya yaitu untuk mempermudah perusahaan dalam melakukan integrasi bukan hanya pada data pelanggan saja, tetapi saat terjadi penjualan hal ini juga bisa mudah diintegrasikan melalui software CRM yang digunakan. Dengan menggunakan program yang satu ini, maka perusahaan bisa dengan mudah membuat invoice, mencatat transaksi penjualan, dan lain sebagainya dengan lengkap. Apabila dipadukan dengan ERP, maka sistem bahkan bisa segera mencatatkan penjualan tersebut pada sistem keuangan perusahaan sehingga bisa membantu pelaksanaan sistem akuntansi yang jauh lebih mudah dan optimal.

Melalui informasi di atas, sudah cukup jelas bahwa penggunaan software yang baik dapat membantu jalannya perusahaan dengan lancar dan efisien. Tidak hanya mengatur calon pelanggan saja, hal ini juga sama pentingnya saat perusahaan berusaha melakukan pengaturan keuangan perusahaan. Sistem yang jauh lebih baik dan efisien tentu membantu perusahaan untuk bekerja lebih efektif dan terhindar dari resiko kerugian. Oleh sebab itu gunakan saja JojoExpense, yang mana dapat membantu perusahaan dalam menjalankan transaksi keuangan secara otomatis dan lebih terkontrol. Dengan aplikasi tersebut tidak perlu takut ada laporan keuangan yang dipalsukan, atau dapat melakukan kontrol keuangan saat berada di mana saja.

Hal ini berkat fitur-fitur canggih dalam JojoExpense, termasuk adanya fitur Mobile Approval, Capture Expense, Budget Controlling, dan lain sebagainya. Sehingga dengan bantuan fitur tersebut maka perusahaan tidak perlu lagi susah-susah menghitung pengeluaran perusahaan secara manual yang memakan waktu lama. Tunggu apa lagi, segera putuskan untuk coba gratis JojoExpense dan lihat sendiri manfaatnya pada sistem keuangan perusahaan Anda. Dijamin sangat menguntungkan, membantu, dan mempermudah pekerjaan tim keuangan perusahaan Anda!